Pelengkap busana

  • View
    147

  • Download
    6

Embed Size (px)

Text of Pelengkap busana

  1. 1. Pelengkap Busana
  2. 2. Pengertian Sesuatu yang dipakai untuk melengkapi dalam berbusana, baik bersifat praktis atau untuk menambah keindahan saja. Pelengkap busana terdiri dari kelompok benda-benda yang dapat dikenakan orang untuk melengkapi penampilannya atau melengkapi pakaian yang dikenakannya. Pelengkap Busana
  3. 3. Fungsi Pelengkap Busana Menghidupkan kembali atau memperbaharui busana klasik. Mengubah pakaian secara otomatis dari busana harian menjadi gaya busana malam atau lebih fashionable. Menambah warna serta menghidupkan busana yang netral. Menjadi fokus perhatian.
  4. 4. Jenis Pelengkap Busana Praktis/ Milineris Estetis/ Aksesoris Pelengkap busana yang tidak hanya berfungsi untuk memperindah penampilan tetapi juga berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh pemakai Pelengkap busana yang fungsinya hanya untuk memperindah penampilan.
  5. 5. Desain Gambar rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda dan dapat diwujudkan dalam bentuk nyata.
  6. 6. Jenis Desain Desain struktural (structural design) Suatu desain yang didasarkan pada bentuk, ukuran, warna, dan tekstur suatu benda sehingga mutlak dibuat suatu garis luar yang disebut siluet. Desain hiasan (decorative design) Bagian-bagian bentuk struktur yang tujuannya untuk memperindah model busana.
  7. 7. Unsur Desain unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah desain sehingga orang lain dapat membaca desain tersebut Garis Bentuk Arah Ukuran Tekstur Warna Nilai
  8. 8. Prinsip Desain Harmoni Proporsi Keseimbangan (balance) Irama Pusat perhatian (center of interest) Kesatuan (unity)
  9. 9. Pembuatan Tas dari Kain Perca Kain perca adalah kain sisa guntingan yang berasal dari pembuatan pakaian, kerajinan atau produk tekstil lainnya. Kain perca dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan tangan salah satu contohnya adalah pembuatan tas dari kain perca.
  10. 10. Alat dan Bahan yang Diperlukan Alat mesin jahit jarum pentul jarum tangan gunting metline /pita ukur Bahan Kain perca Busa pelapis Benang Rit sluiting/tutup tarik
  11. 11. Teknik Menjahit Kain Perca Patchwork Applique Quilting Seni menyusun dan menggabungkan kain perca aneka warna dan motif mengikuti pola berulang. (Aplikasi) Seni membentuk gambar dari potongan kain dan ditempel diatas permukaan kain Kombinasi dari patchwork dan aplikasi kemudian disempurnakan dengan teknik jahit tindas (Quilts) dengan menyisipkan busa lapis.
  12. 12. Tugas 1. Buatlah desain tas dari kain perca! 2. Buatlah tas dari bahan kain perca menggunakan teknik menjahit yang tepat!