Haluan kepri 25sep15

  • View
    267

  • Download
    14

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Haluan kepri 25sep15

Text of Haluan kepri 25sep15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: M Syahdan, Layouter: Ricoh Polda

    Nikita Willy

    Malu-malu Hal 7

    Malu-malu

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Jumat, 25 September 201511 Dzulhijjah 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 25/9 TAHUN KE 14

    Selamat Jalan Hal 7

    Jangan Tergantung pada Orang"JANGAN terlalu bergantung pada orang lain. Faktanya

    kamu lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan, hanya kamu

    tidak mempercayainya." (bc)

    JAKARTA (HK) Setelah putus

    dari Diego Michiels, Nikita Willy

    tak perlu lama-lama sendiri .

    Pesinetron ini telah memiliki

    kekasih baru. Nikita tidak me-

    nampiknya.

    Tetapi, ia terkesan masih

    malu-malu membahas kekasih

    barunya tersebut. Hal itu ter-

    lihat saat Nikita disinggung

    soal kekasihnya di Pesbukers.

    "Jadi siapa dong kekasih

    baru Nikita. Katanya pekerja

    kantoran sukses. Benar eng-

    gak?," kata Jessica Iskandar.

    Mendengar pertanyaan

    Jessica, Nikita sempat terdiam

    dan tersenyum. "Ayo dong

    jawab, nanti kita enggak

    dibayar nih honornya," timpal

    Ayu Ting Ting.

    Nikita semakin tersipu

    malu-malu. "Pokoknya adalah

    cowok. Pokoknya dia lah,"

    ujar Nikita.

    Ayu dan Jessica tidak puas

    dengan jawaban Nikita. Kedua

    artis itu terus melancarkan

    1 Warga Batam Meninggal di Mina

    MAKKAH (HK) Musim haji tahun ini belumberhenti lepas dari cobaan. Belum tuntasinvestigasi insiden jatuhnya crane di MasjidilAqsa, terbakarnya hotel, rubuhnya tendajamaah, kini datang lagi berita memilukandari Makkah. Kemarin, sebanyak 717 jamaahtewas, tiga di antaranya asal Indonesia saatberjalan ke Mina untuk melakukan lontarJumrah. Sementara jumlah korban lukamencapai 863 orang.

    Jumlah Tewas Capai 717 Orang Para korban tewas dariIndonesia adalah Hamid Atu-wi, laki-laki asal Surabaya,Saiyah perempuan asal Ba-tam dan seorang jemaah lakilaki yang belum diketahuinamanya, karena tidak adagelang identitas di tangan.Namun diketahui pria ter-sebut berasal dari Proboling-go, Safari Travel. Identitaskorban tersebut sedang di ceklebih lanjut di data haji.

    Tragedi Mina ini terjadikarena jamaah yang berbon-dong-bondong di jalan Arab

    204, tiba-tiba terhenti. Se-

    1 Warga Hal 7

    8 Musibah Mina TerjadiSejak Tahun 1990

    JAKARTA (HK) Peristiwa meninggalnya para jamaah haji

    saat menjalani prosesi ibadah haji bukan kali ini terjadi di

    Mina, Arab Saudi. Setidaknya, sudah delapan kali peristiwa

    yang sama terjadi sejak 1990.

    Di musim haji, jutaan orang dari seluruh penjuru dunia

    datang melaksanakan rukun Islam kelima ke negeri itu.

    Pemerintah Arab Saudi hingga kini tak putus melakukan

    perbaikan sarana dan prasana demi lancarnya ibadah haji.

    Belum lama ini, sebuah crane yang digunakan dalam

    proses pembangunan terjatuh di Masjidil Haram, Makkah.

    8 Musibah Hal 7

    Haluan Kepri BerbagiDaging Kurban

    HIRUP LEM, 3 BOCAHKARIMUN GILA

    KARIMUN (HK) Tiga orang bo-cah di Karimun mengalami gang-guan jiwa (gila) akibat menghiruplem cap Kambing. Kasus tersebuttelah dilaporkan Kepala BadanNarkotika Nasional (BNN) Kari-mun AKBP TA Rahman ke Wakil

    Bupati Karimun Aunur Rafiq."Saya sampaikan ke Pak

    Wakil Bupati bahwa di Karimun inisudah ada tiga orang anak yang me-ngalami gangguan jiwa akibat meng-hirup lem cap kambing. Lem itusangat berbahaya. Makanya, kalaudapat ada Peraturan Bupati (Per-bub) yang mengatur terkait pere-daran lem kambing di Karimun,"

    BATAM (HK) HaluanKepri kembali menggelarpemotongan dan penya-luran hewan kurban padahari Raya Idul Adha 1436H, Kamis (24/9). Kegiatanrutin yang diselenggara-kan setiap tahun itu ber-langsung di halaman Kan-tor Haluan Kepri, Beng-kong Garama, Batam.

    Pemotongan hewankurban tersebut dimulaipada pukul 09.00 WIBhingga selesai. Meski ka-but asap mewarnai pemo-tongan, namun panitiatermasuk unsur pimpi-nan tidak beranjak darilokasi acara. Hampir se-luruh karyawan dari se-

    Haluan Kepri Hal 7Buronan Alkes Hal 7

    Selamat Jalan Bang BuyungJAKARTA (HK) Jenazah

    pengacara senior, AdnanBuyung Nasution

    diserahkan pada negarauntuk dimakamkan secara

    militer di TempatPemakaman Umum (TPU)

    Tanah Kusir, Jakarta Selatan,kemarin.

    Buronan Alkes Satu Seldengan 40 Tahanan

    TANJUNGPINANG(HK) Direktur PTKarya Global Sarana(KGS), Samsudin alis

    Sam buronan tersangkadugaan korupsi penga-

    daan alat kesehatan (al-kes) di RSUD Karimun tahun

    2014 senilai Rp1 miliar ditahansatu sel bersama 40 pelaku tindakpidana umum lainnya di ruangankhusus Administrasi Orientasi(AO) Rutan Tanjungpinang.

    Samsudin sebelumnya ditang-kap Tim Satuan Tugas Khusus

    Pemakaman secara militerdipimpin Menko Perekono-mian Darmin Nasution. Hal itudilakukan dengan alasan al-marhum merupakan penerimapenghargaan Bintang Maha-putra oleh mantan Presiden BJHabibie pada tahun 1999 ataspengabdiannya sebagai WakilKetua Komisi PemilihanUmum (KPU) pada masa itu.

    Selain itu, almarhum jugaberhak untuk dimakamkan

    di Taman Makam Pahlawan.Namun, pihak keluarga me-nolak dengan alasan agarbisa dimakamkan bersebela-han dengan almarhum anaktertuanya, Iken Basya Rinan-da Nasution. Hal ini jugasesuai dengan pesan almar-hum sebelum meninggal agaria dimakamkan di sampingmakam putra pertamanyatersebut.

    Hirup Lem Hal 7

    DERMAWAN/HALUAN KEPRI

    KARYAWAN Haluan Kepri membungkus daging kurban untukdibagikan ke warga, kemarin.

    NET

    TRAGEDI MINA Ribuan jamaah haji berjalan menuju Mina untuk melontar jumrah, namun tepatnya berada di jalan Arab 204, tiba-tiba terhenti. Sementara di belakang jamaah terus berdatangan sampai akhirnyasaling berdesak- desakan hingga jatuh terinjak-injak. Jumlah korban meninggal dalam musibah itu mencapai 717, satu diantaranya jamaah asal Batam, Kepri.

  • Editor: Amir Yunus , Layout: Mario

    Politik 2Jumat, 25 September 2015

    Oki AlexanderLiputan Bintan

    KPPS Usul Reward & Bantuan HukumTingkatkan Partisipasi Masyarakat di PilkadaBINTAN (HK) Guna meningkatkan par-tisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada), anggota Kelompok PenyelenggaraPemungutan Suara (KPPS) di wilayah BintanTimur mengusulkan agar pihak KPU Bintanmaupun kepada Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bintan agar memberikan reward(penghargaan) kepada Tempat PemungutanSuara (TPS) yang tingkat pastisipasi pe-milihnya paling tinggi.

    Hal ini dimaksudkan, agarsetiap TPS yang diisi 7 oranganggota KPPS itu bisa lebihsemangat dalam melaksana-kan tugas untuk mensukses-kan Pilkada serentak tahun ini.

    "Sedikit masukan untukKPU Bintan, mungkin untukpenyelenggaraan Pilkada ser-entak pada 9 Desember nan-ti, pihak KPU atau pemerin-tah, bisa memberikan rewardkepada TPS yang tingkat par-tisipasinya paling tinggi. Jadianggota KPPS bisa lebih se-mangat lagi," usul pesertasosialisasi kepada KPU Bin-tan dalam acara sosialisasidi Aula Kantor Camat BintanTimur, Rabu (23/9)

    Menanggapi pertanyaanitu, pihak komisioner KPUBintan, Carnita atau lebihakrab disapa Cecep itu men-yatakan, masukan tersebutmenjadi bahan pertimbangankedepannya. Ia mengakui,dengan adanya reward kepa-da setiap TPS yang tingkatpartisipasinya paling tinggibisa mendorong perpanjangantangan dari KPU untuk lebihgiat lagi mensosialisasikanterkait pelaksanaan Pilkadakepada masyarakat.

    Sehingga, target KPU Bin-tan untuk mencapai partisi-pasi masyarakat lebih dari 80persen atau lebih tinggi di-bandingkan pada pelaksan-aan Pileg serta Pilpres padatahun 2014 silam, diharapkanbisa tercapai bahkan melebihiterget. "Ini (reward, red) akan

    jadi pertimbangan kita nantin-ya, bentuknya seperti apa, kitaakan coba koordinasikan den-gan pihak pemerintah daerahnantinya," ungkap Cecep.

    Selain mengenai reward,ada pertanyaan peserta lain-nya seputar pelaksanaan Pil-kada Bintan mendatang, per-tanyaan yang dilontarkan ke-pada KPU Bintan itu men-genai bantuan hukum untuksetiap anggota KPPS jikadalam pelaksanaan tugasmenyelenggarakan Pilkadaserentak tersandung hukum.Pertanyaan tersebut lang-sung ditanggapi Ketua KPUBintan, Wandra Fadillah.

    Ia menegaskan, pihaknyasiap pasang badan dan akanmemberikan bantuan hukumkepada setiap anggota KPPSyang tersandung hukum da-lam menjalankan tugasnya.Akan tetapi, bantuan hukumyang diberikan bilamana ang-gota KPPS sudah menjalan-kan tugas dan fungsinya se-suai dengan prosedurnya.

    "Kita siap pasang badanuntuk setiap anggota KPPSyang tersandung masalah hu-kum dalam menjalankan tu-gasnya, asalkan anggota KPPSitu sudah menjalankan tugasn-ya sesuai prosedur. Tapi, kalaukesalahan yang dibuat diluarprosedur atau ada keberpiha-kan, kita juga siap melaporkan-nya untuk ditindak secara hu-kum," terang Wandra.

    Berbagai cara terus dilaku-kan oleh pihak penyelenggaraPemilihan Kepala Daerah (Pil-kada) serentak tahun ini, agartingkat partisipasi masya-rakat untuk memilih kepaladaerahnya bisa meningkat.Tak hayal, jika belakangan inipihak Komisi PemilihanUmum (KPU) Kabupaten Bin-tan, begitu gencar melakukansosialisasi tentang tata carapemilihan, tahapan, dan per-aturan perundang-undanganPilkada bagi RT/RW, dan To-koh Masyarakat.

    Pada saat menggelar ke-marin, antusias warga cukuptinggi. Dari daftar tamu undan-gan peserta sosialisasi mem-bludak 130 pesern. Sehinggapeserta memadati seluruh pen-juru ruangan di Aula KantorCamat Bintan Timur, dan pi-hak KPU Bintan kebanjiranpertanyaan seputar Pilkadadari para peserta. ***

    OKI ALEXANDER/HALUAN KEPRI

    USUL REWARD Salah seorang peserta sosialisasi mengusulkan adanya Reward kepada KPPS yang partisipasi pemilihnya tertinggi. Usulan tersebut disampaikankepada KPU Bintan dalam sesi tanya jawab d