Haluan kepri 18agus15

  • View
    260

  • Download
    7

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan kepri 18agus15

Text of Haluan kepri 18agus15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Selasa, 18 Agustus 201530 Syawal 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 18/8 TAHUN KE 14

    MulaiMULAI adalah kata yang penuh kekuatan.Cara terbaik untuk menyelesaikan sesuatuadalah, mulai. Tapi juga mengherankan,pekerjaan apa yang dapat kita selesaikankalau kita hanya memulainya. (Clifford Warren)

    Sandang Gelar SHJulia Perez

    Sandang Gelar Hal 7

    JAKARTA (HK) Julia Perez sangat bahagia kinitelah menyandang gear Sarjana Hukum. Pada16 Agustus 2015, Jupe menjalani sidang skripsidi Fakultas Hukum Universitas Bung Karno danlangsung mendapatkan nilai A. Jupe pun gembi-ra nama belakangnya, Yuli Rahmawati diselip-kan dengan huruf SH.

    Sayang, BenderaRaksasa itu Robek

    KARIMUN (HK) Pengibaran bendera raksasa ukuran 50x30 meteratau 1.500 meter persegi yang dikibarkan dari dasar laut Karimun saat

    perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70, Senin (17/8) di perairan Coas-tal Area Tanjungbalai tidak berlangsung sempurna. Bendera

    raksasa itu sudah robek duluan dan terbagi dua.

    Tiap Hari Listrik Mati 3,5 JamPLTU TANJUNGKASAM RUSAK

    Pe

    ng

    iba

    ran

    Be

    nd

    era

    di K

    ari

    mu

    n

    Ra

    ih R

    ek

    or

    MU

    RI

    AndiLiputan Batam

    Oleh: Ilham

    Sayang, Bendera Hal 7

    Robeknya bendera raksasaitu, berawal ketika bendera

    yang mulai muncul ke ataspermukaan laut tiba-

    tiba dibawa anginyang luar biasa

    kencang kearah pa-

    gar pembatas di kawasan CoastalArea. Saat itu, bendera sempat ter-sangkut dekat pagar dan menyambarwarga yang berada di sana.

    Begitu bendera mulai mengarahke darat, para kru yang berada di ataskapal segera menarik bendera menga-rah ke tengah laut. Namun sayang, se-cara perlahan-lahan sobekan bendera

    Tiap Hari Hal 7

    BATAM (HK) PT PLN Batam mulai hari ini, Selasa (18/8) hing-ga enam hari ke depan melakukan pemadaman listrik secarabergilir di Batam. Durasi pemadaman berlangsung hingga 3,5jam setiap harinya.

    Rusaknya pipa water intake unit 2Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)Tanjungkasam menjadi penyebab ter-ganggunya suplai listrik ke pelanggan.Dengan kerusakan itu, PLN mengalami

    defisit daya mencapai 30 Mega Watt."Terjadi gangguan pada unit 2 PLTU

    Tanjungkasam, gangguan telah diiden-tifikasi terjadi kebocoran pada pipawater intake. Kami mohon maaf yangsebesar-besarnya atas terjadinya gang-guan mendadak ini," kata CorporateCommunication bright PLN Batam, Rudi

    Antono, Senin (17/8).Rudi menambahkan, rusaknya pipa

    water intake unit 2 PLTU Tanjungkasampersis teridentifikasi kemarin. PLN punlangsung memperbaiki pipa water intakedan melakukan beberapa inspeksi padakomponen PLTU.

    "Waktu yang diperlukan untuk per-baikan kerusakan tersebut mulai hariini (kemarin, red) sampai 6 hari kedepan. Gangguan ini termasuk men-dadak dan bisa terjadi sewaktu-waktukarena mesin beroperasi terus," kataRudi menjelaskan.

    Anak Aku Mengalami Luka Bacok

    BOS GELPERDITODONG PISTOL

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    BATAM (HK) Aksi keja-hatan menggunakan senjataapi atau pistol kembali terjadidi Batam. Peristiwa sadis ter-sebut menimpa Aku, pengu-saha gelanggang permainan(gelper) Fantasi Game di Har-bour Bay Mall, Batuampar danputranya, Sumitro (24).

    Peristiwa penodonganoleh sekelompok orang ituterjadi pada Jumat (15/8)dini hari, sekitar pukul 01.30WIB. Akibat peristiwa itu,Sumitro mengalami luka ba-cokan di tubuhnya.

    Informasi yang didapat,malam itu sekira pukul01.00 WIB, Aku dan Sumitro

    hendak pulang. Mereka me-ngendarai mobil menuju ru-mah mereka di Komplek Ru-ko Windsor Central, RT 04Kecamatan Lubuk Baja.

    Tanpa disadari, bapakdan anak itu ternyata dibun-tuti empat pria mengendaraisepeda motor. Begitu keduakorban sampai di rumah danturun dari mobil, dua dariempat pria misterius tadilangsung menodongkan pistolke tubuh Aku.

    Perampok itu memintauang hasil keuntungan gelperRp28 juta yang tersimpan didalam tas Aku.

    Bos Gelper Hal 7

    Trigana Bawa Uang Rp6,5 MJAYAPURA (HK) Ser-

    pihan pesawat Trigana AirService jenis ATR 42 PK YRNdengan nomor penerbanganIL 267 yang jatuh di DistrikOkbape di Kabupaten Pegu-nungan Bintang, Papua pu-

    kul 14.55 WIT, Minggu (16/8)sudah ditemukan. Hal yangcukup mengagetkan, pesawattersebut juga membawa uangsebesar Rp6,5 miliar.

    Uang itu merupakandana program simpanan

    keluarga sejahtera (PSKS)yang rencananya akan disa-lurkan Kantor Pos Jayapurabuat masyarakat miskinyang ada di wilayah Kabu-paten Pegunungan Bintang.

    "Ada empat pegawai ka-mi yang mengawal dana itu,"kata Kepala Kantor Pos Ja-yapura, Haryono.

    Haryono menjelaskan,dana PSKS sebesar Rp6,5miliar merupakan bantuansosial dari Kementerian So-sial disimpan di dalam em-pat tas yang dibawa keem-pat petugas Kantor Pos Ja-yapura yang ikut dalam kor-ban pesawat Trigana yangjatuh itu, yakni YustinusHurulean, MN Aragay, Agus-tinus Luarmase, dan Teguh.

    Trigana Bawa Hal 7

    Jangan Ada SpekulasiJAKARTA (HK) Presiden Joko Widodo meminta agarmasyarakat hanya mempercayai otoritas resmi yangditunjuk pemerintah dalam melakukan pencarian danevakuasi Trigana Air ATR 42. Jokowi juga meminta agarseluruh pihak menyerahkan sepenuhnya kepada KomiteNasional Keselamatan Transportasi (KNKT ) untukmeneliti penyebab kecelakaan.

    "Saya harap tidak ada spekulasi apa pun dise-barluaskan, kecuali dari otoritas yang telah kami tunjuk.Ini demi menghindari kesimpangsiuran informasi," ujar

    Jangan Ada Hal 7

    REKOR MURI Benderaraksasa berkibar dengan kondisirobek saat perayaan HUTKemerdekaan RI di Karimun,Senin (17/8). Pengibaranbendera raksasa dari dasar lautini masuk dalam rekor MURI.

  • Editor: Amir Yunus , Layout: Mario

    Politik 2Selasa, 18 Agustus 2015

    KPU Minta Atribut Kampanye DicopotKARIMUN (HK) Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau,meminta semua pasangan bakal pesertaPilkada 2015 mencopot peraga kampanye ditempat-tempat umum.

    Kami minta seluruh atri-but berbau kampanye dicopotdalam dua pekan ke depan,kata Ketua KPU Karimun,Ahmad Sulton di Tanjungbal-ai Karimun, kemarin.

    Ahmad Sulton menyam-paikan permintaan tersebutkarena tahapan kampanyesudah dekat, mulai pada 27Agustus sampai 9 Desember.

    Agar tidak terburu-burukarena kampanye sudah de-kat, sebaiknya mulai dicopotsejak sekarang, ucapnya.

    Ia menuturkan, berdasar-kan Peraturan KPU No 7 ta-hun 2015, alat peraga kam-panye disiapkan oleh KPU,sehingga masing-masing pa-sangan calon tidak perlumembuat dan memasangnya

    sendiri.Dia menjelaskan, jumlah

    dan tempat pemasangan alatperaga kampanye juga diaturdalam PKPU tersebut, untukbaliho akan disiapkan seban-yak lima lembar untuk mas-ing-masing pasangan calon,spanduk dua lembar untuksatu kelurahan atau desa,umbul-umbul 20 lembar un-tuk setiap kecamatan.

    Khusus baliho, menurutdia, dapat dipasang di limalokasi sesuai kesepakatandengan masing-masing pasa-ngan calon.

    Kami akan tawarkanmau pasang dimana, kare-na jumlah kecamatan 12,ujarnya.

    Meski pengadaan alat

    peraga kampanye dilakukanKPU, Ahmad Sulton menga-takan tim sukses atau setiappasangan calon boleh meny-iapkan desain alat peragakampanye yang diinginkan.

    Desainnya serahkan kekami, nanti kami yang ce-tak, katanya.

    Ia juga mengatakan pe-masangan alat peraga kam-panye juga dikoordinasikandengan pemerintah daerah se-hingga tidak merusak estetikakota. Pemasangan alat peragakampanye juga tidak diboleh-kan pada rumah-rumah iba-dah, sekolah serta fasilitasatau kantor pemerintah.

    Selain peraga yang kamisiapkan, dan lokasi yang telahditentukan, maka alat pera-ga lain dengan lokasi berbedaadalah ilegal. Panwaslu bisamemberikan sanksi sesuaikewenangan yang dimilikin-ya, tuturnya.

    Setiap calon bupati dancalon wakil bupati, kata dialagi, tidak perlu repot untukmenyiapkan sendiri alat per-

    aga kampanye, dan hal ituberlaku untuk pasangan ca-lon gubernur dan wakil gu-bernur yang bertanding da-lam Pilkada serentak dan si-multan.

    Pilkada Kabupaten Ka-rimun diramaikan dengantampilnya tiga bakal pasan-gan calon, yaitu pasanganAunur Rafiq (petahana)-An-war Hasyim yang diusungPartai Demokrat, Partai Ha-nura, PDI Perjuangan, PKB,PAN dan Partai NasionalDemokrat (NasDem), pasan-gan jalur perseorangan RajaUsman-Zulkhainen, danAgusriono-Ahmad Darwisyang diusung Partai Gerindradan PKS.

    Spanduk dan baliho Au-nur Rafiq-Anwar Hasyim pa-ling banyak ditemukan di be-berapa pusat keramaiandan ruas jalan, kemudian ba-kal pasangan calon gubernurdan wakil gubernur Muham-mad Sani-Nurdin Basirundan Soerya Respationo-An-sar Ahmad. (ant)

    A N T

    PENCOBLOSAN LIBUR Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan penjelasan kepada sejumlah awak media,salah satunya bahwa hari pencoblosan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Hal tersebut dimaksudkan agarpartisipasi pemilih meningkat.

    Panwaslu Lantik PPL Tanpa Dana HibahTANJUNGPINANG (HK)

    Panitia Pengawas Pemilu

    (Panwaslu) Kota Tanjungpi-

    nang, Kepulauan Riau, me-

    lantik 18 orang Petugas Pen-

    gawas Lapangan (PPL) mes-

    kipun belum mengetahui ka-

    pan dapat mencairkan dana

    hibah dari pemerintah yang

    antara lain untuk membayar

    honor mereka.

    Kami belum mengetahui

    kapan dana hibah dapat dic-

    airkan. Honor pasti diberikan

    setelah dana hibah dicair-

    kan, kata Ketua Panwaslu

    Tanjungpinang Aswin Nasu-

    tion di Tanjungpinang, Ming-

    gu (16/8).

    Dia menambahkan ang-

    gota Panwaslu Tanjungpi-

    nang juga belum menerima

    gaji sejak sekitar lima bulan

    lalu. Kegia