Click here to load reader

Ikuti Prosedurnya, Dapatkan Manfaatnya, Menggali · PDF fileAsli/Fotokopi Akte Kelahiran / Surat Keterangan Lahir ... Sistem ini mensyaratkan surat rujukan dari ... klinik dan puskesmas,

  • View
    230

  • Download
    4

Embed Size (px)

Text of Ikuti Prosedurnya, Dapatkan Manfaatnya, Menggali · PDF fileAsli/Fotokopi Akte Kelahiran /...

  • Fasilita

    s Kese

    hatan

    Tingka

    t Prem

    ier

    (Puske

    smas

    , Klinik

    atau D

    okter

    Keluar

    ga)

    01

    Fasilita

    s Kese

    hatan

    Sekund

    er

    Dokte

    r Spesi

    alis

    02

    Fasilita

    s Kese

    hatan

    Tersie

    r

    Dokte

    r Sub-S

    pesiali

    s

    03Kasus yang sudah didugakan diagnosis & rencana terapinya merupakan pelayanan berulang

    dan hanya tersedia di faskes tersebut

    Edisi VI Tahun 2014

    INFOBPJSKesehatan Media Internal Resmi BPJS Kesehatan

    Ikuti Prosedurnya, Dapatkan Manfaatnya,

    Menggali Rujukan Berjenjang

    Pasien "Ngotot" RSJPD Harapan Kita Berlakukan Sistem Rujukan Paksa

    Direktur Utama RSJPD Harapan Kitadr Hananto Andriantoro, SpJP(K), FIHA.

    FOKUS

  • CEO Message

    Pengarah

    Fachmi IdrisPenanggung Jawab

    Purnawarman Basundoro Pimpinan Umum

    IkhsanPimpinan Redaksi

    Irfan HumaidiSekretaris

    Rini RachmitasariSekretariat

    Ni Kadek M. DeviEko Yulianto

    Paramitha SucianiRedaktur

    Diah IsmawardaniElsa Novelia

    Chandra NurcahyoYuliasman

    Juliana RamdhaniBudi Setiawan

    Dwi SuriniTati Haryati Denawati

    Distribusi dan Percetakan

    BasukiAnton Tri Wibowo

    Buletin diterbitkan oleh:

    BPJS KesehatanJln. Letjen Suprapto PO BOX

    1391/JKT Jakarta PusatTlp. (021) 4246063, Fax.

    (021) 4212940

    Redaksi

    Redaksi menerima tulisan artikel/opini berkaitan dengan tema seputar Askes

    maupun tema-tema kesehatan lainnya yang relevan dengan pembaca yang ada

    di Indonesia. Panjang tulisan maksimal 7.000 karakter (termasuk spasi),

    dikirimkan via email ke alamat: [email protected] dilengkapi

    identitas lengkap dan foto penulis

    DAFTAR ISI

    FOKUS4SURAT PEMBACAemail : [email protected] Fax : (021) 4212940

    3

    6

    7

    8

    9

    10

    11INFO BPJS

    KesehatanEDISI VI TAHUN 2014

    Menjadi Anggota PBI

    Benefit - Pelayanan Ambulance, Juga ada di JKN loh..

    Pembaca setia Info BPJS Kesehatan, Untuk mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan, peserta diwajibkan mengikuti prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku. Salah satunya adalah melalui rujukan berjenjang. Namun prosedur ini tidak sedikit membuat peserta merasa dipersulit untuk mendapat pelayanan kesehatan. Padahal jika tahun esesni dari rujukan berjenjang ini, peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan pelayanan yang jauh lebih efektif, efisien serta berkualitas. .Untuk itu secara khusus Info BPJS Kesehatan di edisi 6 kali ini akan mengulasan tentang esensi daru rujukan berjenjang yang menjadi prosedur dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang dijamin oleh BPJS Kesehatan. Hal ini akan kami kupas tuntas di rubrik FOKUS.

    Info BPJS Kesehatan juga menghadirkan wawancara khusus bersama Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Bapak Akmal Taher, dalam rubrik BINCANG. Bagaimana pandangan beliau mengenai sistem dan prosedur peserta BPJS Kesehatan serta bagaimana upaya kementerian kesehatan dalam menyediakan faskes-faskes yang berkualitas . Dan informasi-informasi lain seputar BPJS Kesehatan yang kami hadirkan dalam rubrik-rubrik lain.

    Memasuki edisi ke-6 Info BPJS Kesehatan, redaksi mengucapkan terimakasih atas apresiasinya terhadap kehadiran kembali media yang kita cintai ini. Sehingga kami benar-benar bahagia dan tetap bersemangat menerbitkan Info BPJS Kesehatan secara konsisten. Dengan masukan dan saran yang secara simultan kami terima untuk pembenahan media ini kami berupaya memberikan yang terbaik dalam upaya memberikan informasi seputar BPJS Kesehatan kepada seluruh pembaca.

    Redaksi

    Rujukan Bukan Mempersulit

    Yth. RedaksiBagaimana jika terdapat penambahan anggota

    keluarga?

    Vika ApriliaSolok, Sumatera Barat

    Jawab : Pendaftaran dapat dilakukan di Kantro BPJS Kesehatan terdekat, dengan mengisi

    Formulir Daftar Isian Penambahan Anggota Keluarga dan menunjukkan dokumen sebagai

    berikut :

    a. Asli/Fotokopi SK terakhir (bagi PNS)b. Asli/Fotokopi Daftar Gaji terakhir yang telah

    dilegalisasi pimpinan unit kerjac. Asli atau fotokopi Kartu Keluarga

    d. Pasphoto ukuran 3x4 sebanyak 1 lembare. Asli/Fotokopi Akte Kelahiran / Surat

    Keterangan Lahir (bagi penambahan anak)

    Salam, Redaksi

    Fokus - Dinkes BandungLengkapi Sistem Rujukan dengan Call Centre

    Pasien "Ngotot" RSJPD Harapan Kita Berlakukan Sistem Rujukan Paksa

    Bincang - Tanpa Sistem Rujukan Berjenjang Rumah Sakit Bakal Kewalahan

    Pelanggan - SEP Mandiri dan Bridging System, Pangkas Antrean Panjang

    Testimoni - Tumor Ganas Bersarang di Payudara Marsi

    Sehat - Stress Bisa Mengancam Nyama

    Kilas & Peristiwa - Pertemuan Manajemen Rumah Sakit dan DPM untuk Optimalisasi Sistem Rujukan Berjenjang

    Karakter JuaraMenuju Cakupan Semesta

    Ada satu pertanyaan yang menggelitik, mengapa ayam olahan Mc Donalds yang menduduki market share no 1 dunia dengan pendapatan 89,13 miliar USD per tahun (Des 2013) tidak menduduki satu dari sekian makanan terlezat dunia. Sementara olahan daging rendang yang diolah sederhana dengan kayu bakar dan tungku, sesuai hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh CNNGo, justru menduduki peringkat pertama sebagai makanan terlezat mengalahkan berbagai makanan khas dari berbagai penjuru dunia.

    Ternyata jawabnya sederhana, semua tergantung pada PROSES. Tak dapat dipungkiri bahwa fried chicken yang hanya dimasak tidak kurang dari 3 menit, akan sulit mengalahkan rasa Ayam Goreng Mbok Mberek yang diolah lebih lama, apalagi kelezatan rendang yang prosesnya memerlukan waktu berjam-jam. Dengan kata lain, proses akan menentukan hasil. Kata proses ini pula yang kiranya menjadi kunci sukses pembentukan karakter Duta BPJS Kesehatan. Untuk menjadi pribadi berkarakter sesuai dengan tata nilai organisasi, dibutuhkan waktu dan komitmen sehingga seluruh Duta BPJS Kesehatan menjadi pribadi yang handal, unggul dan terpercaya. Diperlukan upaya, waktu dan cinta dari seluruh komponen dalam lingkungan BPJS Kesehatan untuk mendorong Duta BPJS Kesehatan memiliki karakter sebagai pribadi yang mengesankan dan membanggakan.

    Kata cinta di sini jangan disalahartikan sebagai memanjakan. Komitmen pada aturan dan terbuka menerima konsekuensi terhadap pelanggaran adalah langkah nyata pembentukan karakter Duta BPJS Kesehatan. Seorang atasan sudah sepatutnya mampu menjadi suri tauladan yang mampu mencontohkan kedisiplinan kepada seluruh bawahannya. Ketika modelling ini berjalan dengan baik, maka dampaknya bukan hanya ke anak buahnya, namun juga akan berdampak positif kepada atasannya. Paling tidak ketika karakter sabar, toleransi, mampu memahami masalah dari sudut pandang yang berbeda, disiplin dan memiliki integritas (ucapan dan tindakan sama) terpancar dari seorang pegawai, maka sikap ini akan menjadi contoh kepada bawahan dan menjadi positive warning kepada atasannya untuk bersikap sama atau bahkan lebih baik. Hebatnya lagi, proses pembentukan karakter ini dapat menghasilkan pekerjaan bermutu dan meningkatkan brand image bagi organisasi jika setiap Duta BPJS Kesehatan berkomitmen untuk fokus pada proses untuk menjadi pribadi berkarakter yang lebih baik lagi hari demi hari.

    Dari setiap perjuangan ini, hendaknya kita pun dapat mengambil hikmah pembelajaran. Pembangunan karakter Duta BPJS Kesehatan yang memiliki daya tarung kuat harus menjadi visi sekaligus misi dalam pengelolaan sumber daya manusia yang ada di BPJS Kesehatan. Seyogianya proses alami perubahan sempurna kupu-kupu selalu tertanam pada diri Duta BPJS Kesehatan, karena Transformasi Jilid II BPJS KESEHATAN yang akan dilakukan bersama tentu masih akan dipenuhi dengan berbagai persoalan dan tantangan.

    Ini lah saatnya kita berfikir untuk membangun Duta-Duta BPJS Kesehatan yang berkarakter petarung, mandiri, kreatif, inisiatif dan mampu mencari penyelesaian masalah yang baik terhadap persoalan yang dihadapi pada dirinya dan lingkungan kerjanya. Kesuksesan bukan lah jalan pintas, ia adalah onak berduri yang terjal dan mendaki. Semakin tangguh kita, semakin berkarakter juara jiwa-jiwa ini dibina, maka semakin baik pula proses kita untuk menyongsong sukses sempurna dalam menjalankan program jaminan kesehatan nasional, menuju satu tujuan bersama - mewujudkan Cakupan Semesta.

    Direktur UtamaFachmi Idris

  • Info BPJS Kesehatan edisi 6 Tahun 2014 3

    F kus

    Pelayanan kesehatan dalam Program JKN dan dikelola BPJS Kesehatan, memang berbeda dengan sistem kesehatan sebelumnya. Pelayanan yang diterapkan harus melalui rujukan. Artinya,

    Sistem ini mensyaratkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan primer, misalnya, klinik dan puskesmas, sebelum ke rumah sakit.

    Surat rujukan ini juga harus ada bila pasien melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan yang setara tapi berlokasi jauh dari tempat tinggalnya. Sistem rujukan diterapkan berkaitan dengan keharusan adanya diagnosis dokter di tingkat faskes primer, misal pasien didiagnosis demam, batuk, pilek tanpa indikasi bahaya.

    Sistem serupa juga diterapkan pada penderita penyakit kronis yang sudah pulih namun masih memerlukan perawatan lanjutan, yaitu rujuk balik. Penderita penyakit kronis bisa kontrol dan menerima pengobatan dari dokter faskes primer yang dekat dengan tempat tinggalnya.

    Akan tetapi, masih banyak warga yang memilih datang ke rumah sakit tanpa membawa surat rujukan. Agar, masyarakat menerima pengobatan yang efektif dan efisien, Dinas Kesehatan Jabar melakukan uji coba Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan (Yankes) di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Sumedang, dan Kota Cimahi.

    Sistem rujukan adalah suatu sistem penyelanggaraan yankes yang memungkinkan terjadinya pelimpahan wewenang dan tanggung jawa

Search related