of 55 /55
KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat-Nya dan karunia-Nya yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun presentasi kasus yang berjudul “Ulkus Diabetikum e.c Diabetes Melitus tipe II Penyusunan tugas ini masih jauh dari sempurna baik isi maupun penyajiaannya sehingga diharapkan saran dan kritik yang membangun dari pihak pembaca agar dikesempatan yang akan datang penulis dapat membuat karya tulis yang lebih baik lagi. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Dr. Hami Zulkifli Abbas, Sp.PD, MH.Kes FINASIM; Dr. Sibli Sp.PD dan Dr. Sunhadi MM. SDM yang telah membantu menyelesaikan presentasi kasus ini. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Arjawinangun, 20 November 2013 Penulis 1

Ulkus diabetikum doc

Embed Size (px)

DESCRIPTION

case reports

Text of Ulkus diabetikum doc

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat-Nya dan karunia-Nya yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun presentasi kasus yang berjudul Ulkus Diabetikum e.c Diabetes Melitus tipe II Penyusunan tugas ini masih jauh dari sempurna baik isi maupun penyajiaannya sehingga diharapkan saran dan kritik yang membangun dari pihak pembaca agar dikesempatan yang akan datang penulis dapat membuat karya tulis yang lebih baik lagi.Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Dr. Hami Zulkifli Abbas, Sp.PD, MH.Kes FINASIM; Dr. Sibli Sp.PD dan Dr. Sunhadi MM. SDM yang telah membantu menyelesaikan presentasi kasus ini.Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Arjawinangun, 20 November 2013

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR....1

DAFTAR ISI...2

Identitas Pasien...3

Anamnesis...3

Pemeriksaan Fisik...4

Pemeriksaan Penunjang.7

Resume8

Diagnosa.. ...8

Follow up9

Diskusi........14

TINJAUAN PUSTAKA.18

DAFTAR PUSTAKA.39

BAB ILAPORAN KASUS

I. Identitas PasienNama: Ny.SJenis kelamin: PerempuanUmur: 50 tahunAlamat: KaliweruPekerjaan: Ibu Rumah TanggaAgama: IslamTgl masuk: 07-11-2013No.CM: 94391

II. Anamnesis (autoanamnesis)Keluhan Utama:Luka di bagian kaki yang tidak kunjung sembuh

Riwayat Penyakit Sekarang:Pasien datang ke RSUD Arjawinangun dibawa oleh keluarganya dalam keadaan sadar dengan keluhan luka dibagian kaki kiri yang tidak kunjung sembuh sejak + 1 minggu yang lalu SMRS. Pada awalnya luka hanya lecet biasa akibat tersandung batu, kian lama luka makin meluas dan membengkak serta tidak kunjung kering. Pasien mengaku sering merasa kesemutan pada bagian kedua tungkai kaki dan nyeri pada bagian luka.Pasien mengaku mengalami penurunan napsu makan, dan mengalami penurunan berat badan, Pada awalnya pasien memiliki berat badan 70 kg dan sekarang turun menjadi 54 kg. Pasien mengaku sering buang air kecil lebih dari 5 kali pada malam hari dan pasien mengaku sering merasa cepat haus. Nyeri kepala dan pandangan mata terasa kabur disangkal oleh pasien. Pasien mengaku badannya terasa lemas, demam yang disertai dengan nyeri otot.Pasien mengaku memiliki penyakit gula selama 4 tahun belakangan ini, dan sedang melakukan pengobatan penyakit gula. Tetapi pasien mengaku tidak meminum obat secara teratur sering lupa minum obat.Riwayat penyakit dahulu :Pasien mengatakan tidak memiliki riwayat asthma, penyakit paru, darah tinggi dan penyakit jantung. Pasien mengaku sedang dalam pengobatan diabetes.

Riwayat penyakit keluarga :Pasien mengaku tidak ada keluarga yang mempunyai penyakit yang sama dan tidak ada yang mempunyai penyakit kencing manis.

Riwayat Sosio EkonomiPasien tinggal bersama suaminya. Pasien sudah mengalami penyakit 4 tahun penyakit gula pasien merupakan ibu rumah tangga dan suaminya bekerja sebagai buruh pabrik. Pasien berobat dengan JAMKESMAS.

III. Pemeriksaan Fisik Kesadaran: composmentis Keadaan umum : sedang Keadaan sakit: sedang BB: 54 kg TB: 157 cm Status Gizi: BBI: 55 kg IMT: 20,4 (normal) Tanda Vital: Tekanan darah: 120/80 mmHg Nadi: 80x/menit (Reguler, isi penuh) Pernapasan: 22x/menit (cepat) Suhu: 36,8 C

Kepala Bentuk: Normal simetris Rambut: Hitam beruban dan tidak mudah rontok Mata : Konjunctiva ananemis -/-, Sklera ikterik -/-, Pupil bulat Ditengah, RCL +/+ RCTL +/+- Telinga : Liang lapang, tidak ada kelainan, bentuk normal, tidak ada sekret Hidung : Septum ditengah, secret - , pernafasan cuping hidung Mulut : Bibir tidak kering, lidah tidak kotor, tidak hiperemis, tidak ada caries, tonsil T1-T1.

LeherBentuk Normal, deviasi trakea (-), tidak ada pembesaran kelenjar tiroid dan KGB, JVP normal.

Thoraks Inspeksi : Bentuk dada kanan kiri simetris, pergerakan nafas kanan sama dengan kiri , tidak ada penonjolan masa. Palpasi : fremitus taktil kanan sama dengan kiri Perkusi : redup pada kedua lapangan paru bagian basal, dimulai dari ruang ics IV Auskultasi : vbs kanan = kiri, ronki -/- pada bagian basal, wheezing -/-

Jantung Inspeksi: Iktus kordis tidak tampak Palpasi : Ictus cordis teraba di sela iga V garis axillaries anterior kiri. Perkusi Batas jantung : Batas atas jantung : sela iga II garis parasternalis kiri Batas kiri jantung : sela iga V garis axillaries anterior kiri Batas kanan jantung : sela iga V linea parasternalis kanan Auskultasi : BJ S1 dan S2 murni regular, murmur (-), gallop (-).

Abdomen Inspeksi: cembung, lembut, tidak ada pelebaran vena, simetris Auskultasi: bising usus (+) normal Perkusi: suara timpani pada lapang abdomen, shifting dullness (-), undulasi (-) Palpasi: tidak teraba massa, terdapat nyeri tekan ulu hati dan hepar dan lien sulit dinilai.

GenitaliaTidak dinilai

EkstremitasAkral Hangat, CTR