Perubahan Cuaca Dan Iklim Di Indonesia

  • Published on
    03-Oct-2015

  • View
    16

  • Download
    0

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Tugas

Transcript

PowerPoint Presentation

Perubahan Cuaca dan Iklim di IndonesiaPerubahan iklim Indonesia ditandai dengan adanya perubahan temperatur rerata harian, pola curah hujan, tinggi muka laut, dan variabilitas iklim (misalnya El Nio dan La Nia, Indian Dipole, dll).Perubahan iklim Indonesia terjadi akibat adanya pemanasan global.Peningkatan temperatur rerata harian berpengaruh secara signifikan terhadap pola curah hujan yang umumnya ditentukan sirkulasi monsun Asia dan Australia). Perubahan temperatur rerata harian juga dapat mempengaruhi terjadinya perubahan pola curah hujan secara ekstrem.

peningkatan temperatur permukaan atmosfer menyebabkan terjadinya peningkatan temperatur air laut yang berujung pada ekspansi volum air laut dan mencairnya glestser serta es pada kutub. Pada tahap selanjutnya, tinggi muka air laut mengalami kenaikan yang berisiko terhadap penurunan kualitas kehidupan di pesisir pantaBagi Indonesia yang diapit oleh Samudera Hindia dan Pasifik, kenaikan tinggi muka laut yang tidak seragam dapat berpengaruh pada pola arus laut. Selain perubahan terhadap pola arus, kenaikan tinggi muka laut yang tidak seragam juga meningkatkan potensi terjadinya erosi, perubahan garis pantai, mereduksi wetland (lahan basah) di sepanjang pantai, dan meningkatkan laju intrusi air laut terhadap aquifer daerah pantai.Di sisi lain, analisis yang dilakukan terhadap fenomena El Nio dan La Nia (Sofian, 2010) menunjukkan bahwa kedua fenomena tersebut akan lebih banyak berpeluang terjadi di masa mendatang dengan periode dua hingga tiga tahun sekali yang diduga disebabkan perubahan iklim.

Kelembapan Udara Di IndonesiaKelembapan udara di Indonesia selalu tinggi. Karena Indonesia memiliki intesitas cahaya matahari yang tinggi. Hal ini dikarenakan letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa.Pada periode 2014- 2015, BMKG mengatakan kelembaban udara di Indonesia bagian tengah dan timur umumnya lebih rendah dibanding rata-rata.

Read more: http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Informasi_Iklim/Prakiraan_Iklim/Prakiraan_Musim.bmkg#ixzz3TGsIFdN5Gelombang LautBadai