Click here to load reader

Haluan kepri 27agus15

  • View
    300

  • Download
    14

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan kepri 27agus15

Text of Haluan kepri 27agus15

  • HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Popularitas dan Ria"BARANGSIAPA mencari popularitas dengan amal

    perbuatannya, maka Allah akan menyiarkan aibnya. Danbarang siapa yang riya dengan amalnya, maka Allah

    akan menampakkan riyanya." (Shahih Muslim No.5302)

    CMYK

    CMYK

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite:

    www.haluankepri.com

    Kamis, 27 Agustus 201511 Dzulkaidah 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 27/8 TAHUN KE 14

    KurangiBelanja

    Sandra Dewi

    Kurangi Belanja Hal 7Lima JCH Hal 7

    JAKARTA (HK) Melemahnyani la i tukar rupiah terhadapdolar Amerika Serikat belaka-ngan ini membuat aktris San-dra Dewi cukup was-was de-ngan kesukaannya akan pa-kaian. Kini, ia lebih selektifdalam memenuhi kebutu-han fesyennya.

    "Dulu, kalau lucu sedikitdibeli. Sekarang kalau nggakpenting, nggak usah," kataSandra saat ditemui di Ja-karta, Rabu (26/8).

    Ia cukup teliti meng-hitung pengeluarannya.Biasanya ia mencatat danmenghitung jumlah yangtelah ia keluarkan.

    Lima JCH Lingga Diberangkatkan

    BATAM (HK) Lima Jamaah CalonHaji (JCH) asal Lingga yang tertundaberangkat pada Kelompok Terbang

    (Kloter) 1 karena persoalan visa, akhir-nya diberangkatkan dengan bergabung

    bersama Kloter 2, pada Rabu (26/8).JCH tersebut adalah Sunoto Kusnin

    Salipan, Malikhatun Jumairoh Sukarmin,Masulfrianty Muchsin Nazir, Suyono

    Kardiman Toiban, dan Abdul Hamid AliMuhammad Ali.

    Kloter 2 ada-lah JCH dari Pro-vinsi Riau gabu-ngan dari Kabu-paten Rokan Hulu(Rohul) dan Kabu-

    paten Bengkalis. "JCH Kloter2 berjumlah 449 orang denganrincian, dari Rohul 225 orang,214 JCH, ditambah JCH Ling-ga 5 orang serta petugas Kloter5 orang," jelas Ketua PanitiaPenyelenggara Ibadah Haji(PPIH) Embarkasi Batam,Drs.H. Marwin saat membe-rikan sambutan pada prosesipelepasan Kloter 2 di AsramaHaji, Batam, kemarin.

    Asisten 1 Pemprov Riau Lepas Kloter 2

    IST

    ASISTEN I Pemprov Riau, Ahmad Syah Arrofi menyerahkan bendera Merah Putih kepadapetugas Kloter 2 sebelum meninggalkan Asrama Haji, Batam.

    Kepri Termasuk Rawan Konflik

    SANUR 1, SAH 2

    Satu KeberuntunganDua KemenanganTANJUNGPINANG (HK) Komisi Pemilihan Umum(KPU) Provinsi Kepri menggelarrapat pleno terbuka pengundiandan penetapan nomor urut sertadaftar pasangan calon Gubernurdan Wakil Gubernur Kepri diAsrama Haji Tanjungpinang,Rabu (26/8). Hasilnya, pasangancalon Gubernur dan Wakil Gu-bernur Kepri Muhammad Sani-Nurdin Basirun (Sanur) mengantonginomor urut 1 dan pasangan Soerya Res-pationo-Ansar Ahmad (SAH) nomor urut 2dalam pemilihan kepala daerah (pilkada)serentak Desember 2015 mendatang.

    Sebelum pengundian, Ketua KPU KepriSaid Sirajudin yang membuka rapat plenomengatakan, KPU Kepri telah melakukanverifikasi terhadap masing-masing pasa-ngan calon. Sebelumnya juga, KPU telahmengembalikan berkas yang kurang leng-kap kepada masing-masing calon untukdilengkapi dan kemudian diverifikasi.

    Dengan dilengkapinya berkas masing-masing dua pasangan calon Gubernur dan

    Wakil Gubernur Kepriini, maka lanjut dia,

    tim kampanye nan-tinya dapat mem-pedomani jadwal

    masa kampa-nye yang diseleng-garakan dari tanggal 27Agustus sampai 5 Desember men-datang.

    "Kami berharap kedua pasangancalon Gubernur dan Wakil GubernurKepri tidak melakukan kegiatan-kegiatan di luar kam-panye dan tidak me-lakukan hal-hal yang

    merugikan kita semua,"kata Said.

    Dalam melaksanakanpengundian nomor urut calon,KPU menggunakan dua lang-kah tahapan. Yakni, keduacalon wakil Gubernurdari kedua pasangancalon secara ber-samaan me-ngambil satubuah nomor da-ri wadah yangdisiapkan be-risi nomor 1hingga 10.

    "Siapa dian-tara kedua calon

    Satu

    Keberuntungan

    Hal 7

    BATAM (HK) Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti berkunjung ke MapoldaKepri dan menggelar rapat bersama Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Deparidan perwira tinggi, di Gedung Lancang Kuning Mapolda Kepri, Nongsa,Batam, Rabu (27/8). Kedatangan Kapolri untuk mengecek kesiapan jajaranPolda Kepri, karena daerah ini termasuk rawan konflik.

    PariadiLiputan Batam

    Kepri Termasuk Hal 7

    "Kedatangan saya ke Kepri sekaligusmengkroscek kesiapan personil seka-ligus sarana, prasarana, termasuk angga-rannya. Apalagi besok (hari ini, red)

    mulai kampanye," kata Badrodin kepadawartawan, usai menggelar rapat yangberlangsung tertutup itu.

    Dalam rapat tadi, lanjutnya, secarateknis dibahas tentang kesiapan personildalam pengamanan Pilkada Kepri.

    Awasi Selat Malaka dan Singapura

    RI-Malaysia Bentuk SatgasJAKARTA (HK) Angka-tan Laut Indonesia dan Ma-laysia sepakat untuk mem-bentuk tim cepat tanggapuntuk memerangi tingginyaangka serangan pembajakyang menyasar kapal-kapalkomersial di Selat Malakadan Singapura. Tim gabu-ngan itu diberi nama SatuanKhusus Penyelamat Dileng-kapi Helikopter (STAR).

    Dikutip dari kantor beri-ta Reuters, Rabu (26/8), timSTAR ini merupakan per-sonel lainnya dari penjaga

    perbatasan yang telah di-miliki kedua negara. Direk-tur Isu Maritim di Depar-temen Badan PenegakanMaritim (MMEA), Laksa-mana Pertama Zulkifli binAbu Bakar mengatakan,tim STAR memiliki tugasberbeda dari MMEA.

    Personel MMEA akanmerespons aksi perampokandan peristiwa pembajakan.Sementara itu, tim STARmerupakan personel tam-bahan yang ditugaskan untukmelawan tindak kejahatan

    perampokan skala berat diatas laut atau melawan ke-lompok pembajak kakap.

    "Saya tidak bisa menga-takan kepada Anda berapajumlah personel, tetapi timini cukup untuk melawanoperasi antipembajakanapa pun," kata Zulkifli.

    Sementara itu, menurutjuru bicara TNI AL, Zainuddin,tim STAR bukan tim baru.

    "Tim ini hanya memper-luas kerja sama patroli dankoordinasi, khususnya di

    Koordinasi Pegembangan Potensi Kepri

    Agung Segera TemuiRizal Ramli

    JAKARTA (HK) Penjabat GubernurAgung Mulyana segeramenemui Menko Kema-ritiman Rizal Ramli un-tuk berkoordinasi ten-tang pengembangan be-ragam potensi Kepriyang dapat meningkat-kan kesejahteraan ma-syarakat. Saat RapatKoordinasi dengan Pre-siden di Bogor, Senin (24/8)lalu, Agung sempat sebentar

    bertemu dengan Ri-zal Ramli.

    Karena itu,Agung ingin berkoor-dinasi banyak halterkait bidang di ba-wah Kemenko Ke-maritiman. Saatini, Menko Kemariti-man membawahiKementerian Per-hubungan, Kemen-

    terian Pariwisata, Kementerian

    Agung Segera Hal 7 RI-Malaysia Hal 7

    Agung

    OPTIMIS MENANG Calon Gubernur Sani yangberpasangan dengan Nurdin Basirun (kiri) dan Soerya

    Respationo-Ansar Ahmad, sama-sama optimismenang di Pilkada 9 Desember 2015 nanti, usai

    pencabutan undian nomor urut, Rabu (27/8). Sani-Nurdin mendapat nomor urut 1 sedangkan Soerya-

    Ansar nomor urut 2.

    Badrodin Haiti

    HALUAN KEPRI

  • Sambungan 7Kamis, 27 Agustus 2015

    Lima JCH Dari Halaman 1

    RI-Malaysia Dari Halaman 1

    Satu Keberuntungan Dari Halaman 1

    Dalam kesempatan itu Marwinjuga mengungkapkan, ada tiga JCHKloter 2 yang ditunda keberang-katannya ke Tanah Suci yakni Azi-zah Binti Burhan Somad karena vi-sa belum keluar, Saharisir Bin Su-lung Samad, pendamping AzizahBinti Burhan Somad, dan MahmudDolil Montok, juga karena visa be-lum keluar.

    "Kloter 2 ini dijadwalkan akantiba di Bandara Amir MuhammadBin Abdul Aziz, Madinah pada 26Agustus 2015 pada pukul 15.20Waktu Arab Saudi. "Dan dijadwal-kan akan tiba kembali ke Tanah Airpada 4 Oktober 2015 sekitar 12.35WIB," ucap Marwin.

    Sementara, berdasarkan hasilQur'ah Maktab TAHUN 1436 h/2015, selama berada di Makkah,Kloter 2 akan menempati pemon-dokan di wilayah Syisyah, Maktab37 No Rumah 601.

    "Dalam Kloter 2, jamaah tertuaadalah Selamet Janawi Kasan (85)asal Bengkalis, sedangkan yangtermuda adalah Sri Ika Mulia Mu-hammad Saleh (24) asal Bengka-lis," tambah Marwin yang juga Ke-

    pala Kantor Kemenag Kepri ini.Prosesi keberangkatan Kloter 2

    dihadiri oleh sejumlah pejabat, baikdari Kepri maupun dari Riau di-antaranya, Plt Bupati Bengkalis,Ahmad Syah Arrofi, KakankemenagRiau, Tarmizi Tohor, Kabid HajiKemenag Riau, HM Aziz, mantanKakankemenag Kepri, Razali Jaya,dan tamu undangan lainnya.

    Wakil Bupati Rohul, Hafit Syu-kri, saat memberikan sambutanmengharapkan seluruh JCH untukmeningkatkan kebersamaan danpersatuan. "Saling bantu sesamajamaah. Semoga Allah SWT mem-berikan kekuatan sehingga bisamenjalankan seluruh ibadah haji diTanah Suci," ucap Hafit.

    "Mohon doakan juga negeri danbangsa kita agar tetap aman, nya-man, dan kondusif. Kami juga men-doakan semoga semua bisa selamatpergi dan pulang nanti," ucapnya.

    Sementara di tengah merebak-nya isu virus Mers CoV, lanjut Hafit,para jamaah diminta untuk tidakberfoto selfie dengan unta di ArabSaudi. "Disinyalir unta salah saturantai penyebaran virus Mers CoV.

    Karena itu foto-foto selfie denganunta harap dihindari," paparnya lagi.

    Sementara, Asisten 1 Peme-rintah Provinsi Riau, Ahmad SyahArrofi ketika memberikan sam-butan sekaligus melepas keberang-katan Kloter 2 juga meminta selu-ruh jamaah untuk selalu menjalinkomunikasi dan silaturrahmi. "Se-moga perjalanan menuju Tanah Sucitanpa menemui kendala. Tetapsehat. Kami mendoakan semogapulang dari menjalanan RukunIslam kelima ini memperoleh pre-dikat haji mabrur," ujar Ahmad Syahyang juga Plt Bupati Bengkalis.

    Selain itu dia juga meminta agarjamaah mengedepankan kesabaran,meningkatkan tawaqal, mematuhiseluruh aturan selama di TanahSuci, serta jaga terus kebersamaan.

    "Semoga perjalan suci ini men-dapat ridho dari Allah SWT," pung-kasnya.

    Sama seperti keberangkatanKloter 1, proses keberangkatan ja-maah Kloter 2 juga diiringi denganlantunan ayat suci AlQur'an yangdikumandangkan oleh qori dan qo-riah dari Qur'an Centre, Batam. (fhy)

    a