Manipulasi Foto

  • View
    17

  • Download
    0

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Inspirasi

Text of Manipulasi Foto

2010080114Fresh & Colorful Photo Manipulation dengan Photoshopinphotoshop

Selalu ada cara-cara baru yang menarik untuk menciptakanmanipulasi foto dengan photoshop. Seperti padatutorial photoshopkali ini, kita akan belajar memadukan cipratan cat ke dalam sebuah gambar untuk menciptakan efek fresh yang colorfull diPhotoshop. Beberapa resourceimagedan tekstur pada tutorial kali ini juga bisa jadi koleksi menarik bagi kamu yang memang gemar memanipulasi foto menggunakanphotoshop.Lets check it out..

STEP 1

Persiapkan dokumen dengan background berwarna hitam. Lalu masukkan gambar kephotoshoplalu cropping gambar tersebut. Gambar padatutorialini bisa ditemukandisini. Untuk cropping gambar diphotoshop, bisa lihat disini :menghapus background di photoshop

STEP 2

Buka layerpalettedan pilih layer gambar wanita tersebut (layer 1), lalutekan dan tahan tombol Altdi keyboard kemudian klik ikoncreate new fill or adjustment layerdi bagian bawah layer palette dan pilihBrightness/Contrastkemudian lepas kembali tombol Alt. Langkah ini untuk membuat adjustment layer diaplikasikan hanya kepada layer terpilih. Atur nilai brightness/contrast seperti pada gambar dibawah.

STEP 3

Selanjutnya, donwloadkumpulan gambar cipratan cat. Masukkan salah satu gambar cipratan cat tersebut ke dokumenphotoshop. Beri nama layer cipratan cat dengan nama 'splatter 1'.

STEP 4

Gunakanmagic wandtool (W)dan klik bagian putih dari gambar splatter 1 kemudian tekan tomboldeletedi keyboard untuk menghapusnya.

STEP 5

Gunakan teknik yang sama denganSTEP 2untuk memberikan adjustment layer pada layer splatter 1. Namun kali ini, pilih adjustment layer berupaHue/Saturation. Atur nilai dari Hue/saturation hingga warna cipratan cat mendekati warna baju seperti pada gambar dibawah ini.

STEP 6

Pilih layer splatter 1, kemudian klik ikonaddlayer maskdibagian bawah layer palette. klik pada thumbnail putih di layer splatter 1, lalu gunakanbrushestool(B)untuk menghilangkan sebagian dari gambar cipratan cat (lihat gambar dibawah).

STEP 7

Masukkan gambar cipratan cat yang lain dan beri nama layer dengan nama 'splatter 2', kemudian lakukan hal yang sama seperti padaSTEP 5untuk menyamakan warna cat dengan warna baju yaitu menggunakanHue/saturation.

STEP 8

Ulangi langkah padaSTEP 6yaitu memberikan layer mask pada layer splatter 2 dan hapus sebagian gambar cat di sebagian gambar.

STEP 9

Tambahkan juga beberapa cipratan cat lain ke dalam dokumen photoshop. Beri nama dengan splatter 3, splatter 4 dan seterusnya. Gunakan langkah yang sama untuk menyamai warna denganhue/saturationseperti padaSTEP 5dan juga menambahlayer maskuntuk menghilangkan sebagian gambar seperti padaSTEP 6. Setiap cipratan cat berbeda bentuk, dalam hal ini kita harus mampu menyesuaikan tata letak hingga tampak cocok ketika diaplikasikan pada gambar.

STEP 10

DownloadGrunge watercolor image. Kemudian masukkan ke dalam dokumenphotoshopdan posisikan di atas layer background (lihat gambar dibawah).

STEP 11

Selanjutnya, kita akan membuat bayangan dari objek gambar wanita dan cipratan cat disekelilingnya. Caranya :tekan dan tahan tombol Ctrldi keyboard laluklik pada thumbnaildi layer 1 (layer si wanita). Setelah itu, lanjut dengan menekan dan tahantombol ctrl + Shiftdi keyboard dan klik pada thumbnail pada layer splatter 1. Begitu seterusnya sampai layer 1 dan seluruh layer splatter terseleksi.

STEP 12

Setelah semua terseleksi, buat layer baru dengan klik ikonadd layer maskdi bagian bawah layer palette. Beri nama layer dengan nama 'shadow'. Pilih layer shadow dan pastikan warna foreground adalah hitam denganmenekan tombol Ddi keyboard. Kemudian tekan tombolAlt + Deletedi keyboard untuk mengisi layer dengan warna hitam (lihat gambar dibawah). Jika sudah, tekanCtrl + Duntuk menghilangkan seleksi.

STEP 13

Drag layer shadow pada layer palette ke atas layer grunge watercolor image dan perbesar ukuran shadow dengan menggunakantransform tool (Ctrl + T). Kemudian pada menu bar pilihFilter > Blur > Gaussian Blurdan atur nilai pada radius menjadi 8. Jika sudah, klik Ok.

STEP 14

Ganti blending mode pada layer shadow menjadimultiplydan opacity menjadi 40 %.

STEP 15

Buat layer baru, lalu fill dengan warna hitam. Kemudian pada Menu Bar pilihFilter > Render > Lens flare. Atur dan posisikan letak cahaya pada lens flare seperti pada gambar dibawah. Jika sudah, tekan tombol OK.

STEP 16

Pilih layer paling atas, kemudian klik ikonCreate new fill or adjustment layerlalu pilihBrightness/Contrast(kali ini tanpa tombol Alt karena adjustment akan kita aplikasikan pada semua layer). Atur nilai pada brightness/Contrast seperti pada gambar dibawah ini.

STEP 17

Dengan cara yang sama, tambahkan juga Adjustmentexposuredan atur nilainya seperti pada gambar dibawah ini.

STEP 18

Untuk finishing akhir, pilih layer splatter 2, lalu pilihDodge tool (O)dan sapukan dibagian cipratan cat untuk menerangkannya. Langkah ini untuk mengoreksi pencahayaan bagian ini yang terlihat agak gelap sedangkan terletak paling dekat dengan sumber cahaya.

Hasil akhir:

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terus berkarya! :)

Share On:

MANIPULASI RAMBUT DENGAN PHOTOSHOP

byJAKAon25/08/2011inBELAJAR PHOTOSHOP,MANIPULASI FOTOwith17 comments

Tutorial ini, kita akan mencoba bagaimana menganti background dengan photoshop secara detail pada bagian rambut dengansoftwaredesainAdobe Photoshop.

Menjawab pertanyaan pada postinganmemisahkan objek dari backgroundkali ini saya akan menjawab dengan postingan tersendiri sekaligus tutorial yang semoga bisa menambah wawasan anda dalam mendesain dengan photoshop.

PREVIEW DESAIN

Berikut desain yang akan kita hasilkan, klik padagambaruntuk memperbesar.

DETAIL TUTORIAL

Tingkat kesulitan : Pemula

Software yang digunakan : Adobe Photoshop

Materi yang dipelajari : Penggunaan filter extract pada photoshop

Lamapembuatan : 15 Menit

RESOURCE

Downloadresource dibawah ini untuk mengikuti persis sepertitutorial photoshopkali ini.

Azis gagapolehJaka Zulham WallpaperolehJaka Zulham Azis gagap dan Wallpaperoleh www.ziddu.com

TUTORIAL

Langkah 1 : Membuka foto yang akan dieditDengan software pengolah gambar Adobe photoshop, buka kedua gambar yaitu Azis dan wallpaper yang dapat anda download pada bagian Resource diatas.

Dengan move tool, klik dan dragfotoazis ke wallpaper sehingga gambar Azis akan berada di atas layer wallpaper tersebut.

Langkah 2 : Duplicate layerDuplicate layer Azis dengan menekan Ctrl+J pada keyboard, duplicate 2 kali sehingga akan menghasilkan 3 layer pada photoshop. Ubah nama sesuai atau seperti desain dibawah, seperti yang kita ketahui Azis si pelawak dari OVJ memiliki model 2 warna rambut sehingga kita harus membuat 2 layer untuk rambut secara terpisah.

Langkah 3 : Mengextract bagian rambutDalam keadaan aktif pada layer Rambut Hitam, pilih filter > Extract pada menu photoshop. Akan tampak hanya bagian layer Azis dengan kotak-kotak hitam putih di sekelilingnya. Selanjutnya beri centang pada Force Foreground dibagian kanan bawah, aktifkan Eyedropper tool dan klik pada bagian rambut hitam yang ditunjukkan bagian nomor 3, klik bagian hitam pada rambut karena warna hitam tersebut yang akan kita tinggalkan sehingga Color pada Force foreground akan memunculkan warna hitam seperti tampak pada bagian 4.

Selanjutnya, dengan Edge highlighter tool klik dan beriwarna bagian hitam pada rambut sehingga akan menampilkan warna hijau pada rambut tersebut.

Klik OK untuk mengakhiri.

Langkah 4 : Mengekstract rambut warna putihSembunyikan gambar dua layer lainnya (Badan dan Rambut Putih) dengan menekan icon mata dibagian kiri layer, tampak hanya tersisa rambut bagian hitamnya saja.

Tampakkan kembali layer Rambut putih dan extract seperti langkah sebelumnya sehingga menghasilkan gambar rambut hitam dan putih si Azis gagap.

Langkah 5 : memberi efek maskKembali tampakkan layer Badan dengan mengklik bagian mata pada layer, masih dengan layer badan tersebut tambahkan mask dengan mengklik icon Add vector mask dibawah layer sehingga akan menghasilkan mask berwarna putih di layer Badan.

Setting warna foreground berwarna hitam, selanjutnya denganbrush tool, brush bagian layer mask badan sehingga akan menghilangkan bagian yang tidak diperlukan pada gambar tersebut, Seperti latar pada si Azis. Untuk bagian rambut, anda tidak perlu khawatir. Karena kita telah mengextract terlebih dahulu di awal tutorial sehingga walaupun di brush bagian rambut tetap tidak akan hilang.

Berbeda dengan anggota tubuh bagian lain, anda harus berhati-hati dan penuh kesabaran dalam mendesainnya.

Sampai disini, hapus bagian yang tidak dibutuhkan secara mendetail dan dapatkan hasil terbaik.

HASIL DESAIN

Semoga bermanfaat dan berguna dengan tutorial kali ini, subscribe blog psdesain ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dan likePSD Desain facebook fan page.

Like artikel ini jika kamu rasa bermanfaat serta iklan dibawah, jika iklan resmi kami mencurigakan jangan diklik. Gabung juga digroup PSDesaindifacebook.

Membuat Preview Desain Kaos di Photoshopinphotoshop,tips

Desain kaos/t-shirtadalah salau satu bagian darisenivisual yang cukup menarik untuk digeluti, baik itu untuk keperluan bisnis, maupun hanya sekedar hobby untuk keperluan personal. Padatutorial Photoshopkali ini, kita akan mempelajari bagaimana caranya membuat preview tampilan desain pada template t-shirt agar terlihat realistis sehingga cukup mewakili kondisi hasil akhir kaos setelah diproduksi/sablon. Tutorial ini sangat sederhana dan (semoga)