Editing Peta 2

Embed Size (px)

DESCRIPTION

ppt

Text of Editing Peta 2

EDITING PETA By: Tedi Eka Saputra (H22114019) Nur Yaqien Jaya (H22114508 )

EDITING PETABy:

Tedi Eka Saputra (H22114019)Nur Yaqien Jaya (H22114508 )

Indikator Materi:

Memahami fungsi-fungsi yang ada pada menu ToolBar Editor.Memperbaiki kesalahan yang terjadi pada proses digitasi.Melakukan konversi data dari fieature polyline menjadi polygon, atau sebaliknya.Memahami cara pembagian polygon menjadi beberapa polygon baru.Memahami cara pembagian line menjadi beberapa line baru berdasarkan jarak yang ditentukan.

Editing peta:

Tahapan umum proses editing:1. Menjalankan Arcmap2. Memasukkan data3. Menampilkan toolbar editing yang dibutuhkan4. Mengaktifkan mode editing5. Melaksanakan operasi editing6. Penyimpanan hasil editing.

I. Toolbar editor standar:

Edit toolMengaktifkan feature yang akan diedit. Edit Annotation Tool Mengedit notasi berupa huruf pada layar/data frame. 3. Strightmembuat feature berupa point dan digitalisasi polyline atau polygon dengan pola yang tidak beraturan. Tool ini paling sering digunakan karena polanya tersebut bias dengan baik mewakili bentuk permukaan bumi.4. End Point ArcHampir sama dengan dengan Arc Tool, tapi parameter lengkungankurvanya ditentukan pada bagian akhir dan dapat menggunakan nilai tertentu

5. TraceKumpulan tool yang digunakan untuk melakukan proses pendigitasian dengan berbagai metode.

6. Point Menambahkan point pada saat editing.7. Edit vertexmengedit vertex dengan beberapa fasilitas didalamnya.

8. Reshape featuremerubah bentuk feature sesuai dengan jalur pembuatan segmen baru.

9. Cut polygonmemotong feature sesuai dengan jalurpembuatan segmen baru.

10. Split toolMemotong fitur line terseleksi.11. Rotate shapeMemutar fitur yang terseleksi.12. AttributesKeterangan isi dari feature.13. Skecth propertiesMeng-Edit Vertex (menambahkan dan mengurangi) vertex, juga membuat feature berdasarkan titik koordinat yang ada.

14. Create feature

Toolbar editor lanjutan

Toolbar editor lanjutan Copy feature tool

Menduplikasi file terpilih. Fillet tool

Membuat lengkungan (kurva pada pertemuan 2 garis). Extend tool

Memanjangkan garis hingga menyentuh garis yang terpilih. Trim tool

Memotong garis tepat pada perpotongan dengan garis terpilih.

Line intersection

Membuat vertex pada setiap perpotongan garis. Explode multipart feature

Memecahkan multipart fitur menjadi singlepart fitur. Construct geodetic

Membuat garis atau poligon dengan pengukuran yang menjelaskan distorsi yang melekat pada ruang proyeksi untuk untuk mencerminkan kelengkungan bumi.

Toolbar editor lanjutan Align to shape

Menyelaraskan feature yang dibuat berdasarkan feture yang ada.

Replace geometry tool

mengganti seluruh bentuk titik yang dipilih, garis, atau poligon dengan tetap menjaga nilai-nilai atribut yang melekat pada feature yang diganti.

Construct polygon

membuat polygon baru dari garis atau polygon terpilih.

Split polygon

Memotong polygon terpilh..

Planarize lines

Menggambar segi empat.

Generalize tool

menyederhanakan geometri fitur dengan menghilangkan verteks-verteks yang tidak vital.

Smooth tool

Menghaluskan garis yang terplih

II. Kesalahan pada saat digitasi

Memperbaiki kesalahan pada saat digitasiA. Menghilangkan kesaalahan Undershoot:Zoom in untuk memeperbesar peta.Aktifkan menu Anvanced editing, pilih garis dimana node akan bersatu menggunakan tombol Edit Tool. Gunakan tombol extend tool, selanjutnya double klik pada node di ujung garis.

Memperbaiki kesalahan pada saat digitasiB. Menghilangkan kesalahan overshoot:pilih garis yang menjadi batas terjadinya overshoot menggunakan tombol Edit Tool

Pada menu Advanced Editing gunakan tombol Trim Tool

Selanjunya dobel klik pada garis yang melewati batas.

Memperbaiki kesalahan pada saat digitasiC. Menghilangkan kesalahan digitasi yang tidak tepat jalur : Dobel klik garis yang dianggap tidak tepat pada jalur menggunakan tombol Edit Tool.akan tampak vertex-verteks yang membangun garis, geser dengan tombol edit tool.Bila vertex yang ada dianggap kurang maka klik kanan kemudian pilih Insert Vertex. Bila ingin menambahkan batas polygon baru dapat dilakukan sebelum konversi/ sesudah konversi menjadi polygon.

Menambahkan batas polygon baru:Penambahan batas sebelum dikonversi menjadi polygon:Digitasi batas menggunakan Sketch Tool mengikuti jalur seperti yang ada pada peta rujukan.

2. Bila peta sudah menjadi polygon:Pilih menu Editor->Start Editing, pilih polygon yang mau dipotong menggunakan tombol Edit Tool

Gunakan cut polygon, lanjutkan dengan mendigitasi peta.

Proses pendigitasian diakhiri dengan double klik mouse.

III. Konversi data: (http://komunitasgis.com/?p=64)Dari fieature polyline menjadi polygon:

Data Management Tools -> Features -> feature to polygon

Dari fieature polygon menjadi polyline:

Data Management Tools -> Features -> feature to line

Contoh konversi ke polygon:

7325

IV. Pembagian polygon (https://5758yo.wordpress.com/2011/11/02/belajar-arcgis-10-mengedit-fitur/)Pada tab editor=> edit toolPilih fitur polygon yang akan di bagiCut polygons toolBuat sketsa garis pembagi yang melalui poligon terpilihAkhiri dengan klik kanan=> finish sketch/F2

V. Pembagian line dengan jarak tertentu(http://www.geotekno.com/cara-split-polyline-dengan-jarak-tertentu-di-arcgis/1377)1.Tentukan sebuah polyline yang akan di split/di bagi dalam jarak interval tertentu. 2.Start Editing, seleksi polyline tersebut.3. klik menu Divide By Line, isi nilai interval yang diinginkan, lalu ENTER.

THANK YOU!!!!!!!!!Kontribusi: Tedi Eka Saputra : Membuat presentasi Nur Yaqien Jaya : Mencari materi dari website