HarianAndalas 09 Agustus 2011

  • View
    293

  • Download
    10

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Lugas dan cerdas

Text of HarianAndalas 09 Agustus 2011

  • HARIAN

    andalasL U G A S D A N C E R D A S

    Selasa, 9 Agustus 2011 | No: 1955/Tahun VII | E-Mail:andalasmedan@gmail.com | Harga Eceran Rp. 2.000; Langganan+ongkos kirim Rp75.000; Luar Kota: Rp2.500

    Bersambung ke Hal. 15

    ANEH tapi NYATA

    UNTUK KOTA MEDAN DAN SEKITARNYASELASA, 9 RAMADAN 1432 H/9 AGUSTUS 2011

    IMSAK : 04.55 WIBSUBUH : 05.05 WIBZUHUR : 12.33 WIB

    ASHAR : 15.52 WIBMAGRIB : 18.40 WIBISYA : 19.52 WIB

    Pernak-pernik Ramadan

    "Es Shanghai"Lhokseumawe

    Mata Uang

    AUD

    CNY

    EUR

    GBP

    HKD

    Kurs dan Harga Logam Mulia, 8 Agustus 2011

    Mata Uang

    JPY

    MYR

    SGD

    USD

    Jual

    8927

    1333

    12302

    14084

    1098

    Beli

    8835

    1320

    12176

    13939

    1087

    Jual

    109

    2852

    7067

    8576

    Beli

    108

    2821

    6993

    8490

    Sumber Bank Indonesia

    ANDA pernah mencicipi "es shanghai"? Bentuknya miripes campur, tapi rasanya sangat ber-beda. Walau namanya diambildari sebuah kota di luarnegeri, tapi yangjelas es shanghaiasli dari Indo-nesia.

    Beda denganes buah yang me-makai air gula, esshanghai menggu-nakan air kelapa muda. Y a n gpasti, rasanya sangat segar di tenggorokan.

    "Ditambah lagi, es shanghai menggunakan potonganbuah segar dan susu untuk memperkaya rasa," ungkapDedy (45), salah seorang pedagang es shanghai diLhokseumawe ketika berbincang-bicang denganandalas, kemarin.

    Menurut Dedy, es shanghai banyak diminati warga baikpria maupun wanita di kota petro dolar ini. Minuman iniselain mujarab menghilangkan dahaga apalagi diminum

    MUHAMMAD Yani, 47, warga Dusun Dulhok GampongJalan, Idi Rayeuk, Aceh Timur, mendapati pohon pisangdi pekarangan rumahnya dengan dua tandan memiliki tigajantung.

    Menurut warga setempat, pisang jenis ambon lumutitu dinilai aneh karena baru kali ada pohon pisangbertandan dua dan berjantung tiga dalam satu cabang.

    "Yang satu, tandan layaknya pisang normal memilikisatu jantung. Namun satu tandan lagi memiliki dua jantung

    Pohon Pisang Aneh

    Gegerkan Aceh Timur

    Nazaruddin PalsukanPaspor Imigrasi Polonia

    PasporAsliNazaruddinKeluaranTahun2008

    Medan, andalasSetelah sukses memanaskan politik Indonesia, M

    Nazaruddin akhirnya tertangkap di kota wisataCartagena, negara Kolombia, Minggu (7/8) dinihariwaktu setempat. Tersangka kasus suap Kemenpora ituleluasa bergerak hingga ke negara tersebut denganidentitas palsu, M Syarifuddin yang dibuat di ImigrasiPolonia Medan.

    "Yang bersangkutan menggu-nakan nama palsu M Syarifuddindi paspor," kata MenkoPolhukam Djoko Suyanto saatmenggelar jumpa pers di kantorpresiden, Jakarta, Senin (8/8).

    Djoko telah menerima infor-masi mengenai penangkapan inidari Kementerian Luar Negeri.

    "Tadi malam (Minggu-red) mela-lui Menlu telah terima informasidari Dubes kita di Kolombia telahditangkap seseorang yang di-curigai sebagai Saudara Naza-ruddin oleh Interpol di Ko-lombia," kata Djoko.

    Dalam program ApakabarIndonesia (AKI) TVOne Senin

    (8/8) malam, ditayangkan gam-bar-gambar tertangkapnya Na-zaruddin oleh pihak imigrasiKolombia. Di salah satu tanyang-an tersebut, tertera jika pasporpalsu Nazaruddin yang meng-gunakan nama M Syarifuddin itudikeluarkan oleh kantor Imi-grasi Polonia Medan. Di da-lamnya juga terlihat foto seorangpria yang berbeda dengan wajahNazaruddin.

    Di foto paspor itu, terlihatwajah seorang pria yang menge-nakan pakaian putih dan ber-tubuh gemuk. Saat disandingkandengan foto Nazar terbaru, priatersebut jelas tidak mirip de-ngan mantan bendahara

    Pembunuh Sadis Teller BRI Masih Diburu

    Wahyuni Menghilang, Setelah Ditilang

    Padahal polisi mengaku sudahmemintai keterangan beberapa orangsaksi yang berasal dari rekan-rekanmaupun orang-orang dekat korban.

    Kendati demikian, pihak kepolisianmengaku masih menelusurikeberadaan pelaku.

    Kepala Bidang (Kabid) HumasPolda Sumatera Utara Kombes PolRaden Heru Prakoso kepadasejumlah wartawan di kantornya,Senin (8/8) mengatakan, pihaknya,dalam hal ini Polda Sumut danPolresta Medan sudah membentuktim.

    "Tim gabungan sudah dibentuk,Polresta Medan, Polres Tanah Karo,dan Polres Samosir. Tim gabungantersebut diback-up tim dariDirektorat Reserse Kriminal Umum(Reskrimum) Poldasu," ungkapnya.

    Perkembangannya, masihmengumpulkan keterangan saksi-saksi. Dalam kasus ini, sebelumkorban diculik, korban yangmembawa mobil kijang innovaterjaring razia Polantas dan dikenaitilang.

    Namun akhirnya hanya diberiteguran saja. Yang menilang adalahpolisi dari Satlantas Polresta Medan."Ini juga akan dimintai keterangan,"terang Heru.

    Ditanya siapa polisi dari SatlantasPolresta Medan yang menilangkorban tersebut, Heru mengaku

    Medan-andalasPuluhan remaja yang diduga kelompok geng

    motor kembali membuat onar di Medan. Kali inimereka menyerang dan merusak warunginternet (warnet) H2 Net di Jalan Pertiwi simpangJalan Padang, Kelurahan Bantan, KecamatanMedan Tembung, Senin (8/8) dini hari sekirapukul 00.30 WIB.

    Informasi diperoleh menyebutkan,sebelumnya para pelaku mengendarai sepedamotor mondar-mandir di Jalan Pertiwi sambilmenggeber-geber sepeda motor mereka.Kemudian dengan arogannya, para remajabersepeda motor itu melempari H2 Net denganbatu hingga fasilitas warnet tersebut mengalamikerusakan.

    Menurut pemilik Warnet Rahmad Zulkarnainsaat dikonfirmasi di lokasi warnetnya, kejadianini berawal saat sekitar 72 anggota Genk Motor

    Geng MotorBuat Onar Lagi Warnet di Jalan Pertiwi Diserang

    andalas/hs poetra

    TANGKAP GENG MOTOR - Petugas Kepolisian Polsek Medan baru mengamankan beberapa orang anggota geng motor yang membuatkeonaran di kawasan Jalan Pattimura, Rabu (25/7) dinihari lalu. Bersambung ke Hal. 15

    LIKA-LIKU PELARIAN NAZARUDDIN

    Tak mudah mencari Nazaruddin yang licin. Dia dikabarkankabur ke sejumlah negara mulai Asia Tenggara sampai AmerikaLatin. Berikut lika-liku pelarian Nazaruddin selama ini:

    Senin, 23 Mei 2011

    Nazaruddin diberhentikan dari Bendahara Umum Partai Demokrat(PD). Namun, beberapa jam sebelum Dewan Kehormatan PDmengumumkan pemecatannya, Nazaruddin rupanya sudah kaburke luar negeri, tepatnya Singapura. Nazaruddin dikabarkan sempatpergi ke China, Vietnam, Kamboja, dan Malaysia.

    Kamis, 30 Juni 2011

    KPK menetapkan Nazaruddin menjadi tersangka kasus suapwisma atlet di Kemenpora.

    Selasa, 5 Juli 2011

    Kementerian Luar Negeri Singapura menegaskan Nazaruddintak ada di Singapura.

    Rabu, 6 Juli 2011

    Tersangka kasus suap Sesmenpora, M Nazaruddin dikabarkantertangkap di Filipina. Namun akhirnya informasi ini nihil.

    Nazaruddin, lantas mejeng di jajaran buronan Interpol. Dua fotoNazaruddin yang tengah memakai baju safari coklat muda dipajangdi situs www.interpol.int.

    Jumat, 22 Juli 2011

    Nazaruddin muncul di Metro TV. Dalam rekaman gambar sedangberbincang-bincang dengan aktivis media sosial Iwan Pilliang.Nampak, Nazaruddin mengenakan topi anyaman berwarna coklatdan memakai baju berwarna putih.

    Bersambung ke Hal. 15Bersambung ke Hal. 15

    Bersambung ke Hal. 15

    Bersambung ke Hal. 15

    Bersambung ke Hal. 15

    KEPOLISIAN DaerahSumatera Utara (Poldasu) danPolresta Medan hingga, Senin(8/8) belum juga menemukantitik terang kasus dugaanpenculikan dan pembunuhanteller BRI Syariah Jalan SParman Medan, WahyuniSimangunsong (26).

    Ber

  • Medan-andalasDPRD Sumut akan me-

    manggil PT Sinar BelantaraIndah (SBI) dan SumateraRiang Lestari (SRL), yangdiduga menguasai sepihaklahan warga seluas 6.200hektar milik warga DusunPintu Gajah I-II, dan III, DesaSei Meranti, KecamatanTorgamba, Labuhan BatuSelatan.

    "Kita akan memintaiketerangan kepada keduaperusahaan, jika benar kitaminta perusahaan keluar dariareal tanah milik rakyat yangsudah diusahai selamabertahun-tahun," kata anggotaKomisi A DPRD Sumut, HSyamsul Hilal kepada war-tawan di Fraksi PDIP, Senin(8/8).

    Menurut politisi yangterkenal vokal ini, pihaknyajuga mengundang KepalaDinas Kehutanan Sumutuntuk mempertanyakansejauh mana peran dinas itudalam membantu sengketalahan ini."Karena berdasarkanlaporan warga yang kitaterima kemarin, sengketalahan ini sudah berlangsunglama bahkan sampai ke pusat,"ujar Syamsul.

    Pemanggilan pihak terkaitdilakukan setelah Syamsulmenerima wakil-wakilmasyarakat Desa Sei MerantiKecamatan Torgamba,Kabupaten Labuhan BatuSelatan sebanyak 5 orang,yakni Jabba El-Manik, SMSimbolon, S Panjaitan, HGuntur Sinaga dan BistokSiagian.

    Adapun jumlah lahan6.200 hektar,menurut Syamsul,diberikanDepartemenKehutanandalam

    MEDAN KITA harian andalas | Hal. 2Selasa9 Agustus 2011

    SSSSSETELAHETELAHETELAHETELAHETELAH cukup lama menjadi buronan, akhirnya

    mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itupun,

    tertangkap. Duta Besar RI untuk Kolombia Michael

    Manufandu mengisahkan proses penangkapan

    tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA

    Games, Muhammad Nazaruddin, di Cartagena, Kolombia.

    Michael menjelaskan saat ditangkap polisi kota

    Cartagena, Nazaruddin tidak melawan. "Dia sedang

    duduk-duduk. Tidak ada perlawanan, dia cenderung

    kooperatif," ujar Michael dalam wawancara dengan tv

    swasta, kemarin.

    Michael mendapat kabar penangkapan Nazaruddin

    dari kepolisian Kolombia, sekitar pukul 21.00, waktu

    setempat. "Saya diberi tahu ada orang penting Indonesia

    ditangkap. Saat disebut mengenai public bribery, saya

    langsung tahu," jelas Michael.

    Sudah barang tentu, kita dan sebahagian besar rakyat

    Indonesia mensyukuri penangkapan tersebut.

    Penangkapan ini diharapkan akan membuka titik terang

    sejumlah kasus dan keterlibatan banyak nama, yang

    kerap disebut-sebut mantan politisi kelahiran Sumatera

    Utara itu.

    Dapat dipastikan keberhasilan membekuk

    Nazar