of 25 /25
KULIAH KERJA NYATA POS PEMBERDAYAAN KELUARGA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN DESA KUTAYASA KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA Sekretariat: Posko KKN-Posdaya Desa Kutayasa Proposal ini disusun dalam rangka membantu kelancaran operasional/ pelaksanaan KKN POSDAYA Universitas Jenderal Soedirman Semester Genap 2013 / 2014 di Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Banjarnegara, 16 Juli 2014 Hormat Kami, Mengetahui, 1 Sekretariat : Posko KKN-Posdaya Desa Kutayasai Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara CP : 08562340212(Fajaruddin Hidayah) Koordinator Mahasiswa Desa Fajaruddin Hidayah NIM. C1A011076 Sekretaris Yuliana Sri Hartati NIM. H1E011044 LEMBAR PENGESAHAN

Proposal-kkn-posdaya 2 ( RAB Berubah ) (Repaired)

Embed Size (px)

DESCRIPTION

kkn

Text of Proposal-kkn-posdaya 2 ( RAB Berubah ) (Repaired)

KULIAH KERJA NYATA POS PEMBERDAYAAN KELUARGA

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

DESA KUTAYASA

KECAMATAN MADUKARA

KABUPATEN BANJARNEGARA

Sekretariat: Posko KKN-Posdaya Desa Kutayasa

Proposal ini disusun dalam rangka membantu kelancaran operasional/ pelaksanaan KKN POSDAYA Universitas Jenderal Soedirman Semester Genap 2013 / 2014 di Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara.

Banjarnegara, 16 Juli 2014

Hormat Kami,

Koordinator Mahasiswa Desa

Fajaruddin Hidayah

NIM. C1A011076Sekretaris

Yuliana Sri Hartati

NIM. H1E011044

Mengetahui,

Kepala Desa Kutayasa

Budiyono

Pembangunan di Indonesia ditujukan ke semua bidang, tidak terkecuali bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, kelembagaan, dan pemberdayaan lingkungan. Hal ini belum mampu dipenuhi oleh pemerintah secara optimal, dikarenakan kurangnya keikutsertaan fungsi keluarga sebagai pendidikan dasar bagi masing-masing individu. Pembangunan pada lima bidang tadi sangat berpengaruh dalam membangun masyarakat Indonesia. Kesehatan tiap manusia Indonesia menunjang kemajuan bangsa di berbagai bidang. Peran serta dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan kelima bidang tersebut, termasuk oleh pihak akademisi seperti mahasiswa.

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di kawasan kabupaten Banyumas memiliki kewajiban untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan di bidang kelembagaan, kesehatan, pendidikan, ekonomi serta pemberdayaan lingkungan. Peran serta tersebut bukan hanya dilakukan oleh mahasiswanya saja, namun juga masyarakat di sekitar kampus ataupun masyarakat luas. Salah satu bentuk peran serta aktif tersebut adalah dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNSOED dan dilaksanakan oleh mahasiswa UNSOED yang dilaksanakan didelapan kabupaten termasuk di Kabupaten Kebumen.

Kecamatan Kutayasa sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten banjarnegara secara demografis memiliki banyak potensi, diantaranya bidang peternakan sapi, perikanan, pertanian dan kewirausahaan yang dapat dioptimalkan dalam usaha untuk pembangunan desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa tersebut. Namun, pada kenyataan yang diperoleh di lapangan, berbagai potensi tersebut selama ini belum dapat dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat terkait. Untuk mendukung hal tersebut, perlu juga dilakukan peningkatan di bidang kesehatan dan pendidikan sebagai dasar terbentuknya sumber daya manusia yang berpotensi agar tercipta sumber daya masyarakat yang lebih baik. Pelaksanaan KKN POSDAYA karena dinilai pembangunan bidang kelembagaan, kesehatan, pendidikan, ekonomi serta pemberdayaan lingkungan di kawasan tersebut belum optimal.Berdasarkan permasalahan di atas, dilaksanakanlah program oleh tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Kutayasa Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan fungsi keluarga sebagai anggota masyarakat.

Kegiatan ini bernama Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2014.

Dasar kegiatan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah :

A. Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 17 Februari 1975 tentang Kebijakan Dasar Pengembangan Pendidikan Tinggi.

B. SK Rektor Universitas Jenderal Soedirman No. Kept. 058/XI/1974 tentang Peraturan dan Pedoman Pelaksanaan Program Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman.

C. SK Rektor Universitas Jenderal Soedirman No. Kept. 060/XII/1974 tentang Peraturan dan Pelaksanaan Program Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman, dinyatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata menjadi kegiatan intra kulikuler wajib bagi fakultas-fakultas dalam lingkungan Universitas Jenderal Soedirman dengan bobot 3 SKS.

D. Tri Darma Perguruan Tinggi.

E. Program Kerja Definitif Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Kutayasa Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.

F. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan, meningkatkan mutu dan keberlangsungan kegiatan pada bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, kelembagaan, dan pemberdayaan lingkungan. Selain itu juga memperluas program pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kemampuan melalui pemantapan fungsi keluarga.

G. Manfaat Kegiatan

Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagi wadah, sarana atau forum yang dapat mendukung pelaksanaan dan peningkatan kemampuan fungsi-fungsi keluarga, sehingga memiiki ketahanan sosial dan ekonomi yang memadai dari seluruh anggotanya. Sarana ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi semua anggota untuk aktif berpartisipasi dalam membantu memecahkan masalah-masalah keluarga sehingga terpenuhi kebutuhan bersama.

Tema kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Universitas Jenderal Soedirman di Desa Kutayasa yaitu GEMARI SALAK ( Gerakan Masyarakat Mandiri, Sehat, Aman, Lestari dan Kreatif) .

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Kutayasa akan dilaksanakan pada :

Waktu: 15 Juli 30 Agustus 2014Tempat:Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara

Sasaran kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA), yaitu:

1. Masyarakat bersama Pemerintah Daerah

2. Mahasiswa

3. Perguruan Tinggi

Keberhasilan program kerja Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) ini tidak hanya bergantung pada tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) semata namun sangat bergantung pada kerjasama semua pihak yang terkait. Oleh karena itu bantuan dan dukungan baik moril maupun material sangat kami harapkan.

Lampiran I

Pelindung:Bupati Banjarnegara

Rektor Universitas Jenderal Soedirman

Pimpinan LPPM UNSOED

Penasehat:Kepala Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara

Koordinator Mahasiswa Desa:Fajaruddin Hidayah

( Fakultas Ekonomi )

Sekretaris:Yuliana Sri Hartati

( Fakultas Mipa )

Bendahara:Wulan Jeniar Subkhi

( Fakultas Ekonomi )

Penanggung Jawab Bidang

Kesehatan:ILHAM FACHRUROZYGILANG KURNIA CANDRA( Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran )

Pendidikan:DEWI RATIH ANINDASHINTYA ANDINI SIDI( Fakultas Hukum )

Ekonomi:IQBAL KURNIAWAN( Fakultas Teknik Pertanian )

Lingkungan:INDAH ANUGRAH SAR( Fakultas Biologi )

KelembagaanPRASOJO( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik )

Lampiran II

I. Program KerjaA. Bidang Kelembagaan1. Sosialisasi POSDAYA2. Revitalisasi PosdayaB. Bidang Kesehatan:

1. penyuluhan ASI Esklusif 2. pendampingan posyandu dan sosialisasi penerapan 5 meja3. penyuluhan PHBS 4. penyuluhan P3K dan peran UKS Herbal5. penyuluhan KRR, Kenakalan Remaja 6. senam lansia dan ibu hamil

7. Pengadaan bibit TOGA8. Demo PHBS (cuci tangan dan gosok gigi).

C. Bidang Pendidikan:

1. Penyuluhan Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

2. Bimbingan Belajar PAUD3. Pengajaran TPQ 4. Pemberian Bimbingan Belajar5. Lomba Cerdas Cermat6. Pengadaan buku Iqro7. Nonton BersamaD. Bidang Ekonomi:

1. Penyuluhan pemasaran dan pengembangan UKM

2. Lomba kreasi bahan pangan dari buah salak

3. Pembuatan manisan salakE. Bidang Pemberdayaan Lingkungan:1. Sosialisasi Pemberantasan Hama 2. Penyuluhan Pengolahan Sampah Non Organik Dan Organik3. Kerja bakti4. Pengadaan Tempat Sampah Organik dan Non-Organik5. Demonstrasi Pengelolahan Sampah6. Penanaman TOGA ( Tanaman Obat Keluarga )LAMPIRAN IV

Pemasukan

1Kas Anggota Kelompok 10 Orang @ Rp 50.000:Rp. 500.000,-

2sponsor:Rp. 3.750.000,-

TotalRp. 4.250.000,-

Pengeluaran

1.Bidang kelembagaan

Sosialisasi Posdaya: Rp. 150.000,-

Revitalisasi Posdaya:Rp. 150.000,-

2.Bidang Kesehatan

penyuluhan ASI Esklusif:Rp. 100.000,-

Pendampingan posyandu dan sosialisasi penerapan 5 meja:Rp. 100.000,-

penyuluhan PHBS:Rp. 100.000,-

penyuluhan P3K dan peran UKS Herbal:Rp. 100.000,-

penyuluhan KRR, Kenakalan Remaja:Rp. 100.000,-

senam lansia dan ibu hamil:Rp. 100.000,-

Pengadaan bibit TOGA:Rp. 150.000,-

Demo PHBS (cuci tangan dan gosok gigi).:Rp. 250.000,-

penyuluhan KRR, Kenakalan Remaja:Rp. 100.000,-

3.Bidang Pendidikan

Penyuluhan Pentingnya Pendidikan Bagi Anak:Rp. 100.000,-

Bimbingan Belajar PAUD:Rp. 100.000,-

Pengajaran TPQ:-

Pemberian Bimbingan Belajar:-

Lomba Cerdas Cermat:Rp. 100.000,-

Pengadaan buku Iqro:Rp. 100.000,-

Nonton Bersama:Rp. 100.000,-

4.Bidang Ekonomi

Penyuluhan pemasaran dan pengembangan UKM:Rp. 100.000,-

Lomba kreasi bahan pangan dari buah salak:Rp. 100.000,-

Pembuatan manisan salak:Rp. 300.000,-

5.Bidang Pemberdayaan Lingkungan

Sosialisasi Pemberantasan Hama:Rp. 150.000,-

Penyuluhan Pengolahan Sampah Non Organik Dan Organik:Rp. 150.000,-

Kerja bakti:-

Pengadaan Tempat Sampah Organik dan Non-Organik:Rp. 750.000,-

Demonstrasi Pengelolahan Sampah: Rp. 100.000,-

Penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga):Rp. 300.000,-

Total:Rp. 3.750.000,-

LAMPIRAN 5

SPONSORSHIP

Sponsor Tunggal

Tim KKN memberikan kehormatan penuh kepada setiap pihak yang menjadi sponsor tunggal. Partisipan ini merupakan satu-satunya sumber pendanaan yang berupa promosi suatu barang atau jasa. Sumber dana lain hanya bersifat sumbangan dari para donatur.

Tim KKN menjunjung tinggi peran partisipan dengan mencantumkan nama partisipan dalam setiap publikasi, promosi, dan pelaksanaan kegiatan. Sponsor tunggal wajib menyediakan dana sebesar 100% dari total anggaran yang diajukan. Perusahaan berhak mendapat keuntungan berupa pencantuman logo/nama perusahaan dalam setiap promosi, publikasi sebesar 100% dari tempat yang disediakan pada setiap media promosi yang berupa banner, umbul-umbul penunjuk arah, co card, dan backdrop.

Hak promosi berupa :

1. Banner kegiatan

a. Jumlah : 1 buah.

b. Tempat : Lokasi kegiatan.

c. Masa pemasangan 5 hari sebelum acara berlangsung dan selama acara berlangsung selama 3 hari.

d. Spanduk disediakan oleh panitia. Sponsor menyerahkan materi (logo/nama perusahaan) paling lambat 2 minggu sebelum acara dimulai.

e. Izin pemasangan spanduk kegiatan ditanggung panitia.

2. Umbul-umbul Penunjuk arah

Sponsor dapat memasang umbul-umbul perusahaannya selama acara berlangsung (dengan jumlah maksimal 10 buah) di sepanjang rute yang dilewati. Masa pemasangan selama 3 hari sebelum acara berlangsung dan selama acara berlangsung.

Bila sponsor ingin menambah jumlah umbul-umbul perusahaannya, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000/buah dengan tempat di lokasi kegiatan.

3. Backdrop Digital

a. Jumlah : 1 buah

b. Tempat : lokasi kegiatan

c. Masa pemasangan selama 3 hari

d. Backdrop kegiatan disediakan oleh panitia. Sponsor menyerahkan materi (logo/nama perusahaan) paling lambat 2 minggu sebelum acara dimulai.

e. Izin pemasangan backdrop kegiatan ditanggung panitia.

4. Presentasi

Pihak sponsor dapat menayangkan visualisasi iklan dalam bentuk presentasi selama acara istirahat.

5. Co card Panitia

Sponsor Utama

Sponsor utama wajib menyediakan dana sebesar 50-75% dari total anggaran yang diajukan. Perusahaan berhak mendapat keuntungan berupa pencantuman logo/nama perusahaan dalam setiap promosi, publikasi sebesar 50% dari tempat yang disediakan pada setiap spanduk, umbul-umbul, co card, dan backdrop.

Hak promosi berupa :

1. Spanduk Kegiatan

a. Jumlah : 1 buah

b. Tempat : Lokasi kegiatan

c. Masa pemasangan selama 3 hari sebelum acara berlangsung dan 3 hari selama acara berlangsung.

d. Spanduk disediakan oleh panitia. Sponsor menyerahkan materi (logo/nama perusahaan) paling lambat 2 minggu sebelum acara dimulai.

e. Izin pemasangan spanduk kegiatan ditanggung panitia.

2. Umbul-umbul Perusahaan

Sponsor dapat memasang umbul-umbul perusahaannya selama acara berlangsung (dengan jumlah maksimal 7 buah) disepanjang rute yang dilewati.

Bila sponsor ingin menambah jumlah umbul-umbul perusahaannya, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000/buah dengan tempat di lokasi kegiatan.

3. Backdrop Digital

a. Jumlah : 1 buah

b. Tempat : lokasi kegiatan

c. Masa pemasangan selama 3 hari.

d. Backdrop kegiatan disediakan oleh panitia. Sponsor menyerahkan materi (logo/nama perusahaan) paling lambat 2 minggu sebelum acara dimulai.

e. Izin pemasangan backdrop kegiatan ditanggung panitia.

4. Presentasi

Pihak sponsor dapat menayangkan visualisasi iklan dalam bentuk presentasi selama acara istirahat.5. Co card PanitiaSponsor Pendamping

Sponsor pendamping wajib menyediakan dana sebesar 20-50% Perusahaan berhak mendapat keuntungan berupa pencantuman logo/nama perusahaan dalam setiap promosi, publikasi sebesar 25% dari tempat yang disediakan pada setiap spanduk, umbul-umbul, co card, buku panduan dan baliho.

Hak promosi berupa :

1. Spanduk Kegiatan

a. Jumlah : 1 buah

b. Tempat : Lokasi kegiatan

c. Masa pemasangan selama 2 hari sebelum acara berlangsung dan 3 hari selama acara berlangsung.

d. Spanduk disediakan oleh panitia. Sponsor menyerahkan materi (logo/nama perusahaan) paling lambat 2 minggu sebelum acara dimulai.

e. Izin pemasangan spanduk kegiatan ditanggung panitia.

2. Umbul-umbul Perusahaan

Sponsor dapat memasang spanduk/umbul-umbul perusahaannya selama acara berlangsung (dengan jumlah maksimal 3 buah) di sepanjang rute yang dilewati.

Bila sponsor ingin menambah jumlah umbul-umbul perusahaannya, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000/buah dengan tempat di lokasi kegiatan.

Sponsor Partisipasi

Sponsor partisipasi merupakan sponsor yang turut berpatisipasi dalam dalam penyelenggaraan acara baik dalam bentuk dana, barang ataupun jasa. Perusahaan berhak mendapat keuntungan berupa pencantuman logo/nama perusahaan dalam setiap promosi, publikasi sebesar 25% dari tempat yang disediakan pada setiap spanduk, umbul-umbul, co card, buku panduan dan baligo.

Hak promosi berupa :

1. Spanduk Kegiatan

a. Jumlah : 2 buah

b. Tempat : Lokasi kegiatan, pintu gerbang

b. Masa pemasangan selama 2 hari sebelum acara berlangsung dan 3 hari selama acara berlangsung.

c. Spanduk disediakan oleh panitia. Sponsor menyerahkan materi (logo/nama perusahaan) paling lambat 2 minggu sebelum acara dimulai.

d. Izin pemasangan spanduk kegiatan ditanggung panitia.

2. Umbul-umbul Perusahaan

Sponsor dapat memasang spanduk/umbul-umbul perusahaannya selama acara berlangsung (dengan jumlah maksimal 3 buah) di sepanjang rute yang dilewati.

Bila sponsor ingin menambah jumlah umbul-umbul perusahaannya, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000/buah dengan tempat di lokasi kegiatan.

Keterangan: Hal-hal yang belum tercantum dalam proposal ini dapat dinegosiasikan pada kemudian hari.

LEMBAR PENGESAHAN

PENDAHULUAN

I. NAMA KEGIATAN

DASAR KEGIATAN

TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN

TEMA KEGIATAN

PELAKSANAAN

SASARAN

PENUTUP

SUSUNAN TIM KKN POSDAYA

DESA KUTAYASA KECAMATAN MADUKARA

KABUPATEN BANJARNEGARA

PROGRAM KERJA KKN POSDAYA SEMESTER GENAP 2014

DESA KUTAYASA KECAMATAN MADUKARA

KABUPATEN BANJARNEGARA

RENCANA ANGGARAN KEGIATAN

18Sekretariat : Posko KKN-Posdaya Desa Kutayasai

Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara

CP : 08562340212(Fajaruddin Hidayah)