IDN 2016 Pengantar Penggunaan Kalkulator Provinsi Papua 2050 .masa depan dimana manusia hidup berharmoni

  • View
    213

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of IDN 2016 Pengantar Penggunaan Kalkulator Provinsi Papua 2050 .masa depan dimana manusia hidup...

1

Bekerjasamadengan:

2016

IDN

PengantarPenggunaan

Kalkulator Provinsi Papua 2050

Pengantar Penggunaan Kalkulator Provinsi Papua 2050 W

WF.OR.ID

IDN

www.wwf.or.id

Misi WWFUntuk menghentikan terjadinya degradasi lingkungan dan membangun masa depan dimana manusia hidup berharmoni dengan alam.

W

WF-

Indo

nesi

a

Climate and Energy DivisionPolicy, Sustainability and Transformation Directorate

WWF-Indonesia

Graha Simatupang Tower 2 Unit C, Lt. 8,Jalan Letjen TB Simatupang,Jakarta Selatan - 12540, IndonesiaTelp: +62 21 782 9461; Fax: +62 21 782 9462www.wwf.or.id

2

Apa itu Kalkulator Provinsi Papua 2050 (KPP 2050)?KPP 2050 adalah sebuah model kalkulasi pemanfaatan energi dan pemanfaatan lahan serta dampaknya terhadap emisi gas rumah kaca yang berbasis daring dan interaktif. Model ini memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi pilihan skenario atau alur pembangunan terkait dengan pemanfaatan energi dan tata guna lahan serta implikasinya terhadap emisi provinsi Papua hingga tahun 2050.

Pemanfaatan Energi

W

WF-

Indo

nesi

a

Pemanfaatan Lahan

3

Apa kaitan KPP2050 dengan The Indonesia Pathway Calculator 2050?KPP2050 merupakan model kalkulasi daerah pertama yang dibuat berdasarkan The Indonesia Pathway Calculator 2050 (I2050PC) - model kalkulasi pemanfaatan energi dan tata guna lahan skala nasional yang telah diluncurkan awal tahun 2015 yang lalu. I2050PC dibuat atas inisiatif Kedutaan Besar Inggris dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Institute for Essential Services Reform (IIEE) dan Pelangi Indonesia yang bertujuan membantu publik memahami informasi terkait pasokan dan permintaan energi di Indonesia dan skenario tata guna lahan dalam memenuhi kebutuhan energi tersebut serta bagaimana keduanya berinteraksi dalam menentukan tingkat keamanan energi, emisi gas rumah kaca, dan tata guna lahan di Indonesia di masa yang akan datang. Saat ini I2050PC dikelola oleh Kementerian ESDM dan digunakan sebagai alat untuk menjaring masukan publik terhadap kebijakan energi nasional.

I2050PC dapat diakses melalui:http://calculator2050.esdm.go.id

KKP 2050 adalah model kalkulasi daerah pertama

berdasarkan versi nasional

4

Apakah tujuan dibuatnya KPP2050?KPP2050 menjadi media komunikasi antara Pemerintah dan masyarakat terkait dengan berbagai kebijakan pemanfaatan energi dan lahan. Kalkulator ini memungkinkan masyarakat untuk melihat hubungan pemanfaatan energi dari berbagai sektor (transportasi, rumah tangga, komersial, industri, pertanian, konstruksi dan pertambangan) dan dampaknya terhadap pemanfaatan lahan serta emisi gas rumah kaca yang akan dihasilkan dari pilihan alur pembangunan tersebut.

Bagaimana masyarakat Papua dapat berkontribusi terhadap kebijakan energi daerah melalui KPP2050? Masyarakat dapat menciptakan skenario-skenario kebijakan energi dan melakukan simulasi untuk melihat dampaknya terhadap kelestarian dan keberlanjutan tata guna lahan serta emisi yang dihasilkan untuk mencapai kedaulatan energi yang bersih dan berkelanjutan. Skenario terbaik menurut masyarakat dapat menjadi masukan kepada Pemerintah dan dapat menjadi acuan untuk pembuatan kebijakan seperti Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

Apa perbedaan Kalkulator 2050 dengan model lainnya? Menggunakan Spreadsheet (tampilan model excel).

Masing-masing skenario dapat didefinisikan secara mandiri.

Metodologi perhitungan permintaan dan pasokan energi ditentukan oleh pengguna berdasarkan kesepakatan.

Memanfaatkan media internet sebagai sarana visualisasi hasil-hasil pemilihan skenario.

Menjadi sarana diskusi antara pemangku kepentingan.

5

Apa yang ada di dalam KPP2050?Mini Paper

Berisi panduan pengguna untuk berbagai sektor yang tercakup di dalam KPP2050. Panduan terdiri dari tinjauan umum, data, metodologi, asumsi yang digunakan serta referensi.

Excel ModelSpreadsheet Excel yang memuat deskripsi model dengan data dan asumsi seperti yang telah tercantum dalam mini paper.

Data Translator Data translator menerjemahkan data dari program Excel untuk dapat dipresentasikan dalam web tool

Web tool KPP2050

Model berbasis daring yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi dari berbagai skenario. Hasil simulasi ditampilkan dalam bentuk grafik.

Apa saja yang menjadi bagian dari KPP2050?Level, yaitu angka dari 1 sampai 4 yang merupakan pilihan kondisi dari setiap sektor. Pilihan level dari berbagai sektor membentuk suatu skenario kebijakan energi dan tata guna lahan. Skenario ini akan disimulasikan dan menghasilkan pathway atau alur pembangunan, yang merupakan implikasi dari skenario yang dipilih.

Levels Skenario Pathways

6

Apa yang akan Anda temukan ketika membuka KPP2050?KPP2050 menampilkan beberapa bagian yaitu tampilan menu, tampilan grafik, pemilihan skenario dan contoh skenario.

TampilanMENU

PemilihanSKENARIO

7

Apa yang akan Anda temukan ketika membuka KPP2050?KPP2050 menampilkan beberapa bagian yaitu tampilan menu, tampilan grafik, pemilihan skenario dan contoh skenario.

Tampilan Menu berisi tujuh buah tab yang mengarahkan pengguna ke tampilan layar yang berbeda, yaitu:1. Energi 2. Ketenagalistrikan 3. Alur Energi 4. Emisi 5. Lahan 6. Ketahanan Energi 7. Mini Paper

Tampilan Grafik Tampilan grafik pada layar Energi, Ketenagalistrikan dan Alur Energi merefleksikan pililhan skenario yang diambil. Sedangkan tampilan grafik pada Emisi, Lahan dan Ketahanan Energi merupakan hasil simulasi atau implikasi dari skenario yang dipilih.

Pemilihan SkenarioArea pemilihan skenario terdiri dari tuas-tuas untuk berbagai kebijakan sektor energi dan tata guna lahan dengan pilihan level atau nilai dari 1 sampai 4. Tampilan tuas-tuas skenario ini sama meskipun Anda berpindah layar tab, kecuali Anda mengubah skenario.

Contoh Skenario berisi skenario-skenario pemanfaatan energi dan tata guna lahan yang sudah terekam dalam KPP2050. Ketika menekan contoh skenario tertentu, Anda akan melihat bahwa tampilan grafik dan pemilihan skenario berubah sesuai dengan pilihan Anda.

Halaman Mini PaperMini paper mengarahkan pengguna ke berbagai panduan yang akan memberikan informasi lebih mendalam mengenai tinjauan umum, data, asumsi, metodologi dan referensi yang digunakan di masing-masing sektor.

TampilanGRAFIK

ContohSKENARIO

8

Bagaimana cara membuat skenario baru dalam KKP2050?Anda menentukan berbagai kebijakan di sektor energi dan tata guna lahan dengan melakukan perubahan level dalam area pemilihan skenario. Anda dapat menemukan berbagai tuas dengan pilihan level 1 sampai 4. Dengan menggerakkan kursor di atas angka-angka tersebut, Anda dapat melihat perbedaan pilihan skenario kebijakan yang diwakili angka 1 hingga 4. Sebagai contoh, di sektor rumah tangga dalam penggunaan energi untuk pendinginan, level 3 menunjukan naiknya intensitas energi sebesar 20% di tahun 2025, 25% di tahun 2035 dan 10% di tahun 2050 terhadap tahun dasar (nilai acuan). Pilihlah angka yang merepresentasikan pilihan kebijakan Anda.

Anda dapat bermain secara interaktif melalui web tool ini dengan memilih level di setiap sektor dan melihat implikasi dari skenario yang Anda ciptakan.

W

WF-

Indo

nesi

a

9

10

Bagaimana berkontribusi kepada kebijakan pemerintah melalui I2050PC?Kini saatnya Anda berkontribusi terhadap kebijakan Pemerintah Provinsi Papua dengan mengirimkan skenario terbaik Anda melalui tab Kirimkan dan submit ke kalkulatorpapua2050@wwf.id.

Kirimkan

11

W

WF-

Indo

nesi

a

12

Bekerjasamadengan:

2016

IDN

PengantarPenggunaan

Kalkulator Provinsi Papua 2050

Pengantar Penggunaan Kalkulator Provinsi Papua 2050 W

WF.OR.ID

IDN

www.wwf.or.id

Misi WWFUntuk menghentikan terjadinya degradasi lingkungan dan membangun masa depan dimana manusia hidup berharmoni dengan alam.

W

WF-

Indo

nesi

a

Climate and Energy DivisionPolicy, Sustainability and Transformation Directorate

WWF-Indonesia

Graha Simatupang Tower 2 Unit C, Lt. 8,Jalan Letjen TB Simatupang,Jakarta Selatan - 12540, IndonesiaTelp: +62 21 782 9461; Fax: +62 21 782 9462www.wwf.or.id