Inspirational Success Story

Embed Size (px)

Text of Inspirational Success Story

  1. 1. Entrepreneur & IntrapreneurEntrepreneur & Intrapreneur Towards Your Future successTowards Your Future success Disampaikan oleh : Satriyo Dharmanto Dalam IEEE Indonesia Student Congress 2011 Institut Teknologi Telkom, Bandung-Indonesia
  2. 2. 2 Success is my Right Larry lahir pada 26 maret 1973 Ilmuan computer America Co-Founder Google Inc Bersama Sergey Brin, sebagai presiden Google sampai 2001 Merekrut Eric Schmidt menjadi presiden dan CEO Google. Tritunggal bersama Brin dan Schmidt, menjalankan Google Aktif sebagai investor di bidang alternative energy seperti telstra motor, serta merupakan executive producers film, Broken Arrow. Larry Page (net worth: US$12 Bil )
  3. 3. 3 Success is my Right Sergey Brin (net worth :US$12 B) Setengah Rusia dan Amerika. Lahir di Rusia (August 21, 1973 ) dan besar di Amerika. Russia (1973-1979), America (1979-Sekarang) Merupakan salah seorang co-Founder Google Inc. Dia bertemu Larry page saat kuliah bersama-sama di standford, sama-sama berada di jurusan computer science Ph.D. program di standford. Menikahi Anne Wojcicki di Bahamas pada tahun 2007.
  4. 4. 4 Success is my Right Kostyantin Zhevago (Net Worth : US$3.4 Bil) Orang termuda ukraina terkaya saat menjabat sebagai finance director of bank Finance & Credit Tahun 1992. Menjadi orang Eropa Timur pertama yang Berhasil memperkenalkan salah satu perusahaan nya (Ferrexpo) ke London Stock Exchange. Lahir pada January 7, 1974 di Iul'tin, Russian SSR Aktif di dalam dunia politik di negara nya Menjabat sebagai salah satu staff di Yulia Tymoshenko Bloc (political party)
  5. 5. 5 Success is my Right John Arnold (Net Worth : US$2.7 Bil) Ayah nya merupakan seorang pengacara dan ibu nya merupakan seorang akuntan. Besar di dallas dan lulus dalam waktu 3 tahun di Vanderbilt Univ. Menjadi oil trader di Enron pada tahun 1995, meraup keuntungan sekitar $750M pada tahun 2001
  6. 6. 6 Success is my Right Xiaofeng Peng (Net Worth : $2.5 Bil) Lahir di provinsi jiangxi pada tahun 1975. Dia ada lah orang pertama yang mendirikan suzhou Liouxin Group sebuah perusahaan manufacturer dan expor untuk sarung tangan kerja dan kaca mata kerja. Dan bukan itu saja ia juga yang mendirikan LDK Solar Co. Ltd. pada tahun 2005 dan di serahkan kepada publik pada tahun 2007.
  7. 7. 7 Success is my Right Albert von Thurn und Taxis (Net Worth : US$2.1 Bil) Albert Maria Lamoral Miguel Johannes Gabriel, pangeran ke 12 dari Thurn dan Taxis. Lahir pada 24 June 1983, Regensburg, Bavaria, Germany Sudah masuk dalam List sebagai orang termuda terkaya beberapa kali semenjak ayah nya meninggal pada tahun 1990 dan memberikan warisan kepada nya, Ia masuk ke dalam List untuk pertama kali nya pada umur 8 tahun. Ibu nya Princess Gloria (ne Countess of Schnburg in Glauchau and Waldenburg) dahulu merupakan seorang publik figur yang sangat terkenal pada tahun 1980an.
  8. 8. 8 Success is my Right Shivinder Singh (Net Worth: US$ 1.6 Bil) Merupakan anak dari seorang dokter di india (Dr.Parvinder Singh) Merupakan direktur dari Fortis Healthcare, Merupakan cucu dari Bhai Mohan Singh, pendiri Ranbaxy Laboratories Limited, perusahaan farmasi terbesar di India yang sudah beroperasi semenjak tahun 1961, dan Ranbaxy mengexport produk nya ke lebih dari 125 negara di seluruh dunia, May 2009 Atul Sobti yang merupakan CEO and Managing Director Ranbaxy menyerah kan jabatan nya kepada Shivinder singh.
  9. 9. 9 Success is my Right Mark Zuckerberg (Net Worth : US$1.5 Bil) Pendiri Facebook. Llahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984 Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook. Zuckerberg terlahir sebagai Yahudi, namun ia memproklamirkan dirinya sebagai seorang Atheis Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders.
  10. 10. 10 Success is my Right Sehat Sutardja (Net Worth : US$1 Bil) Sehat Sutardja dan Pantas Sutardja, kakak-beradik asal Indonesia pemilik Marvell Technology Marvell merupakan salah satu perusahaan Amerika Serikat yang tercantum dalam majalah Forbes dengan kekayaan bersih 1 miliar dollar AS atau setara Rp 9,5 triliun. Perusahaan yang sudah go public di Bursa Saham Nasdaq New York Stock Exchange ini didirikan. Marvell didirikan pada tahun 1995, dan dalam tempo sekitar 10 tahun, perusahaan ini menjadi perusahaan industri semikonduktor terkemuka di AS.
  11. 11. 11 Success is my Right Entrepreneur, adalah seorang yang meng-organizes dan me-manages sebuah bisnis, dengan memahami dan mengambil alih segala resiko yang ada untuk memperoleh keuntungan / profit. Semua orang (segala umur) yang memulai dan menjalankan bisnis adalah seorang entrepreneur. Entrepreneurship Rencana mahasiswa, mengimplementasikan, mengoperasikan dan mengasumsikan risiko keuangan dalam kegiatan bisnis apapun. Dalam program kewirausahaan, siswa memiliki bahan dan input lain yang diperlukan dan menyimpan catatan keuangan untuk menentukan return to investments.
  12. 12. 12 Success is my Right Tiga Aspek Enterpreneurship: Melakukan identifikasi dan mengetahui peluang pasar serta menciptakan sebuah ide bisnis (produk atau jasa) untuk mendapatkan kesempatan memperoleh keuntungan Memimpin dan memberikan komitmen sumber daya dalam menghadapi risiko untuk mengejar kesempatan bisnis Menciptakan sebuah organisasi bisnis operasi untuk mengimplementasikan kesempatan yang termotivasi oleh ide-ide bisnis
  13. 13. 13 Success is my Right Keuntungan sebagai Enterpreneur: Anda adalah seorang bos Anda dapat menikmati keuntungan dari usaha anda Rasa bangga akan bisnis Anda Fleksibilitas dalam jadwal kerja Kelemahan sebagai Enterpreneur: Memerlukan waktu relatif panjang Perlu uang / modal untuk memulai bisnis Harus memahami peraturan pemerintah dan aturan-aturan bisnis Mungkin harus menghadapi keputusan sulit (perekrutan, pemecatan, dll) Mungkin kehilangan uang / mengalami kerugian
  14. 14. 14 Success is my Right Beberapa hal yang perlu diperhatikan Keberanian dan Jiwa kewirausahaan Kebijakan pemerintah Kepemilikan dan Legalitasusaha Sumberdaya (sarana & prasarana) Manajemen (pengelolaan usaha) dan SDM Produksi & teknis Pasar & Pemasaran Permodalan & keuangan Kemitraan bisnis Pengembangan usaha Perpajakan UCP-DC (Uniform Customs and Practice for Documentary Credits )
  15. 15. 15 Success is my Right Beberapa alternatif Memulai usaha baru: Merintis usaha baru. Mendirikan sendiri Persekutuan. Berbadan hukum dengan modal saham Membeli perusahaan orang lain Kerjasama manajemen (franchisor/parent company)
  16. 16. 16 Success is my Right Formal education will make you a living; self- education will make you a fortune - Jim Rohn Lulus SMA ranking 3 dari 140 siswa Masuk Perguruan Tinggi, tahun ke dua Drop Out dan menjadi pekerja serabutan Umur 25 Menjadi milioner di usia 31
  17. 17. 17 "Sebuah bisnis harus melibatkan naluri kreatif, itu harus menyenangkan, dan harus dilakukan latihan terhadap naluri kreatif Anda." "Peluang bisnis adalah seperti bus, selalu ada satu lagi yang datang." - Richard Branson, pendiri Virgin Group * Virgin Atlantic - An international airline flying to many major destinations. * Virgin Megastores - Music Super-markets located in major locations in the UK, USA and Australia. * Virgin Books - Publisher and distributor of books. * Virgin Credit Card - Branson's attempt to provide credit card at a reasonable price. * Virgin Holidays - Book a holiday and fly Virgin Atlantic? * Virgin Trains - Virgin making trains sexy in the United Kingdom. * V2 Music - Largest UK based independent recording label. * Virgin Active - Chain of fitness clubs throughout the United Kingdom. * Virgin Galactic - Branson's planned affordable flight to space venture. * Ulusaba - Luxury game reserve located in South Africa. * Necker Island - Branson's own private island located in the British Virgin Islands.
  18. 18. 18 Be Success Inovasi adalah alat khusus pengusaha, cara-cara yang mereka lakukan adalah mengeksploitasi perubahan sebagai sebuah kesempatan untuk bisnis yang berbeda atau layanan yang berbeda. Hal ini perlu disajikan secara disiplin, untuk menjadi sarana belajar, untuk dipraktekkan. Pengusaha perlu untuk mencari sumber inovasi, perubahan dan gejala yang menunjukkan peluang untuk inovasi yang membuahkan keberhasilan. Dan mereka harus mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip inovasi yang sukses.. " - Peter F. Drucker, "Bapak Manajemen Modern"
  19. 19. 19 Success is my Right Columbus mengajarkan cara mendirikan telur tanpa memegangnya "hal paling sederhana di dunia. Setiap orang dapat melakukannya, setelah orang itu ditunjukan bagaimana caranya! - Christopher Columbus.
  20. 20. 20 Be Success Konsep asli Sylvester Stallone untuk Rocky, dan karakter Rocky Balboa, terinspirasi dengan melihat tentang pertandingan antara Muhammad Ali dan Chuck Wepner. Gagasan tentang seorang petinju underdog akan jarak dan menempatkan sebuah pertarungan sengit melawan segala rintangan menarik Stallone. Stallone kemudian menulis skenario Paradise Alley. Setelah membaca naskah itu, produsen Irwin Winkler dan Robert Chartoff Stallone diundang untuk menemui mereka. Chartoff terkesan dengan konsep tersebut dan bersama Winkler setuju untuk mendukung Stallone dari segi finansial sementara ia menulis naskah.
  21. 21. 21 Bila masa muda anda habiskan dengan malas, konsekuensinya masa tua anda harus dilalui dengan kerja keras. Kalau masa muda rajin, beban masa tua akan lebih ringan. - Heru Winanto