Kartu Soal Pilihan Ganda

  • View
    1.560

  • Download
    11

Embed Size (px)

Text of Kartu Soal Pilihan Ganda

KARTU SOAL PILIHAN GANDA.SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL : SMK : PKS : KBK : BERSAMA : 90 MENIT : PILIHAN GANDA : 15

Standart Soal Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan Bahan kelas/ Nomor Soal : 1 semester: III/ Ganjil 1. Organisasi yang dibentuk dari , oleh , dan untuk pekerja/ buruh baik diperusahaan maupun diluar perusahaan yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokrasi dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja /buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/ buruh dan keluarganya adalah.. a. Badan pekerja. b. Organisasi buruh. c. Serikat pekerja. d. Koperasi buruh. e. Unit pelaksana pekerja Kompetensi Dasar: Nomor soal : 2 Memahami Kondisi 2. Menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun Tenaga Kerja pada 2003, perlindungan pekerja ditujukan era Global kepada.. a. Wanita tua. INDIKATOR: b.Korban mesin produksi. Memahami c. Penyandang cacat Undang-Undang d. Buruh yang sakit. tenaga kerja yang e. Serikat kerja berlaku Nomor soal : 3 3. Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/ buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja dengan memuat syarat-syarat kerja,hak dan kewajiban para pihak. Penyataan tentang perjanjian kerja tersebut terdapat dalam .. a. Pasal 1 ayat 13 UU No 13 th 2003. b. Pasal 1 ayat 14 UU No 13 th 2003. c. Pasal 1 ayat 15 UU No 13 th 2003. d. Pasal 1 ayat 16 UU No 13 th 2003. e. Pasal 1 ayat 17 UU No 13 th 2003.

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

C.

2

C

2

A

2

Standart Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Nomor soal : 4 4. Dibawah ini merupakan dasar dibuatnya perjanjian kerja, kecuali a. Kesepakatan kedua belah pihak. b. Adanya perjanjian. c. Pekerjaan tidak bertentangan dengan kepentingan umum. d. Tingkat kecerdasan. e. Kemampuan dan kecakapan melakukan perbuatan hukum. Nomor soal : 5 5. Menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003, perlindungan pekerja ditujukan kepada.. a. Wanita tua. b. Korban mesin produksi. c. Penyandang cacat. d. Buruh yang sakit. e. Serikat kerja. Nomor soal : 6 6. Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan sebagai berikut kecuali a. Menjalankan ibadah yang diperintahkan agamanya. b. Pekerja / buruh mengalami sakit menurut keterangan dokter. c. Pekerja/ buruh menjalankan kewajiban terhadap Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undngan. d. Pekerja / buruh menikah. e. Pekerja / buruh mencuti. Nomor soal : 7 7. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK), perusahan wajib memberikan uang pesangon. Besarnya uang pesangon bagi pekerja yang memiliki masa kerja 1 (satu) sampai 2 (dua) tahun adalah a. 1 bulan upah. b. 2 bulan upah. c.3 bulan upah. d. 4 bulan upah. e. 5 bulan upah. Nomor soal : 8 8. Bagi pekerja/ buruh yang bekerja selama 12 bulan secara terus menerus berhak mendapat cuti selama a. 10 hari. b. 11 hari. c. 12 hari. d. 13 hari. e. 14 hari.

E

2

A

2

C

2

A

2

C

2

Standart Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Standart Kompetensi: Pasar Kerja di Era Global INDIKATOR: Memperkirakan perubahan dan peluang pasar kerja pada era global

Nomor soal : 9 9. Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagipekerja/ buruh perempuan yang berangkat dan pulang kerja antara pukul a. 22.00 s/d 05.00. b. 23.00 s/d 05,00. c. 00.00 s/d 05.00. d. 21.00 s/d 04.00. e. 21.00 s/d 05.00 Nomor soal : 10 10. Bangsa Indonesia mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerjasama dengan bangsa bangsa lain di dunia karena bangsa Indonesia. a. SDM Bangsa Indonesia belum memadai. b. Merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia di dunia. c. Merasa tanah airnya masih belum makmur. d. Sudah mempunyai kemampuan untuk membantu bangsa lain. e. Belum mampu menguasai teknologi yang canggih. Nomor soal : 11 11. Dampak positif dari kemajuan di era global dalam bidang teknologi modern adalah memberikan kemudahan dalam megadakan hubungan antar daerah atau wilayah bahkan antar Negara, hal ini sesuai dengan.. a. Penggunaan listrik. b. Teknologi komunikasi. c. Telekomunikasi. d. Mesin-mesin industri. e. Teknologi modern. Nomor soal : 12 12. Bangsa Indonesia ikut tampil dalam persaingan global di abad 21 ini, jika mampu menghilangkan factor-faktor penghambat berikut ini, kecuali.. a. Sikap mengandalkan orang lain. b. Menutup diri dari pergaulan glonal. c. Jumlah penduduk yang besar dan religius. d. Budaya ketergantungan kepada pemerintah. e. Sikap potong kompas dan menggampangkan persoalan. Nomor soal : 13 13. Dampak negative era globalisasi yang merusak tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang religius dan kekeluargaan adalah .. a. Sekularisme dan individualisme. b. Materialisme dan hedonisme. c. Demokrasi yang anarkhis. d. Nasionalisme dan sekularisme. e. Individualisme dan elitisme.

B

2

E

2

B

2

C

2

B

2

Standart Kompetensi: Pasar Kerja di Era Global

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Nomor soal : 14 14. Di era global ini hendaknya bangsa Indonesia berpegang kepada dalam menyerap teknologi budaya luar. a. Nilai-nilai budaya tradisional. b. Kemauan dan kepentingan pribadi. c. Nilai- nilai Pancasila. d. Kebiasaan hokum internasional. e. Adapt istiadat kedaerahan. Nomor soal : 15 15. Di bawah ini yang bukan merupakan dampak positif globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah .. a. Indonesia mudah mendapatkan barang, jasa, maupun informasi dengan mudah. b. Indonesia mudah melakukan kerjasama dengan Negara lain. c. Berkembangnya demokrasi di Indonesia. d. Menyebarnya budaya-budaya ke seluruh pelosok nusantara. e. Indonesia mudah berhubungan dengan Negara lain.

C

2

A

2

KARTU SOAL ESSAYSATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL : SMK : PKS : KBK : BERSAMA : 60 MENIT : ESSAY :5

Standart Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan Kompetensi Dasar: Memahami Kondisi Tenaga Kerja pada era Global INDIKATOR: Memahami UndangUndang tenaga kerja yang berlaku

Soal NOMOR SOAL : 1 Jelaskan , apa yang dimaksud dengan ketenagakerjaan? Dan Mengapa masalah ketenaga kerjaan harus diatur dalam peraturan perundangundangan?

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Ketenagakerjaan adalah segala hal yang 10 berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesuda masa kerja. Dan diatur dalam perundang-undangan untuk menjamin hak dan kewajiban pekerja.

Nomor Soal : 2 Bagaimanakah penetapan upah minimum? Dan terdiri dari apa sajakah upah minimum itu ? jelaskan!

Nomor Soal : 3 Sebutkan siapa saja yang wajib dilindungi oleh perusahaan! Serta sebutkan 3 hak yang dimiliki oleh pekerja/ buruh.!

Penetapan upah minimum berdasarkan kebutuhan hidup yang layak dan dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi . Dalam UU no 13 tahun 2003 pasal 89 ayat 1 menyatakan bahwa upah minimum terdiri atas: a. Upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabipaten/ kota. b. Upah minimum berdasarkan sector pada wilayah propinsi atau kabupaten/ kota. c. Upah minimum tersebut ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi dan atau Bupati/ Walikota. Setiap pekerja dan penyandang cacat, anak dan perempuan. 3 hak yang dimiliki oleh pekerja/ buruh adalah : Keselamatan dan kesehatan kerja Moral dan kesusilaan Perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai nilai agama.

15

10

Standart Kompetensi: Pasar Kerja di Era Global

Nomor Soal: 4 Sebutkan factor faktor yang mendorong terjadinya globalisasi dan bagaimana tantangan dari peluang kerja di era global ? jelaskan!

INDIKATOR: Memperkirakan perubahan dan peluang pasar kerja pada era global

Nomor Soal : 5 Jelaskan beberapa dampak positif dan negative globalisasi bagi pekerja Indonesia.!

Faktor faktor yang mendorong terjadinya globalisasi -Perkembangan politik dunia. -Peningkatan praktik perdagangan bebas. -Peranan perusahaan Multinasional. -Perkembangan Investasi Portofolio di Pasar Luar negeri. -Kemajuan Teknologi Bidang Informasi dan pengangkutan. -Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi. Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi global, dibidang otonomi, akan menyebabkan terjadinya mobilitas yang sangat tinggi baik itu berupa barang, jasa dan investasi. Barang-barang dari Negara maju termasuk tenaga kerja yang berkualitas akan masuk kenegara lain. Faktor kunci yang sangat menentukan adalah informasi, mereka yang memenangkan persaingan.Perdagangan akan sangat ditentukan oleh kemampuan nyata dalam menghasilkan dan mendistribusikan serta memasarkan berbagai produk yang dapat diterima oleh konsumen. Dampak positif dan negative globalisasi adalah sebagai berikut: -Indonesia menjadi lebih mudah untuk mendapatkan barang, jasa, maupun informasi yang dipelukan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri -Indonesia dengan jumlah penduduk lebin kurang 200 juta menjadi pasar empuk bagi Negara lain , entah itu berupa barang buatan luar negeri, tenaga kerja asing yang mengisi berbagai jenis keahliab, jabatan, maupuin banjir informasi yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai yang ada si Indonesia. -Globalisasi akan menjadi media yang praktis bagi menyebarnya budayabudaya asing.

20

15

Mata Ujian : PKN Kelas : III Program Keahlian : Semua program Pd

Hari / tanggal : Waktu : 60 Menit Guru : Dra . Endang purwati, M

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang (x) pada jawaban a, b, c, d atau e. 1. Organisasi yang