Stase Interna

  • View
    94

  • Download
    1

Embed Size (px)

DESCRIPTION

po

Text of Stase Interna

STASE INTERNA

STASE INTERNASMF : dr. Jusi Susilowati SpPDStase Interna angkatan pertama 2010 (Periode 31 Maret 7 Juni 2014)

Ketua : Afghan Gerta MajidSekretaris : Firda Jusela SuddingAnanda Indrawan PrabowoSelviandiAzisah Soraya AzisFara FarihaFathur Rahman M.HFenia Indah RainirHilda HermanJulia

HARI PERTAMAKalo bisa sebelum perkenalan udah ditentuin, mana yang masuk penyakit dalam, mana yang masuk jantung, mana yang masuk paru. Dibagi rata ajaTentuin ketua dan sekretarisKetemu dr . Jusi di poli penyakit dalam lantai 3. Semuanya ikutSetelah itu, lanjut ke poli masing-masing sampe poli selesaiBuat jadwal jaga (Hari pertama langsung jaga!) Buat kocokan referat, judul referat udah ada di buku log

POLIKLINIK 1 Orang 1 poliBiasanya poli mulai jam 9.00 atau 9.30Urutan rolling : Penyakit dalam jantung paru (atau terserah urutannya mau gimana)Kalau ada kegiatan (lapjag/referat/preskas) ditengah poli izin ke dokter dan perawatPOLI PENYAKIT DALAM (LANTAI 3 GEDUNG A)Lamanya 3 minggu

KONSULEN:dr. Jusi Susilowati, SpPDdr. Ariadi Humardhani, SpPDdr. Nugroho Budi Santoso, SpPDdr. Teddy Ervano. SpPD, KEMD (poli nya beda sendiri, poli endokrin sebelah poli tht lantai 3)

Perawat :Pak suronoMba NitaMba leliMba FatimahPak Wasis (khusus poli endokrin)

Poliklinik dr. Jusi Susilowati, SpPD

Dokternya baik, suka ngejelasin, tapi harus jaga mood nya dokter jusi ya, soalnya moody-anKegiatan :Ambil kursi, duduk disebelah beliauKita cuman ngeliatin merhatiinKalo ada yang ga ngerti nanya aja

Poliklinik dr. Ariadi Humardhani (dr.dhani), SpPD

Dokter yang penuh dengan senyuman, baik, kalo ngejelasin juga enak kokKegiatan : Ambil kursi, duduk sebelah beliauKita cuman ngeliatin merhatiinKalo ada yang ga ngerti nanya aja, soalnya beliau mau nya ditanya

Tindakan :Pungsi asites : kadang ada tindakan pungsi asites, kita disuruh liat kalo udah sekali dua kali. Biasanya beliau nawarin mau coba atau ga, kalo emang ada kesempatan coba aja. Soalnya jarang jugaHemodialisa : kalo emang mau liat proses hemodialisa, langsung aja ke ruang HD itu yang dibelakang parkiran deket ruko. Tapi jangan lupa minta izin dulu.Poliklinik dr. Nugroho Budi Santoso, SpPDDokter nugroho baik,ngejelasinnya juga enak. Terus suka nyanyi2. beliau orang betawi asli Kegiatan :Ambil kursi, duduk sebelah beliauKita merhatiin dan ngeliatinKadang kita juga ditanyaTerus kadang juga disuruh pemeriksaan fisik

Tindakan :Endoskopi : jadi kalo misalnya beliau ada jadwal endoskopi ikut aja tapi minta izin ya, nah ntar pas diruangan endoskopi (lt.6 gedung baru) kita ngeliatin, terus nanya2 aja kalo ga ngerti.

Poli endokrin dr. Teddy Ervano. SpPD, KEMD Dokter teddy orangnya asik, baik, suka cerita tentang dr. F, SpPD KEMD (dosen yarsi pasti tau kan) soalnya beliau sekolah konsultanya barengan.Pertama kali datang kesana pasti kita ditanyain berat badan sama tinggi badan, kalo kita gendut ntar dimarahin suruh diet :DBeliau ga suka sama orang yang gemuk haha, pasti di komentarin terusPoli endokrin paling beda sendiri, dia luas, banyak peralatan kedokteran mahal disitu jadi ati2 ya.Poli endokrin biasanya ga megang banyak pasien, palingan cuman 30

Kegiatan :Anamnesis pasien baruTerus pasien yang kita anamnesis ditanya2 sama beliau, diagnosis dll nyaKadang disuruh nulis status DM yang ber- lembar2 ituTerus beliau paling suka nanya2 ke kita, kita harus ngerti dasar dari semua penyakit.Kalau dikasih pr atau tugas dari beliau, beneran harus dikerjain diketik diprint dan dibuat ppt terus dipresentasiin .

Tindakan :USG TiroidPerawatan kaki diabetikum

Perawatnya namanya pak wasis, minta ajarin juga sama pak wasis dia pinter dan jago banget deh. Dan mau gajarin kita juga

Tambahan :Kalo konsulennya cuman 1 atau 2, 1 poli boleh berduaKalo misalnya jam 9 pagi konsulennya belom ada yang dateng, kita boleh pegang pasien, tapi cuman boleh pasien baru ya, kalo pasien baru minta nya sama pak surono sekalian minta statusnya, nah ntar kalo udah dapet pasien baru yaudah panggil pasiennya terus kita anamnesis selengkap-lengkapnya, terus kalo udah balikin status nya ke perawat didepan ke mba nita, mba leli, atau mba fatimahNah kalo jam pulangnya yah tergantung banyaknya pasien, tapi biasanya paling lama jam 3 sore.Rolling konsulen : terserah kesepakatan masing2 mau tukeran konsulennya gimana, kalo kita per 1 konsulen 5 hari atau 4 hariPOLI JANTUNG (lantai 4 gedung A deket poli neuro)Lamanya 3 minggu

Konsulen:dr.Herawati Isnanijah, SpJPdr. Agung Fabian C, SpJP FIHA

Bukan Konsulen:dr. Bambang, SpJP (adanya hari selasa dan kamis)

Perawat :Mpok maleMba eniMba lindaPoliklinik dr.Herawati Isnanijah, SpJP (ruang 3)

Dokter hera baik, cuman emang orangnya tegas bangeeet! Ga suka berisik apalagi denger ringtone hp kecuali ya hp nya beliau. Jadi kalo ada pasien yg hp nya bunyi, suruh langsung keluar aja. Daripada ntar beliau marah2. beliauKegiatan :Poli jantung ga dudukBiasanya pasien sekali masuk 3 orang, panggil sesuai nomer urut terus suruh berbaring. Nah ntar kita anamnesis dan kita pf (biasanya auskultasi aja). Terus pasiennya jangan suruh bangun dulu tunggu dokter hera pf lagi.Terus kalo ada pasien baru (tandanya di status nya ada huruf B) langsung di bawa ke ruang treadmill, nah terus dianamnesis lengkap. Terus cantumin juga diagnosisnya apa. Nah kalo udah selesai, bawa lagi pasiennya ke ruang dokter hera.

Terus kalo selesai poli, kita disuruh nanya. Nah tanya aja, soalnya ntar dijelasinnya enak dan panjang.Terus kadang suka dikasih pr jugaTerus kalo ada pasien yang bawa rontgen harus langsung diambil dan dikeluarin terus tunjukin ke dokter hera.Poliklinik dr. Agung Fabian C, SpJP FIHA (Ruang 4)Dokter agung baik, ngejelasinnya juga enak. Mesti banget add pin bb nya biar mudah ngehubungin beliau.Kalau di poli dokter agung kita harus gesit, harus inisiatif dan harus gercep (gerak cepat)Dokter agung ngajarin kita gimana kerja sebagai dokter, makannya ntar di poli disuruh nulis rujukan ke dokter spesialis lain, terus mengisi form lab sama form rontgen.Kayak biasa kalo ada pasien suruh berbaring, terus kita anamnesis dan pf tapi inget jangan terlalu lama.Nah dokter agung percaya sama kita, jadinya ga bakalan diperiksa lagi sama beliau. Nah kalo kita bingung ada suara yang aneh2 gitu pas auskultasi minta konfirmasi sama dokter agung.

Tapi kalo pasien baru tetep harus diperiksa sama beliau jugaKalo ada pasien baru seperti biasa anamnesis ke ruang treadmillKalo ada pasien yang bawa rontgen, diambil terus langsung taro di lampu rontgen (harus kayak gini kalo ga ntar dimarahin)Selesai poli biasanya kita disuruh nanyaNah terus beliau juga suka ngasih pr, kalo bisa besokannya setor pr nya ke beliau

Tindakan:EchocardiogramKalo misalnya dokter hera atau dokter agung echo ikutin aja, liatin, merhatiin. Kalo mau nanya juga boleh. Biasanya kalo yang ngajarin banget echo itu dr. hera

Bimbingan :Biasanya awal2 dokter agung ngasih bimbingan Ekg, biasanya pagi2 jam 7.00. diajarin beliau ekg enak banget deh, dan jadi ngerti.Nah dr. hera juga ngasih bimbingan Ekg, tapi biasanya setelah dokter agungPoliklinik dr. Bambang, SpJP (Ruang 1)dokter bambang adanya selasa dan kamisBeliau bukan konsulen, cuman kalo beliau lagi poli salah satu dari kita harus ada yang disana ikut poli beliau, nah ganti2an aja.Dokter bambang baik, ramah banget. Kalo ngajarin juga enak banget.Nah di poli dokter bambang kita anamnesis dan pf, biasanya kalo emang udah kita pf dokter bambang ga pf lagi dia percaya sama kita. Tapi kalo ada yang aneh2 minta konfirmasi ajaTerus kalo ada yang ga ngerti nanya ajaSeperti biasa abis poli biasanya disuruh nanyaRolling konsulen : terserah kesepakatan masing2 mau tukeran konsulennya gimana, kalo kita tinggal 3 minggu bagi dua aja. 1,5 minggu dr agung, 1,5 minggu dr heraPOLIKLINIK PARU (LANTAI 1 GEDUNG A)Lamanya 3 minggu

KONSULENdr. Syafrizal, SpPdr. Eva Sri Diana, SpPdr. Subagyo, SpP

Perawat:Ka triKa upikMba titinBang ismedBang johnson Poliklinik dr. Eva Sri Diana, SpP

Dokter eva orangnya baik, asik, gaul, wanita strong. Orangnya gemesan banget. Kalo ngejelasin enakDi poli ambil kursi duduk disebelah beliau, kita merhatiin ngeliatin, ntar diajarin kerja juga. Suruh ngisi from lab dan rontgen, terus rujukan jugaDisuruh nulis resepDi poli beliau juga suka ngejelasin rontgenKalo ada yang ga ngerti nanya ajaKalo disuruh pf sama beliau, baru pfPoliklinik dr. Subagyo SpP

Dokter bagyo baik, sering ceramahin kita tentang islam, dan paling sering ngajarin kalo kita lagi di poli beliau.Kegiatan dipoli, duduk sebelah beliau, kita merhatiin, ngeliatin, disuruh pf sama beliauBantuin ngisi form lab dan rontgenKalo ada yang ga ngerti nanya aja sama beliau, bakalan dijelasin panjang lebarKadang juga suka ditanya beliau

Poliklinik dr.Syafrizal, SpP

Dokter rizal baik, suka bercanda, gaul, beliau paling suka ngobrol tentang makanan2 enak, beliau juga suka travelling. Kalo ngejelasin juga enakKegiatan di poli, duduk di sebelah beliau kita cuman merhatiin dan ngeliatin ajaKalo ada yang ga ngerti tanyaTindakan di bagian paru yang bisa diikuti :

Pungsi pleura (bisa di poli bisa dibangsal)Pemasangan WSD (di bangsal)Bronkoskopi (Di poli)

Rolling konsulen : terserah kesepakatan masing2 mau tukeran konsulennya gimana, kalo kita per 1 konsulen 1 minggu

DI PARU WAJIB PAKE MASKER!!! Mau poli ataupun di bangsal

Follow upFollow up dateng jam 06.00 atau 6.30

Penyakit dalam : Flamboyan lantai 4, minimal megang 4 pasien Paru : Melati lantai 7, semua pasien follow up Jantung : flamboyan, melati, cvcu (lantai 4 gedung baru)Kalo follow up yang boleh nulis di status cuman bagian penyakit dalam sama jantung dr. hera aja. Nulis nya sesuai SOAP yaJadwal visite dokter ga nentu, jadwal paling pagi visit biasanya dokter nugroho jam 6 atau setengah 7.Kalo pagi2 nungguin dokternya ga dateng2