Click here to load reader

Buka http: Untuk melihat materi yang ... · PDF filematematika dan fisika ... Beberapa Contoh Penalaran Deduktif Dan Induktif, ... dengan pikiran dan kata yang merupakan pernyataan

  • View
    223

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of Buka http: Untuk melihat materi yang ... · PDF filematematika dan fisika ... Beberapa Contoh...

Buka http:ofiiick.blogspot.com

Untuk melihat materi yang menyangkutmatematika dan fisika

Pengertian Penalaran, Pengertian Logika, Perbedaan Antara Penalaran Dan Logika, Beberapa Contoh Penalaran Deduktif Dan

Induktif, Induktif, Syarat Penalaran Disertai Contohnya, Kaitan Logika Dan Bahasa, Kaitan Logika Dan Pengetahuan, Dan Yang Terakhir Memberi Contoh

Kebenaran Bentuk Dan Penalaran Materi.

Pen

ert

ian

pe

na

lara

n

Berbeda dengan pengetahuan manusia selaluberkembang, karna manusia memiliki duakelebihan. Pertama, manusia mampumengkomonikasikan pikiran-pikiran atau ide-idemelalui bahasa yang sistematis. Kedua, manusiamampu berpikir menurut alur tertentu. Kemampuan manusia berfikir menurut alurtertentu disebut bernalar.

Pen

ert

ian

log

ika

Kata logika diturunkan dari kata logike (bahasa yunani), yang berhubungan dengan kata benda logos, suatu yang menunjukkan kepaada kita adanya hubungan yang eratdengan pikiran dan kata yang merupakan pernyataan dalambahasa. Jadi, secara etimologi, logika adalah ilmu yang mempelajari pikiran melalui bahasa. Berfikir adalah suatukegiatan jiwa untuk mencapai pengetahuan. Sedangkanpengetahuan adalah suatu system gagasan yang bersesuaiandengan system benda-benda yang dihubungkan dengankeyakinan.

Perb

ed

an

pe

na

lara

nd

an

log

ika

Perbedaan antara penalaran dan logika yaitu penalaranmerupakan mampu berpikir menurut alur tertentusedangkan logika adalah ilmu yang mempelajari fikiranmelalui bahasa. Dari pengertian diatas dibedakansecara jelas bahwa logika itu ada karna telah terjadinyapenalaran yang dianggap baik atau buruk atas suatupernyataan, kemudian dengan adanya logika kita bisamenyimpulkan suatu kesimpulan dari premis-premisyang ada.

Co

nto

hp

en

ala

ran

ind

ukt

if Contoh suatu pemikiran induksi yaitu faktamemperlihatkan bahwa kambing mempunyai mata, gajah mempunyai mata, begitu pula singa, kucing danbinatang-binatang lainnya. Secara induksi dapatdisimpulkan secara umum bahwa: semua binatangmempunyai mata. Penalaran induksi seperti inimemungkinkan disusunnya pengetahuan secarasistematis yang mengarah kepada pernyataan-pernyataan yang makin lama makin fundamental.

Pen

ala

ran

de

du

ksi

Contoh suatu pemikiran deduksi yaitu memakaipola berpikir yang dinamakan silogismus, suatupola berpikir yang sering dipakai dalam menarikkesimpulan secara deduksi.

Semua mahluk mempunyai mata (Premis mayor)

Si Patma adalah seorang mahluk (Premis minor)

Jadi si Patma mempunyai mata (Kesimpulan)

Sya

rat

pe

na

lara

n

Penarikan kesimpulan secara deduksi harusmemenuhi syarat: Premis mayor harus benar, Premis minor harus benar, dan Kesimpulan harussahih (mempunyai keabsahan). Dengan demikian, kebenaran dan ketepatan menarik kesimpulantergantung kebenaran kedua premis dan keabsahanpenarikan kesimpulan. Penalaran deduksimemberikan hasil yang pasti.

kaita

nlo

gik

ad

an

pe

ng

eta

hu

an

Sebagian besar berpendapat bahwa logikaberhubungan dengan pengetahuan taklangsung dengan alasan karna logikaberhubungan dengan pembuktian, artinyamelalui logika kita ingin membuktikankebenaran atau ketidakbenaran sesuatu.

Kaita

nlo

gik

ad

an

ba

ha

sa

Logika juga berkaitan dengan bahasa yaitu dalam logikayang dimahsud dengan bahasa adalah suatu system bunyiyang diarkulasikan dan dihasilkan oleh alat bicara atausystem kata yang tertulis sebagai lambang dari kata-katayang diucapkan(Partap Sing Mehra, 1980: 6).bahasaberfungsi untuk menyampaikan dan menyatakan pikiran . Bahasa membantu kita menganalisis kenyataan-kenyataanyang kompleks menjadi bagian yang sederhana. Bahasamembantu kita merumuskan konsep, baik definisi, aksioma, maupun dalil keilmuan.

Log

ika

da

nilm

u

Logika juga merupakan suatu ilmu karna logika adalah suatuilmu normatif, yakni ilmu yang membicarakan sesuatubagaimana seharusnya. Bukan ilmu positif, yakni ilmu yang membicarakan sesuatu bagaimana adanya. Logika adalahilmu ihwal norma bagaimana seharusnya berpikir sesuaidengan syarat yang telah ditentukan untuk mencapaikebenaran. Bagaimana berpikir seharusnya bukan bagaimanaberpikir semaunya. Wujudnya akan tercermin dari apa yang dibicarakan, dan apa yang dilakukan. Orang yang vterbiasaberpikir logis akan bertutur bagaimana seharusnya, bukanbagaimana semaunya.

Co

nto

hke

be

na

ran

be

ntu

kd

an

keb

en

ara

nm

ate

ri

Perbincangan ikhwal kebenaran, dalam logika menjadidua yaitu kebenaran bentuk dan kebenaran materi. Kebenaran bentuk (self consistency) artinya didalampikiran itu tidak terdapat pertentangan. Contohnyalingkaran segiempat artinya yang demikian itu tidakada. Adapun kebenaran materi artinya terdapatpersesuaian antara pikiran dan benda sebenarnya. Contohnya seperti tabung sama tong minyak tanahakan terlihat nyata.

Filsafat ilmu.pptx