PPT IKM KARDIO

  • View
    8

  • Download
    2

Embed Size (px)

DESCRIPTION

PPT IKM KARDIO

Text of PPT IKM KARDIO

ASSALAMUALAIKUM WR WB

ASSALAMUALAIKUM WR WBPJK adalah penyakit jantung akibat perubahan obstruktif pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan fungsi jantung terganggu, yang disebabkan terutama oleh proses aterosklerosis.

Bentuk PJK yang umum dikenal yaitu :Angina pektorisInfark miocardium akut (IMA)Penyakit Jantung IskhemiaKematian mendadak (sudden death)

PENYAKIT JANTUNG KORONERFaktor-faktor resiko penyakit jantung koroner dikenal sejak lama berupa:1. Hipertensi2. Kolesterol darah3. Merokok4. Diet5. Usia6. Sex7. Kurang latihan8. TurunanFAKTOR RESIKODi Indonesia, penyakit sistem sirkulasi darah (SSD) menurut ICD-10 yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah telah menduduki peringkat pertama sebagai penyebab utama kematian umum pada tahun 2000 dari hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) 2001 sebesar 26,3% kematian. Proporsi ke- matian semakin meningkat dengan ber- tambahnya umur dan meningkat nyata pada usia 35 tahun ke atas. PJK tidak hanya menyerang laki-laki saja, wanita juga berisiko terkena PJK meskipun kasusnya tidak sebesar pada laki-laki. Pada orang yang berumur 65 tahun ke atas, ditemukan: 20 % PJK pada laki-laki 12 %pada wanita.

Sebelum berusia 40 tahun, perbedaan kejadian PJK antara pria dan wanita adalah 8 : 1, dan setelah usia 70 tahun perbandingannya adalah 1 : 1.Pada pria insiden puncak manifestasi klinik PJK adalah pada usia 50 60 tahun, sedangkan Pada wanita PJK terjadi sekitar 10-15 tahun pada wanita pada usia 60 70 tahun.lebih lambat daripada pria dan risiko meningkat secara drastis setelah menopouse.

Survei penyakit jantung yang pernah dilakukan di Semarang, menemukan adanya perbedaan prevalensi penyakit jantung antara pria dan wanita.

Penyakit sistem sirkulasi darah sebagai penyebab kematian lebih tinggi di perkotaan daripada di pedesaan (31% vs 23,7%) namun hampir tidak berbeda menurut jenis kelamin.

Pada tahun 2002, WHO memperkirakan bahwa sekitar 17 juta orang meninggal tiap akibat penyakit kardiovaskuler, terutama PJK (7,2 juta) dan stroke (5,5 juta)

Di Amerika Serikat pada tahun 1996 dilaporkan kematian akibat PJPD mencapai 959.277 penderita, yakni 41,4 % dari seluruh kematian. Setiap hari 2600 penduduk meninggal akibat penyakit ini.Dari jumlah tersebut 476.124 kematian disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner (Darmodjo, 1999).

pencegahan primer : pengaturan pola makan yang baik perbanyak olahraga berfikiran positif dan hindari stresshindari kebiasaan minum minuman beralkoholpencegahan sekunder diagnosis dini dan pengobatan segera, perawatan medis, dan pemabatasan ketidakmampuanpencegahan tersier pemeriksaan secara berkalarehabilitasi,menjaga pola makan, olahraga rutin, dan pemberian motivasi

PENCEGAHAN