of 21 /21

juragan Kripik

Embed Size (px)

DESCRIPTION

proposal yang dibuat untuk tugas matakuliah Marketing Communication dengaN klien sebuah ritel Kripik Singkong di kota Malang.

Text of juragan Kripik

Pendistribusian Kripik Singkong pedas masih seputaran Malang khususnya Malang kota. Mengandalkan ritel-ritel kecil sebagai distributor yang kemudian di jual langsung ke masyarakat. Pemanfaatan ritel-ritel kecil yang dekat dengan kampus, sehingga mudah untuk menjual.walapun sistem penjualn seperti ini kurang efektif untuk memperoleh omset yang tingga dalam penjualan.

Client ProfileNama : Juragan Kripik (Singkong Pedas) Alamat: Jl. Semanggi Barat 3A, Sumbersari MalangNo Tlp.: -Email: -Jenis Produk: Kripik Singkong Pedas (Snack)Harga: Rp.2000-Rp.2500

Sejarah SingkatJuragan Kripik (Singkong Pedas) di dirikan oleh Yoyok Hariadi pada bulan Ramadhan 2012. Ide bermula ketika Yoyok melihat pangsa pasar yang sedang ramai dengan produk kripik pedas di Malang. Salah satunya adalah Maicih yang menawarkan kripik pedas dengan menggunakan level kepedasan. Namun harga kripik pedas masih cukup mahal, maka Yoyok berinisiatif untuk membuat kripik pedas dengan harga yang terjangkau.BackgroundDunia Marketing saat ini sudah berkembang sangat pesat di Indonesia. Pemanfaatan media untuk meningkatkan penjualan sudah sangat bervariasi, mulai dari media massa, sampai dengan pemanfaatan new media sudah sangat gencar dilakukan.

Ritel-Ritel kecil di Indonesia merupakan sektor yang paling banyak menekan angka pengangguran (cari data). Apa lagi Indonesia sekarang sedang menghadapi pasar bebas ASEAN, apa bila Ritel-Ritel kecil seperti ini tidak di bekali dengan strategi penjualan yang efektif, maka Ritel-Ritel ini bisa mati karena kalah bersaing dengan pera pedagang dari negara lain. Apabila Ritel-Ritel Kecil sebagai salah satu sektor penopang Perekonomian Indonesia jatuh maka secara otomatis Indonesia akan kalah bersaing dalam menghadapi pasar bebas ASEAN. Pasar Indonesia akan di dominasi oleh negara lain.

Melihat fenomena di atas maka kami sebagai salah satu Agency Periklanan yang ada di Indonesia mencoba untuk merancang strategi penjualan untuk Juragan Kripik. Kami mjuga melihat Juragan Kripik memiliki potensi yang cukup menjanjikan di pasar. Karena apabila perkembangan Ritel-Ritel di Indonesia cukup besar peluang untuk para Agency Periklanan Indonesia juga akan ikut berkembang. Ini dapat menimbulkan sistem saling menguntungkan antara Agency dan pedagang di Indonesia, dan apa bila ini terjadi maka perekonomian Indonesia bisa menjadi kuat dan di mulai dari sektor yang paling bawah. Ini adalah alasan kami memilih kenapa memilih Kripik Pedas sebagai client kami.Owner Profile

Situation Analysis ResearchHarga ProdukHarga Yang di tawarkan kepada konsumen cukup murah. Hanya dengan Rp.2000-Rp.2500 sudah bisa mendapatkan Kripik Singkong Pedas ini.

Proses PembuatanProses pembuatan Kripik Singkong Pedas ini cukup mudah, dari mengupas bahan, pencucian, penggorengan dengan sistem sangrai, sampai packaging menggunakan sistem tradisional dan semi otomatis.

Packaging Produk

Area DistribusiPendistribusian Kripik Singkong pedas masih seputaran Malang khususnya Malang kota. Mengandalkan ritel-ritel kecil, sebagai perantara yang kemudian di jual langsung ke masyarakat. Proses pendistribusian dilakukan sendiri oleh owner, dan di bantu oleh dua karyawannya.InternalMedia PemasaranMedia Pemasaran yang digunakan oleh Juragan Kripik hanya berdasaran Word Of Mouth, dan media sosial Facebook (JuraganKripik). Tetapi fan page dari Kripik Pedas Ini sendiri hanya hanya memiliki Fans tidak lebih dari 200. Konten yang di bahas di dalamnya masih kurang kreatif, dan tingkat interaksi antara Brand dan Konsumennya di Sosial Media sangat minim. Brand dalam mempersiapakan Zero Moment Of Truth masih sangat kurang.

Volume ProduksiSekali memproduksi Kripik Singkong Pedas sekitaran 15-20 kg/hari. Jumlah produksi ini masih tergantung tinggi rendahnya permintaan di pasaran.

Biaya Produksi70% dari hasil penjualanIn Come/BulanRp. 1,500.00-2000.000

Management PerusahaanStruktur organisasi kurang terbentuk dengan baik.sistem management masih sangat kacau, tidak ada bagian produksi, bagian publikasi, bagian packeging produk dll.Sistem PengontrolanTidak ada sistem pengontrolan yang baik, anatara owner dengan karyawan.

Bisa di lihat packing dari kemasan Kripik Pedas ini sendiri masih sangat sederhana dan tidak kreatif, apabila di bandingkan dengan kompetitor sangat jauh tertinggal.

EksternalStrenghtTelah menjadi market Leader di sekmen yang sejenis (Kripik Pedas)Top Of Mind di benak masyarakatMemiliki 42,4K Followes di twitterArea distribusi cukup luas, yaitu di kota-kota besar di Jawa, salah satunya Malang.Memiliki packeging produk yang sangat bagusMemiliki website yang diakses /bulannya mencapai 13529 orangMemiliki struktur organisasi yang jelasPernah di libut oleh Metro TVMemiliki beberapa varian rasa dan tingkatan level kepedasan (3,5,10)Kapasitas produksi hingga kini mencapai 2000 bungkus/hariOmset /bulan mencapai 800-900 juta (kurang lebih 30 juta/hari)

KompetitorWeaknessMemiliki harga yang cukup mahalSistem penjualan dilakukan dengan cara nomaden (berpindah-pindah)Harga yang mahalHanya mengandalakan rasa penasaran warga tentang tingkat level kepedasanya.

EksternalRiset AudiencePola Perilaku membeli snackDari 17 Mahasiswa yang kami wawancara terkait Pola Membeli snack adalah mereka lebih memilih membeli snack di indomaret ketika mengerjakan tugas kuliah. 12 dari 17 orang memilih Jajanan kripik sebagai snack mereka ketika mengerjakan tugas.Survei Tester Produk Kepada Mahasiswa:NO.ANGKATANMENYUKAITIDAK MENYUKAI1.20106 Orang3 Orang2.20114 Orang2 Orang3.20123 Orang5 Orang4.20137 Orang2 orangDari hasil survey diatas dapat disimpulkan bahwa tidak begitu banyak yang menyukai produk dari jurangan keripik, yang hanya satu variasi saja dan rasanya kurang begitu pedas (bagi penggemar pedas).

Matrix SWOTStrenghtsTidak menggunakan bahan pengawetMemiliki ciri khas dari segi rasaMemiliki harga yang murah di banding kompetitorOpportunitiesBanyak media sosial yang dapat di gunakan sebagai media pemasaran.Akan diterapkannya Sistem pasar terbuka yang di lakukan di ASEAN pada 31 Desember 2015Masyarakat mulai selektif dalam membeli produk makan yang sehat.Aktivitas mahasiwa yang padat

WeaknessesSistem Pembuatan masih semi tradisionalMedia publikasi yang di gunakan Facebook dan WOM.Packeging produk yang masih sangat biasa dan kurang menarikBahan baku yang susah di dapat karena musimanSistem pendistribusian masih dilakukan oleh owner di bantu dengan dua karyawannya.Tidak ada kerja sama secara resmi antara Kripik Singkong Pedas dengan ritel-ritelKeuntungan yang didapat hanya 30% dari setiap penjualan, jika terjual habisMasih mengandalkan pesanan dari ritel untuk penjualan produk.Logo yang dimili kurang menarikTidak memiliki brand

TreatsBanyaknya kompetitor yang yang bergerak di dalam sektor yang sejenis

ProblemObjective (smart)StakeholdersPackeging yang kurang menarikPemanfaatan media Publikasi kurang maksimalSistem pendistribusian yang belum tertata dengan baikOutput dan Outcome yang tidak setara dalam penjualan dana yang yang terbatas dalam melakukan promosiTidak memiliki brandPara petani singkongPengusaha Ritel-ritel kecilKompetitorMahasiswaKaryawan Kripik Singkong PedasPemerintah daerah kota malangPara pengusaha-pengusaha muda yang tergabung dalam komunitas pengusaha muda kota MalangPedagang cabaiProblem StatementSistem pemasaran yang tidaktertata dengan baik dari mulaipembuatan sampai penjualanPembuatan packeging baru untuk produk Juragan KripikPenyususnan strategi pemanfaatan media publikasiPerancangan kembali sistem pendistribusianMahsiswa mengertahu tentang poduk juragan kripikMain GOAL (smart)Meningkatkan penjualan produk sebesar 2x lipat dari keuntungan tahuan lalu dalam kurun waktu 5 bulan

PositioningKey MessageCemilannya Mahasiswa kami pilih sebagai positioning dari produk Juragan kripik karena, ini menjadu unsur pembeda dan sesuai dengan karakteristik dari produk. Mahasiswa dalam beraktivitas, baik itu kuliah, kerjakan tugas, berorganisasi, pasti membutuhkan cemilan yang yang sekiranya dapat dimakan untuk menambah semangat merekaMurah, Nikmat, cocok untuk cemilan para mahasiswa ketika beraktivitas.Every Bite Have Different Spicy Sensation DemographyProfessionGroupRegionLifestyleCharateristic Target AudienceTaglineCemilannya Mahasiswa, ya Juragan Kripik

Strategy & Media

HEARTHANDKnowledgeFeeling (Interest)Behaviour(Action)HEADHEADPada tahap HEAD kami memberikan Penyediaan informasi sebanyak-banyak kepadaTarget Audience, tentang produk Juragan Kripik. Perencanaan Zero Moment Of Trurt (Z-MOT) sangat Penting karena ini merupakan gerbang dimana calon Konsumen memperoleh produk knolage.Z-MOTPada stategi HEAD, pengguanan Teori Z-MOT kami Kami rancang dengan pemanfaatan media baru secaraMaksimal. Di antaranya Facebook dan Twitter. Serta Pembuatan Website yang menjadi pusat informasiTentang produk di dunia digital. Tidak hanya itu kami juga Memberikan review-review positif tentang produk kamiDalam media-media digital yang kami gunakan.HEARTPada tahap ini calon konsume telah memiliki produck knolageTerhadap Juragan Kripik. Hal ini kami manfaatkan untuk mendapat interest melalui aktivitas-aktivitas di sosial mediaMulai dari game-game interaktif.HANDPada tahap ini sudah dilakukan action bagi para konsumen.Untuk membeli produk Kripik Singkong (Juragan Kripik. Maupun mengikuti kegiatan-kegiatan yang Dilakukan oleh Juragan Kripik. Pada tahap ini kesan dari kemasan dan hanya menjadi Pemeren penting, karena menentukan produk akan dibeliDan akan menyebarkannya kepada teman-temannya.Eksternal

Onground ProgramPembuatan Packaging baru.Hal ini kami lakukan melihat packeging Juragan Kripik saat ini masih sangat biasa dan tidak menjual. Dalam proses pembuatan packeging kami sesuaikan dengan karakteristik produk dan juga target audience yang anak muda. Bisa dilihat dibawah perbandingan kemasan anatra produk Maichi dan Juragan Kripik

InternalPendistribusianDalam sistem pendistribusian kita membuat kontrak kerjasama terlebih dahulu dengan ritel-ritel yang menjadi sasaran kami. Sehingga tidak akan terjadi penolakan atau pemulangan produk, karena tidak ada kerja sama sebelumnya. Dalam pendistribusian kami juga melakukan sistem pesasan melalui media online dan juga bisa langsung di antarkan oleh karyawan Juragan Kripik sendiri.PublikasiMelakukan rapat dengan internal perusahaan untuk merancang strategi publikasi. Karena karyawan itu senriri merupakan media publikasi yang sangat efektif. Perancangan sistempublikasi mulai dari ongroud sampai dengan online. Di rancang secara sistematis. Konten yang kami di publikasikan kami rangcang sehingga efektifitas pesan tersampaikan dengan benar.Produck KnowlageKami juga memberikan pembekalan kepada seluruh karyawan tentang informasi yang selengkap-lengkapnya tentang karakteristik produk. Hal ini dilakukan agar karyawan juga mengerti tentang produk. Sehingga bagian pemasaran, pendistribusian dan seluruh divisi memiliki konten publikasi kepada khalayak dengan kontak point yang sama.

BeforeAfterTampak depanTampak samping

CompetitorJuragan KripikPembuatan Logo Kami membuat logo baru yang lebih fresh dan menarik sesuai dengan target audience dari Juragan Kripik.

Logo BruLogo Lama

Onground ProgramEksternalHunting Juragan Kripik (Public Relations ToolsKami akan bekerja sama dengan para fotografer muda yang masih kuliah, khususnya pada mahasiswa jurusan komunikasi. Dalam jurusan komunikasi sendiri banyak mahasiswa yang suka fotografi tetapi masih dalam tahap pembelajaran. Kami menyediakan bahan (produk Juragan Kripik). Hasil dari poto yang telah dilakukan oleh para fotografer pemula ini akan kami publikasiakan dia media sosial dengan mencanyumkan nama pengkarya. hal ini menurut kami sangat efektif karena parafotografer muda ini masih mencari reverensi intuk mencoba kemapuan mereka, dan kami menyediakan itu, seta apabila hasil karya mereka di publikasiakn oleh suatu perusahaan mereka akan merasa bangga.Ayo Coba Juragan Kripik (Personal Selling)Kami memberikan tester produk kepada para mahasiswa yang sedang beristiraha ketika kuliah dikampus. ini memberikan kesan langsung tentang produk kepada calon konsumen terkait keunggulan produk Juragan Kripik. Kami melakukan tester produk ini di beberapa kampus, di antaranya Politeknik, UB, dan UMM, UNITRI, UM, UIN. Hasil tester tersebut kami dokumentasikan yang kemudian kami publikasikan ke media-media kami.Ayoo Order (Sales Promotion)Kami menjual Juragan Kripik kepada mahasiswa-mahasiswa yang suka ikut berorganisasi. Karena dalam berorganisasi sering dilakukan rapat-rapat untuk menentukan program kerja organisasi tersebut, dan biasanya selalu terdapat snack untuk dihidangkan dalam rapat tersebut. Kami memberikan flayer tentang produk kami berserta no kontak yang bisa dihubungi. Sehingga ketika mereka rapat dan memerlukan snack mereka bisa langsung memesan lewat sms dan kami akan mengamtarnya. Kami juga memberikan Pin dan Stiker Juragan Kripik pada setiap pembelian di atas Rp.100.000

Contoh Flayer yang akan kami gunakan

Contoh Pin Juragan Kripik

Contoh Stiker yang akan kami gunakan

Online (Internet Marketing Tools)Action Step FlowONLINEDINAS PENDAPATAN DAERAHWebsite

Profile Picture Cover Picture About:- Stutuktur organisasi- produk- Location- Preface Photo:- Events- Activities Notes: - Press Release in any media- Event invitation- Service centre address & contact Tab:- Lead to Juragan Kripik website Avatar Header Background Image Bio-Link WebsiteOption Name For Social Media

@[email protected] Beranda-Profil-Kategori-Peduli UKM-Tautan Utama-Sejarah Berita Produk HukumVisi & Misi GallryArsipInformasiContakWEBSITEJuraganKripik.comJuraganKripikMlg.comSocial Media Development

Contoh Tampilan Website dari Juragan Kripik yang telah kami design

Contoh Tampilan Website dari Juragan Kripik yang telah kami design

Sejarah SingkatJuragan Kripik (Singkong Pedas) di dirikan oleh Yoyok Hariadi pada bulan Ramadhan 2012. Ide bermula ketika Yoyok melihat pangsa pasar yang sedang ramai dengan produk kripik pedas di Malang. Salah satunya adalah Maicih yang menawarkan kripik pedas dengan menggunakan level kepedasan. Namun harga kripik pedas masih cukup mahal, maka Yoyok berinisiatif untuk membuat kripik pedas dengan harga yang terjangkau.

Contoh Tampilan Website dari Juragan Kripik yang telah kami design

MonthWeekStories IdeaJuniM-1M-4Sejarah Juragan KripikManfaat Mengkonsumsi SingkongJuliM-1M-3Sistem Pasar TerbukaRamadhanAgustusM-1M-3M-4Event ongroundHari KemerdekaanGame interaktifSeptemberM-2

M-3Testimonial dari event ayo coba Juragan KripikUKM di kota MalangNovemberM-2M-3M-4Proses produksi Juragan KripikLifestyle mahasiswaEvent-event mahasiswaSTORY ANGELStory Angel di buat untuk menentukan tema percakapan apa yang akan di lakukan di sosmed. Dalam memjalakan story Idea bekerja sama dengan akun-akun sperti @UKMMalang @infomalang. Dari semua infromasi dalam story angel selalu kami kemasa dengan karakteristik TA

Weekly UpdatesMonthly Updates

Daily Updates

Weekly UpdatesMonthly Updates1.Laporan perkembangan berjalannya sistem penjualan Juragan Kripik2.Diskusi dengan Fans tentang Juragan Kripik (saran)3.Diskusi trend yang berkembang dimahasiswa1.Laporan perkembangan berjalannya sistem penjualan Juragan Kripik2.Diskusi dengan Fans tentang Juragan Kripik (saran)1.Publikasi kegiatan On-Ground3.Story Angel4.Replay komentar dari followers (Negatif/Posistif)5.Live twitt kegiatan onground6.Twitpic kegiatan onground7.Promo Upcoming Event1.Publikasi kegiatan On-Ground2.Post artikel tentang kebijakan Program Onground3.Story Angel4.Replay komentar dari fans (Negatif/Posistif)5.Live post kegiatan onground6.Upload foto kegiatan onground7.Promo Upcoming Event 8.Membuat game untuk mengukur sejauh mana pengetahuan fans tentang produck 1.Live Updates tentang kegiatan keseharian di Perusahaan Juragan Kripik2.Sapa Fans1.Live twitt tentang kegiatan keseharian di pemerintahan Kota malang2.Sapa followersDaily UpdatesTujuan Internet marketing ToolsMendapat 500 fans dalam kurun waktu 5 bulan sejak program ini dijalankan.Mendapat likes minimal 50 dalam setiap postingan sejak program ini dijalankanMendapat komen dari fans minimal 15 dari setiap postingan sejak program ini dijalankan

Juragan Kripik

Juragan [email protected] Mahasiswa ya Juragan Kripik | Spicy Taste Mix & Blasted.Malang. www.juragankripik.com

Domino EffectGOALTraffic QuantityMessage QualityInteraction QualityInteraction QuantityVOICENOISEQuestionComplimentComplainPositive ReviewNegative ReviewComplainResponse Center &(Social Media Response Center)Tools PRCrisis Perperation TeamsJuragan Kripik1.Programs Name, 2.Product Name.

Individual1.Owner NameLISTENUNDERSTANDCLARIFYIMPLEMENTHow To React ?Monitor Your..FEEDBECKMONITORING

WEBSITEMendapat 500 fans dalam kurun waktu 5 bulan sejak program ini dijalankan.Mendapat likes minimal 50 dalam setiap postingan sejak program ini dijalankanMendapat komen dari fans minimal 15 dari setiap postingan sejak program ini dijalankanMendapat 500 followers dalam kurun waktu 5 bulan sejak program ini dijalankan.Mendapat retweet minimal 30 ,dalam setiap tweet sejak program ini dijalankanMendapat replay dari followers minimal 15 dari setiap tweet sejak program ini dijalankanMendapat kunjungan ke website sebanyak 500 orang dalam satu bulanMendapat pesanan via wesite sebanyak 20x dalam satu bulanIndikator KeberhasilanInternet marketing Tools

Respon TimOngroundOnlinebasic levelintermediate leveladvence levelMedia Content Analysis Social Media MeasurementPublik Awarness IndexParticipation NumberFacebookTwitterAngketAbsensiTestimonialDokumentasiPositif/NegatifMedia Content Analysis http://tweriod.comhttp://tweeterspy.comhttp://hootsuite.comhttp://komfo.comhttp://simplymeasured.comPortal News OnlinePortal News OngroundPositif/NegatifPositif/NegatifEvaluation