MINT CHOCOLATE CHIPS - photo. Chocolate Chips MINT CHOCOLATE CHIPS Alanda Terrant Books 2005

  • View
    234

  • Download
    0

Embed Size (px)

Transcript

Mint Chocolate Chips

MINTCHOCOLATE

CHIPS

Alanda

Terrant Books2005

Mint Chocolate Chips

MINT CHOCOLATE CHIPSPenulis : Alanda

Desain sampul : Terrant Books Ilustrasi sampul : Terrant Books

Ilustrasi isi :Terrant Books Hak cipta : Alanda

Hak Penerbitan : Terrant Books

www.terrantbooks.com

ISBN 979-3750-10-3

Visit Terrant Books on World Wide Web atwww.terrantbooks.com

UU No. 19 Thn. 2002 Tentang Hak CiptaFungsi dan Sifat Hak Cipta Pasal 21. Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan

atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hak Terkait Pasal 491. Pelaku memiliki hak eksklusif untuk memberikan izin atau melarang pihak lain yang tanpa

persetujuannya membuat, memperbanyak, atau menyiarkan rekaman suara dan/atau gambar pertunjukannya.

Sanksi Pelanggaran Pasal 72:1. Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal

2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

2. Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)

Mint Chocolate Chips

GratitudeGratitude

Heyz,Ooh, finally, novel gue terbit juga! Huahhhh! Se-

naangg! (hysteria)(cooling down sebentar, kemudian mari kita mulai

menulis lagi)Sebelumnya gue ngga pernah ngebayangin novel

gue bakal diterbitin kayak gini. Malah ngga pernah kepikiran buat bikin novel! Awalnya gue menulis cuma buat iseng-iseng aja Maklum, lagi broken heart... (kidding) Tapi survey memang membuktikan bahwa: dalam keadaan patah hati, manusia selalu menjadi semakin kreatif dan produktif dalam berkarya. (cah-hhh) But still, semua ini bisa terjadi atas bantuan dan dukungan dari banyak orang. Gue ngga akan pernah bisa menjadi seperti sekarang ini, dan buku ini ngga akan terbit tanpa:

Mint Chocolate Chips

Allah SWT yg telah menciptakan Alanda, mem-beri keluarga yg bahagia, temen-temen yang me-nyenangkan, hectic but wonderful minutes, memberi kesempatan berharga ini, dan menciptakan suatu hal yg rumit tapi indah bernama cinta (begggh). Tanpa cinta itu, gue ngga akan pernah muncul di dunia, dan buku ini ngga akan pernah terpikirkan untuk ditulis.

My incredible parents (yeah, THE INCREDIBLES!) !! Yang udah memberi support secara langsung dan ngga langsung, moril dan materiil, and everything! (udah pasti kalo jasa beliau diketik di sini, bakalan jadi novel baru lagi, saking banyaknya jasa yang udah beliau perbuat)

Aisya Kanya dan Aqila Fara my lovely lil sisters yang membuat rumah gue jadi agak-agak mirip ta-man kanak-kanak (ngga deng)

Ayuna Nadira, for being such a very, very nice edi-tor. Tanpamu adegan prom bakal hilang! And for my whole big family, retrieve my whole big thank you!

Kresna (also known as Bolo!), an annoying but inspiring closefriend. Berikut obrolan-obrolan dengan-

Mint Chocolate Chips

nya, nasehat-nasehatnya, celaan-celaannya, SMS-SMS-nya (yang menyenangkan dan yang menye-balkan), dan permainan gitarnya yang memukau. (begh) Those things mean a lot to me, and so do you!

Ariestya dan Andini (also known as Andiez!), fan-tastic bestfriends I ever had. Dan semua member angkatan 8 SD Pembangunan Jaya yang ngga bisa disebutin satu-satu namanya - yang telah me-nemani 3.153.600 menit (diitung jo!) gue di PJ yang sibuk, bete tapi seru! Bahkan sampe sekarang. (ter-untuk guru-gurunya alanda dulu, makasih yah, Pak/Bu)

Danika (my dearest neighbor! :P) karna slalu ne-menin gue di saat gue butuh temen dan sering me-ngajak gue nonton (lho?). Pepatah baru: a neighbor in need, is a neighbor indeed!

Wulan yang selalu memberi gue support dan selalu jadi senior yg paling baik dan paling gue sayang Terimakasih karena udah ngenalin gue ke Larc-en-Ciel dan The Strokes! Juga buat Henny, Siska, Ulfa dan Vira atas supportnya. Miss yall!

Mint Chocolate Chips

The whole graffiti>12th generation of Albin family. Mohon maaf kalo pas di sekolah mungkin gue suka agak terlalu berisik, heboh, annoying dan terlalu menyebalkan. dan buat guru-gurunya, minta reward yah, Pak! (lah?)

Semua pembaca pertama novel gue: Hesty (yang memuji-muji novel gue melulu), Zaskia, Fitria, Jecca, Reno, Lalha (yang udah nulis kata KEREN BGT!!! sampe-sampe pas nulis komentar), Farah, Wiwid, Saphii (yang masih belom bisa percaya kalo gue yg nulis novel yang dia baca), Maya, Kennya (yang udah bilang puisi gue ngalahin Chairil Anwar. PS: gimana? Udah puas sama konfliknya yang seka-rang?) dan yang lainnya (maaf ngga bisa disebutin satu persatu). Thanks for the splendid comments, guys!

Mbak Via, Mbak Nita, Mas Azis dan semua kakak-kakak Terrant Books yang sabar, baik, and make me definitely believe that dreams do come true!

Mba Sitta Karina, who really inspires me to keep writing, on and on and on... dan terima kasih banyak karena udah nyempetin baca novel aku...

Mint Chocolate Chips

Semua pihak yang udah ngedukung Alanda, secara langsung maupun ngga langsung. Semua orang yang selalu menerima Alanda apa adanya. Dan semua orang yg mau kenal dan temenan sama Alanda tanpa syarat. Thats why this book is full of friendship!

Kakak Raditya Dika, thanks for your hilarious quote, dan telah mengibaratkan novel gue seperti kapas diberi cuka... Hahaha... Dan juga udah bagi-bagi pengalaman via MSN! Makasih, kakak!

Dan buat kamu/elo/Anda, karna udah menyentuh, mengintip, melihat, membuka, membaca, memin-jam, membeli, mengkritik, atau bahkan memuji buku ini. Thank you!

Mint Chocolate Chips

Mint Chocolate Chips

ConfessionsConfessions

Being an author is more than just a dream come true for me. Just to remind you, sekarang saya baru berusia 14 tahun, saya masih jauuuuuh sekali di bawah semua penulis lainnya, apalagi di tengah arus teenlit/chicklit yang tengah membludak. Belum lagi serbuan novel terjemahan... Kadang saat-saat ke toko buku menjadi sebuah hal yang sangat mem-bingungkan ketika saya melihat tumpukan buku ber-warna-warni dengan penulis yang masih SMA pula.

Ketika mulai menulis, novel-novel, film-film, dan sinetron-sinetron remaja belum sebanyak sekarang. Remaja-remaja Indonesia masih tenggelam dalam segala fantasi Harry Potter dan komik-komik Jepang di sudut-sudut toko buku. Dan setiap kali saya me-nyentuh, membaca novel remaja yang ada, saya ti-dak menemukan sedikitpun dunia saya di sana. No-vel-novel yang ada bercerita tentang si gila belanja,

Mint Chocolate Chips 0

atau si princess, atau si petualang... Dan saya bukan ketiganya.

Sampai kemudian saya mencoba mengetik be-berapa kalimat saja, yang kemudian berlanjut sampai empat puluh halaman HVS, dan berlanjut lagi menjadi seratus halaman HVS, bahkan sampai seratus lima puluh halaman. Dan masih tanpa judul yang tertera di sana. Di awal, saya memang sempat terbawa arus perfecto meets perfecto means happy ending. Di mana sang cowok sempurna, ceweknya juga, mereka jadian, dan hidup bahagia selama-lamanya.

Tapi kemudian, saya kembali menelaah kehidu-pan saya di hari-hari sebelumnya, yang tidak selalu bahagia, malahan jarang. Namun selalu ada kejutan muncul di detik-detik yang terlewati. Dan dibalik ke-sempurnaan yang kita lihat, pasti ada suatu kekura-ngan. Dan dibalik keceriaan yang kita lihat, pasti ada biarpun sedikit konflik dan masalah terkandung di dalamnya.

Dan biasanya penulis lain menempatkan dirinya sebagai sang heroine* tersebut, saya justru merasa Yoga-lah yang mencerminkan saya. Well, bukan berarti Yoga adalah saya versi cowok, tapi saya me-nemukan banyak karakteristik Yoga di dalam diri saya. Hmmm, mungkin saya akan mencoba menulis lagi tentang Yoga? Hmmm, who knows?

Mint Chocolate Chips

Harapan saya hanyalah semoga novel ini akan menjadi inspirasi bagi beberapa orang, bahkan ba-nyak orang, bahwa hidup memang menyebalkan dan seringkali tidak sesuai dengan yang kita harapkan, tapi bukan berarti hidup itu tidak indah. Dan semoga saya akan tetap bisa melahirkan karya-karya yang lebih baik dari buku ini. Serta kamu juga bisa menun-jukkan kelebihan kamu, meskipun dalam hal yang lain (believe me, nggak ada hal yang selalu bagus, seka-ligus nggak ada hal yang selalu jelek!). Semua orang berhak punya dan menunjukkan kelebihannya.

Kalo mau kirim kritik, pesan, saran, atau apapun, bisa ke alanda_rocks@gmail.com dan kunjungin www.alandarocks.tk yah! Thanks for everything!

Warm Regards,

Alanda

*) heroine = pahlawan wanita/tokoh utama wanita (bukan narko-

baa!!!)

Mint Chocolate Chips

Mint Chocolate Chips

ContentsContents

Gratitude 3

Confessions 9

Sebuah Lensa Cinta 15

Bab 1. Waktu Kelas Satu 19

Bab 2. Jomblobahagia 35

Bab 3. Dua Surat Dari Tito 51

Bab 4. Tahun Berikutnya 59

Bab 5. Suatu Sore di Citos 91

Bab 6. Bikin Sedih Aja! 101

Bab 7. Datangnya Cewek

Bernama Adhyana 111

Bab 8. Fakta Terbesar Abad Ini 127

Bab 9. Family Potrait 141

Bab 10. Sebuah Compact Disc 159

Bab 11. Ulang Tahun Yoga 167

Bab 12.

Recommended

View more >