13
PENTINGNYA PENGGUNAAN SAFETY BELT BAGI PENGENDARA DAN PENUMPANG OLEH : IKHWAN HABIB SUMBER : POS KOTA,FORD,BERBAGAI SUMBER (googling)

Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Embed Size (px)

Citation preview

Page 1: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

PENTINGNYA PENGGUNAANSAFETY BELT BAGI

PENGENDARA DAN PENUMPANG

OLEH : IKHWAN HABIBSUMBER : POS KOTA,FORD,BERBAGAI SUMBER (googling)

Page 2: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Apa itu safety belt???Seat belt adalah suatu bentuk perlindung tubuh yang dikenakan pada saat mengendarai mobil berbentuk sabuk / selempang yang termasuk dalam kategori perlengkapan keamanan kendaraan terbuat dari bahan keras dan lentur.

Page 3: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Kemungkinan yang terjadi jika tidak menggunakan safety belt

Penumpang tanpa seat belt akan meluncur keras menumbuk apa saja yang ada didepannya, pada saat kendaraan berhenti mendadak , terjadi tabrakan atau menabrak benda lainnya yang mengakibatkan laju kendaraan terhenti secara mendadak, sedangkan penumpang dengan seat belt akan tetap bertahan dikursi karena adanya energi kinetik tubuh diredam safety belt.

Page 4: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Berikut tips ringan berkenaan dengan pemakaian safety belt

1. pastikan seat belt masih berfungsi dengan baik.

2. pasang seat belt dengan tepat.

3. penumpang dikursi belakang juga di anjurkan untuk memakai seat belt untuk keselamatan.

4. anak-anak dan balita pun wajib menggunakan seat belt yang memiliki tambahan kursi yang ditaruh di atas kursi penumpang dewasa.

5. pastikan kursi sudah terpasang dengan benar kesandaran kursi belakang, untuk memastikan dapat dengan mengguncangkan kursi ke kiri atai ke kanan.

Page 5: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan …6. penggunaan seat belt pada wanita hamil sebaiknya memakai seat belt / safety belt yang khusus untuk wanita hamil karena seat belt ini di desain bukan hanya untuk melindungi sang ibu tetapi juga melindungi sang bayi. pastikan sabuk pas ketika di gunakan dan sabuk tidak berada di atas perut sehingga ketika terjadi benturan sabuk tidak menekan perut.

Page 6: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Mengenal lebih dekat perangkat keamanan kendaraan

1. Safety BeltIni merupakan hal yang umum dan wajib bagi pengguna kendaraan.Fungsi utama dari seat belt ialah untuk menahan tubuh jika terjadi benturan/tabrakan pada kendaraan. Bayangkan jika kita tidak menggunakan seat belt?Tabrakan itu akan menurunkan kecepatan mobil secara drastis, bahkan mungkin sampai berhenti. Hal itu akan membuat orang yang ada di dalam mobil bagian depan akan terlempar membentur kaca, dashboard, kemudi, dan apa saja yang berada di depan dan penumpang yang di belakang terdorong menghantam kursi bahkan sampai terpental keluar mobil.

Memakai seat belt akan menahan penumpang akibat hentakan tabrakan yang keras dan meminimalkan cidera, karena penumpang tidak terlempar keluar mobil. Karena fungsinya yang sangat vital, biasakanlah memakai sabuk pengaman ketika sedang mengendarai mobil, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Page 7: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan … 2. Klakson Fungsinya sebagai alat komunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Agar orang tahu keberadaan mobil ,motor yang kita kendarai, atau kendaraan lainnya yang kita gunakan.

Suara klakson tersebut akan dikompilasi dengan bayangan yang dibentuk di retina mata, kemudian dikirim ke otak untuk diolah menjadi sebuah informasi yang isinya pemberitahuan ada pengguna kendaraan lain, baik motor maupun mobil. Pada awalnya klakson Hanya digunakan pada saat emergency, bahaya, dan sebagai tanda peringatan.

Page 8: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan …

3. Lampu Jauh (High Beam)Masih sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai peranti visibility atau pembantu penglihatan. Untuk komunikasi biasanya digunakan sebagai tanda peringatan saat hendak menyalip atau kendaraan dari arah berlawanan yang masuk ke jalur yang sedang dilalui.

Atau saat melewati tikungan atau tanjakan yang tidak terlihat jalan di depannya saat malam. Kedipan lampu sekali atau dua kali sudah cukup. Konsekuensi penggunaan lampu jauh adalah menyilaukan pandangan orang yang datang dari arah berlawanan.

Menggunakan lampu jauh tidak pada tempatnya, selain melanggar etika dan sopan santun berkendara, juga dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Page 9: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan …

4. Lampu Sein Peranti ini juga sebagai alat komunikasi dengan lingkungan sekitar kendaraan. Digunakan untuk memberi peringatan jika kendaraan hendak bermanuver. Belok kiri, kanan atau pindah jalur.

Berupa dua buah lampu berwarna kuning pada sudut kanan dan kiri kendaraan, yang terletak di depan dan belakang kendaraan. Idealnnya dinyalakan 25 meter sebelum bermanuver, agar pengendara lain bisa bereaksi normal tidak mendadak.

Alasannya, reaksi normal manusia pada kecepatan normal (60 km/jam) adalah 1 detik (sekitar 17 meter). Buat yang bingung menghitung jarak, bisa dengan cara lain, yaitu dengan memperkirakan jarak berbelok atau manuver dengan minimal 5 kali kedip lampu seinnya.

Page 10: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan …

5. Fog LampJenis lampu ini sebatas alat bantu mengemudi. Idealnya lampu kabut hanya digunakan ketika kondisi cuaca buruk, tidak di kala situasi normal.

Walau di Indonesia hanya memiliki dua iklim, musim panas dan hujan, namun pada daerah tertentu ada yang memiliki cuaca yang ekstrem dengan jalan diselimuti kabut pada daerah pegunungan.

Namun boleh saja digunakan saat hujan deras yang dapat membatasi jarak pandang pengemudi. Di sini, lampu kabut berfungsi sebagai alat komunikasi antar pemakai jalan.

Page 11: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan …6. Lampu Hazardberfungsi sebagai alat komunikasi dengan lingkungan di sekitar kendaraan, yaitu dengan mengaktifkan lampu sein kiri-kanan secara bersamaan. Berdasarkan peraturan internasional, hanya digunakan pada saat emergency dan mobil dalam keadaan statis atau diam tidak bergerak. Saat berhenti dipinggir jalan karena ada kerusakan atau hal darurat lainnya.

Kendaraan yang melihat kendaraan lain dengan lampu hazard dinyalakan harus waspada atas kemungkinan yang dapat membahayakan kendaraannya. Tidak boleh dipergunakan saat dalam kondisi jalan.

Sayangnya banyak yang salah kaprah dalam menerapkannya. Di beberapa daerah seperti menjadi budaya alias kebiasaan. Seperti menyalakan hazard saat hendak jalan lurus melewati perempatan. Dasar pemikirannya kalau belok kanan atau kiri nyalakan sein sesuai arah tujuan, kalau lurus dua-dua diaktifkan.

Ada pula yang menggunakan saat konvoi, katanya sih biar enggak putus rombongannya. Padahal untuk jalan beriringan yang dibenarkan adalah menggunakan rotator. Parahnya lagi juga sering digunakan saat hujan. Padahal lampu hazard cahayanya yang terang bisa bias terkena butiran air.

Efeknya bikin silau dan jadi susah melihat lampu rem kendaraan di depan. Juga membuat bingung pengendara di belakangnya, karena enggak tahu mau bermanuver kemana.

Page 12: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

Lanjutan …

7. Airbagadalah fitur keamanan yang dipasang dimobil, yang berfungsi untuk melindungi kita jika terjadi kecelakaan frontal. Penggunaan Aibag dapat membantu melindungi daerah kepala, leher, dan dada.

Airbag biasanya dipasang oleh pembuat kendaraan, untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. Biasanya Airbag keluar dari stir/kemudi dan dashboard mobil. Ketika kepala anda mengenai Airbag, Airbag tersebut mulai mengempis secara perlahan. Akan tetapi, Airbag terbukti kurang efektif jika Anda tidak menggunakan sabuk pengaman (Seat Belt). Karena jumlah kecelakaan yang terus bertambah, banyak negara memberlakukan aturan wajib menggunakan sabuk pengaman (termasuk indonesia), yang dikatakakn efektif mengurangi jumlah korban yang disebabkan kecelakaan lalu lintas. Namun, desain Airbag yang terbaru dipercaya dapat melindungi anda, meskipun anda ridak menggunakan seat belt.

Banyak orang salah paham, bahwa Airbag berfungsi untuk menghentikan tubuh kita terlempar ke depan setelah tabrakan. Airbag sebenarnya dimaksudkan untuk melindungi kepala pengemudi, serta menghentikan kepala agar tidak terbentur stir/kemudi. Yang dapat menghentikan tubuh kita terlempar ke depan setelah tabrakan adalah Seat Belt

Fungsi AirbagMeredam energi kinetik penumpang

Melindungi penumpang dari benturan interior trimMelindungi penumpang dari pecahan kaca mobilMengurangi tertekuknya leher, efek dari terbenturnya kepala ke stir atau dashboard mobil

Page 13: Pentingnya penggunaan sabuk pengaman

TerimakasihUtamakan keselamatan,

Keluarga anda menunggu dirumah