Lokasi Dan Tata Letak Pabrik

  • Published on
    14-Oct-2015

  • View
    24

  • Download
    3

Embed Size (px)

DESCRIPTION

makalah bagus

Transcript

Tata Letak Pabrik Aneka Gas Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur

A. Lokasi dan Tata Letak Pabrik1. Lokasi Pabrik

Penetapan lokasi pabrik memerlukan pertimbangan dan pemikiran yang tepat. Hal ini dikarenakan lokasi pabrik menentukan kelancaran proses produksi dan hubungan masyarakat lingkungan pabrik. Selain itu lokasi pabrik mempengaruhi besarnya investasi awal yang diperlukan. Hal-hal ini yang harus dipertimbangkan antara lain adalah persediaan bahan baku dan bahan pendukungnnya, transportasi serta distribusi produk kepada knsumen, perolehan tenaga kerja dan lain-lain. Dari pertimbangan itu maka PT Aneka Gas Industri memilih wilayah Beringin Bendo, kecamatan Taman, kabupaten Sidoarjo untuk lokasi pabrik dengan luas tanah 2,5 hektar. Adapun beberapa factor yang menjadi pertimbangan pemilihan lokasi pabrik oleh PT Aneka Gas adalah:

a. Faktor Bahan Baku

Persediaan bahan baku bukan pertimbangan mutlak dalam pemilihan lokasi pabrik kerena bahan baku yang digunakan mudah diperolah yaitu berada diatas permukaan bumi.

b. Faktor TransportasiPT Aneka Gas Industri terletak di Jalan Gilang Raya, meruoakan jalan utama yang menghubungkan Surabaya dengan Mojokerto maka transportasi dan distribusi kepada konsumen tidak menjadi masalah.

c. Faktor Pemasaran

Adannya transportasi yang memadai menjadikan produk PT Aneka Gas Industri dapat dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia, Daerah pemasaran produk PT Aneka Gas Industri adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa, Bali, Banjarmasin, dan Kalimantan.

d. Faktor Utilitas

Kebutuhan air dalam proses produksi PT Aneka Gas Industri cukup besar. Air yang digunakan dalam proses produksi diperoleh dari air sumur tetapi juga ada air cadangan dari PDAM. Selain air, kebutuhan akan listrik untuk proses produksi secara keseluruhan juga besar,. Kebutuhan listrik diperoleh dari PLN.

e. Faktor Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang dibutuhkan untuk produksi cukup banyak. Tenaga kerja ini dengan mudah didapat karena lokasi pabrik yang dekat dengan pemukiman masyarakat.

Gambar A.1.Lokasi PT Aneka Gas Industri Wilayah V Jawa Timur2. Tata Letak Pabrik

PT Aneka Gas Industri Sidoarjo memiliki satu pintu akses untuk keluar masuk ke dalam pabrik. Pintu masuk ini dilengkapi dengan beberapa security yang bertugas untuk mengawasi, mendata setiap tamu, dan memeriksa kendaraan barang (misalnnya truk dan road tank) yang keluar-masuk pabrik. Selain itu terdapat beberapa bangunan di area pabrik, yaitu:

a. Pos Satpam

Pos satpam terletak tepat di sisi timur setelah pintu masuk. Peletakan pos satpam ini ditujukan agar pengontrolan lalu-lintas transportasi keluar-masuk pabrik dapat berjalan dengan baik.b. Masjid Masjid terletak di jalan utama area pabrik dengan posisi bersebrangan dengan kantor utama. Peletakan masjid yang jauh dari plant pabrik ditujukan agar aktivitas beribadah tidak terganggu oleh bisingnya suara yang ditimbulkan alat. c. Kantor Utama

Kantor utama terletak di tengah pabrik dan berada pada jalan utama. Letak kantor utama ini dimaksutkan agar lalu-lintas internal pabrik dapat terkontrol dengan baik. Pihak luar pun mudah menemukan kantor utama tanpa harus mengitari plant-plant yang ada di dalam pabrik. Letak kantor utama yang strategis ini juga dilengkapi oleh tempat parkir motor pegawai. Tempat parkir mobil diletakan dekat dengan plant acetylene karena ruang yang tersedia lebih besar. d. Unit ProduksiPT Aneka Gas Industri Sidoarjo memiliki bebrapa unit produksi, yaitu:

1. Unit Pemisahan Udara (Air Separation Process Plant)Unit pemisahan udara atau disingkat ASP terletak pada sisi belakang kantor utama setelah tangki penyimpanan gas. Unit ini didukung oleh ruang kompresor N2. Letaknya yang dekat dengan tangki penyimpanan gas ditujukan agar system pemipaan hasil produksi tidak terlalu jauh.2. Unit Produksi Acetylene (C2H2)

Unit produksi ini terletak pada sisi dalam pabrik. Peletakan ini disebabkan karena factor keamanan. Acetylene merupakan jenis gas yang explosive sehingga ruang produksinya harus diletakan pada tempat yang jauh dari keramaian.3. Unit Produksi Nitrous Oxide (N2O)

Unit produksi ini terletak dekat dengan gudang penyimpanan NH4NO3 dan timbangan. System oprasional yang tidak bising membuat letak plant ini diletakan didekat masjid dan jalan utama. 4. Unit Produksi Gas ADI (Mixed Gas)Unit produksi mixed gas merupakan unit pencampur gas-gas yang diproduksi oleh plant lain (kecuali plant acetylan). Peletakan unit ini tidak boleh terlalu jauh dengan plant lain agar system pemipaan pasokan gas tidak membutuhkan system pemipaan yang panjang (ekonomis).e. Water Treatment

Unit pengolahan air PT Aneka Gas Industi memiliki 1 set alat pengolahan air yang berada di sisi belakang pabrik. Unit ini berfungsi untuk mengolah air dari sumur yang terletak di belakang pabrik. Air hasil pengolahan ini digunakan untuk proses produksi.f. Bangunan Lain

Bangunan lain yang terdapat di PT Aneka Gas Industri Sidoarjo adalah:

1. Bengkel dan ruang maintenanceBengkel dan ruang maintenance diletakan pada bagaian dalam pabrik agar tidak menggangu transportasi lalu-lintas internal. Kondisi ini terjadi pada saat ada kendaraan atau alat pabrik yang rusak. Peletakan bengkel dan mintenance yang dekat dengan plant ditujukan agar penanganan terhadap kerusakan pada alat dapat ditangani dengan mudah dan cepat.

2. Gudang

Letak gudang yang ada pada PT Aneka Gas Industri disesuaikan dengan fungi dan letak plant yang ada, yaitu: Gudang B3 dan KarbitLetak gudang B3 dan karbit saling bersebelahan. Kedua gudang ini terletak dibagian samping plant C2H2. Peletakan yang demikian mempermudah transportasi produk dan mengurangi resiko kecelakaan dari palnt C2H2. Gudang Peralatan

Gudang ini dekat dengan bengkel dan ruang maintenance. Lokasi gudang yang demikian bertujuan agar mempermudah pengambilan peralatan saat bengkel beroperasi. Gudang NH4NO3Gudang ini berfungsi untuk menyimpan hasil produksi berupa NH4NO3 dari plant N2O. Peletakan gudang ini tergolong cukup strategis karena dekat dengan timbangan. Sebelum hasil produksi ini disalurkan kepada konsumen perlu dilakukan penimbangan. Hasil timbangan tersebut baru kemudian diangkut melalui jalur darat. 3. TimbanganTimbangan terketak di jalan utama pabrik. Peletakan seperti ini mempermudah jalur taransportasi kendaraan yang mengangkut produk NH4NO3 setelah dari timbangan.4. Tangki penyimpananTangki penyimpanan gas-gas hasil pencairan terletak tepat dibelakang kantor utama. Peletakan tangki ini dimaksutkan agar penyaluran kepada konsumen dapat dikontrol dengan seksama. Akses jalan menuju tempat penyimpanan juga dibuat lebih besar agar memudahkan pengangkutan gas untuk kepentingan pemasaran.Tata letak PT Aneka Gas Industri Sidoarjo dapat dilihat pada gambar A.2.

Skala = 1:10Keterangan:

A: pos satpamO: tangki CO2

B: masjidP: tangki back-up (O2 cair)

C: N2O plant, FS O2 dan CO2Q: tangki back-up (N2 cair)

D: timbanganR: tempat parkir motor pegawai

E: gudang NH4NO3S: kantor

F: gas ADI, QCT: tempat parkir mobil

G: gardu PLNU: gudang B3

H: water treatment, cooling towerV: gudang karbit

I: compressor N2W: C2H2 plant

J: ASP plantX: parker O2 linde

K: cold boxY: gudang peralatan

L: tangki Ar cairZ: bengkel kendaraan

M1,2: tangki O2 cairK1: ruang maintenance

N1,2: tangki N2 cairK2: gardu PLN

Gambar A.2.Tata Letak PT Aneka Gas Industri Sidoarjo

Keterangan:

1. Carbide Storage2. Carbide Hopper (Screw conveyor)3. Acetylene Generator4. Condensor5. Low Pressure Drier6. Purifier

7. Scrubber8. Acetylene Compressor

9. High Pressure Drier

10. Cylinder Filling Manifold

11. Cylinder Storage Area

12. Hopper MotorGambar A.3.Tata Letak Plant Asetilen PT Aneka Gas Industri SidoarjoDeskripsi Peralatan Utama

No.Nama AlatJumlahFungsi

1Carbide Hopper (Screw conveyor)1Difungsikan dalam pengumpanan bahan baku carbide

2Acetylene Generator1Reaktor tempat pembentukan asetilen, merupakan stationary medium pressure generator

3Condensor1Pengembunan gas asetilen menjadi fase cair dalam Mild Steel Vessel.

4Low Pressure Drier1Vessel untuk pengeringan gas dari H2O. Tangki berbentuk vertikal dengan konstruksi mild steel dengan plat plat. Bahan isiannya berupa hydrous calcium chloride.

5Purifier1Tangki besar dengan dua kompartemen. Masing masing seksinya diisi dengan purifying agent untuk menjerap gas tak diinginkan seperti fosgen dan H2S.

6Scrubber1Untuk menscrub gas terlarut seperti ammonia.

7Acetylene Compressor1Mengompresi gas asetilen agar berubah menjadi cair.

8High Pressure Drier1Vessel untuk pengeringan gas dari H2O. Gas yang dikeringkan bertekanan tinggi.

Deskripsi Peralatan dan Ruang TambahanNo.Nama AlatJumlahFungsi

1Hopper Motor1Motor penggerak screw conveyor pengumpan bahan baku

2Cylinder Filling Manifold1Peralatan untuk pengisian gas asetilen ke dalam silinder.

3Cylinder Storage Area1Penyimpanan silinder berisi gas asetilen.

4Carbide Storage1Penyimpanan carbide padat

Tata Letak Pabrik Aneka Gas Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur

2013

[Type the company name]

1/1/2013

W

K1

Z1

I

H

G

Y

X

Y

T

U

D

K

A

o

L

Q

P

M1

M2

N2

N1

o

o

R

S

J

F

E

C

A

B

U

V

K2

1

4

1

12

2

3

5

6

7

8

9

11

10

U