Lapkas Tiva

  • View
    32

  • Download
    1

Embed Size (px)

DESCRIPTION

lapkas tiva anestesi

Text of Lapkas Tiva

LAPORAN KASUSANESTESI UMUM INTRAVENA(TIVA TOTAL INTRAVENOUS ANESTHESIA)

Disusun untuk Memenuhi Syarat Mengikuti Ujian Kepaniteraan Klinik di Bagian AnastesiRumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto

Disusun oleh:Rachel Vania2010 071 0098

Pembimbing :dr. Joko Waluyo, Sp.An

KEPANITERAAN KLINIK DEPARTEMEN ANESTESIFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PELITA HARAPANRUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN DARAT GATOT SOEBROTOREFERATPENATALAKSANAAN TERAPI PADA PALATOSCHIZIS DENGAN METODE PUSH BACK

36PERIODE 30 JUNI-9 AGUSTUS 2014[Type text]

2KEPANITERAAN KLINIK GIGI DAN MULUT RSPAD GATOT SOEBROTO UNIVERSITAS PELITA HARAPAN - PERIODE 12 MEI 24 MEI 2014

TIVA- TOTAL INTRAVENOUS INTRAVENA RACHEL VANIA 2010 071 0098FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PELITA HARAPANDEPARTEMEN ANESTESI-RSPAD GATOT SUBROTO

Daftar IsiIlustrasi Kasus/ Status Pasien3Anamnesis3Pemeriksaan Fisik5Pemeriksaan Penunjang)6Laporan Anastesi9Pre Operatif9Persiapan Operasi12Pelaksanaan Anestesi13Post Operasi15Tinjauan Pustaka16Kunjungan Preoperasi (Anamnesa dan Pemeriksaan Fisik)16Definisi Anestesi18Anestesi Umum Intravena19Bispectral Index (BIS)123Obat-obatan yang Umum Digunakan23Pemantauan Intraoperatif29Perawatan Post Operatif 31Analisa Kasus/ Pembahasan33Anamnesis33Pemeriksaan Fisik33Penunjang33Penilaian Penyulit Jalan Nafas33Pembahasan34Kesimpulan36Daftar Pustaka37

Ilustrasi Kasus/ Status Pasien

Laporan kasus ini membahas pasien perempuan berusia 56 tahun dengan diagnosis anemia et causa unknown origin yang akan dilakukan tindakan colonoscopy dengan rencana anestesi umum.

Identitas PasienNama : Ny. PSUmur : 56 tahunJenis kelamin: PerempuanAgama: IslamStatus: Sudah MenikahSuku: JawaNo RM: 711841Alamat : Tanah Abang TimurPekerjaan: BRIGJENMRS: 10 Juli 2014Tanggal Operasi: 11 Juli 2014AnamnesisAnamnesis dilakukan secara auto dan aloanamnesis pada tanggal 11 Juli 2014 di RSPAD Gatot Soebroto.

Keluhan UtamaBAB berdarah sejak satu minggu yang lalu

Riwayat Penyakit SekarangPasien datang ke RSPAD Gatot Subroto dengan keluhan BAB berdarah sejak satu minggu yang lalu. Pasien juga mengaku lemas sejak 4 bulan yang lalu, disertai dengan nafas tersengal-sengal dan berjalan sempoyongan. Aktifitas pasien juga terganggu dan sudah cuti sejak 3 hari yang lalu. Pasien juga mengaku mual tanpa muntah. Pasien menyangkal adanya demam, diare, batuk, pilek saat ini.Riwayat Penyakit Dahulu Pasien pernah mengalami keluhan yang sama sebelumnya 4 bulan yang lalu. Pasien mempunyai diabetes melitus terkontrol dengan insulin dan metoclopramid sejak 8 tahun yang lalu. Pasien menyangkal adanya riwayat sesak, nyeri dada, penyakit asma, darah tinggi, penyakit jantung, penyakit paru, penyakit kuning, penyakit ginjal, riwayat penurunan kesadaran maupun kejang.

Riwayat Penyakit Keluarga Pasien menyangkal adanya riwayat hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, maupun kanker di keluarga.

Riwayat AlergiPasien menyangkal adanya alergi obat, makanan, maupun udara dingin.

Riwayat OperasiPasien sudah pernah dilakukan endoskopi dan ligasi 2 bulan yang lalu dengan diagnosis pecan varisus esophagus, dengan anesthesia umum dan intubasi.

Riwayat PengobatanSaat ini pasien menjalani pengobatan dengan metoclopramid dan insulin untuk Diabetes Melitus yang dideritanya. Pasien sudah menerima transfusi darah sebanyak satu kantong sehari sebelum operasi.

Riwayat Pola HidupPasien tidak mempunyai kebiasaan merokok, konsumsi minuman alkohol, obat-obatan terlarang. Pasien mengaku mengikuti senam aerobic satu minggu sekali sebelum sakit.

LainnyaPasien tidak menggunakan gigi palsu, gigi goyang, maupun gigi ompong.Pemeriksaan FisikStatus Generalis KesadaranKompos Mentis

TD96/60 mmHg

Nadi77x/ menit

Pernapasan21x/ menit

Suhu36oC

Status GiziBerat badan 50 kgTinggi badan 155 cm

KepalaNormosefali, tidak ada deformitas.Rambut hitam dengan distribusi merata dan tidak mudah copot.

MataKonjungtiva pucat +/+, sklera tidak ikterik -/-

TelingaSerumen -/-, globus, tragus dan aurikle intak, bentuk normal tanpa ada pendarahan atau sekret.

HidungBentuk normal, tidak ada deviasi septum, tidak ada luka maupun sekret.

MulutKetika membuka mulut sebesar mungkin, lebarnya selebar tiga jari.Malampati II, gigi palsu disangkal, gigi goyang disangkal.Mukosa pucat, tidak kering, tonsil normal tanpa pembesaran, tidak ada deviasi bibir dan lidah.

LeherNormal tanpa ada luka, tidak ada pembesaran kelenjar getah bening. Jarak antara os mental ke os hyoid tiga jari, jarak antara os hyoid dan os cricoid dua jari. Tidak terdapat deviasi pada perabaan trakea.Ekstensi leher maksimal tanpa tahanan.

ThoraksBentuk dada normal dengan pergerakan simetris dan tidak ada retraksi. Bunyi jantung I dan II normal, tidak ada murmur maupun gallop. Paru vesicular, tidak ada ronki atau wheezing.

AbdomenInspeksiBentuk abdomen normal dan simetris, tidak ada lesi, terdapat sedikit distensi.

AuskultasiBising usus menurun.

PerkusiTimpanic di seluruh regio abdomen.

PalpasiTidak ada pembesaran organ dan tidak ada nyeri ketok CVA.

EkstremitasAtasNormal, tidak ada deformitas dan edema, akral hangat, capillary refill