RV - ?· Web viewgenerasi layanan data pada komunikasi data pada mobile phone hsdpa, 2g ,3g, 3.5g dan…

  • Published on
    24-Jul-2018

  • View
    212

  • Download
    0

Embed Size (px)

Transcript

RV

Oleh : TITIN wh.

Soal:

KISI- KISI SOAL MID TEST SISTEM TELEKOMUNIKASI

1. DEFENISI DASAR SISTEM KOMUNIKASI SERTAKAN DIAGRAM BLOG POINT)

2. SEJARAH KOMUNIKASI SAMPAI PERKEMBANGAN SAAT INI (KOMUNIKASI MODERN

3. GENERASI LAYANAN DATA PADA KOMUNIKASI DATA PADA MOBILE PHONE HSDPA, 2G ,3G, 3.5G DAN 4G

4. TIPE DOMAIN

5. DIAGRAM BLOG CARA KERJA TLP DAN HANDPHONE + KETERANGAN

6. DIGRAM BLOG CARA KERJA FAX + KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FAX

7. KOMUNIKASI DATA (DEFENISI)

8. TIPE JARINGAN (LAN, MAN, WAN, GAN )

9. DUA JENIS GOLONGAN KOMUNIKASI DATA ( SEBUTKAN DAN JELASKAN )

10. PERBEDAAN JARINGAN CATU LANGSUNG, JAR.CATU TAK LANGSUNG DAN JARINGAN CATU KOMBINASI DALAM STRUKTUR JARINGAN

11. WIRELESS, WIRELINE, SATELIT DAN MODEM DALAM JARINGAN

12. ISDN, TERMINAL , SENTRAL

13. SEBUT DAN JELASKAN ANALOGI TELEKOMUNIKASI (TRANSMISI) DENGAN PENGANTARAN BARANG

14. PENGERTIAN MULTIPLEXING, DAN SEBUTKAN 3 TEKNIK MULTIPLEXING SERTAKAN PENJELASANNYA

15. PERBEDAAN SALURAN LOKAL JARLOKAT DENGAN JARLOKAF

16. DIAGRAM BLOG SISTEM JARLOKAF

17. DIAGRAM BLOG TOPOLOGI PON

18. SEBUTKAN DAN JELASKAN KONFIGURASI JARLOKAF

19. SEBUTKAN DAN JELASKAN MEDIA TRANSMISI KABEL SERTAKAN CONTOH PENGGUNAANNYA

20. SEBUTKAN DAN JELASKAN METODA/ CARA PERAMBATAN GELOMBANG RADIO HINGGA SAMPAI KE PENERIMA

21. PERBEDAAN SINYAL ANALOG DAN DIGITAL SERTAKAN DENGAN GAMBAR

22. SEBUTKAN JELASKAN MASALAH YANG TERJADI DALAM TRANSMISI DIGITAL

23. JELASKAN PROSES PERUBAHAN SIGNAL ANALOG MENJADI DIGITAL

Oleh: RV M.Hpd.

Jawab:

1. Pengertian dasar system komunikasi

Dasar system komunikasi adalah proses pengiriman dan peneriman informasi kepada tujuan dengan melalui 4 komponen utama yaitu informasi yang akan disampaikan, pengirim informasi, media dan penerima informasi.

Diagram blognya :

2. Sejarah perkembangan komunikasi :

Kentongan: Orang Indonesia menggunakan kentongan untuk menyampaikan informasi tentang kebakaran, bencana alam, kejahatan, panggilan untuk kumpul, dll.

Asap: orang indian menggunakan kode asap

Cermin: digunakan untuk memantulkan sinar matahari

Semaphore: pramuka menggunakan kode bendera dan cara-cara lain sesuai dengan jamannya

Sistem Komunikasi Telepon : Dimulai dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876

Sistem Komunikasi Radio: Dimulai dengan penemuan radio oleh Guiogelmo Marconi pada tahun 1901

Sistem Komunikasi Data : Penemuan konsep mesin hitung (computer) pada 1822 yang ditemukan oleh Charles Barbage yang kemudian menjadi berkembang pesat setelah ditemukannya transistor pada 1948, kemudian timbul keinginan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain (era 1960-an), sampai saat sekarang ini.

3.

TEKNOLOGI GENERASI KEDUA (2G)

Teknologi generasi kedua muncul karena tuntutan pasar dan kebutuhan akan kualitas yang semakin baik. Generasi 2G sudah menggunakan teknologi digital. Generasi ini menggunakan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA) dalam teknik komunikasinya. Kemampuan teknologi 2G Generasi kedua selain digunakan untuk komunikasi suara, juga bisa untuk SMS (Short Message Service adalah layanan dua arah untuk mengirim pesan pendek sebanyak 160 karakter), voice mail, call waiting, dan transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps (bit per second). Kelebihan 2G dibanding 1G selain layanan yang lebih baik, dari segi kapasitas juga lebih besar. suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, karena berbasis digital, maka sebelum dikirim sinyal suara analog diubah menjadi sinyal digital. Tenaga yang diperlukan untuk sinyal sedikit sehingga dapat menghemat baterai, sehingga handset dapat dipakai lebih lama dan ukuran baterai bisa lebih kecil. Kelemahan teknologi 2 G Kecepatan transfer data masih rendah, tidak efisien untuk trafik rendah, jangkauan jaringan masih terbatas dan sangat tergantung oleh adanya BTS (cell Tower).

TEKNOLOGI GENERASI KETIGA (3G)

Teknologi generasi ketiga (3G Third Generation) dikembangkan oleh suatu kelompok yang diakui para ahli dan pelaku bisnis yang berkompeten dalam bidang teknologi wireless di dunia. 3G (Third Generation) sebagai teknologi yang berfungsi mempunyai kecepatan transfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam, mempunyai kecepatan transfer data sebesar 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki, mempunyai kecepatan transfer data sebesar 2 Mbps pada untuk user diam (stasioner). Kemampuan teknologi 3G : Memiliki kecepatan transfer data cepat (144kbps-2Mbps) sehingga dapat melayani layanan data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on demand, dan on demand lain yang memungkinkan kita dapat memilih program musik, video, atau game semudah memilih channel di TV. Kecepatan setinggi itu juga mampu melayani video conference dan video streaming lainnya. Kelebihan 3G dari generasi-genersi sebelumnya : Kualitas suara yang lebih bagus, keamanan yang terjamin, kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access, support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melakukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda, infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama. Interkoneksi ke other mobile dan fixed users, roaming nasional dan internasional, bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services dan asymmetric data transmission, efiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat menggunakan secara maksimum bandwidth yang terbatas, support untuk multiple cell layer, co-existance and interconnection dengan satellite-based services, mekanisme billing yang baru tergantung dari volume data, kualitas service dan waktu. Kelemahan Teknologi 3G Memerlukan Kontrol Daya Ideal dan belum mencukupinya kecepatan transfer data dalam melayani layanan multimedia yang memerlukan kecepatan yang mumpuni.

TEKNOLOGI GENERASI TIGA SETENGAH (3.5G)

Teknologi 3.5 G atau disebut juga super 3G merupakan peningkatan dari teknologi 3G, terutama dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G (>2 Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan video sharing.

TEKNOLOGI GENERASI KEEMPAT (4G FOURTH GENERATION)

Teknologi fourth generation (4G) adalah teknologi yang baru memasuki tahap uji coba. Salah satunya oleh Jepang dimana pihak NTT DoCoMo, perusahaan ponsel di Jepang, memanfaatkan tenaga hingga 900 orang insinyur ahli untuk mewujudkan teknologi generasi ke 4. Motivasi Teknologi 4G Mendukung service multimedia Interaktif, telekonfrensi, Wireless Intenet, bandwidth yang lebar, bit rates lebih besar dari 3G, global mobility, Service Portability, Low-cost service, dan skalabilitas untuk jaringan mobile. Teknologi yang baru dalam 4G Sepenuhnya untuk jaringan packet-switched, semua komponen jaringan digital, bandwidth yang besar untuk mendukung multimedia service dengan biaya yang murah ( Sampai 100 Mbps), dan jaringan keamanan data yang kuat. Teknologi yang digunakan : Untuk teknologi 4G, kemungkinan teknologi yang diadaptasi adalah : MIMO-OFDM ( Multi Input Multi Output Orthogonal Frequency Modulation ). OFDM merupakan suatu teknik transmisi multi carrier (banyak frekuensi). Dimana tiap frekuensi adalah orthogonal satu sama lain, sehingga terjadinya overlapping tidak akan menyebabkan interferensi. Dan di sisi lain teknik MIMO dapat membuat kanal paralel independen dalam spatial domain untuk mengirimkan data stream yang beragam. Teknik MIMO bisa memperbesar kapasitas kanal tanpa mengurangi bandwidth yang ada. Jumlah antena yang dipergunakan pada bagian pemancar 2 sedangkan pada bagian penerima 4. MIMO dapat mencapai kecepatan transfer data sampai 59,52 Mb

4. Tipe2 domain

a. .com: komersial

b. .edu: pendidikan

c. .gov: pemerintahan

d. .mil: militer

e. .ac: akademik

f. .org: organisasi non provit

g. .net: penyedia akses jaringan

h. .id: domain untuk Negara Indonesia

5. Diagram Blog Cara Kerja Tlp Dan Handphone + Keterangan

a. Diagram Blok Cara Kerja Telephone.

Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi.

Keterangan Diagram :

a. Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone;

b. Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon;

c. Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasi;

d. Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima;

Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

b. Diagram Blok Cara Kerja Handphone

Telepon seluler (Mobile Phone) menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.

Keterangan Diagram:

b. Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone;

c. Microphone mengubah gelombang udara menjadi sinyal analog dan menjadi gelombang suara kemudian dipancarkan oleh ponsel ke BTS terdekat;

d. Sinyal tersebut diterima oleh BTS dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi;

e. Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada BTS terdekat kemudian diteruskan ke si penerima;

f. Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

6. DIGRAM BLOG CARA KERJA FAX + KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FAX

(demodulator) (Fax printer) (Sal telp.) (Modulator) (scanner)Diagram blog:

Kelebihan fax : Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat.

Kekurangan fax : mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau emailsebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.

7. DEFENISI KOMUNIKASI DATA

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan melalui beberapa media.

8. TIPE JARINGAN (LAN, MAN, WAN, GAN )

LAN (Local Area Network)

LAN digunakan untuk menghubungkan komputer yang berada di dalam suatu area yang kecil, misalnya di dalam suatu gedung perkantoran atau kampus. Jarak antar komputer yang dihubungkan bias mencapai 5 sampai 10 km. Suatu LAN biasnya bekerja pada kecepatan mulai 10 Mbps sampi 100 Mbps. LAN menjadi populer karena memungkinkan banyak pengguna untuk memakai sumber daya yang dapat digunakan itu misalnya suatu mainframe, file server, printer, dan sebagainya.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan suatu jaringan yang cakupannya meliputi suatu kota. MAN menghubungkan LAN-LAN yang lokasinya berjauhan. Jangkauan MAN mencapai 10 km sampai beberapa ratus km. Suatu MAN biasanya bekerja pada kecepatan 1,5 sampai 150 Mbps.

WAN (Wide Area Network)

WAN dirancang untuk menghubungkan komputer-komputer yang terletak pada suatu cakupan geografis yang luas,seperti hubungan dari suatu kota ke kota yang lain didalm suatu Negara. Cakupan WAN bias meliputi 100 km sampai 1.000 km, dan kecepatan antar kota bias bervariasi antara 1,5 Mbps sampai 2,4 Gbps. Dalam WAN, biaya untuk peralatan untuk transmisi sangat tinggi,dan biasanya jaringan WAN dimiliki dan dioperasikan sebagai suatu jaringan public.

GAN (Global Area Network)

GAN merupakan suatau jarinagn yang menghubungkan Negara-negara diseluruh dunia. Kecepatan GAN bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan cakupannya mencakupi ribuan kilometer.

9. SEBUTKAN DAN JELASKAN DUA JENIS GOLONGAN KOMUNIKASI DATA

a. Infrakstruktur Terrestrial

Aksesnya dengan menggunakan media kabel dan nirkabel. Untuk membangun infrakstuktur terrestrial ini membutuhkan biaya yang tinggi, kapasitas bandwitch yang terbatas, biaya yang tinggi dikarenakan dengan menggunakan kabel tidak dipengaruhi oleh factor cuaca jadi sinyal yang diguakan cukup kuat.

b. Melalui satelit

Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk melangsungnkan proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

10. PERBEDAAN JARINGAN CATU LANGSUNG, JARINGAN CATU TAK LANGSUNG DAN JARINGAN CATU KOMBINASI DALAM STRUKTUR JARINGAN

a. Catu langsung: Pelanggan di catu dari kotak pembagi (KP) terdekat pelanggan berhubungan langsung dengan rangka pembagi unit (RPU) tanpa melalui media kabel.

b. Catu tidak langsung: pelanggan dicatu dari KPU tedekat yang terhubung terlebih dahuku ke rumah kabel, kemudian ke rumah pembagi unit melalui kabel primer

c. Caru Kombinasi: jaringan gabungan antara jaringan local catu langsung dan jaringan local catu tidak langsung.

11. WIRELESS, WIRELINE, SATELIT DAN MODEM DALAM JARINGAN

a) Wireless

Wireless atau dalam bahasa indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel.

WAP (Wireless Application Protocol)

WBMP (Wireless Bitmap)

Keunggulan / keuntungan jaringan nirkabel :

1. Mobilitas

2. Kecepatan Instalasi

3. Fleksibilitas tempat

4. Pengurangan anggaran biaya

5. Konfigurasi jangkauan

Kekurangan:

1. Transmisi data hanya 1-2 Mbps yang jumlahnya jauh lebih rendah bila dibandingkandengan jaringan yang menggunakan kabel.Transmisi data dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lainnya.

2. Biaya peralatan mahal

3. Adanya delay atau waktu koneksi yang besar

4. Adanya masalah propagasi radio, seperti terhalang, terpantul, dan banyak sumberinterferensi

b) Wireline

wirellen yang sering disebut juga dengan Public Switched Telepon Network (PSTN) adalah sebuah jaringan telepon yang memanfaatkan kabel telepon atau kabel fiber optic sebagai media untuk mengirimkan data atau berupa suara atau bentuk yang lainnya.

Keunggulan dari jaringan wireline adalah:

1. Transmisi data 10 s.d. 100 Mbps

2. Delay atau waktu koneksi antar computer cepat

3. Transmisi data berjalan dengan lancar

4. Biaya peralatan terjangkau

Kelemahan dari jaringan wireline adalah :

1. Penggunaan terbatas pada tempat yang terjangkau kabel

2. Waktu untuk instalasi lama

3. Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan yang permanen

4. Membutuhkan biaya perawatan rutin

5. Sulit untuk berpindah tempat

c) Satelit

Cara kerja satelit secara system...

Recommended

View more >