Click here to load reader

PANDUAN PENELITIAN · Web viewLaporan hasil penelitian dibuat rangkap 2 (dua) eksemplar dengan perincian: 1 eks. untuk perpustakaan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, dan

  • View
    214

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of PANDUAN PENELITIAN · Web viewLaporan hasil penelitian dibuat rangkap 2 (dua) eksemplar dengan...

PANDUAN PENELITIAN DOSEN

UNIVERSITAS KADIRI

2016

PANDUAN PENELITIAN

DOSEN

KATA PENGANTAR

Kegiatan penelitian, merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan dosen guna memenuhi salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang penelitian. Kehadiran buku Panduan Penelitian Dosen ini diharapkan dapat memenuhi harapan bagi dosen dalam kegiatan penelitian di Universitas Kadiri, yang diselenggarakan dengan dana mandiri dari Universitas dengan anggaran Rp. 2.500.000 sampei dengan Rp. 5.000.000 untuk tiap kegiatan penelitian.

Buku panduan ini berisi gambaran umum tentang penelitian dosen, kriteria dan persyaratan pengusul, target luaran penelitian, komponen proposal, sistematika proposal, format laporan serta kelengkapan administrasi usul penelitian, sehingga penelitian ini dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif.

Atas terbitnya buku panduan ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim penyusun dan berbagai pihak yang telah berperan aktif sejak penyusunan rancangan panduan sampai dengan terbitnya Panduan Penelitian.

Harapan kami semoga buku ini bermanfaat bagi peningkatan produktifitas penelitian dosen dalam upaya secara bertahap memajukan kegiatan penelitian.

Kediri, Agustus 2016

Lembaga Peneltian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat

Universitas Kadiri

PANDUAN PENELITIAN DOSEN

UNIVERSITAS KADIRI

A. PENDAHULUAN

Program penelitian Dosen dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi. Cakupan program ini meliputi bidang ilmu: (1) Kesehatan dan Lingkungan, (2) Ketahanan Pangan, Industri Pertanian dan Pertanian organic Ramah lingkungan, (3) Kewirausahaan, Koperasi dan UMKM, (4) Sosial dan Humaniora, dan (5) Hukum. Penelitian ini diperuntukkan bagi dosen tetap Universitas Kadiri. Penelitian ini harus terarah dan bersifat top-down atau bottom-up dengan dukungan dana, sarana dan prasarana penelitian dari Universitas Kadiri.

Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ristekdikti, penelitian Dosen merupakan salah satu skema penelitian yang pengelolaannya dilakukan oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Universitas Kadiri. Program ini dimaksudkan untuk mengarahkan dan membimbing dosen-dosen sebagai peneliti Universitas Kadiri agar kompetensi dan kepekaan menelitinya meningkat sehingga menjadi peneliti mandiri dan produktif. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan langsung terhadap peningkatan kualitas perkuliahan berupa teori baru, aplikasi teori, buku ajar, model pembelajaran, peningkatan kompetensi dosen, peningkatan publikasi ilmiah, peningkatan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), menyusun model pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan suasana ilmiah di perguruan tinggi. Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi yang berskala nasional.

Pelibatan mahasiswa merupakan aspek penting yang dipersyaratkan bagi program penelitian pemula ini. Pada tingkat Nasional jumlah keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen merupakan salah satu tolok ukur kinerja lembaga dalam bidang penelitian. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengejawantahan tanggung jawab pendidikan dalam mendidik mahasiswa menjadi sarjana peneliti yang handal. Diharapkan dosen peneliti melibatkan mahasiswa dalam penelitian ini, minimal mahasiswa bimbingan skripsi atau bimbingan ke penasehatan akademis. Melalui pelibatan mahasiswa tersebut diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman meneliti antara dosen dengan mahasiswa secara intens, sehingga mahasiswa akan memiliki kemampuan meneliti untuk penulisan skripsi, dan berkonstribusi terhadap percepatan penyelesaian studi mahasiswa, termasuk juga kemampuan mahasiswa dalam meraih hibah-hibah kompetitif Program Kreatif Mahasiswa di tingkat nasional.

B. TUJUAN

Tujuan Program Penelitian Dosen Universitas Kadiri adalah:

1. Menyelaraskan penelitian di perguruan tinggi (PT) dengan kebijakan dan program pembangunan lokal/nasional melalui pemanfaatan kepakaran Perguruan Tinggi, sarana, dan prasarana penelitian dan atau sumber daya setempat.

2. Menjamin pengembangan penelitian unggulan spesifik berdasarkan keunggulan komparatif.

3. Mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia.

4. Meningkatkan mutu dan kompetensi para dosen serta budaya ilmiah di Universitas Kadiri

5. Meningkatkan mutu penelitian dan publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi maupun jurnal internasional.

C. TUJUAN PENELITIAN

Agar amanah di atas dapat dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Tinggi harus diarahkan untuk mencapai tujuan dan standart tertentu. Secara umum tujuan penelitian di Perguruan Tinggi adalah :

1. Menghasilkan penelitian yang susuai dengan prioritas nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah;

2. Menjamin penembangan penelitian unggulan spesifik berdasarkan keunggulan komparatif dan kompetitif;

3. Mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia; dan

4. Meningkatkan diseminasi hasil penelitian dan perlindungan HKI secara nasional dan Internasional.

D. PERSYARATAN

1. Pengusul adalah dosen tetap di Universitas Kadiri

2. Penelitian bersifat original belum pernah dilakukan dan dibiayai oleh lembaga/sumber lain.

3. Ketua/peneliti utama minimal berpendidikan S2 dan hanya boleh menjadi ketua/peneliti utama di satu usulan penelitian, serta di satu usulan penelitian lainnya hanya boleh sebagai anggota, atau sebagai anggota pada dua penelitian.

4. Peneliti mengikutsertakan mahasiswa yang sedang dalam menyelesaikan skripsinya dalam melaksanakan penelitian (minimal telah duduk pada semester enam (6)

5. Usulan penelitian harus relevan dengan bidang ilmu yang ditekuni dan mata kuliah yang diampu.

6. Jangka waktu penelitian adalah minimal 6 bulan dan maksimum 1 tahun.

7. Pelaksanaan penelitian (termasuk penggunaan dana) harus terdokumentasi dalam bentuk log book, meliputi tanggal, kegiatan secara rinci, dan pelaksana kegiatan. Mencantumkan nama jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional yang akan disasar menjadi tempat publikasi.

E. PEMBIAYAAN

1. Besarnya dana untuk penelitian adalah Rp 2.500.000,- s.d. Rp 5.000.000,-, per judul penelitian.

2. Besarnya dana untuk penelitian di masing-masing jurusan disesuaikan dengan alokasi dana yang tersedia dan diperoleh melalui kompetisi.

F. TAHAPAN KEGIATAN

1. Ketentuan Umum

Pelaksanaan proram penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus mengacu pada standar penjamin mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Kadiri Kediri. Berkenaan dengan hal tersebut, LP3M menetapkan ketentuan umum pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diuraikan sebagai berikut :

1. Setiap dosen wajib melakukan penelitian 1 kali/ tahun dan pengabdian kepada masyarakat 1 kali/ tahun

2. Ketua peneliti/pelaksana adalah dosen tetap Universitas Kadiri Kediri

3. Anggota peneliti/pelaksana adalah dosen ataupun bukan dosen dan harus mengisi form kesediaan

4. Proposal diusulkan melalui lembaga penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat (LP3M) dan Rektor Universitas Kadiri Kediri

5. Apabila penelitian atau terbukti mendapatkan duplikasi pendanaan penelitian atau pengabdian atau mengusulkan kembali penelitian atau pengabdian yang telah didanai sebelumnya, maka ketua penelitia/pelaksana tersebut tidak diperkenankan mengusulkan penelitian atau pengabdian yang didanai oleh Universitas Kadiri Kediri dan diwajibkan mengembalikan dana penelitian atau pengabdiannya ke Universitas Kadiri

6. Peneliti atau pelaksana pengabdian masyarakat yang tidak berhasil memenuhi luaran (output) yang dijanjikan pada proposal akan dikenai sanksi, yaitu yang bersangkutan tidak diperbolehkan untuk mengajukan usulan baru sampai dipenuhinya output yang dijanjikan

7. Penggunaan dan pertanggungjawaban dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengacu kepada aturan yang berlaku.

2. Standar Operasional Prosedur (SOP)

1. Dosen mengajukan proposal untuk penelitian kepada Ketua Program Studi disertai dengan Formulir F-1/F2. Pengajuan Insentif dan Formulir F-3. Pernyataan Bebas Plagiat yang sudah diisi dan ditandatanganinya.

2. Ketua Program Studi melakukan verifikasi data dan membubuhkan tanda tangan di Formulir F-1/F2. Pengajuan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang diajukan disetujuinya untuk diproses insentifnya.

3. Dosen memproses ke Ketua program studi untuk mendapatkan persetujuan terhadap proposal yang diajukan.

4. Ketua program studi menandatangani Formulir F-1/F2. Pengajuan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai persetujuan terhadap pengajuan insentif penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat.

5. Dosen menyerahkan Formulir F-1/F2. Pengajuan Insentif penelitian dan pengabdian masyarakat dan Formulir F-3. Pernyataan Bebas Plagiat beserta proposal kepada Ketua LP3M.

6. LP3M memeriksa semua kelengkapan pengajuan insentif penelitian dan pengabdian masyarakat dosen sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan ini.

7. LP3M membawa proposal pengajuan dosen Ke Rektor dan diteruskan ke Pembantu Rektor 2

8. Setelah