70869823 Myob Accounting

  • View
    66

  • Download
    4

Embed Size (px)

Text of 70869823 Myob Accounting

NAMA KELOMPOK 3 / XI-IPA 5 : AUZINY (03)

DANDY NUR HAMDANI (05)

DIAN PURNAMA SARI (06)

EFIRA GLADYS .R (07)

KHARISMA .A (12)

NUR INAYA (18)

NUR KUMALA (19)

SITI MAULIDA .A (30)

SITI NURFADILAH (31)

RINJANI DEWI .M (38)TAHUN AJARAN 2011-2012

SMA NEGERI 7 SURABAYAKata PengantarSegala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya,sehingga saya dapat membuat dan menyelesaikan makalah tentang TUTORIAL MYOB ACCOUNTING 17 ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada guru mulok saya yang telah membantu dan mengarahkan saya untuk membuat makalah tentang PANDUAN MYOB ini.

Makalah yang saya buat ini mencakup banyak hal mengenai tentang cara mempelajari myob accounting 17.

Pada makalah ini terdapat panduan dalam memakai tutorial myob mulai dari cara membuka, menginstal dan masih banyak lagi mengenai myob.

Oleh karena itu,saya berharap dengan adanya makalah ini teman-teman dan masyarakat lainnya dapat mengetahui dan memahai serta menambah wawasan kita semua tentang panduan myob accounting 17.

Semoga makalah yang saya buat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.Serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.

Surabaya, Oktober 2011

Penyusun

TUTORIAL MYOB ACCOUNTING 17A. Sekilas Tentang MYOB Accounting Versi 17MYOB (Mind Your Wown Business) Accounting merupakan software akuntasi yang kepopulerannya tidak perlu diragukan. Saking polulernya di indonesia , mata pelajaran MYOB ditemukan pada pada kurikulum SMK bidang ekonomi. Maka sudah selayaknya bila setiap atahun pihak MYOB selalu melakukan penambahan firut baru demi memenuhi permintaan pasar yang semakin beragam. Hal yang menggembiarakan pada versi terbarunya yaitu MYOB Accounting 17 terdapat versi Asia. Ini berarti pihak MYOB yang berpusat di Australia juga memperhatikan perkembangan dunia bisnis dan teknologi di wilayah Asia, khususnya Indonesia. Saking polulernya di indonesia , mata pelajaran MYOB ditemukan pada pada kurikulum SMK bidang ekonomi. Maka sudah selayaknya bila setiap atahun pihak MYOB selalu melakukan penambahan firut baru demi memenuhi permintaan pasar yang semakin beragam. Hal yang menggembiarakan pada versi terbarunya yaitu MYOB Accounting 17 terdapat versi Asia. Ini berarti pihak MYOB yang berpusat di Australia juga memperhatikan perkembangan dunia bisnis dan teknologi di wilayah Asia, khususnya Indonesia.Pada tutorial ini Anda akan ditunjukkan bagaimana memanfaatkan program MYOB Accounting 17 untuk perusahaan dagang . Bukan perusahaan yang hanya sekedar melakukan distribusi produk dari supplier ke agen, tapi juga melakukan penjualan langsung ke konsumen dengan mambangun beberapa cabang di beberapa kota. MYOB menyediakan berbagai macam Versi yang dapat dipilih sasuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini penjelasan singkat tentang Versi MYOB : MYOB AccountingDapat digunakan oleh perusahaan yang administrasi pembukuannya hanya dilakukan oleh satu orang dan transaksi keuangan perusahaan hanya menggunakan satu jenis mata uang. MYOB Accounting PlusPada dasarnya sama dengan MYOB Accounting,hanya terdapat penambahan modul Peyroll dan Time Billing. MYOB Premiere AccountingDapat digunakan oleh perusahaan yang menggunakan lebih dari satu mata uang (Multy Currency) untuk transaksinya,dapat juga digunakan secara Multy User. MYOB Premiere Accounting EnterprisePada prinsipnya sama dengan MYOB Premiere. Pada Versi ini menggunakan terminal service,sehingga sangat mendukung kecepatan proses jaringan. Dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan Workstation cukup banyak.MATERI TURORIAL YANG ANDA DAPATKAN :

BAB 1 MUKADDIMAHDisini Anda akan diajarkan cara untuk menginstall program MYOB Accounting 17 pada komputer Anda dan langkah-langkah untuk membuat dokumen baru.

BAB 2 ACCOUNT dan TAX CODEBab ini khusu membahas mengenai Akun dan TAx Code dalam MYOB Accounting 17, berikut cara mengeditnya.

BAB 3 KODE FILE DAN PERSEDIAAN BARANGBab ini akan mengajarkan Anda bagaimana membuat kartu file untuk customer dan suplier serta membuat daftar persediaan barang.

BAB 4 APLIKASI TRANSAKSI PEMBELIANBerbagai macam transaksi pembelian dan pengaturannya akan anda temui pada bab ini.

BAB 5 APLIKASI TARNSAKSI PENJUALANBerbagai macan transaksi penjualan dan pengaturannya akan Anda temuai pada bab ini.

BAB 6 INVENTORY DAN MULTI GUDANGBab ini membahas mengenai journal tranxaction dan report inventory.BAB 7 RECURING DAN TRANSAKSI LAIN-LAINBab ini membahas tentang pemasukan kas, pengeluaran kas, serta proses recuring.

BAB 8 REPORT ACCOUNT, SENT TO EXCELDisini membahas laporan laba rugi dan export ke Ms.Excel

BAB 9 ANALISIS KEUANGANBerbagai analisis seperti profit and loss dan Balance sheet analisis dibahas tuntas pada baba ini.

BAB 10 SECURITY DAN PROTEKSIDisini Anda akan diajarkan membuat password untuk Admin, kasin dan bagian gudang beserta pengaturannya.

BAB 11 FILE MANAGEMENTPada bab ini membahas berbagai macam pengaturan file seperti print, back up, restore dan lain-lain.Disertai pula dengan file-file latihan yang dapat digunakan untuk mempraktekkan tutorial.

DAFTAR ISI TUTORIAL MYOB ACCOUNTING 17 :BAB I MUKADDIMAH1.1 Menginstal Program MYOB Accounting V171.2 Mengenal Program MYOB1.3 Membuat File Akuntansi Baru1.4 Informasi Perusahaan dan Kalender Bisnis1.5 Merubah Regional Setting

BAB II ACCOUNT dan TAX CODE2.1 Membuat dan Mengedit Daftar Account2.2 Menghapus Account yang tidak Terpakai2.3 Mensetup Linked Account Banking2.4 Mensetup Linked Account Sales2.5 Mensetup Linked Account Purchase2.6 Membuat dan Mengedit Tax Code

BAB III CARD FILE dan PERSEDIAAN BARANG3.1 Membuat Kartu customer3.2 Membuat Kartu Supplier3.3 Membuat persediaan Barang3.4 Memasukan Saldo Awal Perkiraan3.5 Memasukan Saldo Awal Customer3.6 Memasukan saldo Awal Supplier3.7 Menentukan HPP

BAB IV APLIKASI TRANSAKSI PEMBELIAN4.1 Transaksi Pembelian Tunai4.2 Retur Pembelian (Receive Refund)4.3 Transaksi Pembelian Kredit4.4 Retur Pembelian (Apply to Purchases)4.5 Pembelian barang Dikenakan PPN4.6 Pembayaran Hutang4.7 Melihat dan Merevisi Jurnal Pembelian

BAB V APLIKASI TRANSAKSI PENJUALAN5.1 Transaksi Penjualan Tunai5.2 Retur Penjualan (Received Refund)5.3 Transaksi Penjualan Kredit5.4 Retur Penjualan (Apply to sales)5.5 Penjualan Dikenakan PPN5.6 Pembayaran Piutang5.7 Melihat dan Merevisi Jurnal Penjualan

BAB VI INVENTORY dan MULTI GUDANG6.1 Pemindahan Barang ke Counter Cabang6.2 Show Jurnal Transaction6.3 Count Inventory6.4 Show Journal Transaction6.5 Report Inventory

BAB VII RECURING dan TRANSAKSI LAIN7.1 Penerimaan Kas7.2 Pengeluaran Kas7.3 Save Recuring7.4 Use Recuring7.5 Jurnal Penerimaan Kas7.6 Jurnal Pengeluaran Kas

BAB VIII REPORT ACCOUNT8.1 Account List Detail8.2 Standard Neraca8.3 Laporan Laba Rugi

BAB IX ANALISIS KEUANGAN9.1 Neraca9.2 Laba Rugi9.3 Analisis Lainnya

BAB X SECURITY dan PROTEKSI10.1 Mensetup Password Untuk Admin10.2 Mengaktifkan Password10.3 Mensetup Password Untuk Kasir10.4 Mensetup Password Untuk Bag. Gudang10.5 Merubah Password10.6 Menghapus Password

BAB XI FILE MANAGEMENT11.1 New, Open dan Close11.2 Print File11.3 Back Up File11.4 Restore File11.5 Verify Company File11.6 Purge Command Center11.7 Tutup BukuBAB 1MENGENAL MYOB ACCOUNTING1.DasarMYOB

Khusus untuk pembahasan awal kami akan mengenalkan kepada anda tentang M.Y.O.B Accounting Plus Ver 13, walaupun sekarang sudah ada versi yang lebih tinggi yaitu versi 15,16 maupun diatasnya lagi namun tidak berarti anda tidak bisa menggunakan versi yang lebih tinggi tersebut. Karena versi diatas ver13 adalah pengembangan dan perbaikan dari versi-versi sebelumnya, sehingga apabila sudah menguasai versi 13 ini maka untuk ke versi selanjutnya akan lebih mudah.

Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan software ini dalam perusahaan, antara lain :

1. Mempunyai tampilan yang user friendly, karena transaksinya berfiat sederhana dan berupa gambar-gambar sehingga untuk pemula pun akan sangat mudah untuk memahaminya.

2. Mempunyai kemampuan export data ke program excel, sehingga laporan nya bisa juga di cetak di program excel.

3. Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan yang disediakan.

4. Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta menampilkan analisa dalam bentuk grafik.

2.Setting awalMyob

Pada awal kita buka program Myob, maka akan diperlihatkan sebuah tampilan dengan beberapa pilihan yang disediakan. Untuk selanjutnya kita akan membuat file untuk perusahaan bar, langkahnya sebagai berikut :

1. Pilih Create2. Klik next saja, karena itu adalah informasi awal program Myob.

3. Langkah berikutnya adalah isi data perusahaan, termasuk nama Perusahaan, alamat, No. Telepon, Fax dam Email, lalu klik Next.

4. Langkah berikutnya adalah setting periode Akuntansi.Untuk setting diatas, anda harus pastikan settingan tahun benar yaitu 2011 dan settingan bulan juga harus tepat yaitu di akhiri bulan desember pada Last month of financial (bulan akhir periode akuntansi) serta bulan Januari pada Conversion Month (bulan awal periode akuntansi). Karena kalau anda sala, makapada waktu menjurnal nantinya akan berpengaruh. Kemudian klik Next.

5. Maka akan tampil informasi yag telah di set tadi. Pada tahap ini cukup kli