Gardu Induk materi ttl

  • View
    335

  • Download
    56

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Gardu Induk materi kuliah TTL

Text of Gardu Induk materi ttl

  • Busbar/RelMerupakan peralatan tempat pertemuan/hubungan antara trafo-trafo tenaga, Saluran Udara TT, Saluran Kabel TT dan peralatan listrik lainnya untuk menerima dan menyalurkan tenaga listrik/daya listrik. Sistem Busbar :

  • 3. Sistem cincin atau ringSemua rel/busbar yang ada tersambung satu sama lain dan membentuk seperti ring/cicin.

  • 4. Sistem Tanpa RelAkhir-akhir ini, sistem Unit/tanpa rel mulai banyak dipakai karena adanya kemajuan dalam keandalan alat-alat dan penyederhanaan instalasi karena sukarnya memperoleh tanah

  • Gardu MobilYaitu gardu distribusi yang bangunan pelindungnya berupa sebuah mobil (diletakkan diatas mobil), sehingga bisa dipindah-pindah sesuai dengan tempat yang membutuhkan. Oleh karenanya gardu mobil ini pada umumnya untuk pemakaian sementara(darurat), yaitu untuk mengatasi kebutuhan daya yang sifatnya temporer.

  • Keterangan gambar:1. Saklar pemisah 2. Penyalur Petir 3. Pemutus 4. Isolator 5. Transformator 6. Pengubah tap 7. Pemutus 8. Kotak kontrol 9. Trafo bantu 10. Baterai Nikad 11. Saklar Pemisah 12. Poros berganda 13. Gudang peralatan

  • GITOGardu Induk (substation) Tanpa Operator (GITO) adalah substation yg merupakan salah satu altenatif dalam mendukung pengendalian terpusat untuk melakukan proses supervisi secara cepat dan akurat. Perangkat human/operator dalam gardu induk yang memiliki faktor kesalahan cukup besar bila dibandingkan dengan aplikasi teknologi dicoba untuk dieliminasi. Operator dalam melaksanakan tugasnya secara garis besar dapat dideskripsikan sebagai berikut melakukan pencatatan terhadap pengukuran/metering Daya,Tegangan , Arus. Melakukan fungsi kontrol terhadap PMT /PMS. Data yang diterima SCADA (System Control Accuisition and Data) interface dari berbagai masukan (sensor, alat ukur, relay, dan lain lain) baik berupa data digital dan data analog dan dirubah dalam bentuk data frekwensi tinggi (50 kHz sampai dengan 500 kHz) yang kemudian ditransmisikan bersama tenaga listrik tegangan tinggi.Power Line Carrier (PLC) berfungsi sebagai sarana komunikasi suara dan komunikasi data serta tele proteksi dengan memanfaatkan penghantarnya dan bukan tegangan yang terdapat pada penghantar tersebut.

  • Selesai