Haluan kepri 04feb16

  • View
    306

  • Download
    17

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan kepri 04feb16

Text of Haluan kepri 04feb16

  • Hikmah Musibah"Terkadang kita harus bersyukur

    terhadap musibah. Karena datangnyabanyak membawa hikmah. Baik hikmah

    yang sejak awal sudah ditakdirkandatang kepada kita, maupun yang

    datang setelah itu. Hikmah yang tidakkita sangka-sangka karena dengan

    musibah kita larut padanya, maupunhikmah yang sudah kita nanti

    kedatanganya."

    CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Kamis, 4 Februari 2016

    25 Rabiul Akhir 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 04/2 TAHUN KE 15

    Carissa Putri

    Keranjingan Akroyoga... Hal. 7

    Keranjingan Akroyoga

    Leicester Tanpa ... Hal. 7

    BATAM (HK) Caris-sa Putri mengakusaat ini dirinya ten-gah fokus mengurussang buah hati, QuenzinoAcana Naif yang sudah beru-sia dua tahun. Namun, dia tern-yata juga memiliki kesibukanlain, yakni akroyoga.

    "Kalau akroyoga itu seruya, seperti sebuah tantangan,kayak akrobat. Kita harus kon-sen dan percaya diri. Untung-nya enggak pernah keseleo,"kata istri Navies Abdullah itu diDcost VIP, Jakarta Pusat, Rabu (3/2).

    Editor: R Ghafur, Layouter: Novrizal, Grafis: Richo

    Leicester Tanpa Kesulitan Tumbangkan LiverpoolLEICESTER (HK) Leicester City berhasilmenang dengan skor 2-0 saat menjamuLiverpool di matchday 24 Premier League diKing Power Stadium, Rabu (3/2) dinihari WIB.

    Liverpool menunjukkanbetapa mereka memang ke-sulitan untuk bermain kon-sisten musim ini. Dan di lagakontra Leicester ini merekatampil buruk meski unggulpenguasaan bola. Sang tuan

    rumah pun tanpa kesulitandan dengan efektif bisa mer-aup tiga angka berkat sum-bangan dua gol Jamie Vardy.

    Pertandingan ini lang-sung dibuka dengan tempocukup tinggi. Namun Leices-

    ter ber-main lebih

    agresif ketim-bang Liverpool.

    Mereka pun langsu-ng berusaha mengepu-

    ng pertahanan tamunya

    tersebut.Peluang bahkan la-

    ngsung didapat oleh TheFoxes di menit ke-3 melaluisepakan keras Mahrez. Na-mun bola hanya melesat tipisdi sisi gawang Mignolet. pelu-ang kembali didapat oleh sa-ng tuan rumah di menit ke-19, dan kali ini melalui sun-dulan Okazaki. Untungnya,sundulan dari jarak dekat itubisa dimentahkan oleh Mi-

    3 Kepala Daerah BerpeluangJELANG PEREBUTAN KETUA PARTAI DEMOKRAT KEPRI

    BATAM (HK) Tiga orang Kepala Daerahterpilih di Provinsi Kepulauan Riau ber-peluang memimpin Ketua Dewan PimpinanDaerah (DPD) Partai Demokrat KepulauanRiau. Mereka, H. Muhammad Sani (GubernurKepri terpilih), Rudi SE (Walikota Batamterpilih) dan Apri Sujadi S.Sos (Bupati Bintanterpilih).

    Di samping tiga namatadi, terdapat nama Waliko-ta Batam, Ahmad Dahlanyang notebene adalah Ketua

    DPC Partai Demokrat Batamdan Wakil Ketua DPRD Ke-pri, Husnizar Hood. KetuaFraksi PD DPRD Kepri, Hot-man Hutepea juga digadang-

    R. GhafurLiputan Batam

    3 Kepala... Hal. 7

    Kapolda Sikat Judidan Narkoba

    BATAM (HK)- Kepolisian Daerah(Polda) Kepulauan Riau dan Ke-polisian Resort Kota (Polresta)Batam Rempang Galang (Bare-lang) bertekad menyikat semuaaktifitas perjudian dan peredar-an narkotika di Batam.

    "Untuk perjudian yang masihbuka, kita berantas semua. Sayasudah perintahkan Kepala Ke-polisian Resort Kota (Kapolred-ta) Batam untuk menert-ibkannya," tegas Ke-pala KepolisianDaerah (Kapolda)Provinsi Kepri,Brigjend PolSam Budigus-dian usaiperesmian

    Bank Jual Dua Unit RTLHKARIMUN (HK) BankRakyat Indonesia (BRI) Ca-bang Karimun dan salah satuBank Perkreditan Rakyat(BPR) setempat menjual duaunit rumah tak layak huni(RTLH) beserta tanahnya diSepadas, Meral Barat. Rumahitu merupakan hasil rehabili-tasi Pemerintah KabupatenKarimun dan Pemerintah Pro-vinsi Kepulauan Riau (Kepri)2012 lalu.

    BRI menjual RTLH milikAli, warga RT 04/RW05 Sepa-das dan salah satu BPR diKarimun menjual RTLH mi-lik Suryanto, warga RT01/RW05 Sepadas. Lembagaperbankan itu terpaksamenjual kedua unit RTLHitu setelah pemiliknya me-

    nggadaikannya ke bank

    dan tidak sanggup memba-yarnya.

    Berdasarkan informasiyang dihimpun Haluan Kepri,Suryanto menjual rumah ban-tuan pemerintah tersebut kare-

    na tak memiliki uang untukkebutuhan pulang kampung keMedan, Sumatera Utara. Diadiminta pulang, karena orang

    Bank Jual... Hal. 7Kapolda Sikat... Hal. 7

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    SALAH seorang pria melintas di salah satu unit rumah tak layak huni (RTLH) di Karimun.

    Sam Budigusdian

  • bisnis2 Kamis, 04 Februari 2016

    Editor: Amir Yunus , Layout: Agung R

    DPR Minta Seleksi Direksi BUMN TerbukaPublik Dapat Memantau Para Figur

    JAKARTA (HK) Komisi VI DPR memintaKementerian BUMN membuka secara transparanproses penjaringan calon direksi dan komisaris diperusahaan milik negara untuk mendapatkan figuryang cakap dalam memimpin sebuah korporasi.

    "Kita ingin proses rekrutmendireksi dan komisaris dilakukan ter-buka terutama pada BUMN strate-gis, mulai dari penentuan nama calonhingga hasil dari seleksi," kata KetuaKomisi VI DPR Achmad Hafisz To-hir, di Gedung MPR/DPR-RI, Jakarta,Rabu (3/2).

    Menurut Hafisz, tujuan prosesseleksi yang transparan tersebutagar publik dapat menilai sejakawal siapa sosok yang akan menja-di pengambil keputusan pada se-buah BUMN.

    "Kita tidak ingin mencampurikeputusan pemegang saham BUMN,karena itu merupakan kewenanganeksekutif. Tapi parlemen sebagailembaga yang mengawasi kekayaannegara juga harus mengetahui trackrecord orang yang akan ditempatkan

    pada BUMN," ujarnya.Selama ini, ujar Hafisz, Komisi

    VI DPR yang merupakan mitra kerjaKementerian BUMN tiba-tibamendapat laporan terkait susunandireksi sebuah BUMN, padahal didalamnya seringkali terdapat sosokyang dinilai publik bermasalah.

    "Betul...Kementerian BUMN danKementerian Keuangan merupakanpemegang saham yang berhakmelakukan fit and proper test (ujikelayakan dan kepatutan) calondireksi, namun tidak ada salahnyapublik melalui DPR diberikankesempatan untuk memberikan ma-sukan-masukan," katanya.

    Politisi dari Fraksi PAN tersebutmenyebutkan, belakangan pada sus-unan direksi dan komisaris beberapaBUMN terdapat figur yang dinilai

    tidak memiliki kompetensi dalammenangani sebuah perusahaan.

    "Pada jabatan komisaris, bebera-pa nama berasal dari kalangan rela-wan dan pengamat. Padahal majumundurnya sebuah korporasi terle-tak pada manajemen dan fungsi pen-gawasan, sehingga kalau tidak profe-sional akan memberatkan perusa-haan itu sendiri," tegasnya.

    Hafisz menjelaskan, laporan Ke-menterian BUMN kepada DPR terse-but bersifat pemberitahuan saja,karena memang bukan ranah legisla-tif untuk mencampuri urusan "fit andproper test".

    Setidaknya Komisi VI bisa mem-berikan rekomendasi apakah seorangcalon bermasalah atau punya rekamjejak yang buruk. Publik juga bisamemberikan informasi apakah calontertentu pernah melakukan tindakankriminal, terlibat korupsi danmasalah lainnya.

    Kementerian BUMN sebagaipembina dan pengawas perusa-haan "platmerah" itu juga dapatmengumumkan pada periode ter-tentu BUMN-BUMN apa saja yangmasa tugas direksinya segerahabis, termasuk pelaksanaan Rap-at Umum Pemegang Saham LuarBiasa (RUPSLB). (ant)

    BERI PENJELASAN Ketua Komisi VI DPR

    Achmad Hafisz Tohirmemberikan penjelasantentang seleksi Direksi

    BUMN, di Gedung MPR/DPR-RI, Jakarta, Rabu

    (3/2). Seleksi dimintaterbuka agar publi dapat

    memantau para figur.

    ANTARA

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    Editor: Amir Yunus, Layout: Mario

    bisnis3 Kamis, 04 Februari 2016

    Batam City Hotel

    Bisa Sekedar Transit

    Kepada Haluan Kepriyang menemuinya Rabu (3/2), Arif Hakim, Room Divi-sion Batam City Hotel me-nuturkan bahwa merekamemberlakukan khusustransit ini untuk penggunadimana mereka bisa checkin pukul 12.00 WIB hinggapukul 19.00 WIB.

    "Sekedar transit bisa,karena terkadang ada kon-

    sumen yang sekedar mampiruntuk malanjutkan perjala-nannya," ungkap ArifHakim.

    Promoso transit tersebut,lanjutnya, cukup murah. Jikatamu memilih deluxe diberi-kan harga Rp250.000 sajaper 5 jam, kalau executiveRp275.000 per 5jam, namundemikian tidak berlaku diweekend, long weekend danpublic holiday.

    Dan untuk might nightini di gunakan kepada pel-

    anggan hotel yang inginmenginap di tengah malamdan akan diberikan hargaspesial.

    "Untuk kamar deluxe har-ga Rp330.000 dan untuk exec-utive Rp380.000 dan ini tidakberlaku di weekend, long week-end dan public holiday," lan-jutnya.

    Dan Arif juga menambah-kan bahwa untuk promo reg-uler Batam City Hotel sendi-ri berlaku hingga Desember2016. Diantaranya, room de-luxe Rp 420.000, room execu-tive Rp500.000, room juniorsuite Rp650.000, dan presi-dent suite Rp900.000.

    "Untuk reservasi dan ket-erangan lebih lanjut silahkandatang langsung ke BatamCity Hotel Komplek PenuinCentre Blok OB no.1-7 depanMall BCS Batam atau jugamenghubungi 0778 - 741-8300,7418400,7418500 (hun-ting)," pugnkasnya. ***

    "SDM Indonesia Harus Bangkit..."Dwi Kartika Sari, ST, MBA, Ketua Program Studi Teknik Aeronautika Politeknik Negeri Batam

    BATAM (HK) Semua be-rawal dari kekagumannyapada sosok Bacharuddin Jusuf(BJ) Habibie. Presiden RI ke-3itu memang dikenal memilikiintelektual tinggi danmampu mengha-rumkan nama In-donesia di kan-cah internasion-al dalam bi-dang pener-b a n g a n .Inilah ya-n gmen-jadi

    motivasi dan inspirasi bagiDwi Kartika Sari.

    "Kenapa saya mengambiljurusan penerbangan? Ya, ka-rena kekaguman saya pada

    B.J Habibie. Beliauorang Indonesia

    pertama yangmenciptakanpesawat. Bah-kan saya se-mpat inginbekerja den-gan beliau,"ujar Dwi saatberbincangdengan Halu-an Kepri.

    MenurutDwi, apayang telahdipersem-b a h k a nBJ Habi-bie untukIndonesia,harus diter-uskan olehgenerasi se-

    lanjutnya. "Jika tidak, kitakhawatir, Indonesia akan