Haluan kepri 19sep15

  • View
    292

  • Download
    7

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan kepri 19sep15

Text of Haluan kepri 19sep15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: M Syahdan, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    Cita Citata

    Putus Cinta Hal 7

    Putus Cinta

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Sabtu, 19 September 20155 Dzulhijjah 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 19/9 TAHUN KE 14

    Bakar Saja Hal 7

    JAKARTA (HK) Hubungan asmaraCita Citata dengan Richard kandasdi tengah jalan. Cita menghapussemua foto-foto mesranyadengan produser salah saturumah produksi tersebut.

    Saat menjadi bintang tamuPesbukers, Jumat (18/9), Cita ber-cerita soal kisah cintanya yang telahberakhir.

    Cita enggan membeberkan kere-takan hubungannya dengan Richard.Tetapi, saat disinggung Vicky Prasetyo,apakah dia ingin kembali ke pelukanRichard? Penyanyi bertubuh mungil inimenggelengkan kepala.

    "Enggak ya, enggak mungkin kalaubalik lagi," ujar Cita.

    Ia pun mengaku sedih, karena hubu-ngannya dengan Richard hanya seumurjagung. "Sedih ya, karena aku kan baruputus," ujarnya.

    Cita pun tak ingin mengungkitkisah masa lalunya dengan Richard. Itu

    Bersyukur"DAN Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu

    dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun. Dan diamemberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati. Agar

    kamu bersyukur." (mbc)

    Bakar Saja Paspor SayaDitolak Berangkat ke Malaysia

    BATAM (HK) Ekspresi marah terlihat jelas di raut wajah Samir(nama samaran) . Sudah beberapa hari, pria yang berusia sekitar 39tahun itu tidak diperbolehkan berangkat ke Malaysia. Bukan karenatidak memiliki paspor, melainkan akibat tidak memiliki permit kerja.

    "Apa kesalahan saya. Sayakan punya paspor kenapasaya tidak dizinkan berang-kat. Kalau tidak boleh be-

    rangkat bakar saja pasporsaya itu," ucapnya saat ditemuidi Pelabuhan Batam Centre,kemarin.

    Samir yang mengenakankaos hitam dan berbicaramenggunakan logat Malay-

    sia itu memang sudah sering keluar masukke Malaysia. Namun naas baginya, sejaktiga hari belakangan ini ia mengaku ke-sulitan masuk ke Malaysia. Ia tidak di-izinkan petugas hanya karena tidak me-miliki permit.

    "Paspor saya kan ada, kok malah nanyapermit. Apa tujuan saya ke Malaysia bukanurusan anda," teriak Samir ke arah petugassambil berlalu pergi.

    Minyak MentahRp5,4 M GagalDiselundupkan

    Sembuhkan LukaLONDON (HK) Chelsea akan mencoba

    untuk menularkan hasil positif di Liga Cham-pions saat menjamu tim kuat Premier

    League, Arsenal, Sabtu (19/9) malamdi Stamford Bridge akhir pekan ini.Kemenangan akan menyembuh-kan luka The Blues awal pekan ini.

    Berstatus juara bertahan, se-cara mengejutkan anak asuh JoseMourinho mengawali musim de-ngan sangat buruk. Hanya mampumeraih satu kemenangan, sekaliseri dan tiga kali kalah merupa-kan catatan Eden Hazard dkk dilima laga awal Premier Leaguemusim ini. Hasil itu membuatmereka terpuruk di posisi 17 dantertinggal 11 poin dari puncakklasemen, Manchester City.

    Kemenangan Chelsea atasMaccabi Tel Aviv akan menjadimodal berharga bagi The Blues un-tuk menghadapi Arsenal. Padalaga terakhir itu, pelatih JoseMourinho mengubah komposisipemainnya, dan terbukti itu

    KARIMUN (HK) Jajaran petugas KantorWilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (Kan-

    wil DJBC) Kepri berhasil menyelamatkanuang negara senilai Rp5,4 miliar. Aksi penye-lamatan potensi kerugian negara itu berasal

    dari upaya penggagalan penyelundupansebanyak 1.307,511 kiloliter crude petroleumoil (CPO) atau minyak mentah yang diangkut

    kapal MT Ruby Star. Kapal berbendera Mo-ngolia itu ditangkap di Perairan Tanjung-

    berakit, Bintan, Sabtu (5/9) lalu.

    Menteri Keuangan Bam-bang Brodjonegoro, turun lang-sung meninjau kapal tankerdengan bobot 1999 GT itu.Saat ini, kapal itu sudah be-rada di Perairan Karimun.Menurut menteri, minyakmentah tersebut diduga di-muat secara ilegal dari Tan-jungsiapi-api, Palembangmenuju West Outer Port Li-mited (OPL) Singapura.

    "Kapal tanker ini ditang-

    kap karena diduga mengang-kut atau memuat barang eks-por tanpa dilengkapi dokumenpemberitahuan ekspor. Adaindikasi, dan akan dibuktikanminyak yang diangkut adalahminyak curian yang berasaldari Sumatera Selatan atauminyak yang digali tanpa pem-beritahuan secukupnya dariotoritas pengawas," ungkapMenteri Bambang.

    Dalam kasus ini, Bea Cu-kai telah menetapkan tigaorang tersangka. Mereka

    IlhamLiputan Karimun

    Minyak Mentah Hal 7

    TANJUNGPINANG (HK) Penjabat Gubernur Kepri AgungMulyana dalam waktu dekat ber-temu Menteri Perhubungan RI Ig-natius Jonan. Pertemuan itu ter-kait berbagai persoalan di Kepri,khususnya peningkatan saranaperhubungan dan transportasi.

    "Mungkin dalam beberapa

    hari kedepan, saya sudah renca-nakan untuk melakukan perte-mun dengan Menteri Perhubu-ngan di Jakarta,"ujar Agung diTanjungpinang, belum lama ini.

    Nantinya, lanjut Agung, padapertemuan tersebut ada tiga halpokok menjadi poin penting yang

    Agung Agung Segera Hal 7

    Kecamatan Paling RawanKecurangan PilkadaBATAM (HK) Menteri Da-lam Negeri Tjahjo Kumolo me-nyatakan tempat paling ra-wan praktik curang dalam Pe-milihan Kepala Daerah (Pil-kada) adalah di kecamatan.Hal ini sehingga perlu per-hatian dan bimbingan lebihbesar kepada camat. Ia punmemastikan jika ada PNSyang curang dalam Pilkadaserentak pada 9 Desembermendatang bakal dipecat.

    "Saya punya pengala-man enam periode diDPR dalam proses pemi-

    lihan legislatif yang sayaikuti. Jadi tahu benar ba-

    gaimana proses berubah-nya suara, diubah angka

    nol, diubah digitnyaitu ada di kecama-tan. Maka saya

    ingatkan, jika du-lu ada oknum-ok-num Camat yangbermain, maka da-lam Pilkada serentakini saya minta seluruhCamat untuk bersikapnetral. Anda punya ke-wajiban mengikutiperintah atasan an-da yaitu bupatiatau walikota. Te-tapi perintah yangbenar, perintah un-tuk demokrasi yanglebih baik," kata Tjah-jo dihadapan 269 Ca-mat Se-Indonesia saatApel bersama di HalamanEngku Putri Batam, kemarin.

    Karenanya, ia meminta

    kepada seluruh camat untuk

    Kecamatan Paling Hal 7 Sembuhkan Luka Hal 7

    Agung Segera Temui MenhubBahas Transportasi di Kepri

    CHELSEA VS ARSENAL

    Sabtu (19/9) Pkl. 18:45 WIB di beIN 3

    CALON TKI yang gagal berangkat ke Malaysia melalui Pelabuhan InternasionalBatam Centre, kemarin.

    MENDAGRI Tjahjo Kumolo memeriksa pasukan saat Apel Bersama 269 CamatSe-Indonesia di Halaman Engku Putri Batam, kemarin.

    SELUNDUPKAN MINYAK Petugas Kanwil Bea Cukai

    Kepri mengamankan kapal MTRuby Star bermuatan minyakmentah senilai Rp5,4 miliar di

    Perairan Tanjungberakit,Bintan, Sabtu (5/9) lalu.Minyak tersebut hendak

    diselundupkan ke Singapura.

  • Editor: Amir Yunus , Layout: Mario

    Politik 2Sabtu, 19 September 2015

    BP Batam Mangkir RDP Bersama Komisi ILP-KPK Bawa Kasus Lahan Batam ke Pusat

    Diduga BP Batam Pelihara Investor Gadungan

    BATAM (HK) Badan Pengusahaan (BP)Batam mangkir dalam Rapat Dengar Pen-dapat (RDP) bersama Komisi I DPRD KotaBatam, Selasa (16/9) lalu. Sedianya, RDP akanmembahas pengalokasian 32 lahan kepadainvestor yang masih bersengketa denganmasyarakat di Batam sejak tahun 2000 silam,dan hingga kini belum ada titik terangnya.

    Sesuai jadwal, RDP diha-diri oleh Ketua Umum Komi-si Nasional (Komnas) Lemba-ga Pengawas Kebijakkan Pe-merintah dan Keadilan (LP-KPK), Amirul S. Piola SH,Perwakilan Low Office Me-nara Justice, Jakarta, AliSyammiarta SH, MH, Per-wakilan Advocates Roesman-hadi dan Associate, Jakarta,Edy Kurniawan SH, Pimpi-nan Cabang Lembaga LowOffice ZBK Batam, DorkasLomi Nori dan tim, serta pulu-han warga Batam yang men-jadi korban ataupun dirugi-

    kan oleh BP Batam.RDP dipimpin lansung

    Ketua Komisi I DPRD Batam,Nyangnyang Haris Pratamu-ra, didampingi Ruslan AliWasyim dan Tumbur Sihalo-ho. Nyangnyang mengatakan,terkait permasalahan penga-lokasian lahan oleh BPBatam, memang sudah san-gat kronis.

    Sehingga, ini tidak jarangterjadi pemasalahan hinggaterjadi bentrok di masyarakatserta memakan korbannya.

    "Sejak awal tahun 2015ini saja, sudah ada sebanyak60 hingga 70 persen pengadu-an kasus lahan masyarakatyang datang melaporkan keDPRD Batam ini, dari semuapelaporan yang masuk kekantor dewan Batam," kataNyangnyang.

    Terkait persoalan itu, Ko-misi I akan meminta KetuaDPRD Batam bisa membawakarut marut pengalokasian

    lahan di Batam dibahas diKomisi VI DPR RI dan Pe-meritah Pusat.

    "Pengalaman yang sama,tidak saja pernah dialamiLP-LPK. Tapi, juga dialamioleh banyak pihak termasukkami yang di dewan ini. Na-mun, Komisi I ini tidak punyakewenangan yang penuh da-lam terkait lahan di Batam.

    Apalagi jika berurusan den-gan BP Batam," ungkap Nya-ngnyang.

    Buktinya, Komisi I sudahmengundang pihak BP Ba-tam secara resmi dengan te-nggang waktu cukup lama.Faktanya, BP Batam cumaberkirim surat menyatakanmereka tidak hadir.

    "Ini bukan hal yang perta-ma kami alami. Tapi, ini un-tuk yang kesekian kalinya.Kami juga tidak tau, kalaukami ini dianggap apa olehpara pejabat BP Batam itu,"kata Nyangnyang, kesal.

    Menurut dia, dengan had-irnya Ketua Umum KomnasLP-KPK ini, ada PerwakilanLow Office Menara Justicedari Jakarta, Perwakilan Ad-vocates Roesmanhadi danAsosiate, dari Jakarta sertaPimpinan Cabang LembagaLow Office ZBK, Batam sertatim LP-KPK Batam, tentunyaRDP akan menjadi lebih fo-kus dan kuat.

    "Ini tentu akan menjadipeluang dan kesempatan bagikita bersama untuk mem-bongkar permasalahan sertakarut-marut pengalokasianlahan di Batam. Selama iniPemko Batam dan masya-rakat sangat dirugikan ataspengalokasian lahan yangtidak jelas itu oleh oknum BPBatam. Hal ini, akan meng-hambat kemajuan Kota Ba-tam disegala bidang pem-bangunan," ujar legislatorHanura itu.

    "Kita akan menjadwalkankembali RDP, yang harusikut dihadiri