Click here to load reader

moun- Penandatanganan MoU Pengembangan dan ... 19.pdfuntuk ibu-ibu serta seminar tentang kese-lamatan kerja yang disebut Sistem Mana-jemen Kese lamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

  • View
    214

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of moun- Penandatanganan MoU Pengembangan dan ... 19.pdfuntuk ibu-ibu serta seminar tentang...

19-buletin ptpn12

Edisi 10, Edisi 10, Mei - Juni 2015Mei - Juni 2015 Dari Kebun ke Kebun

19-buletin ptpn12

Bertempat di obyek wisata Kawah Wurung (kawasan Perhutani), Kab. Bondowo-so, pada 25 April 2015 lalu Pemerintah Kabupaten Bondowoso menandatangani memorandum of un-derstanding (MoU) dengan PTPN XII, untuk mengembangkan obyek wisata di wi layah kewenangan PTPN XII. Acara tersebut juga melibatkan Per-hutani, BKSDA, dan PT Garuda Indo-nesia, sedangkan dari pihak PTPN XII diwakili Agus Sumaryanto (Manajer Kebun Kalisat Jampit) dan Ardi Iriantono (Manajer Kebun Blawan).

Memo kesepahaman itu bertujuan mendukung dan meningkatkan pem-bangunan, pengembangan serta penge-lolaan kawasan pariwisata di Kab. Bon-dowoso, khususnya di Kebun Kalisat

Jampit dan Kebun Blawan, guna meng-upayakan Bondowoso sebagai daerah tujuan wisata unggulan Indonesia.

Kawah Wurung dipilih sebagai lo-kasi penandatanganan MoU disebabkan obyek wisata tersebut menjadi salah satu tren destinasi wisata di Kab. Bondowoso. Berbagai aktivitas kepariwisataan telah

dikembangkan di Kawah Wurung dan obyek wisata sekitar Ijen meliputi moun-tain bike, touring, hiking, riding horse, trail off road, 4x4 off road dan para la-yang yang telah menjadi daya tarik wi-sata skala Nusantara maupun dunia.

Sementara Kebun Kalisat Jampit dan Kebun Blawan pun banyak di-minati turis mancanegara, terutama dari negara-negara Eropa. Para wi-satawan itu la zim datang di sore hari untuk menginap semalam di kebun tersebut, kemudian pada dini hari check out untuk melakukan penda-kian ke Gunung Ijen untuk melihat bluefi re di Kawah Ijen. (Kebun Kali-sat Jampit)

Peringatan Hari Buruh atau lebih dikenal dengan istilah May Day wilayah Kabupaten Banyuwangi tahun 2015 telah diadakan di Kebun Kalikempit pada 1 Mei lalu. Peri-ngatan Hari Buruh itu mengangkat tema Mari Kita Bangun Hubungan Industrial yang Harmonis Antara Pekerja/Buruh, Pengusaha serta Pemerintah untuk Me-ningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja.

Berbeda dengan peringatan Hari Bu-ruh yang biasanya banyak dilakukan di seluruh dunia dengan cara berdemon-strasi menuntut hak-hak buruh agar kehidupan nya lebih layak, peringatan Hari Buruh di Kebun Kalikempit diselengga-rakan de ngan bebagai macam kegi atan sosial. Misalnya, pemberian santunan bagi anak yatim, donor darah, pap smear untuk ibu-ibu serta seminar tentang kese-lamatan kerja yang disebut Sistem Mana-

jemen Kese lamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Sekitar 500 orang buruh turut me-meriahkan acara tersebut, dimana pe-nyelenggaraannya melibatkan Dinsos-nakertrans Banyuwangi, perkebunan PTPN XII se-Banyuwangi, BPJS, PMI, perusahaan perkebunan swasta, dan berbagai perusahaan di sekitar Kec.

Genteng, Kalibaru, dan Glenmore.Hadir dalam acara tersebut Kepala

Dinsosnakertrans Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat, Kapolres Banyuwangi AKBP Tri Bisono Soemiharso, Ketua GPP Jatim III, Manajer Wilayah I PTPN XII, Di-reksi PT IGG, perwira keamanan PTPN XII serta seluruh manajer kebun lingkup PTPN XII se-Wilayah I Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Syaiful me-nga takan bahwa Hari Buruh yang dilak-sanakan oleh PTPN XII itu sangat baik dan perlu ditiru.

Dalam acara ini terlihat nyata hubung-an yang harmonis antara manajemen dan karyawan. Melalui kebersamaan serta kekompakan ini diharapkan kesejahte-ra an buruh semakin membaik dengan adanya produktivitas kerja yang mening-kat, jelasnya.

Guna memeriahkan peringatan May Day tersebut pihak BPJS membagikan kupon undian kepada para buruh dengan hadiah kulkas, dispenser, seterika, kipas angin dan puluhan door prize menarik lainnya. Dengan terselenggaranya se-rangkaian acara positif seperti itu diharap-kan dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman bagi pekerja, sehingga dapat memacu produktivitas kerja yang lebih tinggi. (shsl/sof)

Kebun Kalisat Jampit dan Kebun BlawanPenandatanganan MoU Pengembangan dan Pengelolaan Kawasan Pariwisata

Kebun KalikempitKebun KalikempitPeringatan May Day Diikuti 500 BuruhPeringatan May Day Diikuti 500 Buruh

Penandatanganan naskah MoU

Paralayang Kawah Wurung

Pemberian santunan sosial

Search related