Click here to load reader

GARDU INDUK 2

  • View
    425

  • Download
    39

Embed Size (px)

Text of GARDU INDUK 2

GARDU INDUK

Fungsi

Komponen Gardu Induk

Switch Yard

Trafo Daya

NGR

Circuit Breaker

Circuit Breaker

Lightning Arester

Current Transformer

Potential Transformer

Pemisah (PMS )adalah alat dipergunakan untuk menyatakan secara visual bahwa suatu peralatan listrik sudah bebas listrik sudah bebas dari tegangan kerja atau suatu alat untuk mamisahkan tegangan pada peralatan instalasi tegangan, oleh karna itu pemisah tidak boleh dimasukan atau dikeluarkan pada rangkaian listrik dalam keadaan berbeban.

Jenis nya Berdasarkan jumlah kutubnya dibagi menjadi: PMS dengan kutup tunggal . PMs dengan tiga kutup . Berdasarkan cara gerak pisau pemutus PMS dibagi menjadi : PMS dengan jarak isolasi mendatar, dapat dibedakan menjadi: Tunggal mendatar Ganda mendatar Ganda mendatar dan memutar ditengah Vertikal PMS dengan jarak isolasi tegak, dapat dibedakan menjadi: Teleskopik / vertikal Pantograph PMs dengan jarak isolasi bushing Sesuai dengan fungsinya dapat dibagi. Pemisah tanah/pisau pentanahan (PMS ground) Berfungsi untuk mengamankan peralatan dari sisa tegangan yang timbul sesudah SUTT diputuskan atau induksi tegangan dari penghantar. Pemisah peralatan ( PMS line, PMS Bus A & PMS Bus B ) berfungsi untuk mengisolasikan peralatan listrik dari peralatan yang bertegangan.

Umumnya dipasang seri dengan PMT dan pengoprasiannya setelah PMT membuka untuk menjamin agar tidak terjadi kesalahan pengoprasian maka peralatan harus saling dapat saling mengunci (interlock) antara PMT dan PMS .

Trafo Pemakaian Sendiri

Rel ( Bus Bar )

Gedung KontrolGedung kontrol dalam bangunan gardu induk berfungsi sebagai pusat aktifitas pengoprasian gardu induk tersebut, dari dalam gedung kontrol, operator bekerja untuk mengontrol dan mengoprasikan peralatanperalatan yang berada digardu induk, selain sebagai pusat aktifitas pengoprasian, didalam gedung kontrol tersebut juga terdapat beberapa peralatan lain : penel kontrol, panel proteksi, baterai dan rectifier, pembagi catu ac/dc, PLC / scadatel, dan sarana pendukung seperti alarm, emergency lamp serta pendingin udara.

Panel Control

Panel Proteksi

Sumber DC Gardu Induk

Panel AC/DC

Cubicle 20 kV

Sistem Proteksi