Mos juli 2015 (1)

  • Published on
    26-Jul-2016

  • View
    288

  • Download
    6

Embed Size (px)

DESCRIPTION

coba ajaaa

Transcript

  • Editor-in-Chief: Riadi SoegionoEditor:Iskandar MudaEditorial Staff:Iqbal Reza, Nurul,Teguh AfriantoDesign & Layout:T. Klaresta & TungManaging Director:JhoniBusiness Director:FranandezAccount Director:Via WinataSocial Media Manager:Dennis Agustinus

    Advertising:marketing@majalahmos.com

    Inquiries:info@majalahmos.com

    Mobile Operating System | Applications | Games

    DisclaimerThe publisher cannot accept responsibility for any unsolicited material lost or dam-aged in the post or email. All text and layout is the copyright of MOS Magazine. Noth-ing in this magazine may be reproduced in whole or part without the written permis-sion of the publisher. All copyrights are recognised and used specifically for the purpose of criticism and review. Although the magazine has endeavoured to ensure all information is correct at time of published, prices and availability may change. This magazine is fully independent and not affiliated in any way with the companies mentioned herein.

    If you submit material to MOS Magazine via post, email, social network or any other means, you automatically grant MOS Mag-azine an irrevocable, perpetual, royalty-free license to use the images across its entire portfolio, in print, online and digital, and to deliver the images to existing and future clients, including but not limited to international licensees for reproduction in international, licensed editions of MOS Magazine products. Any material you sub-mit is sent at your own risk and, although every care is taken, neither MOS Magazine nor its employees shall be liable for the loss or damage

    3

    moswelcome toJULI 2015 | EDISI II

    Jl. K.H. Moh. Mansyur No.24Jakarta 10140 - IndonesiaTelephone: +6221 3222 3333Website: www.majalahmos.comWhatsapp: +62822 82222 333Line: majalahmosBBM: 57585829

    Mobile Operating System | Applications | Games

    mos

    STALK US @majalahMOS

    Available at following platforms

    Hey MOSer! Terima kasih ya sudah mengunduh majalah MOS. Bagi yang baru pertama kali membaca MOS dan ingin memberikan kritik serta saran, jangan sungkan untuk langsung kirim email ke mos@majalahmos.com dan tumpahin deh uneg-unegnya. Mau jadi kontributor? Boleh banget. Kirim contoh tulisan yang pernah dibuat dan apabila cocok dengan gaya penulisan di majalah MOS maka kami akan pertimbangkan untuk masuk pada edisi berikutnya.

    Edisi kedua ini, majalah MOS menampilkan artikel-artikel yang bertemakan Ramadan dan Lebaran. Dari pembahasan mengenai aplikasi yang mempermudah mencari makanan berbuka, aplikasi shalat yang keren, aplikasi penyerta untuk menjadikan mudik lebih asyik, aplikasi pemantau rumah yang ditinggal mudik, review headphone yang keren atau ikutin tutorial bikin wajah jadi lebih cantik di Hijab Make-up Salon. Buat penggila game, simak rubrik PlayTime yang akan kasih contekan buat pemula untuk memainkan Brave Frontier jadi lebih menarik.

    Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

    Riadi SoegionoEditor-in-Chief

    Available at the following platforms

  • 4CONTENTS JULI 2015 | EDISI IINEWCOMER

    ADVETORIAL

    FEATURE6

    38

    10

    168

    Glitchr

    Dagelan Rilis Mobile Game Perdana Bertajuk Dazzle

    Aplikasi Pemantau Rumah SaatDitinggal Mudik

    Kitchen Stories

    Moleskine Timepage

    Twicer

    Aplikasi Memasak All-in-one,Lebih Menggugah!

    Aplikasi Agenda Pintar Bukan Sekadar Beauty & Brains

    Aplikasi Video Recorder yang Simple & Smart

    Aplikasi Penunjang Bulan Ramadan

    28 Membedah Android M Lebih Dalam

    32 Aplikasi Penangkal Lapar

    Sulap Barang Bekas Jadi Uang Lewat Aplikasi Ini

    22 Aplikasi Pilihan Pendamping Ngabuburit

    36

  • 5TIPS&TRICK

    TUTORIAL

    PLAYTIME

    GADGET

    PROFILE

    NEWSVERSUS

    54

    64

    65

    66

    67

    68

    78

    82

    83

    62

    55

    56

    58

    59

    71 74

    72 7573

    76

    60

    Blokir Iklan Mengganggu Dengan Adblock Browser

    Sharp AquosCrystal SH825Wi

    Asus Zenfone Selfie ZD551KL

    Samsung Galaxy Tab E 9.6

    Lily Camera

    Indovidgram

    Sony Cybershot RX10 II

    Acer Revo One RL85

    DX0 One

    VIVO X5 Pro

    BraveFrontier

    Game Kerap Forced Closed?Pakai Clean Master (Boost & AppLock)

    Cara Mudah Percantik Wajah Dengan Perfect365

    Hijab Make Up Salon

    Sulap Foto Bidikan Smartphone Jadi Sekualitas DSLR

    Cara Cerdas Selamatkan iPhone yang Terendam Air

    Lebih Intim Dengan Windows Phone

    Tips Menghemat Baterai iPhone 6

    Mudik Pintar Pakai Smartphone

    Tips Melacak Android yang Hilang

    Maksimalkan Fitur Accesibility Pada Android

    Cara Instal Windows 10 Technical Preview - Gratis

  • Glitchr

    Efek Gameboy

    Untuk efek yang tersedia, Anda bisa memakai efek Original Gameboy, dimana foto Anda akan disulap menjadi ala tampilan retro Nintendo Gameboy. Lalu, Anda juga bisa mengoptimalkan foto Anda dengan efek Gameboy Camera. Hasilnya tidak terlalu jauh berbeda dengan efek Original Gameboy, namun yang pasti efek ini akan `menurunkan kualitas` gambar yang ada di foto Anda, mengingat Gameboy Camera menghasilkan foto beresolusi rendah.

    NEWCOMER

    Aplikasi ini cocok bagi yang gemar memberikan efek foto pada hasil jepretan sendiri. Glitchr memberikan efek yang tidak biasa dan berbeda dari aplikasi photo editing lainnya. Glitchr hadir secara ekslusif di Android dengan menghadirkan segudang filter dan tools yang dapat menyulap foto Anda menjadi unik, dengan sentuhan distorsi yang terkesan aneh namun menarik.

    Tampilan user interface pada aplikasi ini terlihat `sederhana` dan dikemas dengan balutan grafik dua dimensi (2D). Mungkin sang developer, Apporio, ingin menyuguhkan kesan retro pada penggunanya agar sesuai dengah tools efek yang diberikan.

    Anda bisa memberikan efek khusus pada foto yang telah dibidik lewat smartphone. Beberapa efek yang ditawarkan Glitvhr bervariasi dan menghadirkan keunikan tersendiri. Bahkan Anda bisa menggabungkan efek-efek yang tersedia di aplikasi ini untuk memberikan elemen unik pada foto Anda. (im)

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    6

  • 7Berikutnya, masih di cakupan filter Nintendo, efek yang bisa digunakan adalah NES Effect. Jika Anda pernah memainkan game Nintendo Entertainment System, pastinya Anda tahu gambar yang diperlihatkan seperti apa. Ya, foto Anda akan dibalut dalam tampilan bit retro yang begitu unik dan berkarakter. Selain NES Effect, Anda bisa memoles foto dengan memberikan efek ASCII Art, dimana foto Anda akan disulap menjadi gambar hitam putih dengan pikselasi yang rendah.

    Efek 3D dan VHS

    Berikutnya ada efek 3D Anaglyph, yang menghasilkan efek tampilan 3D seperti pada saat Anda menonton film 3D di bioskop tanpa menggunakan kacamata 3D. Jika belum puas dengan efek 3D Anaglyph tersebut, Anda masih bisa mengubahnya ke efek VHS, dimana foto Anda akan diubah menjadi tampilan video VHS zaman dulu lengkap dengan

    Efek ZX Spectrum

    Efek selanjutnya yang patut Anda coba adalah ZX Spectrum. Efek ini lebih bermain ke warna kontras, namun menurunkan pikselasi foto sehingga menghasilkan gambar resolusi rendah ala game retro. Mirip dengan NES, namun efek ini terlihat lebih berani dengan memainkan warna terang. Yup, aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengubah foto-foto menjadi lebih unik dan memiliki karakteristik art yang kuat. Secara keseluruhan, Glitchr sepertinya ingin menjadi salah satu aplikasi unik di ranah Android. Interface-nya bisa dibilang agak aneh, namun itulah yang ingin Glitchr tampilkan untuk menjadi aplikasi `berkarakter` yang bisa dipakai penggunanya yang segmented, yakni para pengguna yang mencintai dunia seni dan video game.

    NEWCOMER

    hiasan garis distorsi. Efek yang berikutnya adalah Glitch Art Effect, dimana akan memberikan sentuhan yang mirip dengan efek VHS, namun lebih `rusak` dan dapat memberikan karakter foto absurd yang begitu kuat di hasil foto bidikan Anda. Efek ini biasa digunakan di foto selfie agar memberikan citra art yang begitu kental. Cukup tematik dan menarik, bukan? (im)

    Aplikasi ini gratis dan tidak ada iklan ataupun konten In-App Purchases. Hasil foto yang dipoles pun sangat unik, sesuai dengan karakter dari masing-masing efek.

    Glitchr sepertinya harus menghadirkan update dengan memberikan lebih banyak efek yang unik dan menarik.

    -

    Kesimpulan

  • 8NEWCOMER

    Kitchen Stories

    Twicer

    Aplikasi Memasak All-in-one, Lebih Menggugah!

    Aplikasi Video Recorder Yang Simple & Smart

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: Kitchen Stories

    OS: Android. iOS

    Price: Free

    4.5 of 5

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: Kwarter Inc

    OS: iOS

    Price: Free

    4.4 of 5

    Bagi Anda penggila kuliner dan bingung ingin memasak apa untuk hidangan buka puasa ataupun santap sahur, aplikasi Kitchen Stories bisa menjadi alternatif jitu bagi Anda yang butuh panduan lengkap dari A-Z terkait resep makanan apa yang dibutuhkan.Aplikasi ini mengusung konsep All-in-one dimana Anda tak hanya duduk manis melihat video pembuatan resep makanan yang diinginkan. Di sini Anda bisa melihat video How-To yang mengajarkan Anda dasar-dasar memasak dan ilmu dapur, lalu Anda juga bisa membuat resep sendiri dan berbagi dengan teman Anda lewat aplikasi ini.

    Kitchen Stories merupakan aplikasi kuliner yang bisa dibilang berbeda dengan aplikasi lainnya. Tak hanya mendompleng desain antarmuka yang begitu interaktif dan menarik, daftar makanan yang disajikan pun bervariasi.

    Twicer merupakan aplikasi terbaru untuk perangkat iPhone dan iPod Touch, dimana pengguna dapat merekam

    Mulai dari baking food, makanan western, eastern, fusion, dessert, dan masih banyak lagi. Yummy!

    Yang menjadi keunikan aplikasi ini adalah jika Anda mengambil salah satu resep yang tersaji di aplikasi ini, maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan resep yang begitu unik dan tidak membosankan untuk dilihat. Anda tinggal scroll down ke bawah untuk terus melihat proses masak resep tersebut sampai selesai dan bahkan langsung bisa melihat video yang disisipkan secara bersamaan. (ir)

    video menggunakan kedua kamera depan dan belakang. Aplikasi ini bahkan menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna men-share video ke berbagai macam jejaring sosial dan bahkan ke channel yang dipilih.

    Selain itu, Editors Picks yang ada di aplikasi ini akan membuat para pengguna melihat deretan konten video unik yang tersedia, tentunya direkam lewat aplikasi Twicer. Mekanisme perekaman Twicer sangat sederhana, cukup merekam

    video, tambahkan komentar, dan jangan lupa aktifkan kamera depan Anda agar wajah Anda terekam di saat yang bersamaan Anda merekam video tersebut.

    Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik, diantaranya para pengguna dapat merekam video, meng-import video yang sudah direkam ke perangkat smartphone-nya, atau share video ke beberapa jejaring sosial yang tersedia. Bahkan bisa berkirim video privat lewat

  • 9Moleskine TimepageAplikasi Agenda Pintar Bukan Sekadar Beauty & Brains

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: Moleskine

    OS: iOS

    Price: +/- IDR 66.000

    4.4 of 5

    Bagi Anda yang sering menggunakan notebook Moleskine, pasti Anda akan familiar dengan tampilan aplikasi terbarunya yang dirilis untuk perangkat iOS ini. Ya, Moleskine Timepage memang merupakan aplikasi agenda, namun sebenarnya tidak sekadar berfungsi sebagai agenda saja. Aplikasi ini justru merupakan gabungan dari aplikasi weather, maps, kontak, dan bawaan aplikasi kalendar yang Anda miliki dan tersinkronisasi lewat Google, iCloud, dan Exchange.

    Hasilnya? Bisa dilihat sendiri, layaknya produk Moleskine, aplikasi ini hadir dengan tampilan desain yang minimalis, namun manis dan stylish. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mengkustomisasi tampilan hari, tanggal, dan bulan berdasarkan yang Anda inginkan. Selain kalendar, fitur weather di Moleskine Timepage ini juga

    terbilang cukup sempurna.Anda bahkan bisa mengecek kondisi cuaca dalam hitungan jam, hari atau beberapa minggu dengan visualisasi cuaca yang begitu adaptif dan menarik. Timepage bahkan bisa berperan menjadi mini assistant Anda dengan mengirimkan saran kontak iOS ketika Anda ingin membuat event, mengintegrasikan lokasi Anda ketika Anda sedang membuat even atau perjanjian, mengarahkan navigasi, bahkan menghadirkan pop-up aplikasi Uber jika Anda berada di tengah jalan dan membutuhkan kendaraan. (ir)

    NEWCOMER

    aplikasi ini ke sesama teman yang menggunakan Twicer. Konsep yang diusung Twicer bisa dibilang unik dan begitu jenius, sehingga mampu mengubah pandangan para pengguna untuk dapat membuat video cerdas yang menyampaikan pesan khusus bagi yang melihatnya. (ir)

  • FEATURE

    Aplikasi Pemantau Rumah Saat

    Ditinggal MudikBagi Anda yang setiap tahunnya melaksanakan `ritual mudik` untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman saat hari raya Lebaran, tentunya merasa was-was jika meninggalkan rumah

    dalam waktu lama. Yup, faktor keamanan terhadap

    kondisi rumah dan harta benda yang ditinggal pergi

    kerap menjadi momok yang mengkhawatirkan.

    Namun, Anda tak perlu cemas karena banyak aplikasi

    smartphone yang bisa dijadikan alat pemantau rumah

    yang praktis dan terjangkau. Dari beberapa aplikasi

    monitoring yang tersedia di pasaran, setidaknya ada

    lima yang kami nilai sangat baik dan mudah digunakan.

    Berikut ini adalah aplikasi monitoring rumah yang bisa

    Anda akses setiap saat dari perangkat mobile Anda. (im)

    10

  • FEATURE

    Presence

    Aplikasi yang hanya kompatibel dengan perangkat iOS ini dapat diakses melalui koneksi Wi-Fi atau jaringan seluler dengan format video live streaming. Presence bukan hanya sekadar aplikasi berkamera video, karena dilengkapi dengan fitur pengawasan, seperti peringatan deteksi gerakan, video dua arah, dan audio. Untuk menggunakan Presence, Anda membutuhkan dua perangkat iOS, minimal berbasis sistem operasi (OS) iOS 5.0. Satu perangkat menjadi kamera, dan satu perangkatnya lagi untuk dijadikan monitor. Meskipun Presence memiliki portal web, tetapi kemampuannya terbatas - tidak dapat melihat secara real-time - hanya bisa menyajikan rekaman video setelah aplikasi mendeteksi gerakan.

    Pertama-tama, download dan instal aplikasi pada kedua perangkat iOS, membuat akun, dan memberikan permission untuk mengakses kamera yang tertanam di perangkat Anda. Setiap perangkat dapat digunakan secara bergantian, baik sebagai kamera atau monitor, dan Anda bisa

    Developer: People

    OS: iOS

    Price: Free

    4 of 5

    menghubungkannya ke banyak perangkat untuk satu akun.Agar bisa melakukan streaming video, letakkan salah satu perangkat sebagai kamera di area yang ingin Anda pantau dan pilih `Use me as a video camera` pada menu utama. Dalam mode streaming, Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan, seperti mengubah nama perangkat, menyalakan deteksi gerakan, memilih fungsi remote control, dan lainnya. Anda juga dapat meredupkan layar untuk menghemat daya baterai. Untuk melihat live streaming pada perangkat yang dijadikan monitor, buka aplikasi dan tap `Camera Remote `. Proses ini tergantung dari koneksi internet yang Anda miliki. Semakin responsif koneksi internet, kian cepat pula proses monitoring tersebut. Dari perangkat monitor, Anda dapat menikmati video/audio dengan perangkat video. Fungsi ini bermanfaat bila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah.

    Presence bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi pemantau rumah gratis terbaik yang beredar...