Haluan kepri 02feb16

  • View
    326

  • Download
    13

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan kepri 02feb16

Text of Haluan kepri 02feb16

  • Bahagia"BAHAGIA adalah ketika

    dapat bersama, salingmencinta tanpa mem-

    permasalahkan ke-kurangan yang kita

    punya." (mbc)

    CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Selasa, 2 Februari 2016

    23 Rabiul Akhir 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 02/2 TAHUN KE 15

    Tiwi

    Kursus Bahasa ... Hal. 7

    Kursus Bahasa

    Ujian Berat ... Hal. 7

    JAKARTA (HK) Banyak carabuat para ibu untuk mem-berikan pendidikan yang ter-baik bagi anaknya sedari dini.Hal itu pula yang disadari ekspersonel T2, Tiwi.

    Ia mengaku memilih un-tuk memasukkan anaknya,Reo Athar Sakuramoto, kedalam kursus berbagai ba-hasa ketimbang pendidikananak di usia dini (PAUD).

    "Reo tidak PAUD, tapi lebih ke les dankursus. Reo sedang belajar berbagaibahasa, khususnya Indonesia dan Jepang.Nggak ada klasifikasi khusus soalnya,"ucap suami dari Shogo Sakuramoto asalJepang itu saat ditemui di kawasan KebonJeruk, Jakarta Barat, Senin (1/2).

    Editor: M Syahdan, Layouter: Novrizal, Grafis: Richo

    Ujian Berat The GunnersLONDON (HK) Pagelaran PremierLeague akan kembali digelar pada per-

    tengahan pekan ini. Memasuki pekan ke-24 Arsenal akan kedatangan tamu, salah satu tim

    kuda hitam Premier League musim ini, Sou-thampton pada Rabu (3/1) dinihari WIB.

    Berkat kekalahan dariChelsea pada minggu lalu,Arsenal harus turun dua per-

    ingkat dari peringkat pertama

    klasemen menuju peringkat keti-ga. Tertinggal tiga poin dari sangpemuncak klasemen LeicesterCity membuat anak asuh Arsene

    Wenger ini bertekad untuk men-galahkan The Saints demi menja-ga asa mereka menjadi juara Pre-mier League musim ini.

    Namun kedatangan Southam-pton ke Emirates Stadium padahari Rabu nanti bisa menjadimasalah tersendiri bagi The Gun-ners (julukan Arsenal). Pasalnyadalam lima pertemuan terakhirkedua tim, Olivier Giroud dkk men-derita tiga kekalahan dari limapertandingan terakhir. Belum lagi

    Penetapan Hasil Pilkada Karimun

    Asyura Dilarang Pimpin Paripurna

    Asyura Dilarang ... Hal. 7

    Baku Tembak di Aceh, Dua TewasACEH (HK) Baku tembakantara polisi dan kelompokpenculik yang berlangsungselama 15 menit di lintasMedan-Banda Aceh, KeudeeGeurugok, Kecamatan Gan-dapura, Bireuen, Senin (1/2).Insiden itu menyebabkan duaanggota kelompok radikaltersebut tewas. Sementara

    dua lainnya berhasil melari-kan diri ke dalam hutan.

    Kedua kelompok radikalyang tewas yaitu Barmawidan Ismuharuddin. Dari tan-gan tersangka, polisi mene-mukan barang bukti berupasepucuk senapan serbu SS1bersama tujuh magazen, satusenjata api pistol FN bersa-

    ma satu magazen, uang tunaiRp700 juta dan satu buah pon-sel jenis Blackberry. Keduan-ya warga Kecamatan KNisamAntara, Aceh Utara. Saat ini,jenazah kedua pelaku beradadi RSUCM Aceh Utara.

    Informasi di lapangan,baku tembak terjadi setelahpelaku melepas Kamal Bahri,

    Sekretaris Unit Layanan Pen-gadaan (ULP) PemerintahAceh yang diculik mereka.Kamal dilepas, setelah kelu-arganya memberi tebusanuang Rp700 juta. Begitu Ka-mal dilepas, polisi langsungmenyergap mereka hinggaterjadi baku tembak.

    "Tadi kontak tembak itu 15

    menit. Mereka menembak apa-rat sehingga harus kita lumpu-hkan, kata Direktur ReserseKriminal Umum (Direskri-mum) Polda Aceh, KombesNurfallah di Rumah SakitUmum Cut Meutia (RSUCM)Aceh Utara, kemarin.

    Baku Tembak ... Hal. 7

    HM ASYURAsaat diwa-wancara usaimeninggalkansidang di gedungDPRD Karimun,Senin (1/2).

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    Pemko Batam TolakJemput Eks Gafatar

    BATAM (HK) Pemer-intah Kota (Pemko) Ba-tam menolak untuk men-jemput mantan anggotaGerakan Fajar Nusantara(Gafatar) asal Batamyang kini masih berada diKabupaten Mempawah,Kalimantan Barat. Ala-sannya, pemerintah tidakmemiliki anggaran. Na-mun demikian, jika pen-ganut Gafatar pulang, pe-merintah akan menerimadengan tangan terbuka.

    Wakil Walikota Ba-tam, HM Rudi, SE menga-takan hal itu kepada war-tawan, kemarin.

    "Kami tidak akan jem-put. Tidak ada anggaranuntuk itu. Apalagi, saatini pemerintah harus me-rasionalisasi anggaranakibat pengurangan DanaBagi Hasil dari pemerin-tah pusat.

    Namun, bila penganutGafatar pulang ke Batam,pemerintah akan meneri-ma dengan tangan terbu-ka" katanya.

    Para penganut Gafataritu sebelumnya diusir se-cara paksa oleh warga se-tempat. Bahkan rumah,

    DBD Mewabah BatamJanuari, 68 Kasus

    BATAM (HK) Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) se-dang mewabah Batam. Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)

    Embung Fatimah, Batuaji, terhitung Januari tahun ini tren pen-derita DBD meningkat dari tahun sebelumnya 2015. Rata-rata

    penderitanya anak di bawah umur.

    Humas RSUD EmbungFatimah Batam, Nur Ainimengatakan hingga hari inipasien DBD yang ditangani di

    rumah sakit terse-but sudah ada 68

    kasus. Ini berbeda dengantahun 2015 yang hanya 24kasus saja.

    "Pokoknya dalam kurun

    Pemko Batam... Hal. 7

    DBD Mewabah ... Hal. 7

    KARIMUN (HK) Kisruhantara Ketua DPRD Karimun,HM Asyura dengan 20 anggo-ta dewan lainnya terus ber-gulir. Pada Senin (1/2) sia-ng, Asyura dilarang me-mimpin sidang paripurnapenetepan hasil PilkadaKarimun 2015 di GedungDPRD Karimun. Anggotadewan mengancam jikaAsyura tetap ngotot me-mimpin sidang, merekaakan walk out bersama-sama, keluar dari sidang.

    Mendapat ancamanitu, akhirnya dengan berji-wa besar, Asyura punmeninggalkan ruangansidang parpurna.

    "Para anggota dewan

    dan hadirin yang terhormat,saya menghormati keinginandari saudara-saudara semua.Karena saya ada keperluan pent-

    ing lainnya maka sidang pari-purna ini, saya serahkan kepada

    DIRESKRIMUM Polda Aceh, Kombes Pol Nurfallah memperlihatkan senjata milikkelompok penculikan di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh, kemarin.

    Dedi ManurungLiputan Batam

  • sambungan7 Selasa, 02 Februari 2016

    DBD Mewabah ..... sambungan Hal. 1

    Kursus Bahasa ..... sambungan Hal. 1

    Asyura Dilarang ..... sambungan Hal. 1

    Pemko Batam..... sambungan Hal. 1

    Baku Tembak ..... sambungan Hal. 1

    Pelantun 'OK' itu mengakumendapat hal positif dengan mem-berinya kursus dua bahasa tersebutke Reo yang baru berusia 2,5 tahun.Terlihat saat ia memboyong anakn-ya ke rumah keluarga suaminya diNegeri Sakura beberapa waktu lalu.

    Tiwi begitu terkejut saat sangbuah hati begitu fasih menyebut-kan nama-nama keluarganya. Iapun menyadari Reo sudah ber-kembang dan tahu banyak hal set-elah mempelajari kursus bahasaJepang.

    "Aku kaget itu ketika si Reo nye-butin nama bapaknya dengan fasih.Sampe di Indonesia sekarang inidia tidak pernah lupa sama sau-dara-saudaranya di Jepang. Diainget nama-nama Jepang saudara-nya," tandasnya. (dtc)

    Wakil Ketua DPRD Karimun," un-gkap Asyura sambil meninggalkankursi pimpinan sidang dan berlaluke luar ruangan.

    Sebelum meninggalkan sidang,Asyura sempat berpelukan denganBupati Karimun Aunur Rafiq, Wa-kil Ketua DPRD I Azmi dan WakilKetua DPRD II Bakti Lubis. Seir-ing beranjak pergi, puluhan war-tawan yang sudah menunggu kepu-tusan Asyura tersebut ikut berlar-ian ke belakang ruangan BalaiLong Sri Gedung DPRD Karimuntersebut.

    Di lokasi itu Asyura mengakukeputusan keluar dari sidang par-purna demi menjaga kepentinganmasyarakat.

    "Saya mengambil sikap inidemi kepentingan masyarakatKabupaten Karimun. Kalau ma-salah internal di dalam, biarlahBadan Kehormatan (BK) yang me-nyelesaikannya nanti, dari padaBupati yang terpilih mendatangtidak bisa kita umumkan, sehing-ga Karimun tidak ada pemimpin-nya," kata Asyura yang menyerah-kan pimpinan sidang kepada Wak-il Ketua DPRD Karimun BaktiLubis.

    Asyura menyebut, sebagai pim-pinan di DPRD Karimun, dirinyaharus berjiwa besar kepada ma-syarakat Karimun sehingga membi-arkan sidang paripurna berjalantanpa kehadiran dirinya. Dia hanyaberharap agar sidang berjalan den-gan tertib dan lancar hingga bisadibacakan pengumuman Bupatidan Wakil Bupati Karimun terpilih.

    Terkait mosi tidak percaya yangdilayangkan 20 anggota DPRD Ka-rimun, Asyura mengaku menghor-mati keputusan rekan-rekannyasesama anggota dewan Karimuntersebut. "Saya menghormati mositidak percaya tersebut. Sehingga,saya serahkan pimpinan sidangkepada Wakil Ketua, kami jugasudah berembuk soal ini," tuturnya.

    Namun, Asyura bersikukuhkalau anggota dewan yang laintidak berhak mencopot dirinya.Sebab menurutnya yang memilikikewenangan itu adalah PartaiGolkar.

    "Saya tetap menjabat sebagaiKetua DPRD dengan dasar hukumyang jelas. SK saya dikeluarkanoleh menteri, saya diantar oleh

    partai saya ke sini. Selagi partaitetap komit kepada saya, makaposisi saya tetap," jelasnya.

    Di sisi lain ia juga mengakusiap jika dipanggil BK DPRD Ka-rimun terkait mosi tidak percayayang dilayangkan 20 anggota dew-an itu. Kapanpun BK akan memer-iksanya, dia akan bersedia. Kese-diaan itu, kata Asyura atas kebija-kan sebagai pimpinan DPRD se-kaligus menjaga nama baik PartaiGolkar.

    Hanya saja, sebagai pimpinandewan, dia mengaku memiliki hakuntuk membatasi siapa saja BKyang akan memprosesnya. Pasaln-ya, dua dari tiga anggota BK ad-alah anggota dewan yang dilapor-kannya ke polisi. "Saya tak inginbeliau ikut memeriksa saya se-bagai BK. Saya hanya ingin 2 orangsaja yang memeriksa. Sebagaipimpinan, saya punya kewenanganuntuk itu," jelas Asyura.

    Sidang paripurna pembacaanhasil pilkada Karimun yang dilak-sanakan di Gedung DPRD Karimunsempat molor selama 2 jam lebih.Sidang yang seharusnya dilaksan-akan pada pukul 10.00 WIB, baruterlaksana sekitar pukul 12.05WIB. Para anggota dewan barumemasuki ruang sidang sekitarpukul 11.15 WIB.

    Sementara, Bupati Aunur Ra-fiq, Ketua DPRD HM Asyura bersa-ma dua wakilnya Azmi dan BaktiLubis serta masing-masing ketuafraksi di DPRD Karimun