MOU DOKTER

  • View
    409

  • Download
    42

Embed Size (px)

DESCRIPTION

MOU DOKTER

Text of MOU DOKTER

  • PER'ANJIAN KERJASAMAA NTARA

    RUMAII SAKIT TJMUM DOKTER SOEDONO MADIUNDENCAN

    FA KU L'TAS K E DO K'I'ERA N TJN I V ERS ITAS A I R LANGGADAN

    RUI\{AH SAKIT' U]\IUM DOKTER SOBTOMO SURABAYA

    Nomor : 420/9594/307 lZOOsNomor : 103 l/JO3.l. l 7/KS/2005Nomor : | | 5110372/304/2005

    Pada hari ini Selasa, tanggal delapan belas bulan Oktober tahun dua ribu l irna.bertenlpat di Fakultas Kedoktcran Unair Surabaya masing-masing yang bertandatangan dibawah ini :

    I . dr. Taufiuqurrochmaii, Sp.KK.,M.Kes.Dire!'tur P.ulnah Sakit l-Jnlurn Dr. Soedono r\'iadiun, bcrtindak uirtuk d::; atasnanta Rttmah Sakit Umt'm Dr. Socdono Madiun yang buKo,-l:rdukan 6i Madiun,selanjutnya disebut scbagai ptIIAK pEIl ' tAMA

    2. Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr.,Sp.THT (K)Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, yang dalam hal ini bertindakuntuk dan atas narna Fakultas Kedokteran Universitas Aiilangga

    dr. H. Slamet Riyadi yurvono, DTM&H.,MARSDirektur Rurnah Sakit Umtrm Dr. Soetorno, yang dalam hal ini bertindak uptukdan atas nama Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo SurabayaAntara keduanya disebut pIHAK KEDUA

    PIIIAK PERTAIIlA dan pilrAK IiEDUA sepakar mengadakan perjanjiankerjasama dalar,^ brdang Pendidikan/ Pclatihan, Penilitian dan FengaMian (epadaN4asyarakat/ Pelayanan Keschatan lr,fasyarakat dengan ketentuan sebagaimalta yangtercantun di dalarn BAB dan pasal berikut ini.

    BAB IKBTENTUAN UMUJ\{

    Pasal I

    Fakultas Kedokteran adalah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sebagaiFaku,tas di Perguruan Tinggr terkemuka di Indonesia wilayah TimurRumah Sakit Urnurn Dr. Soetomo Sural-,aya adalah Rumah Sakit Pendidikan KelasA yang dalam perjanjian ini menrpakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dariFakultas Kedokteran Universitas Air lanssaRumah Sakit Umum Dr. soedono vJJiun adalah Rumah Sakrt Kelas B NonPendidikan ttterttpakan satrr pi lrak dalarn perjanj ian kerjasama ini rnengadakan

    3

  • 4.

    5 .

    6.

    ke{asama dengan Fakultas Kedokteran Unair dan Rumah Sakit Uqum Dr.Soetouro SurabayaDekan adalah Pimpinan Fakultas Kedokteran Univenitas Airlangga yang dalamperjanjian kdasama ini bersama dengan Dreknr Rumah Sakit Umtmt llr.Soetomo Surabaya serta Drektur Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun yangbertanggung jawab langsung atas terslenggara dengan baik program kerjasamain i .Drektur Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun adalah Direknrr Rumah SakitUmum yang bertanggung jawab larp::ng atas segala akibat dari programperjanjian ke{asama ini dengan Fakultas Kedokter.:n Unair dan Direktur RSU Dr.Soetomo Surabaya.Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun dalam kerjasama ini selanjutnyadisebut sebagai PIIIAK PERTAMA, Fakultas Kedokteran Unair dan RSU Dr.Soetomo disebut sebasai PIHAK KEDUA.

    BAB IIMAKSUD DAN TUJUAN

    Pasal 2

    Maksud tian tujuan kerjasama antara PIIHK PERTAMA dan PIIIAK KEDUAadalah:l. Untuk meningkatkan hnlitas dan kuantitas SDM masing-masing pihak2. Kedua belah pihak berperan di dalam penyelenggaraan pendidikan/ pelatihan

    dan penelitian dalam pencapaian mutu pelayanan kesehatan yang baik denganlandasan pemuka dalam pendidikan dan pemuka dalam penelitian diIndonesia.

    BAB IIIRUANG LINGKTJP PELAI(SANAAN

    Pasal 3

    PIIIAK PERTAMA dan PTIIAK KEDUA mengadakan kerjasama yang salingmengiinfmgkan bagl kedua belah pihak baik dalam bidang pendidikan/pelatihan,penelidan, dan pelayanan kesehatan pada masyarakat serta mengembangkan danmengamalkan pengetahuan dan teknologi dr bidang kedokteran/ keperawatan.

    Pasal 4

    l) Pendidikar/ Pelatihan meliputi :r Program Strata 0 (Dploma)o hogram Srata I (Sl)o hogramn Spesialis (Sp)r Program Khusus Sub Spesialis (K). Pelatihan-pelatihan Medis/ Keperawatan

    2) Penelitian meliputi :o Penelitian dasar

  • ' Penelitian terapan. Penelitian komunitas

    3) Pelayanan kesehatan mehpr,ti :Pelayanan kesehatan unruk segala lapisan masyarakat yang berobat di RumahSakit Dr. Soedono Madiun dengan segala aspek yang terkait.

    BAB IVPEI.AICSANAAN

    Pasal5

    l. PIIIAK PERTAMA menyiapkan staf medis & keperawatan/ pembimbing, saranadan prasarana penunjang untuk kebuhrhan peningkatan pelayanan kesehatan,pendidikan/ pelatihan, dan penelitian di Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun

    . sebagaimana yang diinginkan oleh kedua belah pihak sesuai dengan kemampuan,kebutuhan, kewenanpan, dan ketentuan Fng berlaku.

    2. PtrIAK KEDUA menyediakan staf mediV keperawatan dan pernbimbing yangsekaiigus dapat

  • Di':l:tur Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya serta Direktur Rumah SakitUmum Dr. Soedono Madiun

    Pasal 9

    Penyelenggaraan pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun yangdilakukan oleh tenaga firngsional Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun dan-Drkultas Kedoheran IJnur/ Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya ditetapkanoleh Dircktur Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun.

    Pasal 10

    Berakhirnya penernpatan dan penugasan tenaga dari PIrIAK KEDUA diatur bersarnadengan memberikan Surat Keterangan telah melaksanakan tugas dari pIIIAKPERTAMA.

    PRoGRAM PENDIDIKA",.fiil;IHAN DAN PE;LI T lan,Pasal ll

    Kegiatan pordidikan/ pelatihan dan penelitian dalam per:anjian keg.asama inidiselaraskan dengan fungsi utama Rumah sakit umum p.. So"iono Midiun yaitupelayanan kesehaten dan pengaMian kepada masyarakat.P-enyelenggaraan program pendidikan/ pelatihan dan penelitian di Rumah Sakitumum Dr Soedono Maditm yang dimaksud dalam pasal 3 (tiga) pe{anjianke{asama ini dilaksanakan dengan persetujuan Drektur'Rumah Sakit Umurn Dr.Soedono Madim dan pengelolaannya dilakukan oleh Fakultas Kedokleran Unairdan Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya.Kc5^3tan penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madir-rndan menggunakan fasilitas Rumah Sakit umum Dr. soedono Madiun harusmemperoleh ijin dari Drektur Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun.

    BAB VIIADMIMSTRASI DAIY KE UANGAN

    Pasal 12

    s9s{a. kegiatan pelaksanaan frurgi Rumah Sakit yang menyangkut bidangldminlstrasi dan pengeloraan keuangan dilalaftan ,"dnuh"yu J"n p"tug*Rumah Sakit umum Dr. Soedono Madiun yang diberi wewenang oleh dan-bgn*gguog jawab langsung kepada Drektur numarr Sakit Umum dr. SoedonoMadiun.Faldtas Kelokteran unair dan Rumah sakit umum Dr. Soetomo Surabayamemberikan banhun guna keperruan dan pelaksanaan frrngsi pendidikan/pelatihan dan penelitian di Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun dalam batas-batas kernampuari.

    t .

    2.

    J .

    l .

    2.

  • 3. Semua kegiatan administrasi dan keuangan yang ada hubungannya dengarprogram pendidikan/ pelailran, pen:litiarl dan pengabdian kepada masyarakatdiatur bersama-sama antara PIIIAK PERTAMA dan PIIIAK KEDUA.

    BAB VIIIPELAYANAN KESETIATAN DI LUAR RUMAH SAKIT

    Pasal 13

    1. Penyelenggaraan kegiatan-kegatan pelayanan kesehatan, pengaMian kepadamasyarakat di luar Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun yang merupakanprograrn bannnn bersama Fakultas Kedokteran Unair dan Rumah Sakit UmumDr. Soetomo Surabay4 serta Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun kepadamasyarakat dan instansi lain diluar dan diawasi bersama srta dilaksanakan ataspersetujuan tertulis Dekan Fakultas Kedokreran Unair dan Drektur Rumah SakitUmum Dr. Soedono Madiun

    2. Bahwa unnrk program yang dimakzud dalam pasal 13 ayat I perjanjian kerjasarnaini mengenai macam program dan pembiayaannya dianrr bersama.

    BAB D(PEI-AICSANAAN PROGRAM KERJASA MA

    Pasal 14

    Bahwa di dalam perencan,un dan pelaksanaan kerjasama dengan pihak ketiga yangdilalarkan oleh PIIIAK PERTAMA dan PIIIAK KEDUA yang menyangkutkepentingan pihak lain yang dilaksanakan atas persetujuan tertulis dari DirekturRumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiur dengan Dekan Fakultas Kedokteran Unairdan Direktur Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabava.

    Pasal 15

    Untuk pelaksanaan kajasama ini diatur dalam petunjuk operasic;ral pelaksanaankerjasama yang akan disusun kemudian berdasarkan kesepakatan bersama antaraPII{AK PERTAMA dan PI}IAK KEDUA.

    BAB XPERUBAHAN DAN PENGAKHIRAN PROGRAM KERJASAMA

    Pasal 16

    Perjanjian kerjasama ini berlaku selama 5 (lima) tahun, terhitung sejak suratperjanjian kerjasama ini ditandatangani, dan apabila dalam jangka waktu tersebutterdapat perubahan dan/ atau hal lain diluar program kerjasama ini akan diaturkemudian sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.Peqaryian kerjasama ini dapat dihentikan dan/ atau diperpanjang atas persetujrxmkedua belah pihalq sedikitnya unn* masa I (satu) tahun.

  • 2.

    3. Sernua kegiatan administrasi dan keuangan yang ada hubungannya denga'program pendidikan/ pelailran, pen:litiarl dan pengabdian kepada masyarakatdiarur bersama-sama antara PIIIAK PERTAMA dan PIIIAK KEDUA.

    l .

    BAB VIIIPELAYANAN KESETIATAN DI LUAR RUMAH SAKIT

    Pasal 13

    Penyelenggaraan kegiatan-kegatan pelayanan kesehatan, pengaMian kepadamasyarakat di luar Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun yang merupakanprogram bantuan bersama Fakultas Kedokteran Unair dan Rumah Sakit UmumDr. Soetomo Surabay4 serta Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun kepadamasyarakat dan instansi lain diluar dan diawasi bersama srta dilaksanakan ataspersetujuan tertulis Dekan Fakultas Kedokteran Unair dan Drektur Rumah SakitUmum Dr. Soedono MadiunBahwa unnrk program yang dimaksud dalam pasal l3 ayat I pe{anjian kerjasarnaini mengenai macam progam dan pembiayaannya diatur bersama.

    BAB D(PEI.AKSANAAN PROGRAM KERJASAMA

    Pasal 14

    Bahwa di dalam perencana:n dan pelaksanaan kerjasama dengan pihak ketiga yangdilalcukan oleh PIIIAK PERTAMA dan PIIIAK KEDUA yang menyangkutkepentingan pihak lain yang dilaksanakan atas persetujuan tertulis dari DirekturRumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun dengan Dekan Fakultas Kedokteran Unairdan Direktur kumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya.

    Pasal 15

    Untuk pelaksanaan kojasama ini diatur dalam petunjuk operasic;ral pelaksanaankerjasama yang akan di