Makalah Sifat Tercela Takabur kelas IX

  • View
    1.078

  • Download
    16

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Makalah Pendidikan Agama Islam mengenai SIFAT TERCELA TAKABUR (kelas 9)

Text of Makalah Sifat Tercela Takabur kelas IX

BAB 11PERILAKU TERCELA TAKABUR

Disusun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Disusun Oleh : Aisyah Alya M. Ferdian R. R. Krisamanda Maya Ramadhani

Guru Pembimbing : Drs. Masrur K.HSMP NEGERI 255 JAKARTATAHUN AJARAN 2013/2014

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kita panjatkan pada Allah SWT, Tuhan semesta Alam, yang karena karunia-Nya lah kelompok kami dapat diberi kesempatan untuk memberikan presentasi tentang Perilaku Tercela Takabur. Meskipun banyak hambatan yang dialami kami dalam menyusun tugas kali ini, tapi kami berhasil menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.Tidak lupa kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada guru pembimbing kami, Drs. Masrur KH, yang telah berjasa besar membimbing kami baik dalam pengerjaan tugas ini maupun dalam proses belajar mengajar kelas 9-3 selama tahun ajaran 2013/2014. Juga kepada teman-teman yang berkontribusi membantu baik secara langsung maupun tidak langsung.Tentu saja banyak hal yang ingin kami sampaikan tentang Perilaku Tercela Takabur dari dalam tugas kali ini. Karena itu kami berharap tugas kali ini memberikan manfaat dan kesadaran akan tercelanya perilaku takabur kepada kita bersama.Kami menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang ada baiknya bisa saling membangun satu sama lain dan dapat menyempurnakan makalah ini.

Jakarta, 5 Februari 2014

DAFTAR ISI

Kata Pengantar Pendahuluan Pengertian Takabur Dampak Sifat Takabur Tafsir Ayat Daftar Pustaka

PENDAHULUAN

Manusia diciptakan Allah S.W.T dalam bentuk yang sebaik-baiknya (QS At-Tiin : 4), jika dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang diciptakan Allah S.W.T di dunia ini, manusia adalah makhluk yang paling baik bentuknya dan sempurna karena memiliki akal.Sedangkan bila dibandingkan dengan sesama manusia, maka masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna dibandingkan manusia yang lain, oleh karenanya Allah SWT telah melarang manusia berlaku sombong, karena diantara sekian kelebihan yang ia miliki, ia juga memiliki kekurangan.Maka dari itu, teman-teman dan pembaca yang dikaruniai Allah SWT, hendaklah kita menghindari sifat yang jelas-jelas dilarang oleh Sang Pemilik Semesta Alam, agar kita terhindar dari sifat tercela Takabur, ada baiknya kita mempelajari dan menyimak tentang pembahasan takabur berikut ini.

PENGERTIAN TAKABUR

ARTI Takabur dalam Bahasa adalah merasa diri besar. Pengertian besar disini ialah merasa memiliki harta, Ilmu, Jabatan, Kecantikan, Ketampanan, dan sebagainya yang lebih daripada oranglain. Jadi, sifat Takabur adalah sifat merasa lebih hebat dibanding oranglain. Orang yang Takabur disebut juga MutakabirTakabur adalah sifat Madzmunah (Tercela), yang dalam perwujudan sifat ini adalah bersikap : Mengingkari kebenaran Menganggap dirinya hebat Merendahkan Oranglain

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita melihat perwujudan sifat Takabur, bahkan terkadang, secara tanpa sadar kita telah melakukan sikap-sikap yang bersifat takabur. Berikut beberapa contoh dari perwujudan sifat takabur dalam kehidupan sehari-hari : Bersikap AngkuhMutakabir akan menunjukkan keangkuhannya. Misalnya, berjalan membusungkan dada, mendongakkan kepala, berwajah tidak ramah seakan-akan melihat rendah yang lain, memalingkan muka saat bertemu orang yang ia anggap rendah, dll.

Ingkar kebenaran Allah SWTPerintah maupun larangan Allah SWT diingkarinya, tidak mau menjalankan perintah Allah SWT atau seringkali menunda perintahnya dengan banyak Alasan

UjubUjub adalah kagum dengan diri sendiri, membangga-banggakan apa yang ia memiliki dan merasa dirinya hebat. Misalnya membanggakan jabatan, gelar, kekayaan, dsb. Karena merasa unggul, ia berani menentang walaupun tidak memiliki alasan yang memadai.

Suka mencela dan mendramatisir persoalanMutakabir akan selalu berprasangka buruk kepada oranglain yang menurutnya lebih rendah daripada dirinya. Ia sering mempermasalahkan masalah sekecil apapun kesalahan yang dibuat oranglain, lalu dilanjutkan dengan membandingkan orang tersebut dengan dirinya sendiri yang memiliki jabatan, gelar, atau kekayaan yang lebih.

Menginginkan Orang membutuhkannya sementara ia merasa tak membutuhkan oranglainKarena merasa lebih unggul, Mutakabir ingin oranglain membutuhkannya, ia ingin semua perhatian dalam bentuk apapun dari oranglain tertuju padanya. Misalnya, Jika ia merasa memiliki kepandaian yang lebih, ia ingin semua orang bertanya padanya.

PENYEBAB SIFAT TAKABUR

Sifat Takabur muncul karena seseorang merasa dirinya lebih dari oranglain, sifat Takabur terbagi menjadi tiga. Takabur kepada Allah SWTSeperti halnya Firaun, ia angkuh dan ingkar kepada Allah SWT. Manusia sepertinya bahkan tidak akan mencium bau surga. Takabur kepada Rasullullah sawSeperti halnya Kaum Quraisy, Orang yang takabur kepada Rasul akan mendapat murka dan azab dari Allah SWT baik di dunia ataupun di akhirat Takabur kepada sesamanyaManusia yang merendahkan manusia lain baik secara lisan ataupun dalam hati.

Ada beberapa penyebab perasaan bangga yang memicu takabur ini muncul, yaitu :

Tidak dekat dengan Allah SWTTentu saja orang yang tidak dekat dengan Allah tidak akan memiliki akhlak yang kuat, sehingga ia akan mudah menjadi Mutakabir.

Sering MenerimaEntah itu menerima pujian dan harta. Biasanya, setelah seseorang menerima sesuatu yang besar, ia akan merasa bangga. Misalnya, si A telah lulus dengan nilai terbaik di universitas terbaik, ia akan banyak menuai pujian, jika akhlaknya tidak kuat, ia akan terbuai dengan pujian itu dan merasa bangga dan menjadi mutakabir. Contoh lain, si B adalah anak orang kaya yang selama hidupnya tidak pernah merasakan kesusahan, sehingga ketika ia melihat orang yang lebih susah darinya, tanpa ia sadari ia mencela orang tersebut secara terang-terangan atau di dalam hati.Orang yang sering menerima Ilmu tidak termasuk di sini. Karena orang yang berilmu tidak mungkin Takabur. Ia tahu bahwa masih ada langit diatas langit dan sadar ia memiliki kekurangan dan orang lain memiliki kelebihan yang tidak ia miliki.

DAMPAK SIFAT TAKABUR

Sifat takabur adalah sifat tercela yang sering disabdakan oleh Rasulullah SAW melalui hadits-haditsnya. Beirkut ini adalah Hadits-hadits Rasulullah tentang dampak sifat Takabur sekaligus hukuman yang telah menanti para Mutakabir :

Hadits 1

Sahabat Abdillah Masud ra berkata, bahwa Nabi SAW telah bersabda: Pada Hari kiamat, orang-orang yang sombong akan digiring dan dikumpulkan seperti semut kecil, di dalam bentuk manusia, kehinaan akan meliputi mereka dari berbagai sisi. Mereka akan digiring menuju sebuah penjara di dalam Jahannam yang namanya Bulas. Api neraka yang sangat panas akan membakar mereka. Mereka akan diberi minum nanah penduduk neraka, yaitu Thinatul Khabal (Lumpur Kebinasaan) [HR. Bukhari di dalam al-Adabul Mufrad no. 557; Tirmidzi, no 2492; Ahmad, 2/179; dan Nuaim bin Hammad di dalam Zawaid Az-Zuhd, no 151]

Hadits 2

Dari Abdullah Ibnu Masud Radhiyallahu Taala anhu berkata; Bersabda Rasulullah SAW : Tidak akan masuk surga orang-orang yang di dalam hatinya ada kesombongan, walaupun sekecil biji dzarah,Kemudian berkata seorang lelaki : Sesungguhnya ada seseorang yang menyukai supaya bajunya bagus dan sandalnya bagus. (Maksud laki-laki ini mempertanyakan apakah demikian termasuk sombong)Maka bersabdalah Rasulullah SAW: Sesungguhnya Allah Taala Maha Indah dan mencintai keindahan. Yang sombong itu adalah menentang kebenaran serta merendahkan manusia. [Dikeluarkan oleh Al-Imam Muslim Rahimahullahu Taala]

Hadits 3

Sahabat Ibnu Umar ra pernah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda; Pada zaman dahulu ada seorang lelaki yang memakai pakaian hingga menyentuh tanah dan berjalan sambil menarik-narik pakaiannya dengan penuh rasa bangga. Lalu orang tersebut di tenggelamkan ke bumi hingga hari kiamat nanti. [HR. Bukhari dan Nasai]

Sifat Takabur adalah sifat yang amat berbahaya karena juga akan berdampak dengan kehidupan sehari-hari. Berikut contoh dampak sifat Takabur:

Dijauhi teman atau rekan sekitarTidak ada orang yang ingin berteman dengan Mutakabir, karena selain akan selalu merasa kesal karena orang itu sering membanggakan dirinya, mereka takut akan terjerumus dan ikut menjadi Mutakabir karena merasa ditantang oleh orang tersebut. Susah diingatkanKarena merasa lebih, seringkali ia tidak memikirkan pendapat oranglain. Disinilah bahayanya, karena jika ia terus menolak pendapat orang selain pendapatnya, akan berlanjut dengan mengingkari kebenaran Allah SWT sehingga dosa si mutakabir akan berkali lipat ganda. Akan mendapat hinaan di duniaIni adalah contoh Mutakabir yang akhirnya mendapat hukumannya sendiri di dunia :

Diberitakan The Guardian, Kamis 23 Januari 2014, seorang bankir asal Inggris, Anton Casey, sedang bersama anaknya dan terpaksa naik kereta komuter karena mobil Porsche mereka tengah di servis.Dia lantas mengunggah foto putranya ke akun Facebooknya di dalam kereta salah satu transortasi publik terbaik di dunia. Dalam keterangan fotonya, Casey menulis, Ayah, dimana mobilmu dan siapa orang-orang miskin ini?Komentar pria yang bekerja sebagai manajer di perusahaan penggalangan dana di perusahaan investasi Crossinvent itu dianggap telah memberikan citra buruk terhadap perusahaannya, sehingga pada tanggal 24 Januari 2014, Casey dipecat dari kantornya.Akibat dari perbuatannya, ia harus bersembunyi dan pindah ke Perth, Australia, karena ia dan keluarganya mendapatkan ancaman pembunuhan. Dia bahkan harus meminta polisi untuk melindunginya.

(http://m.rimanews.com/read/20140127/139080/ayah-dimana-mobilmu-dan-siapa-orang-orang-miskin-ini-ujar-bankir-arogan-di)

ARTI DAN TAFSIR AYAT

Berikut ini adalah beberapa ayat-ayat