Pancake Bener

  • View
    98

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of Pancake Bener

KATA PENGANTARDengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayat-Nya tim penulis dapat menyelesaikan tugas business plan dengan usaha berbisnis makanan pencuci mulut atau dessert berupa Pancake Ice Cream. Tim penulis menyampaikan rasa terima kasih sebanyak-banyak kepada pihak-pihak yang membantu dalam pembuatan business plan ini. Baik bantuan dalam memberi ide, dorongan, inspirasi, dan semangat. Dan tim penulis menyampaikan mohon maaf sebesarbesarnya apabila dalam penyampaian makalah ini terdapat kesalahan penulisan atau pengetikan kata yang tidak sesuai atau menyinggung perasaan.

Bandung, November 2011

Tim Penulis

1. Ringkasan Eksekutif1.1 Konsep Bisnis MyPanCake memiliki konsep stand kecil dengan menawarkan produk berupa makanan pencuci mulut atau dessert yaitu Pancake Ice Cream. Dengan memanfaatkan momen expo yang akan dilaksanakan oleh Universitas Widyatama dalam rangka memperkenalkan civitas pada calon mahasiswa Universitas Widyatama dan sebagai momentum membangkitkan semangat wirausaha dalam jiwa mahasiswa Universitas Widyatama. 1.2 Produk / Jasa MyPanCake akan menawarkan produk berupa makanan pencuci mulut atau dessert yaitu Pancake Ice Cream. Dengan pancake yang disajikan selagi hangatfresh from the oven dengan diberi scoop es krim dan di atasnya diberikan toping sehigga terlihat lebih menarik. 1.3 Target dan Ukuran Pasar Pasar yang kami targetkan merupakan kawasan lingkungan civitas Universitas Widyatama. Dengan harapan mendapat konsumen para mahasiswa, para dosen, para pegawai civitas, dan para peserta expo. 1.4 Strategi Pemasaran MyPanCake akan menyebarkan brosur pada target calon pelanggan pada saat expo dengan harapan dapat menarik pelanggan. Adapun cara lainnya dengan door-to-door, atau mendatangi calon pelanggan dengan menawarkan produk tersebut. 1.5 Tim Manajemen Tim manajemen kami terdiri dari:

2

Ketua Tim Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan Manejemen Produksi

: Widya Astuti : Widya Astuti : Hoirina Rosindah S : wenti frisca septiani putri

2.Deskripsi Bisnis2.1 Identitas Perusahaan, Nama Lokasi dan Badan Hukum Dengan memanfaatkan momen expo yang akan dilaksanakan oleh Universitas Widyatama . kami membuat Business plan dengan menciptakan suatu produk yang semenarik mungkin berupa makanan pencuci mulut atau dessert yaitu Pancake Ice Cream dengan tujuan menarik minat pelanggan. Bisnis pancake ini diberi nama MY PANCAKE untuk memudahkan pelanggan mengingatnya. Busniness yang akan jalankan akan berlangsung di kegiatan expo yang terletak di di Universitas samping GSG (gedung Serba Guna) universitas Widyatama, jalan cikutra No.204 A Bandung, Indonesia 40125. Business pancake yang kami jalankan tidak berbadan hukum dikarnakan roti pancake dan ice cream yang digunakan merupan produk yang kami ciptakan sendiri tidak melalui pihak lain. 2.2 Visi dan Misi Perusahaan Visi Perusahaan : Menjadi perusahaan yang terbaik di Expo dengan menghasilkan produk pencuci mulut yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi Mahasiswa. Misi Perusahaan : Memberikan kesan yang berbeda terhadap produk yang kami ciptakan. Dengan menciptakan produk makanan pencuci mulut yang bermutu, sehat, halal dan aman. 2.3 Gambaran Sekilas Tentang Produk atau Jasa Pancake itu sendiri adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, susu/air, mentega, dan telur. Yang dimasak dengan frying pan, dan menghasilkan semacam kue dadar seperti martabak manis. MyPanCake menawarkan produk yang berbeda berupa makanan pencuci mulut atau dessert yaitu Pancake Ice Cream. Dengan pancake yang disajikan selagi 3

hangatfresh from the ovendengan diberi scoop es krim dan di atasnya diberikan toping sehigga terlihat lebih menarik. gambar pancake :

2.4 Perkembangan sampai saat ini Perkembangan business kami saat ini masih sebatas business plan, karana business plan ini baru akan berlangsung di acara Expo pada Januari 2011. Akan tetapi business plan yang telah kami buat 90% selesai tinggal di realisasikan ke dalam expo.sehingga membuat kami yakin business plan yang kami buat akan berjalan dengan baik di saat expo nanti. Kami juga melihat bahwasannya usaha kuliner pancake tersebut termasuk ke dalam salah satu usaha yang menjanjikan. kami telah melihat dari berbagai contoh usaha pancake yang ada di daerah Bandung usaha yang mereka jalankan dapat berjalan degan baik. 2.5 Kepemilikan Usaha yang kami jalankan adalah usaha bersama, maksudnya adalah usaha ini dijalankan oleh 3 (tiga) orang : Widia Astuti Hoirina Rosindah S Wenti (Ketua Tim dan Manajemen Pemasaran) (Manajemen Keuangan) (Manajemen Produksi)

Dengan usaha kerja sama ini menjadikan kepemilikan perusahaan tidak hanya dimiliki oleh satu orang saja tapi dimiliki secara bersama-sama.

4

3. Strategi PemasaranDalam menjalankan suatu usaha dibututuhkan suatu strategi yang dijalankan agar usaha dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menghasilkan laba yang maksimal. MyPanCake akan menyebarkan brosur pada target calon pelanggan pada saat expo dengan harapan dapat menarik pelanggan. Adapun cara lainnya dengan door-to-door, atau mendatangi calon pelanggan dengan menawarkan produk tersebut.Dalam strategi pemasaran kami juga melihat dari 6 aspek yaitu : 3.1 Trend dan Pertumbuhan Industri Melihat trend dan pertumbuhan industri kuliner yang semakin berkembang, kami melihat adanya peluang pasar yang besar. Saat ini di kota Bandung sedang marak-marak nya tren keripik yang sangat beraneka ragam mulai dari keripik singkong, basreng, kentang, seblak dll. Melihat sudah banyaknya penjual kripik kami berfikir peluang makanan apa yang akan kami jalankan agar berbeda dengan yang lainnya sehingga pelanggan akan lebih tertarik. Sehingga terfikir ide untuk menjalankan usaha PanCake Ice Cream yang kami rasa masih jarang.Selain masih jarangnya usaha pancake, kami juga melihat contoh pertumbuhan industry pancake yang telah ada, industry tersebut berkembang dengan baik dan memiliki banyak pelanggan. Sehingga membuat kami yakin untuk menjalankan usaha pancake ini.

3.2 Gambaran pasar Harus melihat gambaran pasar, apakah pelanggan konsumtif atau tidak. Jika pasarmemiliki pelanggan konsumtif akan lebih mudah karna pelanggan tidak memikirkan

masalah harga.

5

3.3 Ukuran dan Tren Pasar

Ukuran pasar terbilang kecil karena pasar yang kami targetkan merupakan kawasan lingkungan civitas Universitas Widyatama. Dengan harapan mendapat konsumen para mahasiswa, para dosen, para pegawai civitas, dan para peserta expo. untuk tren pasar di universitas widyatama adalah kuliner hal ini dapat dilihat dari banyak nya penjual kuliner dengan berbagai jenis dan variasi.3.4 Peluang Strategis

Dalam menjalankan usaha kami harus melihat peluang yang besar untuk produk yang kita ciptakan, jangan sampai produk yang kami buat banyak dipasaran sehingga kami harus memiliki sesuatu yang berbeda dengan usaha yang lainnya agar meluang pasar yang akan kami dapatkan besar peluangnya.

3.5 Target Pasar

kami harus melihat target pasar, siapa yang akan kita jadikan target pemasaran. Untuk saat ini yang menjadi target pemasaran kami adalah para mahasiswa, para dosen, para pegawai civitas, dan para peserta expo. 3.6 Karakteristik Pasar Melihat ciri-ciri pembeli di pasar apakah konsumtif atau tidak, semua yang ada dilingkungan pasar harus dikenali agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.

4. Analisis Persaingan 4.1 PesaingPesaing utama yang memiliki karakteristik khusus yang sama dengan MyPanCake belum ada karena MyPanCake melakukan diferensiasi produk dengan tim-tim peserta expo lainnya. Namun jelas masih ada kemungkinan munculnya pesaing dengan karakteristik

6

produk yang sama. Diharapkan dengan perputaran modal yang cepat dan strategi pemasaran yang tepat dapat lebih menarik minat para calon pelanggan.

4.2 Posisi Dalam Persaingan Dikarenakan belum diketahui ada atau tidaknya pesaing dengan karakteristik produk yang sama, maka posisi kami dalam persaingan lebih di depan dan cenderung aman. 4.3 Distribusi Pangsa Pasar Dengan target calon pelanggan yang telah ditetapkan dan tempat penjualan produk pada saat expo, tentu distribusi yang dilakukan akan lebih dekat dengan pelanggan sehingga dapat mengurangi terjadinya miss atau kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi pada saat distribusi produk dilakukan. Dan keadaan produk lebih terjamin karena langsung diterima oleh para calon pelanggan. 4.4 Kelebihan Dibanding Pesaing Dengan melakukan diferensiasi produk dan strategi pemasaran yang tepat diharapkan menjadi kelebihan kami dibandingkan dengan pesaing lainnya.

5 Rencana Desain dan Pengembangan5.1 Strategi Kami memiliki strategi agar Pancake kita terlihat lebih cantik dan segar. Kami akan menambahkan ice cream diatas agar terlihat lebih segar dan ditambahkan hiasan strawberry agar terlihat lebih cantik. Pancake kami memasang harga yang standar, berkisar Rp. 5.000,karena disesuaikan dengan kantong mahasiswa. 5.2 Sasaran-sasaran dan Jadwal Pencapaian Produk Pancake ini memiliki sasaran kepada konsumen yang berada dilingkungan Universitas Widyatama karena kita akan berjualan disana. Makanan Pancake ini bisa dikonsumsi oleh mahasiswa Universitas Widyatama. Disini kita akan membuat sebuah jadwal agar sasaran tersebut dapat tercapai yaitu dengan cara memberitahukan orang-orang 7

tentang produk Pancake kita ini. Kita bisa melakukannya dengan menyebarkan brosur, lisan ataupun internet. Sehingga mahasiswa bisa mengetahui produk kita dan membelinya ketika expo. 5.3 Evaluasi Risiko Dalam setiap memulai suatu usaha tentunya tidak luput dari resiko yang mungkin timbul, namun hal ini tentunya telah diperhitungkan dengan secara matang sebelum memulainya. Resiko yang dihadapi sebenarnya tidak ada karena jarang sekali orang yang menjual Pancake namun kita memiliki pesaing yang menjual produk yang hampir mirip dengan produk