Click here to load reader

Critical Appraisal Journal

  • View
    993

  • Download
    195

Embed Size (px)

DESCRIPTION

jurnal

Text of Critical Appraisal Journal

CRITICAL APPRAISAL JOURNALLOPERAMIDE THERAPY FOR ACUTE DIARRHEA IN CHILDREN:

SYSTEMATIC REVIEW AND META-ANALYSISAPA MASALAH PENELITIAN INI?Masalah Penelitian: Belum adanya tinjauan sistematis dan meta-analisis mengenai manfaat dan efek samping penggunaan loperamide pada anak.Uraian masalah:

Beberapa tinjauan makalah tentang pengobatan diare akut pada orang dewasa menyarankan penggunaan loperamide sebagai obat lini pertama. Meskipun loperamide digunakan secara luas pada orang dewasa, World Health Organization dan American Academy of Pediatrics mengkhawatirkan penggunaannya pada anak-anak karena kekhawatiran terhadap efektivitas dan keamanan obat tersebut. WHO menduga loperamide tidak efektif dan tidak aman pada anak-anak yang berusia muda. Sementara itu, Food and Drug Administration Amerika Serikat telah memperbolehkan pemakaian loperamide pada anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun, padahal belum adanya tinjauan sistematis dan meta-analisis mengenai manfaat dan efek samping penggunaan loperamide pada anak.APA ISI JURNAL INI SECARA UMUM?1. Apakah latar belakang penelitian dinyatakan secara jelas? (Is the background of the study clearly stated?)

Ya, latar belakang penelitian ini dinyatakan secara jelas dalam abstrak dan diskusi. Adapun latar belakang penelitian ini adalah penggunaannya pada anak belum direkomendasikan oleh World Health Organization dan American Academy of Pediatrics terkait masalah keamanan dan khasiatnya pada anak-anak yang berusia muda serta belum adanya tinjauan pustaka dan meta-analisis tentang khasiat dan efek samping loperamide pada anak-anak.

2. Apa yang menjadi masalah utama penelitian ini? (What is the main problem of this research?)

Meskipun loperamide digunakan secara luas pada orang dewasa, World Health Organization dan American Academy of Pediatrics mengkhawatirkan penggunaannya pada anak-anak karena kekhawatiran terhadap efektivitas dan keamanan obat tersebut, namun Food and Drug Administration Amerika Serikat telah memperbolehkan pemakaian loperamide pada anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun.

3. Apakah tujuan penelitian ini? (What is the objective of this research?)

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkirakan apakah penggunaan loperamide berpengaruh terhadap durasi diare atau jumlah tinja diare pada anak-anak dengan diare akut yang berusia kurang dari 12 tahun dan mencari informasi tentang efek samping loperamide.

APAKAH REVIEW INI MEMPUNYAI PERTANYAAN YANG JELAS ARAHNYA?4. Adakah review ini mencakup isu-isu pokok?

Apakah ada informasi yang cukup tentang:

Populasi yang dipelajari

Intervensi yang diberikan

Outcome yang penting

Ya, review ini mencakup isu-isu pokok, mencakup populasi yang dipelajari, intervensi yang diberikan, dan outcome yang penting.

Populasi yang dipelajari adalah anak-anak dengan diare akut yang berusia kurang dari 12 tahun.

Intervensi yang diberikan adalah pemberian loperamide pada kelompok penelitian dan plasebo pada kelompok kontrol. Outcome yang penting meliputi karakteristik perjalanan klinis penyakit diare, meliputi durasi (dalam hari), frekuensi (dalam jumlah buang air besar per hari), dan banyaknya tinja serta insidens efek samping loperamide.

5. Apakah penulis telah menyeleksi makalah-makalah yang sesuai? (Did the authors look for the appropriate sort of papers?) Penelitian-penelitian terbaik haruslah:

Menjawab pertanyaan review (Address the reviews question)

Mempunyai desain studi yang sesuai (Have an appropriate study design)Ya, penulis telah menyeleksi makalah-makalah sesuai yang didapatkan dari database jurnal terpercaya, yaitu Medline, EMBase, Cochrane Central Register of Controlled Trials. Penulis mendapatkan 345 artikel awal, lalu melakukan tinjauan kembali terhadap abstrak dan eksklusi artikel yang tidak relevan serta artikel duplikat, kemudian mengeklusi artikel yang tidak memenuhi kriteria inklusi berupa desain penelitian uji acak terkontrol, populasi penelitian (anak-anak dengan diare akut yang berusia kurang dari 12 tahun), intervensi (loperamide dibandingkan kontrol), dan ketersediaan data tentang hasil intervensi terhadap durasi diare atau keparahan penyakit. Selanjutnya, penulis mengeklusi artikel yang hanya mencantumkan subanalisis dalam presentasi hasil dan artikel tanpa data yang dapat dikombinasikan.

APAKAH HASIL-HASIL REVIEW VALID?6. Menurut anda, apakah review ini mencakup studi-studi yang penting dan relevan? (Do you think the important, relevant studies were included?) Cari:

Data dasar kepustakaan mana yang dipilih (Which bibliographic databases were used.)

Kontak person dengan para ahli (Personal contact with experts)

Penelusuran studi-studi yang telah dan tidak dipublikasikan (Search for unpublished as well as published studies)

Penelusuran studi-studi yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris (Search for non-English language studies)Review ini mencakup studi-studi yang penting dan revelan.

Data dasar kepustakaan berasal dari database yang terpercaya, yaitu Medline, EMBase, dan Cochrane Central Register of Controlled Trials dengan tiga kali uji penapisan untuk memilih artikel yang diikutsertakan dalam tinjauan sistemis dan meta-analisis. Selain itu, data dasar kepustakaan berasal dari uji klinis terpercaya dan tinjauan artikel yang memenuhi syarat.

Penulis juga menghubungi organisasi kesehatan utama yang memfokuskan pada pencegahan diare dan pengobatan, peneliti utama di lapangan, dan perusahaan farmasi mayor yang memproduksi loperamide (McNeil Consumer Healthcare, http://www.imodium.com) untuk meminta rincian uji klinis lain yang dikenal.

Penulis juga menghubungi peneliti utama untuk mendapatkan informasi tambahan jika diperlukan.

Penelurusan studi dilakukan secara ekstensif, termasuk studi dalam berbagai bahasa selain bahasa Inggris.

APAKAH HASIL PENELITIAN DAPAT DIPERCAYA?(ARE THE RESULT CREDIBLE)?7. Apakah strategi pengambilan sample dinyatakan dengan jelas dan beralasan? (Was the sampling strategy clearly defined and justified?) Perhatikan:

Apakah metode pengambilan sampel (baik subjek maupun setting/lokasi) dideskripsikan secara jelas? (Has the method of sampling (for both the subjects and the setting) been adequately described?) Apakah karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian ini didefinisikan secara jelas? (Have the characteristics of the subjects been defined?)Strategi pengambilan sampel dinyatakan dengan jelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dipilih melalui tiga uji penapisan berdasarkan empat kriteria, yaitu desain penelitian tersebut (uji klinis acak terkontrol), populasi penelitian (anak-anak dengan diare akut yang berusia kurang dari 12 tahun), intervensi (loperamide dibandingkan kontrol), dan ketersediaan data tentang hasil intervensi terhadap durasi diare atau keparahan penyakit. Penelitian yang memenuhi keempat kriteria tersebut dimasukkan dalam tinjauan ini. Penelitian yang meneliti kombinasi loperamide dan obat lain, misalnya antibiotika, tidak dimasukkan dalam tinjauan ini. Namun, alasan strategi pengambilan sampel tidak dijelaskan.Karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 1.788 anak-anak dengan diare akut yang berusia kurang dari 12 tahun di mana > 975 anak diberikan loperamide dan 813 anak diberikan placebo. Kebanyakan anak hanya mengalami diare ringan.

8. Apa saja metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data? (What methods did the researcher use for collecting data?)

Consider:

Apakah sudah dipelajari sumber data yang tepat? (Have appropriate data sources been studied?)

Apakah metode untuk mengumpulkan data telah dideskrisikan secara cukup jelas/detail? (Have the methods use for data collection been described in enough detail?)

Apakah metode pengumpulan data yang digunakan lebih dari satu cara? (Was more than one method of data collection used?)

Apakah metode yang digunakan reliable dan terverifikasi secara independent (misalnya dengan menggunakan audiotape, videotape, catatan)? (Were the methods used reliable and independently verifiable (e.g audiotape, videotape, fieldnotes)?)Pengambilan data dilakukan secara acak dari database terpercaya. Pengambilan data juga dilakukan melalui tinjauan kepustakaan, artikel lain yang terpercaya, rincian uji klinis dari organisasi, peneliti di lapangan dan perusahaan terkait. Sumber data yang dipelajari sudah tepat dan diperoleh melalui lebih dari satu cara. Pengambilan data dilakukan secara acak dari database terpercaya (Medline, EMBase, dan Cochrane Central Register of Controlled Trials) dengan kata kunci diare, loperamide, dan Imodium. Selain itu, data dasar kepustakaan berasal dari uji klinis terpercaya dan tinjauan artikel yang memenuhi syarat, rincian uji klinis dari organisasi kesehatan utama yang memfokuskan pada pencegahan diare dan pengobatan, peneliti utama di lapangan, dan perusahaan farmasi mayor yang memproduksi loperamide. Metode yang digunakan reliable dan terverifikasi secara independent dan dideskripsikan secara jelas karena tinjauan sistemik dan metaanalisis terhadap sumber data dari database terpercaya didukung dengan uji penapisan sebanyak tiga kali penilaian terhadap kualitas metodologi penelitian. Data juga diperoleh dari ncian uji klinis dari organisasi kesehatan utama yang memfokuskan pada pencegahan diare dan pengobatan, peneliti utama di lapangan, dan perusahaan farmasi mayor yang memproduksi loperamide.

Penulis juga menghubungi peneliti utama untuk mendapatkan informasi tambahan jika diperlukan melalui wawancara.

9. Apakah metode yang digunakan peneliti untuk menganalisis data dan cara kontrol kualitas apa yang diimplementasikan? (What methods did the researcher use to analyze the data, and what quality control measures wer

Search related