of 17/17
Proposal Kerja Praktek PT. Krakatau Tirta Industri LEMBAR PERSETUJUAN PROPOSAL KERJA PRAKTEK Di PT. Krakatau Tirta Industri (01 September 2015 – 31 Oktober 2015) Proposal ini diajukan untuk melaksanakan Kerja Praktek Cilegon, 23 Juni 2015 Mengetahui Jurusan Teknik Kimia – Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr.- Ing Anto n Irawan, Dosen Pembimbing Kerja Praktek Dr. Endarto Yudo Wardhono, Mahasiswa Pemohon 2 Firna Fitriani Amin NIM. 3335120093 Mahasiswa Pemohon 1 Taufik Rachman Susanto NIM. 3335121870

Proposal Kp Kti

  • View
    312

  • Download
    43

Embed Size (px)

DESCRIPTION

mm

Text of Proposal Kp Kti

Proposal Kerja Praktek

PT. Krakatau Tirta Industri

LEMBAR PERSETUJUAN

PROPOSAL KERJA PRAKTEK

Di

PT. Krakatau Tirta Industri(01 September 2015 31 Oktober 2015)

Proposal ini diajukan untuk melaksanakan Kerja PraktekCilegon, 23 Juni 2015

Mengetahui

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Air merupakan kebutuhan utama bagi setiap insan dipermukaan bumi baik manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan. Setiap kegiatan mereka tidak lepas dari kebutuhan akan air, bahkan segala sesuatu yang hidup berasal dari air. Tubuh manusia itu sendiri, lebih dari 70% tersusun dari air, sehingga ketergantungannya akan air sangat tinggi. Manusia membutuhkan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pertanian, industri, maupun kebutuhan domestik, termasuk air bersih. Hal ini berarti bahwa pertambahan jumlah penduduk yang terus menerus terjadi, membutuhkan usaha yang sadar dan sengaja agar sumber daya air dapat tersedia secara berkelanjutan.

Peningkatan kebutuhan air yang mencapai 4-8% pertahun perlu diantisipasi secara baik agar tidak terjadi krisis air dimasa mendatang, seperti yang telah terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Peningkatan kebutuhan atau demand terhadap air secara umum dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu : (1) Air untuk keperluan konsumsi domestik atau rumah tangga misalnya untuk mandi, mencuci, memasak, dan minum. (2) Air untuk keperluan pengairan lahan pertanian misalnya untuk irigasi, mengairi sawah, perikanan, dan usaha tani lainnya. (3) Air untuk kegiatan industri misalnya untuk pembangkit listrik, proses produksi, transportasi, dan kegiatan-kegiatan yang lainnya.

PT. Krakatau Tirta Industri adalah salah satu perusahaan penyedia air baku industri-industri yang ada di kawasan Cilegon. Pengolahan air dari sumber air Cidanau sampai menjadi air baku proses industri membutuhkan beberapa treatment. Dalam hal ini aktivitas mahasiswa S1 Teknik kimia mempunyai peranan besar dalam menerapkan secara langsung disiplin ilmu kimia yang diperoleh dari perkuliahan atupun tulisan yang kemudian di praktekan di lapangan. Oleh karena itu mahasiswa teknik kimia sebagai calon engginer harus mampu melihat dan mengetahui permasalahan yang sering terdapat di lapangan yang terkadang berbeda dengan apa yang diperoleh di bangku kuliah untuk kemudian memberikan pilihan pemecahan yang paling efektif.Lebih lanjut pada mahasiswa dirasakan perlu mengadakan suatu bentuk keadaan nyata dan di samping itu dalam kurikulum S1 Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mencantumkan kerja praktek sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa. Atas dasar itulah kami mengajukan proposal kerja praktek ini dengan harapan bahwa kami dapat mempelajari dan menimba pengalaman dari orang-orang yang telah ahli dan berpengalaman di bidangnya. Ini tentunya sangat penting dan berharga bagi kami karena nantinya kami harus dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pembangunan ini dan memastikan bahwa proses regenerasi pembangunan berjalan dengan baik.

1.2 Tujuan KegiatanTujuan dari pelaksanaan kerja praktek ini adalah sebagai berikut:1.2.1 Tujuan Umum1. Meningkatkan keahlian bagi mahasiswa dibidang teknik kimia dalam dunia kerja yang dituntut untuk memiliki kompetensi dan didukung dengan sertifikasi untuk memasuki persaingan dunia tenaga kerja.

2. Mengetahui secara riil kondisi lapangan kerja yang berhubungan dengan Jurusan Teknik Kimia.

3. Menambah pengalaman dan pengetahuan dengan melihat secara langsung pelaksanaan kerja di lapangan beserta permasalahannya bagi mahasiswa dalam dunia industri yang berwawasan teknik. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Teknik Kimia, karena dapat membandingkan antara pengetahuan teoritis yang didapat di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan, sehingga ilmu akan bertambah dengan sendirinya akan berguna di kemudian hari.

4. Mengetahui dan mempelajari unit-unit utilitas yang dimiliki PT. Krakatau Tirta Industri.1.2.2 Tujuan Khusus1. Mengenalkan dan membiasakan lingkungan kerja nyata kepada mahasiswa sehingga mereka dapat membangun etos kerja yang baik, serta upaya untuk memperluas cakrawala wawasan.2. Sebagai salah satu persyaratan kelulusan dari mata kuliah Kerja Praktek bagi mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa-Banten.

3. Sebagai bentuk kerjasama antara pihak industri dalam bidang pendidikan.

1.3 Manfaat

1. Bagi Mahasiswaa. Memberikan pengetahuaan yang lebih dalam dari dunia kerja yang akan dihadapi oleh mahasiswa suatu saat nanti. b. Melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah didapatnya diperkuliahan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

c. Kesempatan memperdalam ilmu maupun memahami profesi tentang teknik-teknik untuk menangani masalah limbah industri yang bergerak dalam bidang pertambangan. d. Melatih mahasiswa untuk berpikir secara alamiah dalam menganalisa masalah secara terperinci sehingga didapatkan pemecahaan masalah yang sesuai untuk diterapkan. 2. Bagi Perguruan Tinggi

a. Terciptanya hubungan kerja sama yang baik antara perguruan tinggi dengan perusahaan tempat kerja praktek.b. Sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu mahasiswa dimasa yang akan datang. c. Menyiapkan lulusan yang baik dan siap kerja3. Bagi Perusahaan

a. Terjalinnya hubungan kerja sama yang baik dengan dunia pendidikanb. Hasil analisa dan penelitian yang dilakukan selama kerja praktek dapat menjadi bahan masukan bagi perusahaan untuk menentukan kebijakasanaan peningkatan produktivitas atau daam rangka perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan perusahaan di masa yang akan datang. 1.4 Materi yang Akan DipelajariDalam kerja praktek ini kami tertarik untuk mempelajari proses yang terdapat di PT. Krakatau Tirta Industri secara spesifik. Adapun materi yang ingin kami pelajari adalah tentang masalah :1. Profil Perusahaan (Sejarah dan Manajemen Pabrik)

2. Pengenalan Proses Pengolahan.

a. Jenis proses pengolahan yang diterapkan

b. Diagram alir proses pengolahan.

c. Kapasitas produksi.

3. Peralatan-peralatan utama yang digunakan : teruatama performancenya.

4. Alat kontrol : terutama cara kerjanya.

5. Pemeliharaan, terutama dari bahaya korosi.

6. Laboratorium : uji kualitas bahan baku dan produk jadi.

7. Sistem utilitas

a. Unit pengolahan air untuk industri

b. Unit pengadaan steam / uap dan sistem pendingin

c. Unit pengolahan limbah dan produk samping yang dihasilkan

d. Utilitas pendukung lainnya (Pengadaan energi listrik, dll)

8. Tugas khusus : diberikan oleh dosen pembimbing Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan/atau dari pembimbing lapangan PT. Krakatau Tirta Industri.

BAB IIPELAKSANAAN

2.1 Bentuk Kegiatan

Praktek kerja lapangan merupakan suatu kegiatan studi lapangan dalam bidang industri yang mencakup aktivitas (sesuai dengan materi yang dipelajari) antara lain :

1. Pengenalan perusahaan dan penyesuaian diri dengan lingkungan kerja praktek (lapangan).

2. Studi literatur.

3. Observasi perusahaan yang berhubungan dengan Keteknik-kimiaan.

4. Pengumpulan data di PT. Krakatau Tirta Industri yang meliputi observasi/pengamatan di lapangan, eksperimen/percobaan.

5. Konsultasi kepada pembimbing.

6. Penulisan laporan kerja praktek.

2.2 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kerja praktek akan dilaksanakan pada :

Waktu: 1 September 2015 31 Oktober 2015 (disesuaikan)

Tempat: PT. Krakatau Tirta IndustriJl. Ir. Sutami Kebonsari Citangkil Cilegon 424422.3 Penyelenggara

Kerja praktek dilaksanakan atas kerja sama antara Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dengan PT. Krakatau Tirta Industri.2.4 Peserta Kerja Praktek

Peserta kerja praktek adalah mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dengan nama dan biodata (terlampir) yaitu :

NoNamaNPM

1.Taufik Rachman Susanto3335121870

2.Firna Fitriani Amin3335120093

2.5 Ruang LingkupBanyak hal yang ingin dipelajari dan didapat dari ilmu dan pengalaman selama kerja praktek (KP) di PT. Krakatau Tirta Industri, akan tetapi berhubung waktu yang diberikan oleh pihak kampus hanya 2 bulan maka selama kerja praktek di PT. Krakatau Tirta Industri mahasiswa lebih memilih untuk fokus dalam hal mempelajari : sistem proses pengolahan air danau hingga menjadi air baku proses industri, proses pengolahan limbah, dan mampu menghitung balik (penelusuran rancangan) besaran pokok dari suatu peralatan proses berdasarkan kondisi operasi yang diketahui (Pompa : jenis, daya pompa, debit).2.6 Jadwal Kegiatan Program

Berdasarkan kalender akademik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Semester Genap tahun ajaran 2014/2015, maka pada kerja praktek ini kami mengusulkan untuk melaksanakan kerja praktek mulai tanggal 1 September 2015 hingga 31 Oktober 2015. Akan tetapi semua keputusan yang diambil mengenai jadwal dimulai dan berakhirnya kerja praktek ini seluruhnya diberikan kepada pihak PT. Krakatau Tirta Industri. Namun besar harapan apabila pihak PT. Krakatau Tirta Industri mempertimbangkan usulan tersebut.Berikut adalah garis besar rencana kegiatan yang diusulkan :Tabel 1 Jadwal Kegiatan Kerja Praktek di PT. Krakatau Tirta IndustriNoBentuk KegiatanMinggu ke-

IIIIIIIVVVIVIIVIII

1.Mempelajari sruktur organisasi dan manajemen perusahaan serta overview plant lapangan.

2.Study lapangan dan kerja lapangan

3.Mencari solusi permasalahan dan tugas khusus

4.Bimbingan dan Penyususnan Laporan KP

Pada tabel rencana kegiatan tersebut merupakan gambaran secara garis besar dari tahap-tahap kegiatan kerja praktek yang nanti menjadi acuan dalam pelaksanaan kerja praktek di PT. Krakatau Tirta Industri.BAB III

PENUTUPDemikian proposal kerja praktek ini disusun sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan kerja praktek di PT. Krakatau Tirta Industri, agar terdapat kesatuan wawasan dan pengertian dari semua pihak serta dapat mewujudkan suasana yang komunikatif guna mendukung kelancaran jalannya kerja praktek ini. Besar harapan kami agar proposal kerja praktek ini dapat diterima dan terealisasi sesuai rencana. Jika terdapat hal-hal yang kurang sesuai dengan apa yang menjadi dasar perusahan, dapat didiskusikan pada awal sebelum kerja praktek tersebut berjalan.Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Atas bantuan, kerjasama serta perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

BIODATA PEMOHONPemohon 1Nama Lengkap: Taufik Rachman Susanto

Tempat/Tanggal lahir: Tangerang, 27 Juli 1994

Jenis Kelamin: Laki - laki

Agama: Islam

Alamat: Jl. Batara Wisnu Blok B5 No. 14 Benua Indah, Tangerang

Alamat Domisili: Jl. Gunung Kencana No. 21 Komplek Damkar, Cilegon

Email: [email protected]

Telepon: 085691909451

Riwayat Pendidikan

NoTingkat PendidikanNama dan TempatTahun Kelulusan

1Program S-1UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, CILEGON-BANTEN2012 Sekarang

2Sekolah Menengah atasSMA Negeri 15 Tangerang2012

3Sekolah Menengah PertamaSMP Negeri 2 Tangerang2009

4Sekolah DasarSD Negeri Pasar Baru 3 Tangerang2006

Pengalaman Organisasi

1. Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEMIA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Departemen Kewirausahaan tahun kepengurusan 2013/2014.2. Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEMIA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Departemen Minat dan Bakat tahun kepengurusan 2014/2015.3. Wakil ketua FORMASI Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Tahun 2014.4. Ketua Pelaksana Motivation Training Tahun 2014.Pemohon 2Nama Lengkap: Firna Fitriani Amin

Tempat/Tanggal lahir: Pandeglang, 09 Februari 1995

Jenis Kelamin: Perempuan

Agama: Islam

Alamat: Kp. Tegallega Desa Karya Utama Kec. Cikedal, Pandeglang-Banten

Alamat Domisili: Jl. Belanak No.29 Komplek Propelat D-Flat Cilegon Banten

Email: [email protected]

Telepon: 083812571193

Riwayat PendidikanNoTingkat PendidikanNama dan TempatTahun Kelulusan

1Teknik Kimia Program S-1UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, CILEGON-BANTEN2012 Sekarang

2Sekolah Menengah AtasSMA Negeri 4 Pandeglang2012

3Sekolah Menengah PertamaSMP Negeri 1 Menes2009

4Sekolah DasarSD Negeri Babakanlor 12006

Pengalaman Organisasi

1. Ketua Dewan Ambalan Fatahillah - Cut Meutia Pangkalan SMA N 4 Pandeglang Angkatan ke-13.2. Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEMIA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Departemen Minat Bakat tahun kepengurusan 2013-2014.3. Bendahara Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FT. Untirta tahun kepengurusan 2014-2015.4. Asisten Laboratorium Kimia Dasar Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2014-sekarang.Mahasiswa Pemohon 1

Taufik Rachman Susanto

NIM. 3335121870

Mahasiswa Pemohon 2

Firna Fitriani Amin

NIM. 3335120093

Dosen Pembimbing Kerja Praktek

Dr. Endarto Yudo Wardhono, ST., MT.

NIP. 197707092008121001

Ketua Jurusan Teknik Kimia

Dr.- Ing Anton Irawan, ST., MT

NIP.197510012008011007

Jurusan Teknik Kimia Fakultas TeknikUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa