of 18/18
PROPOSAL KERJA PRAKTEK DI PT. SUMATERA PRIMA FIBREBOARD DIBUAT UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN PERMOHONAN KERJA PRAKTEK DI PT. SUMATERA PRIMA FIBREBOARD OLEH : MUHAMMAD NAJIB 940418-01-5861 MUHAMMAD AMMIRUL 940215-03-5893 MUHAMMAD IKMAL BALQIS 940329-10-6047 HAZIMAH 940430-01-5510

Proposal KP UTM

  • View
    50

  • Download
    11

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Proposal KP di SPF, Teknik Kimia

Text of Proposal KP UTM

PROPOSAL KERJA PRAKTEK

PROPOSAL KERJA PRAKTEKDI PT. SUMATERA PRIMA FIBREBOARD

DIBUAT UNTUK MEMENUHI PERSYARATANPERMOHONAN KERJA PRAKTEK DI PT. SUMATERA PRIMA FIBREBOARDOLEH :

MUHAMMAD NAJIB940418-01-5861MUHAMMAD AMMIRUL940215-03-5893MUHAMMAD IKMAL BALQIS940329-10-6047HAZIMAH

940430-01-5510

JURUSAN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

INDRALAYA

2016

LEMBAR PENGESAHAN

PROPOSAL KERJA PRAKTEK

1. Pelaksana :

Nama/NIM:Muhammad Najib(940418-01-5861)

Muhammad Ammirul(940215-03-5893)

Muhammad Ikmal Balqis(940329-10-6047)

Hazimah(940430-01-5510)

Jurusan:Teknik Kimia

Fakultas:Teknik

Universitas:Universitas Teknologi Malaysia2. Tempat Pelaksanaan:PT. Sumatera Prima Fibreboard 3.Waktu Pelaksanaan:15 Juni 2016-5 September 2016Perwakilan Penyusun,

Muhammad Najib Bin Kasiman

940418-01-5861

Mengetahui,

Ketua Jurusan Teknik Kimia

Fakultas Teknik Unsri

Dr. Ir. Hj. Susila Arita R, DEA NIP. 196010111985032002Pembimbing Kerja Praktek

Elda Melwita, S.T., M.T., Ph.D.

NIP. 197505112000122001

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan proposal Kerja Praktek ini. Adapun tujuan dari proposal Kerja Praktek ini adalah melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan kerja praktek di PT. Sumatera Prima Fibreboard.

Kerja Praktek ini merupakan salah satu mata kuliah wajib sebagai prasyarat menempuh jenjang S-1 di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, yang bertujuan agar mahasiswa dapat melihat dan membandingkan hal-hal yang sifatnya teoritis dengan kenyataan di lapangan serta menambah wawasan mahasiswa mengenai industri kimia. Adapun rencana pelaksanaan kerja praktek ini adalah selama 2 bulan di PT. Sumatera Prima Fibreboard.

Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan oleh pihak Kabag Personalia PT. Sumatera Prima Fibreboard, kami sampaikan banyak terima kasih.

Indralaya, April 2016

Hormat kami,

PenyusunBAB I PENDAHULUAN1.1. Latar BelakangIlmu pengetahuan dan teknologi telah membawa kita untuk berusaha melahirkan manusia yang berkualitas. Mahasiswa adalah salah satu sumber daya berkualitas yang mempunyai tanggung jawab untuk membekali dirinya dengan ilmu pengetahuan, memperluas cakrawala pandang tentang ilmu pengetahuan sekaligus mempertajam daya analisa terhadap suatu masalah sesuai dengan bidang ilmunya.Melalui Kerja Praktek ini, mahasiswa dapat melihat langsung kasus-kasus yang terjadi dan ikut terlibat dalam penanganan kasus tersebut. Mahasiswa tersebut dituntut secara langsung untuk mengingat kembali serta menerapkan ilmu yang didapatkan pada bangku kuliah, sehingga mahasiswa akan mendapatkan sesuatu yang baru baik itu dalam hal pengalaman maupun pola berpikir yang baru.

Industri fibreboard merupakan sektor penting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun, maka permintaan akan produk fibreboard juga meningkat. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki hutan yang berpotensi dalam penyediaan kayu dan kayu merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan fibreboard. Permintaan akan produk fibreboard yang meningkat ini kemudian memacu industri untuk mengembangkan proses produksi fibreboard. Perkembangan industri yang semakin meningkat memerlukan perkembangan teknologi yang memadai serta sumber daya manusia yang berkemampuan tinggi yang dapat menunjang perkembangan industri fibreboard di Indonesia, maka dari itu diperlukan perkembangan ilmu pengetahuan dan pengaplikasian secara nyata di industri.PT. Sumatera Prima Fibreboard (PT. SPF) merupakan salah satu industri yang memproduksi fibreboard yaitu panel serat berkerapatan sedang (MDF). PT. SPF merupakan pabrik MDF dengan double line terbesar di Indonesia. Didukung oleh Siempelkamp Contiroll Continous Hot Press yang sedang keseluruhannya berasal dari Eropa. Pabrik PT. SPF dirancang untuk mampu memproduksi MDF sebanyak kurang lebih 200.000 m3 per tahun.Berdasarkan uraian di atas, maka kami mengajukan permohonan untuk melakukan kerja praktek di PT. Sumatera Prima Fibreboard. 1.2. Tujuan Kerja PraktekKerja Praktek ini dimaksudkan untuk:1) Meningkatkan wawasan berfikir, daya nalar, dan menambah pengalaman mahasiswa dalam penerapan ilmu Teknik Kimia meliputi pengoperasian, proses-proses kimia dalam pembuatan dan pengolahan fibreboard serta aspek-aspek keteknikan lain dalam suatu industri kimia yang tidak diperoleh di perkuliahan secara nyata.

2) Mengamati dan mempelajari proses nyata menyangkut pengolahan fibreboard, serta cara pengoperasian alat-alat industri dari setiap unit proses yang ada.3) Mengadakan studi perbandingan antara ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan.

1.3. ManfaatManfaat yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah :

1) Manfaat Bagi Perguruan Tinggi

Sebagai tambahan referensi khususnya mengenai teknik pengolahan fibreboard serta proses-proses nyata yang ada dan mungkin terbaru di dunia industri di Indonesia yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukan.

Membina kerja sama yang baik antara lingkungan akademis dengan lingkungan kerja.

2) Manfaat Bagi Perusahaan/Instansi

Hasil analisa dan pembelajaran yang dilakukan selama kerja praktek dapat menjadi bahan masukan bagi pihak perusahaan/instansi untuk menentukan kebijakasanaan perusahaan dimasa yang akan datang khususnya dibidang Teknik kimia.

3) Manfaat Bagi Mahasiswa

Mahasiswa dapat memperhatikan kasus-kasus yang terjadi pada kondisi operasi sehingga menambah pengetahuan dan pola pikir baru.

Mahasiswa dapat menyajikan pengalaman-pengalaman dan data-data yang diperoleh selama Kerja Praktek kedalam sebuah Laporan Kerja Praktek. Mahasiswa dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pengalaman di kerja lapangan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Tugas Akhir. Mahasiswa dapat mengenalkan dan membiasakan diri terhadap suasana kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang baik, serta sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja.

Mahasiswa mendapat gambaran tentang kondisi real dunia kerja dan memiliki pengalaman terlibat langsung dalam aktivitas dunia kerja.1.4. Ruang Lingkup Kerja Praktek 1) Orientasi dan Studi Kepustakaan

Merupakan pendahuluan berupa pengenalan terhadap hal-hal yang umum, seperti sejarah singkat PT. Sumatera Prima Fibreboard, profil PT. Sumatera Prima Fibreboard dan hal-hal lain yang berkaitan dengan struktur organisasi dan personalia.2) Studi Lapangan

Melihat dan mempelajari proses yang terjadi, sistem peralatan dan pemeliharaan , pengendalian mutu, manajemen kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L), sistem distribusi, dan pemasaran industri serta treatment yang dilakukan di lapangan3) Tugas KhususTugas khusus kami adalah menghitung kebutuhan uap/steam dari boiler yang digunakan sebagai energi plant pada unit produksi di PT. Sumatera Prima Fibreboard.4) Penyusunan laporanMelakukan bimbingan secara berkala dan pembuatan laporan secara sistematis.BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Profil PT. Sumatera Prima FibreboardPT. Sumatera Prima Fibreboard (PT. SPF) mulai memproduksi panel serat berkerapatan sedang (MDF) sejak tahun 2004. Berdiri di atas area seluas kurang lebih 600.000 m3 di kabupaten Ogan Ilir kurang lebih 28 km disebelah selatan kota Palembang. PT. SPF merupakan pabrik MDF dengan double line terbesar di Indonesia. Didukung oleh Siempelkamp Contiroll Continous Hot Press yang sedang keseluruhannya berasal dari Eropa. Pabrik PT. SPF dirancang untuk mampu memproduksi MDF sebanyak kurang lebih 200.000 m3 per tahun.

Medium Density Fibreboard (MDF) adalah panel serat berkerapatan sedang yang dibentuk dari serat kayu (fibre) yang dipadatkan bersama dengan resin melalui proses penekanan dan pemanasan secara terus menerus pada saat bersamaan. MDF telah berhasil digunakan dalam industri manufaktur perabot rumah tangga dan sebagai bahan alternatif pengganti plywood tradisional. Dengan menggunakan teknologi mutakhir, produk PT. Sumatera Prima Fibreboard ini secara luas dapat digunakan untuk material bangunan, perabot rumah tangga, plafon, lantai, kotak speaker dan untuk produk-produk yang mensyaratkan emisi formaldehyde yang rendah. Ketebalan MDF yang diproduksi mulai dari 2,5 mm hingga 25 mm.

Dengan didukung oleh lebih dari 500 orang tenaga kerja yang terlatih, PT. SPF dalam memproduksi MDF mampu memanfaatkan kayu karet tua yang sudah tidak produktif lagi sebagai bahan baku utama. MDF yang diproduksi oleh PT. SPF memiliki kualitas yang tinggi dan memenuhi standar European MDF Board (EMB). 65% pasar PT. Sumatera Prima Fibreboard adalah untuk pemenuhan ekspor ke Cina, Taiwan, Singapura, Korea, Vietnam, Filipina dan Malaysia. Sedangkan 35% digunakan untuk pemenuhan pasar domestik. Target pasar MDF lainnya yang potensial adalah Jepang, Amerika dan Timur Tengah.2.2. Lokasi PT. Sumatera Prima FibreboardPT. Sumatera Prima Fibreboard merupakan industri kertas yang beroperasi di km. 28 Desa Tanjung Seteko Inderalaya-Ogan ilir Sumatera.

Gambar 1.1. Letak PT. Sumatera Prima FibreboardBAB III

RENCANA PELAKSANAAN

3.1. Waktu PelaksanaanBerdasarkan Kalender akademik Universitas Sriwijaya Semester Genap tahun ajaran 2015/2016, maka pada kerja praktek ini kami mengusulkan untuk melaksanakan kerja praktek mulai tanggal 15 Juni 2016 sampai dengan 5 September 2016. Akan tetapi semua keputusan yang diambil mengenai jadwal dimulai dan berakhirnya kerja praktek ini seluruhnya diberikan kepada pihak PT. Sumatera Prima Fibreboard. Namun besar harapan apabila pihak PT. Sumatera Prima Fibreboard dapat mempertimbangkan usulan tersebut.Kerja Praktek akan dilaksanakan di :

Nama Perusahaan: PT. Sumatera Prima Fibreboard.Bagian

: Tergantung pihak PT. Sumatera Prima Fibreboard.Jadwal Kegiatan

Jenis KegiatanMinggu

IIIIIIIVVVIVIIVIII

Orientasi Lingkungan Kerja

Kepustakaan

Ke Lapangan

Tugas Khusus

Penyusunan Laporan

Penyerahan Draft Laporan

3.2. Tugas Khusus

Boiler merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan uap/steam untuk berbagai keperluan. Uap/steam yang dihasilkan dari boiler sangat penting karena memiliki kemampuan seperti menyimpan dan membebaskan energi panas, pindah panas yang cepat, bersih, mudah disalurkan kemana saja, suhunya stabil sesuai tekanan dan mudah diatur sehingga tidak over heating. Maka dari itu, tugas khusus kami adalah menghitung kebutuhan uap/steam dari boiler yang digunakan sebagai energi plant pada unit produksi di PT. Sumatera Prima Fibreboard.3.3. PesertaJumlah peserta calon mahasiswa Kerja Praktek Fakultas Teknik Kimia dan Energi Universitas Teknologi Malaysia pada PT. Sumatera Prima Fibreboard terdiri dari 4 orang mahasiswa Jurusan Teknik Kimia, yaitu :1) Nama

: Muhammad Najib Bin KasimanNo. IC

: 940418-01-5861Jurusan

: Teknik KimiaSemester

: 6Tanggal Lahir

: 24 April 1994IPK

: 3,412) Nama

: Muhammad Amirul Bin AzharNo. IC

: 940215-03-5893

Jurusan

: Teknik Kimia

Semester

: 6

IPK

: 3,50

3) Nama

: Muhammad Ikmal Balqis Bin Abdul RazakNo. IC

: 940329-10-6047

Jurusan

: Teknik Kimia

Semester

: 6

Tanggal Lahir

: 29 Maret 1994IPK

: 3,24

4) Nama

: Hazimah Binti KahiruddinNo. IC

: 940430-01-5510Jurusan

: Teknik Kimia

Semester

: 6

Tanggal Lahir

: 30 April 1994IPK

: 3,16

BAB IV

PENUTUP

Demikianlah proposal kerja praktek ini dibuat sebagai bahan pertimbangan bagi Pimpinan PT. Sumatera Prima Fibreboard dengan harapan dapat menerima kami untuk melaksanakan kerja praktek. Besar harapan kami agar dapat diterima dan melaksanakan kerja praktek di PT. Sumatera Prima Fibreboard. Besar juga harapan kami akan bantuan segenap direksi dan staf perusahaan demi kelancaran serta suksesnya kerja praktek yang kami laksanakan. Dengan adanya kegiatan kerja praktek ini, diharapkan kerja sama antara Perguruan Tinggi dan industri akan terus terjalin, sehingga proses transfer teknologi dari industri ke Perguruan Tinggi dan sebaliknya akan berjalan dengan baik dan dapat membantu pembangunan dan pengembangan teknologi di Indonesia. Atas perhatian, bantuan dan kerja sama ini kami ucapkan terima kasih.Lampiran I

Alamat Institut/Jurusan Pengaju Proposal :

Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik

Universitas Sriwijaya IndralayaGedung Jurusan Teknik Kimia FT UNSRI Indralaya, Jl. Raya Palembang-Prabumulih Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir (30662)Tel. (0711) 580303Fax. (0711) 580303Alamat Email Pemohon :

Muhammad Najib [email protected]

Hazimah

[email protected] Ikmal Balqis

[email protected] Amirul

[email protected] IICURRICULUM VITAECALON PESERTA DIDIK KERJA PRAKTEK