Buku Pedoman P3KGB + SK.pdf

  • Published on
    09-Oct-2015

  • View
    415

  • Download
    2

Embed Size (px)

Transcript

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 1

    Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 2

    PENGURUS BESAR PERSATUAN DOKTER GIGI INDONESIA:

    Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan Tim Penulis: Endang Jeniati, Wiwik Wahyuningsih, Retno Hayati, Krisnawati, Chaidar Masulili, Rahmi Amtha, Tis Karasutisna, Natalina Haerani

    Hak Cipta dilindungi Undang-undang. Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit.

    ISBN 978-602-70470-1-3 Edisi 3, PBPDGI 2014 Diterbitkan Tahun 2014 oleh: Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Jl. Utan Kayu Raya No 46 Jakarta Timur 13120 Tel. 021-85906355 Hp. 081908312328 E-mail: pbpdgi@cbn.net.id

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 3

    PEDOMAN DAN PETUNJUK PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

    PROFESIONALISME KEDOKTERAN GIGI BERKELANJUTAN

    (P3KGB)

    PB PDGI 2014

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 4

    KATA PENGANTAR

    Puji Syukur Kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya revisi buku Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB).

    Sejak diterbitkannya, buku Pedoman P3KGB ini telah beberapa kali mengalami penyempurnaan, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan panduan ini sedemikian rupa sehingga dapat memperbaiki baik tata cara penyelenggaraan maupun mutu substansi P3KGB.

    PDGI mengemban amanat Undang-undang nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran yang memberikan kewenangan mengeluarkan Sertifikat Kompetensi melalui Kolegium-Kolegiumnya. Berarti PDGI berkewajiban untuk senantiasa mengawal agar Dokter Gigi anggotanya tetap terjaga mutu kompetensi, etika, dan profesionalismenya melalui proses pembelajaran keprofesian sepanjang hayat. Dengan demikian, melalui sejumlah Satuan Kredit Profesi yang didapat oleh dokter gigi dari kegiatan-kegiatan pembelajaran keprofesian berkelanjutan ini, maka diakuilah mutu dokter gigi tersebut melalui pemberian Sertifikat Kompetensi. Sertifikat Kompetensi tersebut menandakan dokter gigi tersebut layak untuk menjalankan praktek kedokteran gigi di Indonesia, bahwa ia benar-benar kompeten sesuai kemajuan Iptek kedokteran atau kedokteran gigi.

    Hakekat penjagaan mutu profesionalisme adalah tugas besar dan mulia yang dipercayakan oleh bangsa dan negara. Oleh karena itu, perlu dibuat tatanan cara dan nilai-nilai dalam pengawalan mutu dari pelaksanaan kegiatan P3KGB itu sendiri. Agar optimal maka revisi Buku Pedoman P3KGB dilakukan dengan pendekatan multi sektor, yang bersifat kolaboratif, sinkronisasi dan harmonisasi dari berbagai pihak antara lain Perangkat Organisasi PDGI, MKKGI, Para Kolegium, dan Ikatan Keahlian Dokter Gigi Spesialis.

    Untuk itu saya menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang terlibat pada proses revisi buku Pedoman P3KGB ini.

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 5

    Beranjak dari revisi buku Pedoman P3KGB, harapan saya agar buku ini dijadikan pedoman pelaksanaan pembelajaran keprofesian berkelanjutan yang ditaati oleh seluruh unsur dan pihak. Semoga cita-cita kita untuk senantiasa menjaga citra keprofesian dokter gigi termasuk dokter gigi spesialis dapat terwujud demi keselamatan pasien dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

    Jakarta, 19 Mei 2014 PENGURUS BESAR

    PERSATUAN DOKTER GIGI INDONESIA

    KETUA,

    Dr. drg. Zaura Anggraeni, MDS

    NPA. 1105.104434

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 6

    SURAT KEPUTUSAN NOMOR : SKEP/462/PB PDGI/I/2014

    Tentang PEDOMAN & PETUNJUK PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

    PROFESIONALISME KEDOKTERAN GIGI BERKELANJUTAN (P3KGB) 2014

    PENGURUS BESAR PERSATUAN DOKTER GIGI INDONESIA

    Menimbang : 1. Bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi dokter gigi dan

    dokter gigi spesialis dalam pelayanan kesehatan gigi, perlu Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB).

    2. Bahwa Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) mengamanatkan kepada PDGI untuk menjadi pelaksana Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB).

    3. Bahwa setiap dokter gigi dan dokter gigi spesialis yang akan memperpanjang masa berlaku STR harus mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari Kolegium terkait.

    Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004, tentang Praktik

    Kedokteran 2. Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PDGI 3. Amanat hasil Kongres PDGI XXIV Bali tentang perlunya

    dilakukan kajian dan revisi terhadap Buku Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan Pelatihan P3KGB edisi kedua.

    Memperhatikan : 1. Hasil Pertemuan Rapat Komisi dengan Kolegium-Kolegium

    Kedokteran Gigi yang membahas revisi Pedoman dan Pelaksanaan P3KGB pada tanggal 5 Februari 2013 di Sekretariat PB PDGI, Jakarta

    2. Hasil Pertemuan Rapat Komisi dengan PB PDGI dan Kolegium-Kolegium Kedokteran Gigi yang membahas revisi Pedoman dan Pelaksanaan P3KGB pada tanggal 25 Juli 2013 di Sekretariat PB PDGI, Jakarta

    3. Hasil Pertemuan Rapat Komisi P3KGB dengan PB PDGI dan PDGI Cabang Se-Jabodetabek dan Wilayah DKI yang membahas revisi Buku Pedoman dan Pelaksanaan P3KGB pada tanggal 8 Agustus 2013 di Jakarta.

    4. Bahwa mulai tanggal 5 Februari 2013 telah diuji cobakan Sistem Penilaian Kegiatan, Penyelenggara (Provider) serta Pengajuan Penilaian/Akreditasi Kegiatan P3KGB yang menjadi standar Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan.

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 7

    MEMUTUSKAN

    Menetapkan Pertama : Memberlakukan Buku Pedoman & Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan

    Dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) 2014.

    Kedua : Surat Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan sampai waktu yang tidak ditetapkan dan dengan ini Buku Pedoman & Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) 2008 dinyatakan tidak berlaku lagi.

    Ketiga : Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kesalahan/kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan seperlunya.

    Ditetapkan di Jakarta Pada tanggal: 21 Januari 2014 PENGURUS BESAR PERSATUAN DOKTER GIGI INDONESIA KETUA UMUM SEKRETARIS JENDERAL Dr. drg. Zaura Anggraeni, MDS drg. Ugan Gandar NPA : 1105.104434 NPA : 1105.001341

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 8

    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR .................................................................................... 4 DAFTAR ISI ...................................................................................................... 6 TIM PENYUSUN ............................................................................................ 9 BAB I PENDAHULUAN ........................................................................... 10 BAB II TUJUAN DAN ORGANISASI ................................................... 17 BAB III TATALAKSANA PENYELENGGARAAN KEGIATAN P3KGB ............................................................................................................. 20 BAB IV SISTIM PENILAIAN KEGIATAN P3KGB .......................... 34 BAB V PEMBINAAN DAN PENGAWASAN ..................................... 45 BAB VI SERTIFIKASI DAN REGISTRASI .......................................... 47 BAB VII PENUTUP ...................................................................................... 55 Lampiran 1 ....................................................................................................... 56 Lampiran 2 ....................................................................................................... 60 Lampiran 3 ....................................................................................................... 64

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 9

    TIM PENYUSUN

    1. Komisi P3KGB - Drg. Endang Jeniati, MARS - drg Wiwik Wahyuningsih, MKM - Prof. Dr.Retno Hayati, drg, SKM, SpKGA (K) - drg Krisnawati, SpOrt (K) - drg Chaidar Masulili, Sp. Pros (K) - drg Rahmi Amtha, MDS, PhD - drg Tis Karasutisna, Sp. BM (K) - drg Natalina Haerani, Sp. Perio (K)

    2. Dept. Pendidikan dan Profesi PB PDGI - Dr. drg Corputty Johan E. Michael, SpBM - drg Peter Andreas, MKes

    3. Majelis Kolegium Kedokteran Gigi Indonesia - Dr. drg Harum Sasanti, SpPM

    4. Kolegium Kolegium Kedokteran Gigi - Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) - Kolegium Bedah Mulut - Kolegium Orthodonsia - Kolegium Prosthodonsia - Kolegium Konservasi Gigi - Kolegium Penyakit Mulut - Kolegium Kedokteran Gigi Anak - Kolegium Periodonsia - Kolegium Radiologi Kedokteran Gigi

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 10

    BAB I

    PENDAHULUAN

    A. LATAR BELAKANG

    Profesi kedokteran gigi adalah suatu pekerjaan yang dilaksanakan berdasarkan suatu keilmuan, kompetensi, kode etik, disiplin dan bersifat melayani masyarakat. Dokter gigi dalam melaksanakan profesinya memberikan pelayanan kesehatan gigi yang prima untuk memenuhi kebutuhan pasien sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi (IPTEKDOKGI) yang pesat. Untuk itu dokter gigi harus tetap komitmen terhadap pengembangan diri sepanjang hayat (life-long learning) dan menekankan etik profesional dan moral. Kewajiban pengembangan diri sepanjang hayat merupakan upaya mengembangkan profesionalismenya untuk meningkatkan dan meng-update pengetahuan dan keterampilan dokter gigi melalui Pendidikan Pelatihan Profesional Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB).

    Globalisasi ilmu kedokteran gigi memberi dampak pada dokter gigi/dokter gigi spesialis untuk memahami serta mengikuti kemajuan teknologi dan selalu meningkatkan keterampilan kliniknya, melalui peningkatan kompetensi yang berkesinambungan. Undang Undang RI No.29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran mengamanatkan Setiap dokter/dokter gigi yang berpraktik wajib mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kedokteran/Kedokteran Gigi Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh organisasi profesi dan lembaga lain yang diakreditasi oleh organisasi profesi dalam rangka penyerapan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran atau kedokteran gigi. Dilaksanakan sesuai dengan standar pendidikan profesi kedokteran/kedokteran gigi (pasal 27 dan 28). Selanjutnya

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 11

    organisasi profesi menetapkan standar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berkelanjutan tersebut. Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) pada dasarnya merupakan upaya pembinaan profesional yang merupakan sistem dari organisasi profesi (CPD = continuing professional development), dengan tujuan menjaga dan meningkatkan mutu kompetensi anggotanya.

    Oleh karena itu, Persatuan Dokter Gigi Indonesia sebagai organisasi profesi kedokteran gigi mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk mengembangkan sistem P3KGB sebagai upaya pengarahan, pembinaan dan pengawasan secara terus menerus agar kompetensi para anggotanya meningkat dan bermoral, beretika serta berdisiplin. Berdasarkan hal tersebut di atas perlu disusun pedoman P3KGB dengan tujuan : 1. Menjadi acuan penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan

    profesionalisme kedokteran gigi berkelanjutan 2. Menjadi standar metode pelaksanaan, peraturan dan penilaian serta

    terjamin mutu dan keabsahannya

    B. PENGERTIAN Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) adalah pendidikan, pelatihan, dan aktivitas professional yang dilakukan oleh dokter gigi dan dokter gigi spesialis untuk memelihara, meningkatkan, mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku dokter gigi dan dokter gigi spesialis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan aman dan profesional.

    C. DASAR HUKUM 1. Undang-Undang No. 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran 2. Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan 3. Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 12

    4. Undang-Undang No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Nasional 5. Undang-Undang No 20 Tahun 2013 Tentang Pendidkan

    Kedokteran 6. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1996 Tentang Tenaga

    Kesehatan 7. Peraturan Menteri Kesehatan No 1173/MENKES/PER/X/2004

    Tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut 8. Peraturan Menteri Kesehatan No.1419 Tahun 2005 Tentang

    Penyelenggaraan Praktik Dokter dan Dokter Gigi 9. Permenkes. No 512 Tahun 2007 Tentang Izin Praktik dan

    Pelaksanaan Praktik Kedokteran 10. Permenkes No 6 Tahun 2013 Tentang Kriteria Fasilitas Pelayanan

    Kesehatan Terpencil, Sangat Terpencil dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Yang Tidak Diminati.

    11. Peraturan Konsil No 6 Tahun 2011 Tentang Registrasi Dokter dan Dokter Gigi

    12. Peraturan Konsil No 9 Tahun 2012 Tentang SKSFM 13. Peraturan Konsil No 13 Tahun 2013 tentang SPAMED 14. Kepkonsil No 37 Tahun 2007 Tentang Pedoman Tata Cara

    Persetujuan Konsil Kedokteran Indonesia bagi Dokter dan Dokter Gigi WNA yang akan memberikan Pendidikan dan Pelatihan dalam rangka Alih Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

    15. AD dan ART PDGI hasil Konggres XXIV 2011 di Bali 16. Surat Keputusan PB PDGI no 34 Tahun 2008 Tentang Kode Etik

    Kedokteran Gigi Indonesia 17. Surat Keputusan PB PDGI no 35 Tahun 2008 Tentang Pedoman

    Kerja Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Gigi Indonesia 18. Surat Keputusan PB PDGI No 345 Tahun 2010 Tentang

    Peraturan Tambahan 19. Surat Keputusan PB PDGI No 2555 Tahun 2012 Tentang Surat

    Edaran Penyelenggaraan Kegiatan 20. Surat Keputusan PB PDGI No 357 Tahun 2013 Tentang

    Pemberian dan Pencabutan Surat Rekomendasi Izin Praktik

    D. KETENTUAN UMUM

  • Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan

    Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia 13

    1. Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi

    Berkelanjutan (P3KGB) adalah pendidikan, pelatihan dan aktivitas profesional lain yang dilakukan oleh dokter gigi dan dokter gigi spesialis untuk memelihara, meningkatkan, mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku dalam memberikan pelayanan kepada masya...

Recommended

View more >