of 26 /26
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Tujuan : Aplikasi Pelacak Barang ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penyewa dengan cara mempersingkat waktu dalam pencarian informasi barang melalui komputer. Aplikasi Pelacak Barang dapat menghemat biaya dan tempat. Aplikasi Pelacak Barang dapat meminimalisasikan biaya kertas karena kertas yang dipakai sebagai tempat menyimpan informasi akan digantikan dengan database. Begitu juga dengan tempat, tidak membutuhkan rak besar atau tempat penyimpanan dokumen yang besar karena bisa disimpan di dalam database. 1.2 Ruang Lingkup : Fitur yang termasuk di dalam ruang lingkup Aplikasi Pelacak Barang : a. Pengelolaan data penyewa. b. Pencatatan barang masuk dan keluar gudang. c. Pengelolaan lot yaitu memantau status lot untuk mengetahui isi masing- masing lot serta penuh atau tidaknya lot. d. Pemantauan statistik penyewaan. e. Pembuatan laporan penyewaan. 1.3 Definisi 1. Barang : benda yang ingin disimpan oleh si penyewa. 2. Database : suatu pengumpulan data yang disimpan di dalam memori komputer. 3. Data penyewa : data mengenai identitas penyewa yaitu Id penyewa, Nama, Alamat, No. Ktp, No.Telp, Status penyewa. 4. Gudang : lokasi tempat penyimpanan barang. 5. Laporan penyewaan : laporan yang berisi history penyewaan pada setiap penyewa. 6. Lot : lokasi penempatan barang dalam gudang. 7. SRS : spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. 8. Statistik : kumpulan angka-angka yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu persoalan, 1

Kebutuhan Dan Spesifikasi Perangkat Lunak Untuk Aplikasi Pelacak Baran1232

Embed Size (px)

Citation preview

BAB 1PENDAHULUAN 1.1 Tujuan :Aplikasi Pelacak Barang ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penyewa dengan cara mempersingkat waktu dalam pencarian informasi barang melalui komputer. Aplikasi Pelacak Barang dapat menghemat biaya dan tempat. Aplikasi Pelacak Barang dapat meminimalisasikan biaya kertas karena kertas yang dipakai sebagai tempat menyimpan informasi akan digantikan dengan database. Begitu juga dengan tempat, tidak membutuhkan rak besar atau tempat penyimpanan dokumen yang besar karena bisa disimpan di dalam database. 1.2 Ruang Lingkup :Fitur yang termasuk di dalam ruang lingkup Aplikasi Pelacak Barang :a. Pengelolaan data penyewa.b. Pencatatan barang masuk dan keluar gudang.c. Pengelolaan lot yaitu memantau status lot untuk mengetahui isi masing- masing lot serta penuh atau tidaknya lot.d. Pemantauan statistik penyewaan.e. Pembuatan laporan penyewaan. 1.3 Definisi1. Barang : benda yang ingin disimpan oleh si penyewa.2. Database : suatu pengumpulan data yang disimpan di dalam memori komputer.3. Data penyewa : data mengenai identitas penyewa yaitu Id penyewa, Nama, Alamat, No. Ktp, No.Telp, Status penyewa.4. Gudang : lokasi tempat penyimpanan barang.5. Laporan penyewaan : laporan yang berisi history penyewaan pada setiap penyewa.6. Lot : lokasi penempatan barang dalam gudang.7. SRS : spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.8. Statistik : kumpulan angka-angka yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu persoalan, biasanya disusun dalam tabel atau daftar, sering disertai diagram atau grafik9. User : pengguna Aplikasi Pelacak Barang 1.4 Referensi : Lampiran : Tampilan- tampilan Aplikasi Pelacak Barang. 1.5 Overview :Sisa SRS ini diorganisasikan sebagai berikut : Bab 2 memberikan gambaran menyeluruh dari perangkat lunak. Hal ini memberikan tingkat kompetensi apa yang diharapkan pengguna, beberapa kendala umum saat membuat perangkat lunak dan beberapa asumsi dan ketergantungan yang diasumsikan. Bab 3 memberikan persyaratan khusus perangkat lunak yang diharapkan akan dikirim. Persyaratan fungsional yang diberikan oleh berbagai use-case. Persyaratan kinerja dan batasan desain juga diberikan. Bab 4 memberikan kemungkinan sistem di masa depan. Bab 5 memberikan beberapa lampiran tampilan- tampilan penggunaan perangkat lunak.

BAB 2DESKRIPSI KESELURUHAN 2.1 Harapan produk : Manajemen PT. Simpanan Baranga berkeinginan untuk meningkatkan layanan kepada para penyewa dengan mempersingkat waktu bongkar-muat barang yang dititipkan atau diambil. Aplikasi Pelacak Barang dibuat untuk memenuhi keinginan tersebut. Aplikasi Pelacak Barang berfungsi untuk mencatat barang masuk dan keluar gudang serta dapat memantau status lot untuk mengetahui isi masing- masing lot serta penuh atau tidaknya lot.Aplikasi Pelacak Barang diharapkan mudah untuk digunakan dan dipelajari, serta memiliki kehandalan dalam mewujudkan keinginan manajemen PT. Simpanan Baranga.Aplikasi Pelacak Barang ini dapat dijalankan di OS Windows. 2.2 Fungsi produk : Aplikasi Pelacak Barang mendukung beberapa use-case berikut :

Kelompok Use CaseUse CaseKeterangan Use Case

Use Case berhubungan dengan installasiInstallasiPemasangan Aplikasi Pelacak Barang ke dalam komputer

Use Case berhubungan dengan sistem otorisasi LoginMasuk ke dalam Aplikasi Pelacak Barang

Buat ID UserMembuat Id User yang baru

Ubah password UserMengubah password dari Id yang sudah ada

Hapus ID UserMenghapus Id yang sudah ada

Use Case berhubungan dengan pengolahan data gudangBuat gudangMembuat gudang yang baru

Ubah gudang,Mengubah informasi gudang (Id gudang,nama gudang, lokasi , panjang , lebar, stok, sisa kapasitas penyimpanan)

Hapus gudangMenghapus gudang yang sudah ada

Use Case berhubungan dengan pengolahan data penyewaBuat penyewaMembuat penyewa yang baru

Ubah penyewaMengubah informasi penyewa (Id penyewa, Nama, Alamat, No. Ktp, No.Telp, Status penyewa)

Hapus penyewaMenghapus penyewa yang sudah ada

Use Case berhubungan dengan pengolahan data transaksiBuat transaksiMembuat transaksi berdasarkan Id penyewa

Ubah transaksiMengubah informasi transaksi (Id transaksi, Id penyewa, jenis transaksi[masuk/keluar], waktu transaksi, berat barang, ukuran [panjang,luas] barang, pemeriksa , total biaya, keterangan transaksi)

Hapus transaksiMenghapus transaksi yang sudah ada

Use Case berhubungan dengan pengolahan data barang masuk dan keluarTambah barangMenambah barang yang masuk di suatu gudang berdasarkan penyewa tertentu

Tarik barangMenarik barang keluar dari barang yang sudah dimasukkan di suatu gudang berdasarkan penyewa tertentu.

Void BarangMembatalkan aksi tambah barang atau tarik barang sehingga stok barang kembali seperti semula sebelum aksi tersebut.

Use Case berhubungan dengan penampilan informasiTampil UserMenampilkan semua informasi user (Id user, nama user,Password,Hak)

Tampil GudangMenampilkan semua informasi mengenai gudang (Id gudang,nama gudang, lokasi , panjang , lebar, stok, sisa kapasitas penyimpanan)

Tampil PenyewaMenampilkan semua informasi mengenai penyewa(Id penyewa, Nama, Alamat, No. Ktp, No.Telp, Status penyewa)

Tampil TransaksiMenampilkan semua informasi mengenai transaksi (Id transaksi, Id penyewa, jenis transaksi[masuk/keluar], waktu transaksi, berat barang, ukuran [panjang,luas] barang, pemeriksa , total biaya) dan menampilkan statistic penyewaan selama jangka waktu per bulan.

Tampil Barang Masuk

Menampilkan semua informasi mengenai Barang yang telah masuk (Id barang , Nama barang, lot, Jumlah, berat, panjang, lebar, Id penyewa, Id gudang, Id transaksi)

Tampil Barang Keluar

Menampilkan semua informasi mengenai barang yang telah keluar (Id barang keluar, Nama barang, lot, Jumlah, panjang, lebar, Id barang, Id transaksi)

Cetak Transaksi PenyewaanMencetak transaksi penyewaan

2.3 Karakteristik pengguna : a. Pengguna harus mengerti mengenai prosedur penyewaan di PT. Simpana Baranga. b. Pengguna harus memahami fungsi- fungsi bagian dari Aplikasi Pelacak Barang. 2.4 Aktor Utama : 3 Aktor utama di dalam Aplikasi Pelacak Barang adalah staf layanan pelanggan, staf gudang, manajemen PT. Simpana Baranga. 2.5 Kendala Umum : a. Aplikasi Simpana Baranga beroperasi membutuhkan minimal SQL server 2005 b. Aplikasi Simpana Baranga adalah perangkat lunak yang dibuat single- user. 2.6 Asumsi dan Ketergantungan : a. Aplikasi Simpana Baranga beroperasi membutuhkan minimal SQL server 2005

BAB 3

Persyaratan Khusus3.1 Persyaratan Fungsional :Kami menjelaskan persyaratan fungsional dengan memberikan bermacam- macam use case.

Use Case berhubungan dengan installasiUse Case 1 : InstallasiAktor Utama: Manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : SQL server aktifSkenario Utama :1. Aktor Utama menginstall program pada PC perusahaan dengan cara mengcopy dari Flashdisk atau CD/DVD. Skenario Alternatif : 1(a). File Installer Corrupt / rusak. 1(a)1. Pembatalan Installasi

Use Case berhubungan dengan sistem otorisasi Use Case 2 : Login Aktor Utama : staf layanan pelanggan, staf gudang, manajemen PT. Simpana Baranga. Skenario Utama :1. Jalankan Aplikasi Pelacak Barang. 2. Aktor Utama memasukkan ID dan Password yang sudah dibuat. Untuk login pertama kali ketika Aplikasi Pelacak Barang baru diinstall, maka login Id adalah default dan password adalah default3. Aktor Utama menekan tombol login. Skenario Alternatif : 3(a). Login gagal 3(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa ID atau Password yang digunakan salah 3(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk mencoba login kembali. 3(a)3. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek SQL server sudah beroperasi atau belum.

Use Case 3 : Buat Id User Aktor Utama : manajemen PT. Simpana Baranga. Pra Kondisi : manajemen PT. Simpana Barang sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol User..2. Aktor Utama mengisi Id user kemudian menekan tombol check.3. Setelah ID User dinyatakan bisa dipakai dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengisi nama user, password, hak user.4. Aktor Utama menekan tombol Simpan. Skenario Alternatif :2(a). Id user ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id User telah terdaftar dan diminta untuk mencoba memasukkan ID User yang lain.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 2(b) Format Id User Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id User sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 4(a). Penyimpanan data user baru gagal.4(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data Id baru. 4(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case 4 : Ubah password UserAktor Utama : manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id User yang akan diubah passwordnya sudah dibuat2. Manajemen PT. Simpana Barang sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol User.2. Aktor Utama memasukkan Id User yang akan diubah lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id User dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengubah informasi User tersebut.4. Aktor Utama menekan tombol Ubah. Skenario Alternatif : 2(a). Id user tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id user tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 2(b) Format Id User Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id User sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 4(a) Pengubahan data User gagal4(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk memeriksa kelengkapan informasi User. 4(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.

Use Case 5 : Hapus ID UserAktor Utama : manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id User yang akan dihapus sudah dibuat2. Manajemen PT. Simpana Barang sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol User.2. Aktor Utama memasukkan Id User yang akan dihapus lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id User dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian menekan tombol Hapus. Skenario Alternatif : 2(a). Id user tidak ditemukan. 2(a)1. Memberikan pesan bahwa Id User tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali2(b) Format Id User Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id User sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case berhubungan dengan pengolahan data gudangUse Case 6 : Buat gudangAktor Utama : manajemen dan staf gudang PT. Simpana BarangaPra Kondisi : manajemen dan staf gudang PT. Simpana Barang sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Gudang.2. Aktor Utama mengisi Id gudang kemudian menekan tombol check3. Setelah ID gudang dinyatakan bisa dipakai dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengisi nama gudang, lokasi , panjang , lebar, stok, sisa kapasitas penyimpanan.4. Aktor Utama menekan tombol Simpan Skenario Alternatif :2(a). Id gudang ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Gudang telah terdaftar dan diminta untuk mencoba memasukkan ID Gudang yang lain.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali2(b) Format Id Gudang Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Gudang sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali4(a). Penyimpanan data gudang baru gagal. 4(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data gudang baru. 4(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case 7 : Ubah gudangAktor Utama : manajemen dan staf gudang PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id gudang yang akan diubah passwordnya sudah dibuat2. Manajemen dan staf gudang PT. Simpana Barang sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Gudang.2. Aktor Utama memasukkan Id Gudang yang akan diubah lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id Gudang dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengubah informasi Gudang.4. Aktor Utama menekan tombol Ubah. Skenario Alternatif : 2(a). Id gudang tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id gudang tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali2(b) Format Id Gudang Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Gudang sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 4(a) Pengubahan data gudang gagal4(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk memeriksa kelengkapan informasi gudang.4(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.

Use Case 8 : Hapus gudangAktor Utama : manajemen dan staf gudang PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id gudang yang akan dihapus sudah dibuat2. Manajemen dan staf gudang PT. Simpana Barang sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol User.2. Aktor Utama memasukkan Id gudang yang akan dihapus lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id gudang dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian menekan tombol Hapus. Skenario Alternatif : 2(a). Id Gudang tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id gudang tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Gudang Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Gudang sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case berhubungan dengan pengolahan data penyewaUse Case 9 : Buat penyewaAktor Utama :Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Penyewa.2. Aktor Utama mengisi Id penyewa kemudian menekan tombol check.3. Setelah ID penyewa dinyatakan bisa dipakai dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengisi Nama, Alamat, No. Ktp, No.Telp, Status penyewa 4. Aktor Utama menekan tombol Simpan Skenario Alternatif :2(a). Id Penyewa ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Penyewa telah terdaftar dan diminta untuk mencoba memasukkan ID Penyewa yang lain.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali2(b) Format Id Penyewa Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Penyewa sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali4(a). Penyimpanan data penyewa baru gagal. 4(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data penyewa baru. 4(a)2.Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali Use Case 10 : Ubah PenyewaAktor Utama :Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id penyewa yang akan diubah passwordnya sudah dibuat2. Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Penyewa.2. Aktor Utama memasukkan Id Penyewa yang akan diubah lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id Penyewa dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengubah informasi Penyewa.4. Aktor Utama menekan tombol Ubah. Skenario Alternatif : 2(a). Id Penyewa tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Penyewa tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Penyewa Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Penyewa sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali4(a) Pengubahan data penyewa gagal4(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk memeriksa kelengkapan informasi Penyewa.4(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.

Use Case 11 : Hapus PenyewaAktor Utama :Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id penyewa yang akan dihapus sudah dibuat2. Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Penyewa.2. Aktor Utama memasukkan Id Penyewa yang akan diubah lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id Penyewa dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama menekan tombol hapus. Skenario Alternatif : 2(a). Id Penyewa tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Penyewa tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Penyewa Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Penyewa sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case berhubungan dengan pengolahan data transaksi Use Case 12 : Buat TransaksiAktor Utama : staf layanan pelanggan PT. Simpana BarangaPra Kondisi : 1. Id Penyewa sudah ada2. Staf layanan pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Transaksi2. Aktor Utama memasukkan Id Penyewa dan menekan tombol check.3. Setelah Id Penyewa dinyatakan ada dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengisi Id transaksi dan menekan tombol check4. Setelah Id Transaksi dinyatakan bisa dipakai dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama kemudian mengisi jenis transaksi[masuk/keluar], waktu transaksi, berat barang, ukuran [panjang,luas] barang, pemeriksa , total biaya, keterangan transaksi5. Aktor Utama menekan tombol simpan.Skenario Alternatif :2(a). Id Penyewa tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Penyewa tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Penyewa Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Penyewa sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali3(a). Id Transaksi ditemukan.3(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Transaksi telah terdaftar dan diminta untuk mencoba memasukkan ID Transaksi yang lain.3(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali3(b) Format Id Transaksi Salah3(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Transaksi sebanyak 10 karakter3(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali5(a). Penyimpanan data transaksi baru gagal. 5(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data transaksi baru.5(a)2.Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case 13 : Ubah TransaksiAktor Utama : staf layanan pelanggan PT. Simpana BarangaPra Kondisi : 1. Id Transaksi sudah ada2. Staf layanan pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Transaksi2. Aktor Utama memasukkan Id Transaksi dan menekan tombol check.3. Setelah Id Transaksi dinyatakan, Aktor Utama kemudian mengubah informasi transaksi.4. Aktor Utama menekan tombol ubah.Skenario Alternatif :2(a). Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Transaksi Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Transaksi sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali3(a). Penyimpanan data transaksi baru gagal. 3(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data transaksi baru. Id transaksi yang sudah ada tidak bisa dibuat lagi sebagai Id transaksi baru3(a)2.Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case 14 : Hapus TransaksiAktor Utama : staf Layanan Pelanggan PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id Transaksi yang akan dihapus sudah dibuat2. Staf Layanan Pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Transaksi.2. Aktor Utama memasukkan Id Transaksi yang akan dihapus lalu menekan tombol Check.3. Setelah Id Transaksi dinyatakan ada, Aktor Utama menekan tombol hapus. Skenario Alternatif : 2(a). Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Transaksi Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Transaksi sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case berhubungan dengan pengolahan data barang masuk dan keluarUse Case 15 : Tambah barangAktor Utama : staf gudang PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id Transaksi sudah dibuat2. Staf gudang PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Barang.2. Aktor Utama memasukkan Id Transaksi dan kemudian menekan tombol check3. Aktor Utama memilih aksi Tambah barang. 4. Ketika Tambah Barang dipilih, maka tombol Tambah Barang akan diaktifkan, tombol Tarik Barang dan tombol Void Barang akan di-non-aktifkan.5. Aktor Utama memasukkan Id Barang dan kemudian menekan tombol check. 6. Setelah Id Barang dinyatakan bisa dipakai dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama mengisi informasi barang ( Nama barang, lot, Jumlah, berat, panjang, lebar, Id gudang, Id transaksi).7. Aktor Utama menekan tombol Tambah barang.Skenario Alternatif :2(a). Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Transaksi Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Transaksi sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 5(a). Id Barang ditemukan.5(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Barang telah terdaftar dan diminta untuk mencoba memasukkan Id Barang yang lain.5(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.5(b) Format Id Barang Salah5(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Barang sebanyak 10 karakter5(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali7(a). Penambahan data Barang baru gagal. 7(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data Barang .7(a)2.Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali Use Case 16 : Tarik BarangAktor Utama : staf gudang PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id Transaksi sudah dibuat2. Staf gudang PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Barang.2. Aktor Utama memasukkan Id Transaksi dan kemudian menekan tombol check3. Aktor Utama memilih aksi Tarik Barang 4. Ketika Tarik Barang dipilih, maka tombol Tarik Barang akan diaktifkan, tombol Tambah Barang dan tombol Void Barang akan di non-aktifkan. 5. Aktor Utama memasukkan Id Barang dan kemudian menekan tombol check. 6. Setelah Id Barang dinyatakan bisa dipakai dan lengkap 10 karakter, Aktor Utama mengisi informasi barang ( Nama barang, lot, Jumlah, berat, panjang, lebar, Id gudang, Id transaksi).7. Aktor Utama menekan tombol Tarik barang.Skenario Alternatif :2(a). Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Transaksi Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Transaksi sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 5(a). Id Barang ditemukan.5(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Barang telah terdaftar dan diminta untuk mencoba memasukkan Id Barang yang lain.5(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.5(b) Format Id Barang Salah5(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Barang sebanyak 10 karakter5(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 7(a). Penarikan data Barang gagal.7(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk mengecek kelengkapan pengisian data Barang.7(a)2.Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali Use Case 17 : Void BarangAktor Utama : staf gudang PT. Simpana BarangaPra Kondisi :1. Id Barang sudah dibuat2. Staf gudang PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak Barang.Skenario Utama :1. Aktor Utama menekan tombol Barang.2. Aktor Utama memasukkan Id Transaksi dan kemudian menekan tombol check3. Aktor Utama memilih aksi Void Barang 4. Ketika Void Barang dipilih, maka tombol Void Barang akan diaktifkan, tombol Tambah Barang dan tombol Tarik Barang akan di non-aktifkan. 5. Aktor Utama memasukkan Id Barang dan kemudian menekan tombol check.6. Setelah Id Barang dinyatakan terdaftar, Aktor Utama menekan tombol Void barangSkenario Alternatif :2(a). Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Transaksi tidak ditemukan.2(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.2(b) Format Id Transaksi Salah2(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Transaksi sebanyak 10 karakter2(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali 5(a). Id Barang tidak ditemukan.5(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama bahwa Id Barang tidak ditemukan.5(a)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali.5(b) Format Id Barang Salah5(b)1 Memberikan pesan kepadaAktor Utama untuk memasukkan Id Barang sebanyak 10 karakter5(b)2. Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case berhubungan dengan penampilan informasiUse Case 18 : Tampil UserAktor Utama : manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Manajemen PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil User3. System akan menampilkan informasi user dalam bentuk table.Skenario Alternatif : nil

Use Case 19 : Tampil GudangAktor Utama : staf gudang, manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Staf gudang, Manajemen PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil Gudang.3. System akan menampilkan informasi Gudang dalam bentuk table.Skenario Alternatif : nil

Use Case 20 : Tampil Penyewa.Aktor Utama : staf layanan pelanggan, manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Staf layanan pelanggan, Manajemen PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil Penyewa.3. System akan menampilkan informasi Penyewa dalam bentuk table.Skenario Alternatif : nil

Use Case 21 : Tampil Transaksi.Aktor Utama : staf layanan pelanggan, manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Staf layanan pelanggan, Manajemen PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil Transaksi.3. Aktor Utama mengatur jangka waktu Transaksi yang akan ditampilkan4. Setelah jangka waktu dinyatakan benar, System akan menampilkan informasi Transaksi dalam bentuk table.Skenario Alternatif : 3(a). Format Waktu Salah3(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk memasukkan waktu sesuai format yyyy-MM-dd3(a)2 Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

Use Case 22 : Tampil Barang Masuk.Aktor Utama : staf layanan pelanggan, manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Staf layanan pelanggan, Manajemen PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil Barang Masuk.3. System akan menampilkan informasi Barang Masuk dalam bentuk table.Skenario Alternatif : nil

Use Case 23 : Tampil Barang Keluar.Aktor Utama : staf layanan pelanggan, manajemen PT. Simpana BarangaPra Kondisi : Staf layanan pelanggan, Manajemen PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil Barang Keluar.3. System akan menampilkan informasi Barang Keluar dalam bentuk table.Skenario Alternatif : nil

Use Case 24 : Cetak Transaksi Penyewaan.Aktor Utama : staf layanan pelangganPra Kondisi : Staf layanan pelanggan PT. Simpana Baranga sudah login ke dalam Aplikasi Pelacak BarangSkenario Utama : 1. Aktor Utama menekan tombol Tampil Informasi.2. Aktor Utama memilih Tampil Transaksi.3. Aktor Utama mengatur jangka waktu Transaksi yang akan ditampilkan4. Setelah jangka waktu dinyatakan benar, System akan menampilkan informasi Transaksi Penyewaan dalam bentuk table.5. Aktor Utama menekan tombol Cetak.Skenario Alternatif : 3(a). Format Waktu Salah3(a)1. Memberikan pesan kepada Aktor Utama untuk memasukkan waktu sesuai format yyyy-MM-dd3(a)2 Memberikan kesempatan Aktor Utama untuk melakukannya kembali

BAB 4PERPANJANGAN MASA DEPAN

Sekarang Aplikasi Pelacak Barang masih merupakan aplikasi single -user. Kemungkinan pada masa yang akan datang akan menjadi aplikasi multi- user yang bisa menggunakan media Internet dan network.

BAB 5TAMPILAN- TAMPILAN APLIKASI PELACAK BARANG5.1 Tampilan Login

5.2 Tampilan Menu Utama

Gambar 5.2 Tampilan Menu

18