Sifat sifat tercela (akhlakul madzmumah)

  • View
    608

  • Download
    3

Embed Size (px)

Text of Sifat sifat tercela (akhlakul madzmumah)

SIFAT-SIFAT TERCELA (AKHLAKUL MADZMUMAH)

M. Irfan Rosidi (20)Novita dwi pradyas C (22)Sella Yulanda (23)Anisah Firdausiah (24)Awanda Gita (25)SIFAT-SIFAT TERCELA (AKHLAKUL MADZMUMAH)

Apa itu akhlakul Madzmumah?

Akhlak tercela (Akhlakul madzmumah), yaitu segala tingkah laku yang tercela atau akhlak yang jahat, dan hal tersebut sangat di benci oleh Allah SWT.

Macam Macam Sifat Tercela MACAM-MACAM SIFAT TERCELAHASUD RIYAANIAYA ANANIYAHGHADHAB GHIBAH NAMIMAH

3

1. HASUD Hasud Perasaaan tidak senang melihat orang lain mendapatkan nikmat dari Allah Swt. Berusaha agar kenikmatan orang lain berpindah kepada dirinya. Kepuasannya akan tercapai apabila orang lain tak ada yang melebihinya dalam segala hal.

Dalil

QS. An Nisaa': 54

Artinya :"Apakah mereka dengki pada manusia atas apa yang diberikan Allah kepada mereka dari keutamaan-Nya? "

Mengapa Hasud dibenci Allah?

1.Membenci nikmat atau anugerah Allah Swt yang diberikan kepada orang lain.2.Tidak rela menerima pembagian karunia Allah Swt atas dirinya.3.Pelit terhadap pemberian Allah Swt, kalau bisa kebajikan dan anugerah Allah Swt jatuh pada dirinya, tidak perlu orang lain, kalaupun orang lain memperolehnya diharapkan di bawah derajat dirinya.4.Mengikuti pengaruh iblis yang sebetulnya sangat merugikan dan menghinakan diri sendiri.

Akibat Perbuatan Hasud 1. Kerisauan dan kegelisahan akibat kebencian tak terputus-putus.2. Gelisah, dipandang rendah oleh masyarakat dan pasti dijauhi.3. Jauh dari rahmat Allah SWT dan sesama manusia.4. Hancurnya kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan.

Nabi bersabda:"Jauhilah olehmu sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan seperti api memakan kayu bakar:" (HR. Abu Dawud).

Cara Menghindari Sifat Hasud- Selalu meningkatkan iman kepada Allah SWT.- Berupaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.- Mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita.- Meningkatkan sifat qana'ah.- Menyadari kedudukan harta dan jabatan dalam kehidupan manusia di dunia

2. RiyaPENGERTIANmelakukan amal ibadah dengan niat karena selain Allah, ingin pujian atau dilihat orang lain.

"Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung niatnya dan seseorang akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang diniatkan. "(HR. Bukhari dan Muslim).

Jenis-Jenis Riyaa.Riya' Dalam Niat : Dilakukan sejak awal perbuatan, bahkan sebelumnya sudah didasari riya.

b. Riya' Dalam Perbuatan: Dilakukan ketika sedang melakukan perbuatan baik ibadah maupun pekerjaan amaliyah yang bersifat keduniaan bila didasari dengan niat riya', tidak ikhlas karena Allah SWT, ingin dilihat orang, mengharap pujian dan sanjungan.

DalilQS. Al Maa'un : 4 6 (4) (5) (6)

Artinya:"Maka celakalah bagi orang yang salat, yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya, orang-orang yang riya.

QS An Nisa': 142.... .Artinya :".....Danapabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya' (dengan shalat) di hadapan manusia dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit "

Akibat sifat Riya a.Menghapus pahala amal baik.b. Mendapat dosa besar karena riya merupakan perbuatan syirik.c. Terhalang dari Hidayah dan Taufik dari Allah SWT.d. Menimbulakan keguncangan jiwa dan kesempitan hidup.

e.Tercabutnya kewibawaanf.Merasa berat dalam menjalankan segala bentuk ibadah.g.Berpotensi saling bermusuhan, karena ia mengungkit apa yang yang diberikannya kepada orang lain

Cara menghindari Sifat Riya1. Hindari beramal di depan orang lain.2. Sering-seringlah belajar melakukan sedekah sirri yaitu sedekah dengan cara rahasia.3. Ingat bahwa Allah tidak melihatseberapa banyakamal, tapi seberapa baik amal.4. Dengan niat yang baik maka semua masalah akan terselesaikan dengan baik pula.5. Banyak berdoa dan merasa takut dari perbuatan riya.

3. Aniaya (Zalim)Aniaya berasal dan bahasa Arab (dzolama) sifat ini termasuk salah satu sifat yang dikutuk oleh Allah dan Rasul-Nya, serta dikecam oleh seluruh umat manusia di dunia.Sifat ini berakibat menjatuhkan martabat diri sendiri dan orang lain.

Bentuk Sifat Aniaya a. Zalim kepada Allah, tidak mau mengikuti perintah dan menjauhi larangan-Nya.b. Zalim kepada orang lain, artinya memperkosa kehormatan dan harta benda atau berbuat semena-mena kepada orang lain.c.Zalim kepada binatang, artinya memperlakukan binatang secara tidak Islam, dengan cara mengurung, menyembelih dengan pisau tumpul dan sebagainya.

Dalil

QS. Al Maidah: 78 Artinya: Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas.

Akibat Sifat Dzalim1. Akan merugikan kehidupan sendiri baik di dunia maupun di akhirat.2. Akan memperoleh azab/laknat dan Allah.3. Akan memperoleh siksaan Allah di akhirat.4. Amal perbuatannya menjadi sia-sia.

4. Ananiah (egois)

Ananiah adalah sikap seseorang yang selalu mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain disekitarnya. Sifat ini sangat tercela, dan membahayakan di dalam pergaulan di masyarakat.

DalilQ.S Annisa ayat 36

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Akibat Ananiyah- Tidak mempunyai teman.- Hidup tidak selalu tenang.- Hidup tidak mempunyai tanggung jawab.- Dimurkai Allah.

Cara menghindari Ananiyaha. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.b. Menyadari bahwa egois dapat menghapuskan kebaikan.c. Meningkatkan tanggung jawab kepada Allah SWT.d. Mengingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

5. GHADAB / PEMARAH Pemarah orang yang lekas (mudah) marah dan selalu merasah mud terpancing emosinya.

Ciri-ciri fisik pemarah:1. Kelihatan dari wajahnya yang cemberut2. Mata yang melotot3. Berkata kata kasar dan kotor hingga sampai terjadi perkelahian.

DalilQs. Al Imran ayat 136

Artinya: Orang-orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Akibat Sifat Ghadhab1.Merugikan diri sendiri maupun orang lainnya.2. Lebih membawa kerusakan.3. Membawa pada sifat kebencian dan permusuhan.

Cara menghindari sifat pemarah1.Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.2.Jangan bicara yang menyinggung perasaan orang lain, jika salah kita ingatkan dengan cara yang lebih baik atau sopan.3. Selalu memberi maaf dengan tulus ikhlas.

6. GhibahGhibah menyebut atau memperkatakan seseorang dibelakang dirinya dengan apa yang dibencikan (menggosip negativ), Ghibah terjadi disebabkan dari dengki, mencuri muka atau berolok olok dengan tujuan untuk menjatuhkan martabat orang yang diumpat.

DalilQ.S. Al-Hujurat [49]: 12

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang."

Akibat GhibahOrang yang melakukan ghibah akan mengalami kerugian, karena pahala amal kebaikannya dia berikan kepada orang yang menjadi sasaran ghibahnya.Mengakibatkan putusnya ukhuwah, rusaknya kasih sayang, timbulnya permusuhan, tersebarnya aib, lahirnya kehinaan dan timbulnya keinginan untuk menyebarkan berita keburukan orang lainMendapat azab Allah swt yang sangat pedih.

Cara menghindari Ghibah1Selalu mengingat bahwa perbuatan ghibah adalah penyebab kemarahan dan kemurkaan Allah SWT.2.Selalu mengingat bahwasannya timbangan kebaikan ghibah akan pindah kepada orang yang digunjingkannya.3.Hendaknya orang yang melakukan ghibah mengingat terlebih dahulu aib dirinya sendiri dan segera berusaha memperbaikinya.4.Menjauhi faktor-faktor yang dapat menimbulkan terjadinya ghibah.5.Senantiasa mengingatkan orang-orang yang melakukan ghibah.6.Bila ghibah telah terdengar oleh orang yang bersangkutan, maka dia harus mengemukakan alasan serta meminta maaf kepadanya.

7. Namimah (Adu Domba) Adalah usaha untuk membuat orang lain saling bermusuhan. Umpanya pembicaraan si A disampaikan kepada si B yang pernah diperkatakan si A dengan tujuan untuk menimbulkan permusuhan antara si A dan si B dan mengotori kejernihan pergaulan atau menambah keruhnya pergaulan.

DalilQ.S. Al Qalam [68] : 10-11

, (:10-11)

Artinya: Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah. (Q.S. Al Qalam [68] : 10-11)

31

Akibat Dari Namimah

-Namimah merupakan sebuah dosa besar dan amat dibenci oleh Allah- Orang yang berbuat namimah tidak akan dimasukkan ke dalam surga tetapi justru akan dimasukkan ke dalam neraka.-Namimah dikelompokkan ke dalam perbuatan fitnah, dan fitnah itu bahayanya lebih kejam dari pembunuhan.-Orang namimah termasuk kelompok orang munafik, karena memiliki muka dua.-Akibat namimah dapat memutuskan tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah dua orang atau lebih.- Orang berbuat namimah hidupnya tidak akan tenang karena kebohongan yang diperbuatnya.

Cara Menghindari Peri