Kuliner Makanan Oriental

  • View
    245

  • Download
    12

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Kuliner Lanjut

Text of Kuliner Makanan Oriental

ORIENTAL

Makanan oriental adalah makanan yang biasa atau lazim dimasak dan dihidangkan di negara-negara Oriental (Asia). Makanan di suatu negara dipengaruhi oleh :

a. Letak geografis: negara agraris, marinir, kutub, 2 musim, 4 musimb. Agama, adat istiadat dan budayac. Sosial ekonomi : income perkapitad. Kemajuan iptekNegara-negara Asia Tenggara

1. Birma/ Myanmar

Makanan pokok rakyat birma adalah nasi. Hidangan khas birma banyak terbuat dari beras, tepung beras, ketan dan tepung ketan.

Hidangan khas birma yaitu kari (daging, ikan, sayuran).

Bumbu yang digunakan : kunyit, ebi, serbuk ebi, kecap ikan, spiced oil ( minyak berbumbu yang terbuat dari minyak selada, bawang bombay, bawang putih dan kunyit). Cara menghidangkan makanan adalah seperti halnya negara Asia yang lain, semua macam makanan dihamparkan diatas meja dan masing-masing dan bebas memilih mana yang disukainya, baik dengan nasi maupun tanpa nasi. Dessert : biasanya dibuat dari santan , tepung beras, tepung ketan, sagu dan gula aren/ gula palm.2. Thailand

Makanan pokok khas Thailand adalah nasi. Ciri masakan Thailand adalah pedas, sup dan masakan yang dikukus, dipengaruhi oleh dapur Cina. Minuman yang menemani makanan Thailand adalah air es atau es teh manis. 10 bumbu penting dalam dapur Thailand :

Chili powder Kelapa : untuk santan, kelapa parut Ketumbar Fish saus : bumbu dasar dari masakan Thailand yang tidak dapat diganti. Bawang putih Sereh Daun jeruk/jeruk nipis/jeruk purut Minyak kedelai, kelapa, bunga matahari Lada hitam dan putih Kecap

Bumbu dan bahan lain yang sering digunakan :Shrimp paste, acar bawang putih, bawang merah, jahe, kunci (krachai), lombok, ebi, jamur kuping, laos/ galangal, jamur kuping ( khenchu), basil holy and sweet, bean sauce, curry pasta dan serbuk, saus tiram, buah asam, cuka beras/ arak putih, jamur kering, turnip kering/ chi po, lobak kering / tang chi dipakai hanya sedikit untuk penyedap rasa, kunyit, taro, buah-buahan yang diawetkan secara unik dari timur, sayuran, ketela rambat, durian, ikan, unggas, terung, pepaya mentah, tahu, kembang tahu, red bean curd dll. Menu hidangan Thailand biasanya dihidangkan bersama-sama : nasi, clear soup, masakan yang dikukus, masakan yang digoreng, saus yang pedas dengan cabai untuk sayuran dan selada sering diganti dengan daging atau ikan. Dalam sekali waktu makan biasanya dihidangkan 3-5 macam masakan misalnya nasi, sup, mie, minuman. Jika sweet Thailand dihidangkan biasanya dihidangkan dua macam, liquid dan kering. Yang liquid misalnya biji teratai dalam santan dan yang kering met kanoom yang dibuat dariputih telur, kacang, gula, dan kemudian buah segar untuk yang terakhir. Masakan Thailand yang terkenal

Pad Thai

Mie krob

Tom Yam

Kari daging

Es Biji Teratai

Udang Penang

3. Vietnam dan Kamboja

Makanan pokok : nasi, ketan, mie. Daging babi banyak digunakan dalam masakan Vietnam karena harganya lebih murah dari daging lain. Bumbu khas : daun mint, serai, daun ketumbar, kecap ikan.

Ciri masakan Vietnam :

Menggunakan saus ikan hampir pada semua masakan Bila menghidangkan daging lebih sering menghidangkan daging babi sebagai bahan pokoknya.

4. Malaysia

Makanan pokok rakyat malaysia adalah nasi. Masakan asli malaysia hampir sama dengan Thailand, Indonesia, dan Birma bagian selatan.

Dessert favorit : sarikaya yaitu hidangan yang dibuat dari campuran telur, santan kental, gula yang dikocok lalu diberi warna dan dikukus.

5. Singapura Makanan pokok rakyat singapura adalah nasi. Penduduknya 75% adalah orang Cina sehingga masakan yang populer adalah masakan Cina.

Hidangan khas Singapura banyak dipengaruhi dari negara-negara sekitar, Indonesia, Malaysia.6. Philipina

Makanan pokok rakyat Philipina adalah nasi, ketan, jagung, terigu, dan umbi-umbian. Masakan Philipina dipengaruhi oleh masakan Cina, Jepang, Spanyol dan Amerika.

Bumbu yang banyak digunakan: cengkeh, bawang putih, bawang bombay, lada hitam, paprika, oregano, daun laurier, petis, cuka. Ciri masakan Philipina:

Dalam masakannya menggunakan kombinasi. Misalnya kombinasi daging yang mempunyai tekstur berbeda seperti : sapi dan udang, ikan dan ayam.

Sambal dan bumbu yang merangsang tidak banyak digunakan kecuali bawang putih dan lada. Masakan Philipina yang terkenal Sampalok : macam-macam sayuran yang direbus dengan air beras dicampur tomat dan buah-buahan yang rasanya asam.

Adobo : masakan dari daging atau ikan dengan cuka dan bawang putih serta ditambah santan (seperti opor).

Pinakbet : hidangan dari sayuran yang ditumis dengan daging dipotong-potong kecil dan dimakan dengan bagoon (semacam sambal ikan dalam botol/petis).

Arozala valenciana : masakan nasi istimewa untuk pesta yang dibuat dari ketan dicampur beras diisi daging, hati, ampela, sosis dan diberi warna kuning dari kunyit.

Negara Asia Timur

1. Korea

Kebiasaan makan orang Korea terpengaruh oleh Cina dan Jepang. Makanan pokok rakyat Korea adalah nasi. Masakan Korea dibedakan menjadi dua macam yaitu masakan Aristokrat dan masakan rakyat. Bumbu khas masakan Korea disebut three flavors yaitu campuran biji wijen, lombok merah dan bawang putih. Terkadang juga digunakan six flavors yaitu three flavors ditambah dengan loncang, jahe dan minyak wijen. Kecap dan tauco juga dipakai dalam pembuatan sup. Daging yang digunakan dalam masakan Korea adala daging sapi, babi, ayam, kelinci, kambing dan domba.

Makanan nasional khas Korea adalah Kimchi. Kimchi adalah sejenis acar berbahan dasar sawi putih yang rasanya asam dan pedas/sedikit pedas.

Cabai merah kering yang dipakai dalam pembuatan Kimchi disebut Kaooi karo. Sajiannya selalu ada nasi dan sup. Bir dan ginseng lebih sering diminum dari pada air teh. Secara tradisional makanan selalu disajikan dan disantap dimeja yang lebar dan rendah. Yang harus selalu ada dalam sajian adalah nasi dan sup.Hidangan disantap dengan nasi dan lauk pauk yang diambil langsung sesuai selera dari mangkuk hidang. Sebagai penutup sajian, sari buah-buahan atau teh dan manisan disajikan dimeja terpisah sehingga bisa dinikmati sanbil berhandai-handai seusai bersantap. Masakan Korea yang terkenal Bulgogi: daging panggang bertabur wijen dihidangkan dengan saus yang rasanya agak pedas

Sin Sul Lo/ juanlo Korea (Korean Steam boat)

Guchulpan : 9 variasi dadar , terdiri dari dadar isi macam-macam : daging, telur, sayuran. Telur dadar ini dihidangkan dengan saus wijen yang rasanya asam-asam manis.

Sam ge tang : sup sayuran ginseng

2. Cina dan Taiwan

Ciri khas bangsa Cina dalam memasak sayur yaitu dengan menggunakan api besar dan waktu singkat sehingga sayuran masih tampak bagus dan renyah. Cina Utara menggunakan gandum dan beras dan mie. Taiwan adalah negara pengeksport jamur, asparagus dalam kaleng, jeruk, jagung, kacang dan pisang. Beberapa gaya memasak Cina antara lain: Peking, Shantung, Shanghai, Kiangsu, Canton, Szechwan. Prinsip dasar memasak dalam dapur Cina yaitu Aroma, tekstur, dan warna. Aroma : Bumbu dasar yang menimbulkan aroma khas seperti kecap, arak, gula, cuka, jahe, bawang putih, lada, lombok, daun prei, jamur hioko, rebung, oyster, MSG, lobak. Tekstur dan Rasa: tekstur dari sayuran renyah sedangkan untuk masakan lainnya empuk, halus, ringan.

Warna: warna masakan Cina sangat menarik. Bahan dan bumbu yang sering dijumpai dalam masakan Cina adalah :Daun ketumbar, rebung, jamur hioko, sawi putih, kapri, causim, oyster sauce (saus tiram), hoisin sauce, acar tahu, vinegar, corn starch, black pepper, hot red pepper, szechuen pepper, seledri, arak jahe, angkak, biji bunga teratai, Dang guei, Yu tian (adonan dari mentega, telur dan gula), Kau fu, lada asin (ngo hiong), lima macam rempah (kayu manis, cengkeh, lada, adas, pekak), minyak wijen, Mien jin, minyak jala/ lemak babi, minyak cabai (layu), pasta ikan, pasta kacang pedas (lo do ban jiang), pasta kacang manis (tiem mien jiang), pasta kacang kedelai (do ban jiang), pasta wijen, pekak, sa chia jiang, soya bean paste, soy sauce, tiram kering, kulit pembungkus isi makanan, telur kepiting, MSG. Sayuran khas Negara Cina : Jamur kupingPelengkap masakan cina istimewa bentuknya seperti jamur dengan susunan seperti bunga karang. Sebelum dimasak harus direndam dulu. Jamur kuping ada dua jenis yaitu hitam dan putih. Jamur kering (hio ko)Harus direndam dulu 30 menit sebelum dipakai, tangkainya harus selalu dipotong dan berwarna hitam.

Rebung (bamboo shoots)Berdasarkan waktu munculnya, rebung dibedakan menjadi 3, yaitu rebung bamboo musim panas, rebung bamboo musim semi, dan rebung bamboo musim dingin. Dari ketiga jenis diatas, rebung bamboo musim panas adalah yang paling lunak. Tetapi, rebung yang paling panyak dikalengkan dan dipasarkan keluar negeri adalah rebung musim dingin.

Snow peasBentuknya seperti kacang arcis, tetapi snow peas digunakan waktu sangat muda, lunak dan dapat dimakan dengan kulitnya.

Bok choy (sawi hijau)Adalah sawi dengan tangkai hijau dan daun yang hijau dan sangat populer dalam masakan cina.

Celery cabbage (sawi putih)Sering juga disebut Chinese cabbage, adalah sawi yang agak panjang bentuknya agak mirip selada, biasanya berwarna putih tetapi ada juga yang berwarna hijau. Sawi ini sangat enak untuk salad.

Giant white radish (lobak Cina)Adalah sayuran musim semi dan musim dingin yang bias dimasak ataupun diparut untuk dijadikan salad.

Lotus root (umbi lotus)Adalah sayuran musim gugur dan musim dingin yang biasa di rebus atau digoreng.

Bean sprouts (toge)Toge segar harus dibersihkan kedua ujungnya. Toge kalengan harus dicuci dulu sebelum digunakan. Arrowhead bulbBiasanya digoreng atau direbus. Tersedia juga yang dikemas dalam kaleng.

Leek