Click here to load reader

11 jurus bisnis

  • View
    381

  • Download
    26

Embed Size (px)

Text of 11 jurus bisnis

  • 11 Jurus Berani Bisnis

    Penulis: Ambo Tang Tibi

    Abdul Hakim El Hamidy

    Editor: Lira Silvia

    Lay Out isi & Desain Cover: @sonapurwa

    Penerbit :

    Perum. Kota Mas Asri No. 2 Cimahi Bandung Jawa BaratTelp. 08164650309email: [email protected]

    Cetakan Pertama, Agustus 2013

    ISBN : 978-602-17744-3-4

    Hak cipta dilindungi undang-undangDilarang mengcopy dan memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apa pun tanpa seizin tertulis dari penerbitAll rights reserved

  • 3Prak

    ata

    PrakataPerjalanan manusia dalam mengarungi kehidupan

    dan karier diibaratkan seperti mendaki gunung yang mendaki gunung yang menjulang tinggi. Itulah kira-kira konsep Paul Stolz tentang Adversity Quetion (AQ) yang kurang lebih mengelompokkan manusia ke dalam tiga golongan dilihat dari cara mereka mendaki, yakni quitters (yang telah menyerah), campers (si pembuat kemah), dan climbers (si pendaki).

    Quitters ialah orang yang mudah menyerah kalau ditantang kesulitan, menghindari tanggung jawab, gampang mundur dan berhenti. Baginya bekerja hanya untuk hidup mencukupi kebutuhan fisiologisnya. Campers, orang yang mudah puas dengan pencapaiannya. Ia berada dalam area nyaman (comport zone) memutuskan berhenti lalu membuat kemah sebelum mencapai puncak. Climbers, orang yang menyerah serta selalu punya dorongan dan motivasi yang tak ada habis-habisnya sampai ke puncak.

    Bagi wirausahawan konsep ini sangat relevan, bukankah banyak kegagalan yang diderita oleh para wirausahawan? Seperti bunyi pepatah, Keberhasilan adalah kegagalan yang menampakkan wajah aslinya. Begitu juga kata Sir Wiston Curchil, Kalau

    AsusHighlight

    AsusSticky NoteQuotient

  • 4 11 Jurus Bisnis

    ini merupakan berkah, pastilah ia menyembunyikan secara sempurna. Angka-angka tentang kegagalan menunjukkan hal-hal yang mencengangkan. Satu dari lima bisnis mengalami kegagalan. Namun banyak para wirausahawan yang gagal ternyata tak kapok, mereka bangun lagi dan mencoba dengan bisnis yang sama.

    Ibarat sebuah gunung, maka sukses seorang wirausahawan yang mengundang decak kagum dari masyarakat, diraih dengan susah payah setelah melewati berbagai kegagalan. Soeharti yang memulai jaringan resto ayam goreng kremesnya dari penjual ayam kaki lima, atau Pak Sholeh juragan Soto Bangkong yang memulai usahanya dari gerobak keliling, mengalami digusur, diusir dari tempat kontrak sebelum akhirnya mengokohkan jangkar bisnisnya.

    Penjelasan di atas, adalah sebuah pengantar tentang bagaimana sesungguhnya kita harus mem-bangun mental sukses menjadi seorang pengusaha. Bisnis adalah sebuah pertarungan dahsyat, namun tidak seseram yang dibayangkan. Bukankah Anda melihat bagaimana mereka yang telah sukses membangun bisnisnya merasakan kenikmatan berupa absolute financial freedom, bahkan absolute time freedom?

    Bagaimana cara membangun mental pengusaha tersebut? Insya Allah, buku ini akan menggiring Anda untuk sampai ke sana. Dengan 11 Jurus Berani Bisnis di

  • 5Prak

    ata

    buku ini, semoga Anda menjadi pemberani, ya berani untuk memutuskan berbisnis sekarang juga!

    Bandung, Juni 2013

    Ambo Tang TibiAbdul Hakim El Hamidy

  • 6 11 Jurus Bisnis

  • 7Daft

    ar I

    si

    Daftar IsiPrakata 3

    Jurus 1# Berani Gagal, Berani Sukses~ 9

    Jurus 2# Berani Sebarkan Kartu Nama~ 19

    Jurus 3# Berani Bisnis Tanpa Modal~ 23

    Jurus 4# Berani Meneladani Bisnis Muhammad Saw~ 29

    Jurus 5# Berani Tampil Beda~ 39

    Jurus 6# Berani Mendengar Suara Konsumen~ 45

    Jurus 7# Berani Berkompetensi~ 53

    Jurus 8# Berani Berkomunikasi~ 59

    Jurus 9# Berani Kreatif~ 67

    Jurus 10# Berani Membangun Integritas~ 83

    Jurus 11# Berani Berbagi~ 95

    Rujukan Pendamping 101

    Tentang Penulis 102

  • 8 11 Jurus Bisnis

  • Jurus 1BERANI GAGAL,

    BERANI SUKSESBerani gagalmu dalam proses, mental hebat

    untuk sukses(Abdul Hakim El Hamidy)

    Youre is King

    Youre is King. Ya, Anda adalah RAJA. Raja bagi diri Anda sendiri. Bagaimana Anda bisa memenangkan kehidupan, bukan dikalahkan kehidupan. Seberapa kuat Anda memenangkannya, sedahsyat itu pula Anda akan mampu mendamaikan kehidupan yang keras. Kata Prie GS, Hidup ini keras, maka gebuklah!. Ya, Anda harus menggebuk kehidupan ini jika terasa kehidupan ini mengeras kepada Anda. Siaaap???

    Jika mengingat kata king, saya jadi ingat novelis dunia bernama STEPHEN KING. King, melalui cerita hidupnya, mengajarkan kepada saya dan Anda tentang makna kegagalan sebagai sebuah pembelajaran untuk kesuksesan.

  • 10 11 Jurus Bisnis

    Anda penasaran dengan cerita King? Ini rangkaian cerita hidupnya.

    King, ditinggalkan ayahnya ketika berusia tiga

    tahun. King dan kakaknya dibesarkan oleh ibunya yang bekerja di restoran untuk menghidupi mereka.

    Di usia tujuh tahun, King telah menulis cerpen

    pertamanya. Ia telah menjadi penggemar film horor

    di masa remaja. Selama di sekolah menengah, ia tidak begitu istimewa. Ia bukan orang terpandai atau orang terbodoh di kelasnya.

    Di tahun pertamanya di universitas, ia berhasil menyelesaikan novel pertamanya. Ia menyerahkannya kepada penerbit, tetapi ditolak. Penerbit menolak novelnya dengan reaksi yang buruk, yakni membuang buku itu. Di waktu lain, ia berhasil menjual ceritanya yang lain hanya dengan harga US$ 35.

    Di bulan Juni 1970, King lulus dari Universitas

    Maine dengan gelar sarjana muda sastra Inggris dan ijazah untuk mengajar di sekolah menengah. Karena tidak berhasil menjadi guru, ia menerima pekerjaan tidak tetap sebagai buruh di sebuah industri pakaian. Bahkan, ia pun mau bekerja sebagai penjaga pom bensin untuk upah sebesar US$1.25 per jam.

  • 11

    Juru

    s 1

    : Be

    rani

    Gag

    al,

    Bera

    ni S

    ukse

    s

    Di bulan Januari 1971, ia menikah. King memenuhi

    kebutuhan hidupnya dengan uang hasil penjualan cerpennya ke majalah pria dan uang simpanannya. Bahkan, di satu waktu, ia harus memakai uang pinjaman dari siswa istrinya.

    Di musim gugur tahun 1971, ia berhasil mendapat

    pekerjaan sebagai guru di Akademi Hampden dengan pendapat US$ 6,400 per tahun. Ia menulis cerpen di malam hari dan di akhir minggu. Ia terus menulis cerpen dan novel untuk menaikkan pendapatannya. Kebanyakan dari hasil karyanya ditolak.

    Suatu hari, ia mulai menulis sebuah cerita tentang gadis remaja bernama Carietta White. Setelah menyelesaikan beberapa halaman dan mengingat banyaknya penolak yang telah ia alami, ia berpendapat bahwa cerita ini tidak bagus. Ia remas kertas itu dan dilemparnya ke tempat sampah. Istrinya mengambil kertas-kertas itu, membacanya dan mendorong dia untuk menyelesaikanya. Akhirnya, novel itu selesai di bulan Januari 1973.

    Novel itu sangat menarik bagi para penerbit. Akhirnya, hak untuk menerbitkan novel yang berjudul Carrie itu diperoleh New American Library seharga US$ 400,000,00 pada tanggal 12 Mei 1973. Dengan pendapat sebesar itu, Stephen King memutuskan akan mengoftimalkan waktunya

  • 12 11 Jurus Bisnis

    untuk menulis novel dan berhenti mengajar. Sekarang, Stephen King adalah pengarang buku paling sukses. Bukunya telah diterjemahkan ke dalam 33 bahasa, diterbitkan di 35 negara, dan telah dicetak lebih dari seratus juta buku.

    Pada satu waktu, kelima bukunya pernah masuk dalam daftar New York Times Best Sellers. Menurut majalah Forbes, ia adalah pengarang terkaya di dunia. Di tahun 1996 saja, pendapatannya sebesar US$ 84 juta. Banyak hasil karyanya yang telah difilmkan ke layar lebar, antara lain: Carrie, The Dead Zone, The Sining, Christine, Salems Lot, Firestarter, Cujo, Misery, The Shawshank Redemtion, dan The Green Mile.

    Sangat inspiratif! KING, telah menjadi RAJA bagi dirinya. Ia melalui desakan sang istri, mampu menguatkan dirinya untuk terus menulis dan tidak menggubris lagi penolakan. Penolakan itu baginya tidak selamanya kabar buruk, ia adalah kabar baik untuk meningkatkan kualitas diri.

    Demikian halnya dalam bisnis, jika Anda mampu mengubah mindset kegagalan dalam perjalanan bisnis Anda sebagai sebuah pembelajaran, niscaya Anda akan menjadi RAJA bagi bisnis Anda kelak.

    Stephen King telah menjadi raja bagi dirinya

  • 13

    Juru

    s 1

    : Be

    rani

    Gag

    al,

    Bera

    ni S

    ukse

    s

    Anda mungkin sedikit bertanya,Apa kaitannya KING sebagai PENULIS, dengan pembahasan tentang JURUS BISNIS ini?

    Untuk pertanyaan Anda ini, saya ingin mengutip kata-kata Bambang Trim, Writing is bussiness not a job. Ya, menulis adalah bisnis bukan pekerjaan.

    Ungkapan ini mesti Anda pahami secara proporsional, jangan ditelan mentah-mentah. Ya, menulis adalah bisnis, jika Anda sudah memasuki dunia profesional. Anda akan mengenal nego dengan penerbit, berapa 1 buku Anda dihargai oleh penerbit. Atau Anda menjadi ghost writer, berapa nilai atas buku yang Anda ghost writingi. Atau, berapa royalti yang Anda terima atas naskah Anda. Di sini saya tidak akan membahasnya. Saya akan bahas di buku saya selanjutnya The Secret of Writerpreneur.

    Yang ingin saya sampaikan kepada Anda adalah, KING seorang penulis yang mampu menjadi seorang profesional. Dengan mentalitasnya ia mampu menempatkan dirinya sebagai RAJA. Bayangkan saja, 84 juta dolar Amerika, menjadi penghasilan King ketika itu dari menulisnya. Tidakkah itu sebuah bisnis dari sebuah tulisan yang menakjubkan?

    King, bisa sampai ke tahap ini tak lain karena ia mampu merajai dirinya, melalui proses, siap ditolak, siap gagal, dan siap-siap menghadapi hal buruk lainnya.

  • 14 11 Jurus Bisnis

    Menyalakan Lampu

    Apa yang Anda sukai, GELAP atau TERANG?

    Ah, sebenarnya ini pertanyaan yang nggak perlu dipertanyakan, karena

Search related