Buletin Edisi PPM2013

  • View
    221

  • Download
    2

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Dalam pelaksanaannya tiap tahun, selalu ada hal berbeda dari PPM yang menarik untuk diperbincangkan. Penugasan pra PPM yang mewajibkan mahasiswa baru untuk membuat blog dengan tema artikel technopreneur, memang baru tahun ada di tahun ini. Wajar, menilik tema PPM kali ini adalah “The Creanovity in Technopreneur”. Sayangnya, ketentuan “wajib” tersebut menjadi kehilangan maknanya jika tak ada sanksi bagi para pelanggarnya. Jangan sampai, kreativitas yang telah digali dari mahasiswa baru menjadi sia-sia hanya karena ketidaktegasan sistem.

Text of Buletin Edisi PPM2013

  • Menggali Potensi Pebisnis Oleh : Deni Dwi K. (09.11.3230)

    STMIK Amikom Yogyakarta kembali melaksanakan Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) 2013. Sesuai dengan buku panduan, PPM menjadi ajang mahasiswa baru (Maba) untuk menggali dan mengembangkan potensi diri sesuai bakat masing-masing. Melihat konsep dari tahun ke tahun, PPM hanya sebagai rutinitas acara kampus menyambut Maba setiap tahunnya. Pelaksanaannya makin dipersingkat waktu menjadi 2 hari, dengan acara yang padat. Cukupkah waktu untuk Maba menggali potensinya dengan acara yang ada? Saya rasa tidak!PPM tahun ini memilih tema The Creanovity In Technopreneur. Sedikit beda dan baru untuk tugas peserta PPM kali ini. Peserta PPM diwajibkan untuk membuat blog dengan isi konten berupa artikel, business plan, video, gambar dan lainnya atau gabungan keseluruhanya. Namun kenyataannya, peserta tidak semua peserta membuatnya. Hingga batas waktu pengumpulan pada tanggal 2 September 2013 pukul 23.59 WIB, tidak lebih dari 600 blog yang dikirim ke panitia. Adakah sanksi bagi yang tidak membuat, lalu apakah hanya sekedar dinilai dan mendapatkan hadiah dari panitia saja? Tanpa ada kejelasan dari hasil penilaian blog yang sudah dibuat peserta PPM.Jika memang untuk menggali dan mengembangkan potensi Maba, sudah cukupkah mewakili blog yang sudah dibuat peserta? Sedangkan peserta PPM yang beragam minat dan bakatnya. Semoga makna dari PPM sendiri tidak akan bias dari tujuan awal menjadi Menggali Potensi Pebisnis (MPP).

    BUKU

    FILM

    KARIKATUR

    KeredaksianDITERBITKAN OLEH: LPM Journal STMIK Amikom Yogyakarta.

    PELINDUNG: Drs. M. Idris Purwanto, M.M. PEMBINA: Jaeni, S. Kom. PIMPINAN UMUM: Untung Prasetyo. BENDAHARA: Handayani Ekaningtyas.

    PIMPINAN REDAKSI: Lutfi Fauziah. PIMPINAN PRODUKSI: Tutur Larasati.REDAKTUR PELAKSANA: Annisa Fathona Tunnisa, Untung Prasetyo. REDAKTUR: Ali Fatur Rohmah.

    REPORTER: Govinda Al A, Handayani Ekaningtyas, Ayu Nathania, M. Urfa N, Ginanjar Adi P, Annisa Fauziyyah, Ilham Bagus P.FOTOGRAFER: Andik Saputra, Tommy Saputra. LAYOUTER: Ndaru Kurniawan.

    ALAMAT REDAKSI: Gedung BSC Ruang VI.3.9, STMIK Amikom Yogyakarta Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

    EMAIL : redaksilpmjournal@gmail.com. WEBSITE : www.lpmjournal.com.

    KREATIF DAN INOFATIF

    Untung Prasetyo (11.12.5943)

    Persiapan Potensi Mahasiswa Oleh : Febrijatmiko (10.11.3855)

    Agenda tahunan yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh mahasiswa adalah Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM). Selain menjadi adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan baru di perguruan tinggi, ajang ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan eksistensi mahasiswa, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Di STMIK Amikom Yogyakarta sendiri proses pengenalan kampus juga sudah dilaksanakan jauh sebelum PPM ini berlangsung. Contohnya dengan adanya kegiatan seperti Pelatihan Super Unggul (PSU) dan kuliah umum bagi mahasiswa baru. Namun PPM menjadi pelengkap bagaimana mahasiswa baru dapat lebih mengenal STMIK Amikom Yogyakarta dari sisi yang berbeda. Dari sisi kelembagaan, ada PPM hari pertama yang menitik beratkan konten mengenai pengenalan kelembagaan STMIK Amikom Yogyakarta dan dihari kedua mahasiswa baru dapat lebih mengenal kegiatan-kegiatan keorganisasian mahasiswa dan kegiatan kreatif yang ada didalamnya. Sedangkan Eksistensi yang coba ditunjukan oleh mahasiswa lama adalah bagaimana mereka menunjukan totalitasnya saat menjadi panitia demi mewujudkan acara yang menarik, tertib, lancar dan dapat dikenang oleh para mahasiswa baru. Dari sisi kesiapan panitia PPM tahun ini, saya yang berada di luar kepanitiaan dapat mengatakan hingga tanggal 3 September 2013 saat briefing berlangsung, persiapan sudah cukup baik bila dilihat dari hal-hal teknis di lapangan. Selengkapnya bisa dibaca di situs kami, lpmjournal.com.

    GUNAKAN SEPERLUNYA...!

    Kurangi penggunaan air

    yang berlebihan,karena masih

    banyak daerah-daerah yang kekurangan

    air bersih www.lpmjournal.com | @lpmjournal | LPM JOURNAL STMIK AMIKOMt f

    EdisiKhususPPM

    #1

    3 Se

    ptem

    ber 2

    013

    ww

    w.lp

    mjo

    urna

    l.comLembaga Pers Mahasiswa Journal

    Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) yang diselenggarakan tanggal 3-4 September 2013 merupakan rangkaian dari kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa baru STMIK Amikom Yogyakarta. Tema yang diambil adalah The Creanovity in Technopreneur dengan alasan agar mahasiswa baru kedepannya berfikir kreatif dan inovatif. Jaeni, selaku ketua PPM 2013 dari pihak lembaga menyatakan bahwa mahasiswa Information and Communication

    Technologies (ICT) peluangnya antara jadi professional dan technopreneur. Sejak awal potensi mereka itu diperkenalkan, terutama di bidang technopreneur, ujarnya menjawab pertanyaan

    pewawancara.Menurut Azka Faza Auliarahma (11.11.5215), peserta yang mengikuti acara yang bertema The Creanovity in Technopreneur ini sekitar 1890. Selain jumlah pesertanya, barang bawaan dan tugas mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya yang nampak berbeda adalah membuat blog. Tugas blog memang diwajibkan tetapi tidak ada paksaan untuk maba. Jika maba ada yang belum membuat blog kami tidak memberi sanksi dan untuk blog yang paling bagus isinya kami berikan award kata Ketua PPM 2013, Faisal Amri Fatra (11.11.5483).Dalam pembuatan blog, mahasiswa baru diberi arahan untuk memilih tema blog tersebut dan masih sesuai dengan tema PPM itu sendiri. Barka Satya, selaku Wakil Ketua PPM 2013 dari pihak lembaga mengatakan bawa tugas blog tersebut sebagai pembiasaan mahasiswa baru dengan informasi informasi di dunia tanpa batas (internet) yang juga diterapkan oleh pihak Amikom untuk mahasiswanya. Berkaitan dengan technopreneur yang ada di tema sudah sesuai dengan peraturan Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) yang meliputi tugas lapangan dan pengenalan kampus.Dari persiapan panitia untuk PPM 2013 prosentasenya sudah 90% panitia juga melihat dari kebutuhan kebutuhan teknis untuk kenyamanan mahasiswa baru, kata Jaeni. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan PPM adalah masalah pengeplotan dana. Ditemui di gedung Business Student Center (BSC) lantai 1, Falihah Untay Rahmania S. (11.11.5273), selaku bendahara PPM dari pihak mahasiswa mengatakan bahwa estimasi dana oleh pihak panitia sebesar Rp

    Tahun ajaran baru identik dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek). STMIK Amikom Yogyakarta menyelenggarakan Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) untuk mengenalkan dirinya kepada para mahasiswa baru. Dalam pelaksanaannya tiap tahun, selalu ada hal berbeda dari PPM yang menarik untuk diperbincangkan. Penugasan pra PPM yang mewajibkan mahasiswa baru untuk membuat blog dengan tema artikel technopreneur, memang baru tahun ada di tahun ini. Wajar, menilik tema PPM kali ini adalah The Creanovity in Technopreneur. Sayangnya, ketentuan wajib tersebut menjadi kehilangan maknanya jika tak ada sanksi bagi para pelanggarnya. Jangan sampai, kreativitas yang telah digali dari mahasiswa baru menjadi sia-sia hanya karena ketidaktegasan sistem.Kepada kawan-kawan mahasiswa baru, kami ucapkan selamat datang. Semoga, dengan seminar-seminar yang kalian dengarkan, potensi diri kalian akan tergali. Salam Pers Mahasiswa!

    Telusur JejakPenggalian Potensi Mahasiswa

    Para pemandu sedang menunggu mahasiswa baru memasuki area pelaksanaan Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) (3/9) Journal | Andik

  • Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) tahun ini menyajikan berbagai kisah, dari mahasiswa baru maupun panitianya. Mulai dari salam perkenalan antar mahasiswa, mengecek daftar kelompok mahasiswa dan ada juga panitia yang sibuk di pusat Data dan Informasi (DDI).

    144.043.690,-. Tetapi Falihah mengaku tidak mengetahui dana riil yang dialokasikan lembaga untuk kegiatan PPM.Sampai berita ini ditulis, pihak lembaga belum bersedia dimintai keterangan perihal alokasi dana PPM 2013. Bendahara PPM dari pihak lembaga tahun ini, Eny Nurnilawati, saat ditemui di ruang Biro Administrasi Akademis Kemahasiswaaan (BAAK) tidak dapat menjelaskan perihal tersebut. Kami dari pihak lembaga sepakat untuk memberikan wewenang kepada Humas Amikom, ujar Eny. Setelah ditemui, Kepala Bagian Humas, Erik Hadi Saputra, juga tidak dapat memberikan keterangan. Begitu pula dengan Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan, Idris Purwanto dan Suyatmi sebagai Sekretaris Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan. Alif|Tyas|Laras|Igo|Urfa

    Persiapan Menjelang PPMOleh: Andik Saputra dan Tommy Saputra

    Ilustrasi | Journal

    Sekitar KampusWarga disekitar STMIK Amikom Yogyakarta menyediakan jasa tempat parkir untuk para mahasiswa baru yang mengikuti Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) 2013. Salah satunya ialah Supri, warga yang menyewakan jasa lahan parkir di selatan parkiran Amikom . Jasa tempat parkir dibuka setiap tahun ketika acara PPM berlangsung. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi mahasiswa baru yang memarkir kendaraannya dipinggir jalan dan mengantisipasi macetnya jalanan sekitar kampus (3/9). AnisPersiapan Tim P3KSie Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk persiapan hingga pelaksanaanPenggalian Potensi Mahasiswa (PPM) 2013 STMIK Amikom Yogyakarta. Mahendra Rama Dinantara Putra(12.02.8361) salah satu anggota P3K menjelaskan , Sie P3K telah dibekali dengan pelatihan teori dan praktek. Terdapat lima pos di sekitar Venue dengan empat sampai lima anggota sie P3K disetiap posnya. Basecamp P3K sendiri berada di Basemen Unit IV. Mereka menyediakan tandu dan kotak P3K untuk pertolongan pertama. Peserta yang mempunyai penyakit bawaan dan yang sudah masuk camp P3K juga ditandai dengan pita warna pink, tambahnya (3/9). Anjar

    Kesiapan Pendaftaran PPM 2013Pendaftaran Penggalian Potensi Mahasiswa (PPM) 2013 yang semula ditutup pada senin pukul 19.00 WIB dibuka kembali sam