panduan belajar autocad pemula

  • View
    65

  • Download
    8

Embed Size (px)

DESCRIPTION

d

Text of panduan belajar autocad pemula

Page | 72

KATA PENGANTARDahulu manusia hidup sangat sederhana bahkan mungkin kita tidak bisa membayangkannya, mulai dari cara mereka bersosialisasi, mencari makan, cara berpakaian, cara membuat rumah sebagai tempat tinggal tanpa terlalu mengutamakan design struktur bangunan yang awet dan nyaman, dan masih banyak lagi. namun dengan seiring berjalannya waktu, otak manusia semakin berkembang dan berkembang, mulai mengenal sopan santun, dapat membuat kendaraan yang lebiih modern, bisa membuat pondasi rumah walaupun sederhana.Tahun berlalu begitu cepat dan manusia telah memasuki era modernisasi yang penuh dengan tehnologi-tehnologi tinggi yang diciptakan oleh manusia itu sendiri, yang mampu membantu kehidupan manusia. Itulah era dimana manusia tidak perlu lagi mencari ikan menggunakan tombak, dll. Semuanya tehnologi, mulai dari kota hingga pelosok desa yang terpencilpun mereka menggunakan tehnologi untuk membantu segala aspek didalam kehidupannya.

Dalam masa sekarang ini, kita ambil satu aspek yaitu rumah. rumah merupakan surga keluarga dimana ketenangan menjadi point utama, dan untuk memunculkan aura ketenangan di dalam istana kecil memerlukan setting arsitektur dan design yang mendukung, itu semua tak lepas dari kata tehnologi dan Architecture.

Sekarang ini ada sebuah software yang salah satunya berfungsi untuk mendesign suatu rumah, hotel, apartement, mall, semua hal yang berhubungan dengan gambar konstruksi. Ialah AUTOCAD, Namun tak banyak orang yang tahu bahwa belajar autocad ( salah satu software design grafis) itu mudah, Hingga Saya berfikir bagaimana membuat semua orang tertarik dalam dunia design grafis seperti AUTOCAD yang pada dasarnya tidak sulit untuk pelajari, namun kebanyakan orang mengira bahwa AUTOCAD merupakan software yang rumit dan hanya untuk para arsitek, Drafter dengan gelar Diploma atau Sarjana sajalah yang dapat mengoperasikannya. dugaan itu salah, jadi semua kalangan mulai dari remaja SMP, SMA/SMK, mahasiswa, dewasa, dan umum bisa dengan mudah mempelajari dan menguasainya namun dengan tuntunan dan materi yang mudah untuk dimengerti.Buku pengetahuan yang bagus ialah buku yang mudah untuk dimengerti oleh orang lain, yang mudah untuk dipraktekkan, menggunakan bahasa sehari-hari, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan buku yang Simple dan juga bermutu, maka terciptalah buku BELAJAR AUTOCAD ITU MUDAH SEMUDAH MENGEDIPKAN MATA , buku yang hangat yang mudah untuk dipahami bagi semua kalangan bahkan pemula. Di dalam buku ini menjelaskan secara rinci langkah-langkah dan tehnik-tehnik di dalam Autocad, jadi walau seorang pemulapun bisa dengan mudah menguasainya.

Harapan yang besar terkandung dalam buku ini, semoga bisa bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan buku pengetahuan yang mudah dicerna dan dipahami. Dan terimakasih banyak kepada Tuhan Yang Maha Esa, Penerbit, rekan-rekan, semua pihak yang telah membantu hingga terbitnya buku ini. Tak lupa sebagai seorang manusia biasa pasti tidak luput dari segala salah dan khilaf, maka dari itu kritik dan saran yang membangun dari kalian semua diperlukan demi terciptanya buku yang lebih baik lagi dikemudian hari, yang bisa dikirim ke E-Mail Saya :

Akhir kata dari saya, Rio De Cuya, kita ubah pepatah tuntutlah ilmu hingga ke negeri cina, menjadi Tuntutlah ilmu selama bumi ini masih berputar

(

Writer

Rio De Cuya

B. DAFTAR ISI

A. Kata Pengantar B. Daftar isi

C. Bibliografi

D. Mengenal Autocad

E. Membuka program Autocad 2008

F. DRAW

1. Line / Garis2. Rectangular snap3. Isometric snap

4. Circle / Lingkaran

5. Polygon / Segi

6. Rectangle / Persegi panjang

7. Ellipse / Elips

8. Spline / Garis fleksibel9. Donut / Donat

10. Helix / Obat nyamuk

11. Arc / Lengkung

12. Polyline / Garis sambung

13. Revision Could / Awan14. TextG. MODIFY1. Erase

2. Trim

3. Break

4. Copy5. Paste6. Undo7. Mirror8. Offset9. Array10. Move

11. Rotate

12. Scale13. Stretch14. Lengthen15. Extend16. Explode17. Chamfer18. Fillet

19. Pan

20. Zoom

21. Leader22. Bhatch23. Pedit

24. Block

25. Change

26. Trace27. AreaH. DIMENSION

1. Horizontal

2. Vertical

3. Aligned

4. Angular

5. Rotated

6. Radius

7. Diameter8. Baseline

9. Continue

10. Oblique

11. Tedit

I. OTHER1. Layer

2. Properties

3. Option

4. Insert

5. Export

6. MA7. Osnap8. Linetype9. Setting J. Mencetak Lembar Kerja1. Plot2. MV3. PSK. Command singkat dalam autocadL. TIPS-TIPSM. PENUTUPC. BIBLIOGRAPY

Bekerja memang menyenangkan, apalagi jika pekerjaan itu sesuai dengan hobi dan minat kita (. Inilah saya, Rio De Cuya, seorang yang lahir di Jawa Timur, tepatnya di kota Kediri. Saya lahir pada tanggal 29 Oktober 1992, dengan riwayat pendidikan saya mulai dari SD hingga SMK semuanya di Kota Kediri. Dan saat ini saya tengah mempersiapkan untuk melanjutkan ke Universitas demi menyambung ilmu, sesuai pepatah Tuntutlah ilmu selama bumi ini masih berputar (.

Sebagai seorang keturunan Jawa timur asli dan tinggal di kota kecil di Propinsi itu, tak menutup hati dan minat saya dalam bidang tehnologi, Hobi bergelut dalam bidang computer sudah merasuk dalam jiwa saya ketika masih duduk di bangku SMP, Jejaring sosialpun menjadi salah satu agenda saya setiap harinya, disaat masih hangat-hangatnya Jejaring Sosial seperti Friendster, Game online, Chat MIRC, Yahoo Messenger hingga sekarang ini Facebook dan Twitter. Sebagai ( OTODIDAKter ) ( / seorang yang suka belajar secara otodidak saya pernah mengikuti perlombaan mendesign Blog, yang walau saya pelajari sendiri secara otodidak dengan browsing tutorial, baca buku. Hasil Blognya bisa dilihat di www.dunialo.co.cc. bahkan dunia design grafis juga merupakan hobi saya, mulai dari mendesign photo, manipulasi photo, hingga pengeditan video mulai dari software sederhana Windows Movie Make hingga Adobe Premiere yang menjadi salah satu software yang paling digunakan di dunia pertelevisian saat ini.

Pertanyaan seorang yang Cerdas ialah apa yang kau kerjakan saat mempunyai free time ? Keahlian saya dalam mengunakan software-software design grafis pada umumnya saya pelajari secara otodidak, hanya sebagian kecil yang mengikuti khursus dan selanjutnya saya perdalam dengan mempelajarinya setiap waktu yang kosong, istirhat siang, bahkan weekend. Jika seseorang sudah tertarik untuk mempelajari suatu hal, belajarlah..!! jangan ditunda-tunda, apalagi soal dana, jika ingin mengikuti khursus tapi biaya mahal dan kita tidak mempunyai dana yang cukup, lebih baik belajar secara otodidak, kita bisa membeli buku di Gramedia, browsing di Om Google, download tutorial-tutorial belajar dari software design grafis yang kita minati, banyak yang menyediakan cara yang mudah dimengerti. Semuanya itu mungkin jika kita ingin mempelajari dan menguasai suatu keahlian dan keterampilan, intinya niat dari hati. Contohnya waktu perayaan kenaikan kelas 1 ke kelas 2 SMP, saya mendapat sebuah kado yang tak pernah saya duga sebelumnya, ialah seperangkat computer meja. Computer yang sederhana dengan prosesor Pentium 2 saat itu, sederhana memang, tapi cukup bagus lah untuk media belajar pemula seorang anak SMP kelas 2. Kita syukuri saja. Dan mulai saat itulah saya mulai tertarik dalam dunia computer walau banyak sekali kesalahan yang saja lakukan pada computer pertama saya ( untung computer sederhana ) (. Yakinlah kesalahan itu bukan akhir, akan tetapi awal dari keberhasilan, jadi seseorang yang belum pernah mengalami kegagalan selamanya dia tidak akan pernah menemukan keberhasilan.

Tumbuh menjadi remaja yang hampir menggunakan kacamata, karena terlalu sering berada di depan layar monitor (, tidak membuat hobi dalam bidang computer dan design grafis saya luntur, bahkan hilang, bahkan lebih membuat semangat belajar saya lebih tinggi, apalagi ditunjang dengan kemajuan tehnologi dan internet, semua informasi dan hal-hal baru di dunia ini begitu cepat tersebar keseluruh pelosok dunia hanya dengan satu Push Enter , dan kita bisa dengan mudah mengakses dan mendapatkan info dan pengetahuan yang kita butuhkan secara up to date saat itu juga.

Mengisi waktu dengan mengetik cerpen, novel, puisi, pengetahuan tentang dunia design grafis juga merupakan hobi saya, maka terciptalah buku BELAJAR AUTOCAD ITU MUDAH SEMUDAH MENGEDIPKAN MATA ini. Buku yang saya ciptakan ketika saya tengah bekerja sebagai DRAFTER di salah satu kontraktor di Jakarta, buku yang di adaptasi dari pengalaman selama menjadi seorang Drafter.

Mungkin dibenak kita, mengapa manusia dituntut untuk belajar dan belajar ? jawabannya ialah sebab kita bukan robot atau sejenisnya, kita manusia yang dianugerahi sebuah otak dimana kita harus mengasah otak itu sebaik mungkin dengan cara belajar dan memperdalam Kebenaran Duniawi dan Akhirat, supaya kita di judge sebagai orang yang bersyukur dan memelihara apa yang telah dianugerahkan oleh-Nya. Itulah motivasi saya dalam pembuatan buku ini, semoga manusia bisa lebih mempergunakan apa yang dia punya dan telah dipercayakan/dianugerahkan padanya.

Salam hangat

D. MENGENAL AUTOCAD 2008

Dahulu setelah manusia mengenal apa itu struktur bangunan dan mengerti cara mendesign suatu gedung atau tempat tinggal yang layak, belum ada suatu media atau cara yang tepat untuk bagaimana cara mengerjakan pekerjaan mereka agar lebih ringkas dan tidak memakan banyak waktu, untuk itu manusia mengapresiasikan imajinasi design gambar mereka sebagai contohnya sebelum muncul program Autocad, manusia menggunakan alat yang seadanya seperti menggambar di kertas gambar menggunakan pensil atau bolpoin, namun cara seperti itu sangat tidak efisien, memerlukan waktu yang lama, dan keteli