Ptt softswitch

  • View
    591

  • Download
    38

Embed Size (px)

Text of Ptt softswitch

PowerPoint Presentation

SOFTSWITCHDisusun oleh :Agita purwandani15101036Ahmad nawawi15101037Ananda suci R15101038Dettia W. Brigitta15101045Dwi giovanni15101047Nur A. Indah C.15101057

Apa Itu Softswitch ?

Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap(PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.

Menurut isc (International softswitch concortium) definisi softswitch adalah suatu perangkat yang memiliki kemampuan :

Memilih proses yang di terapkan pada suatu panggilanRouting untuk panggilan dalam jaringanMentransfer kontrol panggilan ke elemen jaringan

Konsep kerja softswitch

Softswitch lebih di kenal sebagai IP-PBX Perangkat-perngkat dalam softswitch :

MGC yang sering disebut dengan perangkat call agent. Aplication. Media server

Komponen SoftswitchGateway Controller (GC) berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain.Signaling Gateway (SG) suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7Media Gateway (MG) berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbedaFeature Server (FS) menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain padasoftswitch tersebut.Media Server (MS) fungsinya yakni, untuk memperkayasoftswitchdengan kemampuan media.Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan olehmedia server.

Fungsi SoftswitchFungsi Switching Berkemampuan untuk menyambungkan dan memutuskan hubungan sementara.Softswitchmampu menghubungkan jaringan PSTN dengan jaringan IP dan juga melakukan pengaturan trafik yang berupa suara,data dan video.Fungsi Kontrol Fungsi kontrol bekerja berdasarkan instruksi pensinyalan yang datang dari luar atau dari data yang disimpan oleh sentral telepon itu sendiri.Fungsi persinyalan Mampu melakukan translasi protokol, sehingga dapat menjamininteroperabilityantara sistem signaling yang berbeda-beda seperti SS7, MGCP,IP, SIP, H.323 dan lain-lainFungsi Interface Mempunyaiinterfaceyang disebutapplication programming interface(API) yang membuatnya mampu untuk menambahkan atau mengembangkanserver-serveryang digunakan untuk menambahkanservicebaru.

FITUR FITUR SOFSWITCH ADALAH :

1.Abreviated dialing2.Call forwading3.Call waiting4.Cancel call waiting5.Calling line indetification presentasi ( ccip )6.Clip on call waiting7.Conterence call8.Confrex

Kelemahan Softswitch

Tergantung pada satu vendor, karena perangkat yang digunakan bersifat prepritary.Investasi yang sangat tinggi.Adanya fungsi kontrol, fungsi layanan dan fungsi network melekat dalam sirkit switch, sehingga operator sulit melakukan pengembangan dan diversivikasi layanan.

Keuntungan implementasi Softswitch, antara lain :

Konstruksi : jaringan dapat dibangun dengan biaya minimal, bandingkan jika kamu membangun sebuah sentral besar ?? Operasi dan pemeliharaan : biaya operasi dan pemeliharaan jaringan terpadu akan lebih ekonomis dan mudah dibanding dengan jaringan yang terpisah Layanan : jaringan bisa memberikan layanan nilai tambah yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan Customer : jaringan bisa memberikan layanan yang lebih personal yang mendukung upaya pemeliharaan dan penambahan pelanggan.

Dalam Media gatewayterbagi menjaditrunk gatewaydanaccess gatewayTrunk gatewayadalahmedia gatewayyang menjalankan fungsi ...Access gatewayadalah media gateway yang ...

Manfaat SOFTSWITCH

Teknologi Softswitch mampu menghubungkan antara internet, jaringan wireless, jaringan kabel dan jaringan telepon tradisional.Jaringan pusat (core network) dapat dicapai menggunakan Softswitch.Softswitch memampukan jaringan telepon untuk berkomunikasi dengan jaringan data/internet dan sebaliknya.