Click here to load reader

Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu

  • View
    228

  • Download
    7

Embed Size (px)

Text of Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu

  • Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu Uji Kasus pada PT Kalbe Farma Tbk

    (Mia Noviyanti)

    Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu Uji Kasus pada PT Kalbe Farma Tbk

    Oleh: Mia Noviyanti

    Abstrak

    Analisis rasio modal saham digunakan untuk membantu pihak investor atau calon investor dalam menilai kinerja manajemen sebuah perusahaan (dalam hal ini PT Kalbe Farma Tbk) untuk kemudian dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelayakan investasi saham pada perusahaan tersebut. Dari rasio modal saham dapat diketahui tingkat rasio laba atas ekuitas, rasio pendapatan per lembar saham, rasio harga laba, tingkat kapitalisasi, dan pendapatan dividen selama tahun 2003 sampai dengan tahun 2007. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja manajemen perusahaan PT Kabe Farma Tbk dengan menggunakan analisis rasio modal saham. Hasil analisa penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja manajemen PT Kalbe Farma Tbk masih kurang maksimal dan perlu perbaikan dalam hal pencapaian kepentingan para pemegang sahamnya. Hal ini dapat dilihat dari rasio modal saham perusahaan berada dibawah rasio rata-rata industri farmasi sejenis, yaitu untuk rasio laba atas ekuitas (ROE), rasio pendapatan per lembar saham (EPS), rasio tingkat kapitalisasi dan rasio pendapatan deviden. Tetapi secara histories setiap tahun mengalami kenaikan. Sedangkan untuk rasio harga laba (PER) berada diatas rasio rata-rata industri farmasi. Dari nilai PER ataupun Deviden Yieldnya dapat menarik minat seorang calon investor pada perusahaan ini. Angka PER yang ada diatas rata-rata industri sejenis menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi bagi para calon investor. Para calon investor tentunya akan memilih saham tidak hanya berdasarkan harga namun juga berdasarkan prospek perusahaan tersebut dimasa yang akan datang.

    Kata Kunci : Rasio Modal Saham

    PENDAHULUAN Di era globalisasi seperti sekarang dimana perdagangan bebas sangat gencar dilaksanakan, kita dituntut untuk bisa bersaing dengan para pelaku bisnis lainnya. Dalam menjalankan usahanya, setiap perusahaan baik besar maupun kecil memiliki tujuan jangka panjang yaitu dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, selain tujuan perusahaan pada umumnya, yaitu memaksimalkan laba.. Untuk mewujudkan hal tersebut diatas, diperlukan usaha dan kemampuan dalam penanganan sumber-sumber yang ada pada perusahaan secara efektif dan efisien. Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis menuntut perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam bentuk peningkatan kapasitas produksi dan atau perluasan usaha dengan menganekaragamkan jenis produksi. Biasanya setiap langkah yang diambil dalam hal pengembangan usaha-usaha tersebut akan membutuhkan dana yang cukup besar.

    Pada kenyataannya, sebagian pandangan para pemilik perusahaan kini mengarah pada pasar modal. Sebagai sarana mempertemukan pihak yang

    Skripsi Sidang Sarjana S1 Universitas Gunadarma, Januari 2010

    1

  • Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu Uji Kasus pada PT Kalbe Farma Tbk

    (Mia Noviyanti) membutuhkan dana dan pihak yang ingin menanamkan modalnya, pasar modal tentu akan menjadi suatu fenomena yang memegang peranan penting. Untuk mendapatkan modal melalui penjualan saham, perusahaan tersebut harus mencatatkan efeknya di pasar modal melalui proses go public. Mengingat perusahaan yang telah go public adalah milik masyarakat umum yang telah menanamkan modalnya, maka perusahaan wajib menginformasikan hasil-hasil yang telah dicapai, yang disajikan dalam laporan keuangan. Dari informasi laporan keuangan inilah umumnya para investor mempertimbangkan kinerja perusahaan tersebut.

    Laporan keuangan sebagai sarana penentu kinerja perusahaan tidak hanya ditujukan untuk pihak internal perusahaan, tetapi juga untuk pihak eksternal perusahaan. Elemen laporan keuangan akan mempunyai makna yang lebih bila dianalisis dengan berbagai model yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pemakai informasi. Beberapa model rasio keuangan di antaranya yaitu rasio likuiditas, profitabilitas, rentabilitas dan rasio modal saham. Manajemen selaku pihak yang bertanggung jawab tentang pencapaian tujuan perusahaan berkompeten untuk mengetahui, mengukur, merencanakan, dan mengendalikan semua risiko keuangan.

    Oleh karena itu, manajer pada suatu perusahaan harus mempunyai alat yang dapat membuat investor percaya bahwa dananya akan lebih produktif dan menguntungkan bila ditanam dalam perusahaan mereka. Dalam hal ini, pihak manajemen harus berupaya keras meningkatkan kualitas dan kinerja perusahaan. Termasuk dalam lingkup tanggung jawab tersebut, manajemen harus menciptakan rasio keuangan yang sehat sehingga dapat memberikan jaminan pencapaian kepentingan semua pihak, baik internal maupun eksternal.

    Modal saham merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan pada Perseroan Terbatas. Pihak manajemen berkewajiban melaporkan keadaan perusahaan kepada para pemegang saham. Pemegang saham sebagai investor sangat berkepentingan dalam sebuah perusahaan, yaitu untuk mengetahui apakah mereka akan mendapatkan keuntungan atau mendapatkan risiko dalam menanamkan dananya pada perusahaan yang bersangkutan. Alat yang biasanya digunakan untuk menganalisa laporan keuangan adalah Analisa Rasio Keuangan. Analisa laporan keuangan perlu dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang kinerja yang dicapai perusahaan dan keadaan keuangan perusahaan. Salah satu teknik yang digunakan untuk penyajian analisis ini adalah rasio modal saham.

    Dari analisis inilah dapat terbentuk opini internal perusahaan terhadap kinerja manajemen selama periode tertentu dalam suatu perusahaan dan dari sini pula dapat dilakukan evaluasi terhadapnya. Sebagaimana halnya pihak internal, pihak-pihak luar perusahaan juga dapat mengetahui kinerja dan menilai prospek sebuah perusahaan di masa yang akan datang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja manajemen perusahaan PT Kabe Farma Tbk dengan menggunakan analisis rasio modal saham.

    Skripsi Sidang Sarjana S1 Universitas Gunadarma, Januari 2010

    2

  • Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu Uji Kasus pada PT Kalbe Farma Tbk

    (Mia Noviyanti) TINJAUAN PUSTAKA Pengertian Akuntansi dan Laporan Keuangan

    Akuntansi dapat di definisikan dan dipahami dari tiga sudut pandang, yaitu sebagai (a) kegiatan jasa, (b) bidang studi, dan (c) proses atau kegiatan. Sebagai kegiatan jasa, akuntansi merupakn kegiatan jasa penyediaan informasi kuantitatif mengenai unit-unit usaha ekonomik, terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan ekonomik. Sebagai bidang studi, akuntansi merupakan seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif suatu unit organisasi dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomik, Sebagai suatu proses, akuntansi merupakan proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, pengklasifikasian, penguraian, peringkasan dan pengkomunikasian informasi keuangan entitas ekonomik dengan cara tertentu. Entitas ekonomik merupakan lembaga atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan melakukan kegiatan ekonomik dengan tujuan memperoleh laba. (Giri, 19931).

    Accounting Principles Board dalam Accounting Terminology Bulletin No.1 menyebutkan bahwa Akuntansi adalah seperangkat pengetahuan dan fungsi yang berkepentingan dengan masalah pengadaan, pengabsahan, pencatatan, penggolongan, pemrosesan, peringkasan, penganalisisan, penginterpretasian, dan penyajian secara sistematik informasi yang dapat dipercaya dan berdaya guna tentang transaksi dan peristiwa yang bersifat keuangan yang diperlukan dalam pengelolaan dan pengoperasian suatu unit usaha dan yang diperlukan sebagai dasar penyusunan laporan yang harus disampaikan untuk memenuhi pertanggungjawaban dan lainnya. Sedangkan didalam Statements of Accounting Principles Board No.4 (1970) definisi Akuntansi adalah merupakan kegiatan penyediaan jasa. Fungsinya adalah menyediakan informasi kuantitatif tentang unit-unit usaha ekonomik, terutama yang bersifat keuangan, yang diperkirakan bermanfaat dalam pengambilan keputusan ekonomik. Untuk menjadi informasi data harus diproses terlebih dahulu dan disajikan sesuai dengan kebutuhan pemakai tertentu. Suatu informasi harus mempunyai makna tertentu yang mempunyai manfaat bagi para pemakainya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa untuk menjadi informasi, suatu data harus mempunyai nilai informasi dan kualitas tertentu.

    Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai laporan keuangan, lebih dahulu perlu diketahui pengertian dari laporan keuangan itu sendiri. Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan. Laporan keuangan ini dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk memper-tanggungjawabkan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan. Di samping itu laporan keuangan dapat juga digunakan untuk

    Skripsi Sidang Sarjana S1 Universitas Gunadarma, Januari 2010

    3

  • Rasio Modal Saham untuk Mengukur Pengembalian Investasi Suatu Uji Kasus pada PT Kalbe Farma Tbk

    (Mia Noviyanti) memenuhi tujuan-tujuan lain yaitu sebagai laporan kepada pihak-pihak diluar perusahaan (Baridwan, 1997:17). Laporan keuangan perusahaan bertujuan meringkaskan kegiatan dan hasil dari kegiatan tersebut untuk jangka waktu tertentu. Laporan keuangan menjadi penting karena memberikan input (informasi) yang bisa dipakai untuk pengambilan keputusan. Banyak pihak yang berkep