Click here to load reader

Proposal Kp Charitas

  • View
    54

  • Download
    10

Embed Size (px)

Text of Proposal Kp Charitas

PROPOSAL

Proposal Kerja Praktek Jurusan Teknik SipilUniversitas Sriwijaya

PROPOSALKERJA PRAKTEK PEMBANGUNAN RS RK CHARITAS PALEMBANG

Diajukan oleh : jUWITA ANGGUN S 0309 1401 028 dINI rEZKIKA 0309 1401 037

JURUSAN TEKNIK sipilFAKULTAS teknikuniversitas sriwijaya palembang2012

PROPOSAL KERJA PRAKTEKRS RK CHARITAS PALEMBANGI. PENDAHULUAN Kerja praktek merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 Teknik Sipil- Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. Selain untuk memenuhi kewajiban akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang dunia industri sehingga mahasiswa mempunyai pandangan tentang arah dan tujuan perkembangan teknologi, mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa sehingga dapat memahami permasalahan yang terjadi di dunia industri serta mampu menumbuhkan ide-ide baru yang nantinya berguna bagi kemajuan perkembangan IPTEK di Indonesia yang akan menunjang perkembangan dunia struktur dan infrastruktur.Universitas Sriwijaya sebagai sebuah institusi (Perguruan Tinggi) di Indonesia berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan IPTEK guna menunjang pembangunan, serta sebagai research university untuk membantu pengembangan berbagai kawasan di Indonesia. Lulusan dari Universitas Sriwijaya Palembang diharapkan siap untuk dikembangkan ke bidang yang sesuai dengan disiplin ilmunya. Sejalan dengan upaya tersebut, kerjasama dengan industri perlu untuk ditingkatkan, yang dalam hal ini bisa dilakukan dengan jalan Kerja Praktek, Magang, Riset dan Penelitian, dan lain sebagainya. Wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan, sehubungan dengan kondisi obyektif Indonesia yang merupakan negara berkembang, dimana teknologi masuk dan diaplikasikan oleh industri terlebih dahulu. Diharapkan nantinya mahasiswa sebagai calon lulusan dari perguruan tinggi akan lebih mengenal akan perkembangan berbagai pembangunan.Pemahaman terhadap permasalahan serta seluk-beluk di dunia industri diharapkan dapat menunjang pengetahuan teoritis yang telah didapat dari perkuliahan, sehingga mahasiswa dapat menerapkan langsung dalam dunia kerja ataupun di bidang lainnya. Diharapkan nantinya mahasiswa siap menghadapi tantangan di era teknologi dan era globalisasi.Dengan syarat kelulusan yang ditetapkan, kurikulum kerja praktek telah menjadi salah satu pendorong utama bagi setiap mahasiswa untuk mengenal kondisi lapangan kerja dan menumbuhkan ide kreatif yang berguna bagi kepentingan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu, pemilihan lingkungan kerja praktek diharapkan akan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap apa yang terjadi disekitar mahasiswa.

II. LATAR BELAKANGKerja Praktek adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa S-1 Teknik Sipil Universitas Sriwijaya Palembang. Mata kuliah ini mempunyai beban 2 SKS (Satuan Kredit Semester). Dengan adanya kerja praktek diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di perkuliahan pada kenyataan yang ada di lapangan. Sehingga diharapkan dapat tercapai hubungan yang baik antara dunia pendidikan dengan dunia industri, dimana bagi pihak perusahaan adalah sebagai sarana untuk transfer pengetahuan terhadap dunia kerja kepada mahasiswa yang melakukan kerja praktek.Pemahaman tentang permasalahan di dunia industri akan banyak diharapkan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis yang didapat dari materi perkuliahan, sehingga mahasiswa dapat menjadi salah satu sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan era globalisasi.Dengan syarat kelulusan yang ditetapkan, mata kuliah kerja praktek telah menjadi salah satu pendorong utama bagi setiap mahasiswa untuk mengenal kondisi di lapangan kerja dan untuk melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan dengan aplikasi praktis di dunia kerja.

III. DASAR PEMIKIRAN1. Tujuan Pendidikan Nasional, yaitu untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, produktif, serta sehat jasmani dan rohani.2. Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu : pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.3. Tujuan pendidikan Universitas Sriwijaya, yaitu: kepemimpinan, keahlian, berpikir ilmiah, dan sikap hidup bermasyarakat.4. Program Universitas Sriwijaya, yang salah satunya yaitu meningkatkan kerja sama dengan industri dan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi terhadap mutu pendidikan dan penelitian.5. Syarat kelulusan mata kuliah kerja praktek di Jurusan Teknik Sipil FT UNSRI.6. Diperlukan keselarasan antara sistem pendidikan tinggi dan dunia kerja.7. Diperlukan sarana untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di perkuliahan pada dunia kerja.

IV. TUJUAN Tujuan pelaksanaan kerja praktek ini antara lain :IV.1.Umum1. Terciptanya suatu hubungan yang sinergis, jelas dan terarah antara dunia perguruan tinggi dan dunia kerja sebagai pengguna output-nya.2. Meningkatkan kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam memberikan kontribusinya pada sistem pendidikan nasional.3. Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami aplikasi ilmunya di dunia industri dan konstruksi serta mampu menyerap dan berasosiasi dengan dunia kerja.4. Mahasiswa dapat mengetahui, mempelajari dan memahami prinsip-prinsip sistem operasi, proses produksi, sistem kerja dan maintenance and repair peralatan di dunia industri dan konstruksi sekaligus mampu mengadakan pendekatan masalah.5. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir konstruktif yang lebih berwawasan bagi mahasiswa.

IV.2.Khusus1. Untuk memenuhi beban Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya Palembang2. Mempelajari secara khusus tentang Proses Pembangunan di RS RK CHARITAS PALEMBANG3. Mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan engineering khususnya mengenai hal hal yang telah disebutkan pada poin 2.

V.BENTUK KEGIATANKerja Praktek, yang dilaksanakan di RS RK CHARITAS PALEMBANG mulai tanggal 3 September 2012 selesai jangka waktu kerja praktek. Perincian kegiatan yang akan dilakukan meliputi kegiatan sebagai berikut : Pengenalan secara umum tentang PEMBANGUNA RS RK CHARITAS PALEMBANG. Pengamatan secara langsung bidang kerja praktek. Pengenalan dan pengamatan terhadap struktur dan program kerja K3 di PEMBANGUNAN RS RK CHARITAS PALEMBANG. Melakukan studi literatur yang dilakukan dan observasi untuk memperoleh data pada bidang kerja yang dituju. Melaksanakan tugas yang diberikan dan melakukan konsultasi yang diperlukan dalam penyelesaian tugas yang diberikan. Penyusunan laporan kerja praktek. Penyerahan laporan kerja praktek.

VI. JADWAL KEGIATANKegiatan dalam kerja praktek dilaksanakan selama tiga bulan. Adapun rencana jadwal kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :Tabel Rencana KegiatanNoKegiatanBulan

IIIIII

1Pengenalan Perusahaan

2Studi Literatur

3Konsultasi

4Mengambil data di lapangan

5Penyusunan laporan

6Penyerahan laporan

VII.PENYELENGGARA4. Kerja praktek dilaksanakan atas kerja sama antara Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya Palembang dengan RS RK CHARITAS PALEMBANG

VIII.PESERTAPeserta dalam kerja praktek ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Palembang, yaitu :

I.Nama: JUWITA ANGGUN SYAHPUTRINIM: 0309 1401 028

II.Nama: DINI REZKIKANIM: 0309 1401 037

IX. PELAKSANAANSesuai dengan yang kami rencanakan, kegiatan kerja praktek sekiranya dapat dilaksanakan pada tempat dan waktu sebagai berikut :Tempat: PEMBANGUNAN RS RK CHARITAS PALEMBANGAlamat : Jl. Jendral Sudirman 1054 Palembang - INDONESIA Tel. 0711 362573 - 0711 362702 - 0711 362725 - 0711 373339Waktu: 3 September 2012 Selesai masa Kerja Praktek

X. BIDANG KERJA PRAKTEKDalam kerja praktek ini akan difokuskan pada bidang Product Design & Process Selection di PEMBANGUNAN RS RK CHARITAS PALEMBANG.Adapun mata kuliah pendukungnya adalah :1. Mekanika Tanah I dan II 2. Rekayasa Pondasi I dan II3. Teknik Perbaikan Tanah4. Teknologi Bahan Konstruksi5. Statika6. Mekanika Bahan7. Analisa Struktur I, II dan II8. Struktur Beton I dan II9. Struktur Baja I dan II10. Manajemen Proyek11. Administrasi Proyek12. Ekonomi Rekayasa

1. PENUTUPDemikian proposal ini kami susun, sebagai acuan dalam melaksanakan kerja praktek. Besar harapan kami agar dapat diterima dan melaksanakan kerja praktek di PEMBANGUNAN RS RK CHARITAS PALEMBANG . Besar juga harapan kami akan bantuan segenap direksi dan staf perusahaan demi kelancaran serta suksesnya kerja praktek yang kami laksanakan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

LEMBAR PENGESAHAN KERJA PRAKTEKRS RK CHARITAS PALEMBANG Palembang, 16 Agustus 2012

Pemohon, Pemohon,

Juwita Anggun S Dini Rezkika NIM 03091401028 NIM 03091401037

Mengetahui, Ketua Fakultas Teknik

Ir. Yakni Idris M.ScNIP 19581211 198703 1 002

11Jurusan Teknik SipilFakultas Teknik