BST Kinkin

  • View
    221

  • Download
    0

Embed Size (px)

DESCRIPTION

bst

Text of BST Kinkin

BED SIDE TEACHING (BST)NAMA:Herti SakinahNAMA PASIEN :An. ANNIM:20090310004JENIS KELAMIN:Laki-lakiBAGIAN:Ilmu Penyakit Kulit danKelaminUMUR:10 tahunPRECEPTOR:dr. H. Rikyanto, Sp. KK, M. KesALAMAT: Tegal Turi Giwangan.TANGGAL: 31 Desember 2014

ProblemHypothesisMechanismMore InfoDont knowLearning IssuesProblem Solving

KU: Gatal pada lengan kanan.

RPS: Anak laki-laki 10 tahun, datang dibawa oleh ibunya dengan keluhan gatal-gatal pada lengan kanan, awalnya bulat-bulat berisi air dan memerah kemudian lama-lama menjadi hitam sudah 1 minggu.lalu kemudian menjalar menjadi panjang. Sebelumnya pasien berobat ke dokter anak, dan konsul ke dokter spesialis kulit.

RPD: Pasien belum pernah mengalami keluhan yang sama. Riwayat penyakit lainnya disangkal.

RPK: Riwayat penyakit keluarga disangkal. 1. Skabies 2. Herpes zoster.

Dalam cutaneus larva migrans, siklus hidup dimulai ketika ovum terdapat pada kotoran binatang dan karena kelembaban berubah menjadi larva yang mampu mengadakan penetrasi ke kulit. Larva ini tinggal dikulit berjalan-jalan tanpa tujuan sepanjang dermoepidermal, setelah beberapa jam atau hari akan timbul gejala dikulit.UKK: Tampak kunikulus/ burrow di lengan kanan, warna kemerahan, bentuk tidak teratur, ukuran 2 mm, susunan linier, penyebaran soliter.1. Definisi dan penyebab cutaneus larva migrans?2. Faktor predisposisi untuk tertular cutaneus larva migrans?3. Tatalaksana cutaneus larva migrans?

1. Definisi Peradangan berbentuk linier atau berkelok-kelok, menimbul dan progresif, disebabkan oleh infeksi larva cacing tambang yang berasal dari anjing dan kucing yaitu Ancylostoma brazilienze dan Ancylostoma caninum. Gejala klinisnya, masuknya larva ke kulit biasanya disertai gatal dan panas. Mula-mula akan timbul papul kemudian diikuti lesi berbentuk linier atau berkelok-kelok, menimbul, dengan diameter 2-3 mm, dan berwarna kemerahan. Papul merah ini menjalar seperti benang berkelok-kelok, menimbul, dan membentuk terowongan (burrow). Predileksi pada tungkai, tangan, bokong, dan paha.2. Faktor predisposisinya, sering berjalan tanpa alas kaki, atau yang sering berhubungan dengan tanah atau pasir, seperti petani dan tentara.3. Tatalaksana cutaneus larva migrans: Ivermectin 1 200 mg / kg berat badan. Oral albendazole 800 mg / hari selama 3 hari. Pada orang muda dengan berat kurang dari 60 kg yang berusia lebih dari 6 tahun: 15 mg / kg berat badan sampai maksimum 800 mg / hari). Jika obat ini tidak dapat ditoleransi (keluhan gastrointestinal), mengurangi dosis 400 mg / hari selama 5 hari. Topical albendazole 10% in a lipophilic base.DECISION MAKINGBerdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik pada pasien.

DIAGNOSISCutaneus Larva Migrans

TREATMENT Ivermectin 1 200 mg / kg berat badan. Oral albendazole 800 mg / hari. Topical albendazole 10%.