of 24/24
PROROSAL SKRIPSI SISTEM PENGOLAHAN DATA ABSENSI SISWA PADA SMA NEGERI 3 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU Oleh : NAMA : SURIADI NPM :0910031802262 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIK (STMIK – AMIK ) RIAU JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA PEKANBARU

Web viewsistem informasi pengolahan data siswa. gambar. datainput datalaporan. seacrhhelpexit. perancangan . input data siswa. sistem pengolahan data absensi siswa sistem

  • View
    218

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of Web viewsistem informasi pengolahan data siswa. gambar. datainput datalaporan. seacrhhelpexit....

PROROSAL SKRIPSI

SISTEM PENGOLAHAN DATA ABSENSI SISWA

PADA SMA NEGERI 3 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR

RIAU

Oleh :

NAMA : SURIADI

NPM :0910031802262

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIK

(STMIK AMIK ) RIAU

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

PEKANBARU

TAHUN 2009

ABSTRAK

Proses pendidikan memiliki sejumlah tujuan yang ingin dicapai . berdasarkan tujuan tujuan inilah , semua kegiatan dirancang untuk memfasilitasi siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan . penulis mengusulkan Sistem pengolahan data absensi siswa berbasis komputerisasi . yang mana system ini beroperasi dilingkungan pengolahan data absensi siswa dengan adanya system ini maka kegiatan yang berhubungan dengan absensi siswa secara otmatis akan semakin ringan . Canggihnya dunia teknologi dewasa ini , mengharuskan kita utuk mengikuti perkembanganya . pada saat sekarang ini untuk menghadapi canggihnya tekhnologi , dunia pendidikan khususnya memerlukan peranan komputerisasi untuk membantu memaksimalkan pekerjaan manusia serta membantu dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah yang ada berdasarkan pada informasi yang akurat dan dapat di percaya. System pengolahan data absensi siswa ini meliputi pengolahan data absensi dan proses rekapitulasi data absensi siswa .yang paling berperan aktif dalam system ini antara lain guru , tata usaha , kedua entity inilah yang paling banyak melakukan kegiatan pada system ini . penggunaan database pada system pengolahan data absensi siswa sangat membantu karena selain aman , tingkat kehilangan data khususnya data absensi siswa dapat di minimalisir . dengan adanya system pengolahan data absensi siswa ini maka sekolah tersebut sudah maju satu langkah untuk mengejar ketertinggalan atau maju selangkah untuk mengimbangi perkembangan teknoloi saat sekarang ini.

Kata kunci : Sistem , data , siswa ,sekolah , pendidikan ,teknologi ,komputerisasi

PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah

Dunia pendidikan di Indonesia pada saat ini terutama sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama ,system absensi nya masih manual dan proses rekapitulasi data absensi siswa juga masih manual yakni menggunalan pencatatan buku besar , jadi apabila lembaga pendidikan khusus nya sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas masih menggunakan system yang manual maka resiko kehilangan data absensi siswa masih sangat besar .

Canggih nya dunia teknologi dewasa ini , mengharuskan kita untuk mengikuti perkembanganya . jika tidak maka kita akan semakin jauh tertinggal oleh Negara lain khususnya di bidang dunia pendidikan , untuk mengejar ketertinggalan tersebut khususnya dalam dunia pendidikan , peranan komputerisasi sangat diperlukan untuk mengoptimalisasi pekerjaan manusia serta membantu kita dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah yang ada berdasarkan pada informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

Dalam mengatasi hal tersebut sebagian besar lembaga lembaga pendidikan menerapkan teknologi informasi untuk mendukung sebahagian maupun seluruh kegiatan di dalam lembaga pendidikan tersebut . salah satu nya adalah SISTEM INFORMASI PENGOLAHAHAN DATA ABENSI SISWA PADA SMA NEGERI 3 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU. Di sekolah SMAN 3Bangko saat ini akan menerapkan teknologi informasi yang ruang lingkupnya adalah pengolahan data absensi siswa menggunakan system yang berbasis komputerisasi .

B. Identifikasi masalah

Dari latar belakang masalah sebelumnya maka dapat di identifikasi masalah sebagai berikut :

Proses pencatatan (Rekapitulasi ) data absensi siswa masih menggunakan proses manual sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Belum menggunakan data storage ( Database ) sebagai tempat penyimpanan data absensi siswa sehingga resiko untuk kehilangan data absensi siswa masih sangat tinggi

Penggunaan system yang masih manual menyebabkan pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan sekolah masih cukup berat sehingga melibatkan banyak karyawan untuk mengerjakan satu tugas.

C. Rumusan masalah

Dari identifikasi masalah diatas maka datap dirumuskan masalah sebagai berikut :

Bagaimana membangun system pengolahan data absensi siswa yang ada di SMA negeri 3 Baangk kabupaten Rokanhilir Riau ?

Bagaimana penerapan system informasi pengolahan data absensi siswa yang ada di SMA Negeri 3 Bangko kabupaten Rokanhilir Riau.?

Apakah system pengolahan data absensi siswa dapat membantu pekerjaan karyawan sekolah SMA Negeri 3 Bangko kabupaten Rokan hilir Riau?

D. Batasan masalah

System pengolahan data absensi siswa meliputi pengolahan data absensi siswa antara lain :

Input data absensi siswa

Rekapitulasi data absensi siswa

Laporan data absensi siswa

E. Tujuan dan manfaat penelitian

1. Tujuan penelitian

a. Tujuan penelitian umum

Penelitian ini bertujuan untuk mempelancar proses salah satu kegiatan yang ada didalam sekolah .

b. Tujuan penelitian khusus

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan system pengolahan data absensi siswa yang mampu mambatu pihak sekolah terutama tata usaha untuk mengolah data absensi siswa , dengan adanya system pengolahan data absensi siswa maka pekerjaan pihak sekolah akan semakin terbantu .disamping itu dengan dilakukan nya penelitian ini , diharapkan dapat :

Membantu pihak sekolah terutama tata usaha untuk mengolah data absensi siswa

Memberikan kontribusi yang positif kepada pihak sekolah terutama dalam proses kecepatan dan ketepatan dalam pengolahan data basensi siswa

Memberikan keamanan data absensi siswa dengan adanya penggunaan database .

Tersedianya menu print pada system pengolahan data absensi siswa yang berguna untuk membuat out put laporan sehingga tata usaha tidak perlu untuk mencatat manual dalam pembuatan laporan sebagai bahan pertanggung jawaban .

2. Manfaat penelitian

a. Bagi penulis

Dengan adanya penelitian yang dilakukan di SMAN 3 Bangko akbupaten Rokan hilir provinsi Riau , penulis mendapatkan sebuah pengalaman terutama di sektor perkembangan teknologi yang ada di sekolah yang berada di daerah daerah.

b. Bagi sekolah

Dengan adanya penelitian ini maka system pengolahan data absensi siswa yang dulunya masih manual dan memakan proses yang lama maka akan terbantu dengan diganti nya system pengolahan data absensi siswa yang berbasis komputerisasi .

F. Metode penelitian

Dalam melakukan penelitian ini penulis mempergunakan metode penelitian sebagai berikut :

1. Pengumpulan data

Jika dilihat dari jenis nya , maka penelitian ini termasuk kedalam penelitian yuridis Sosiologis , yaitu penelitian lapangan dengan cara survey langsug ke lokasi penelitian dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner untuk mengetahui perosen pengolahan data absensi siswa yang ada di SMA Negeri 3 Bangko kabupaten Rokan hilir Riau

2. Analisa system

Data mentah yang telah dikumpulkan tidak akan ada gunanya jika tidak di analisa. Analisa data merupakan bagian yang amat penting, karena dengan di analisalah data tersebut dapat diberi arti dan makna yang berguna dalam memecahkan masalah penelitian.Dari data mentah yang telah dikumpulkan di lakukan suatu tahap meng-analisa . disini pemnulis menganalisa bagaimana system pengolahan data absensi siswa dilakukan secara komputerisasi agar proses pengolahan data absensi siswa dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan pihak sekolah.

3. Perancangan system

Perancangan sistem berfungsi untuk menjawab pertanyaan Bagaimana permasalahan - permasalahan yang ada dapat dipecahkan dan dapatkah sistem diterapkan? dengan sasaran untuk menilai apakah sistem yang dirancang betul-betul akan dapat memecahkan permasalahan - permasalahan yang ada dan dapat memenuhi kebutuhan pemakai sistem.

4. Pebuatan program

Pembuatan Program merupakan kegiatan menulis kode program yang akan dieksekusi oleh komputer. Kode program yang ditulis harus berdasarkan dokumentasi yang disediakan desain sistem secara rinci. Hasil program yang sesuai dengan desainnya akan menghasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistem. Kegiatan penulisan kode pemograman merupakan kegiatan terbesar didalam tahap implementasi sistem. Karena usaha ini program harus ditulis dengan baik. Usaha lain yang juga sangat memakan waktu setelah program di tulis adalah memodifikasi program jika terdapat kesalahan-kesalahan didalam program atau karena perubahan sistem yang terpaksa merubah program.

Untuk membuat sebuah system pengolahan data absensi siswa penulis menggunakan beberapa tools antara lain :

a. Microsoft visual basic

Adalah sebuah aplikasi bahasa pemograman yang berbasis visual sehingga mudah dipergunakan .

b. Microsoft access

Adalah sebuah aplikasi dari micrososft office yang berguna untuk membuat database

G. Implementasi

Implementasi merupakan tahap dimana sistem siap dioperasikan pada keadaan yang sebenarnya, sehingga akan diketahui apakah sistem yang telah dibuat benar-benar dapat digunakan untuk mengolah data dan menghasilkan informasi yang sesuai dengan harapan penulis. Dalam tahap implementasi ini, penulis mempertimbangkan perangkat keras serta perangkat lunak apa saja yang tersedia atau yang akan digunakan untuk menjalankan sistem yang telah dikembangkan.

A. Hardware ( perangkat Lunak )

1. Processor Intel Dual Core

2. RAM 1.00 GB

3. Hardisk 160 GB

4. Monitor 14.1 WXGA BrightView TFT with 1280x800 Max Resolution

5. CD ROM

6. Keyboard dan Mouse

7. VGA card

8. LAN card

9. Printer

B. Software ( Perangkat Lunak )

1. Sistem Operasi: Window